Beranda Resensi Buku

Terjebak dalam Cinta yang Rumit

Judul buku: Gerhana Kembar
Penulis: Clara Ng
Tebal: 368 hlm; 13,5 X 20 cm
Cetakan:1, Desember 2007
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama

Blurb

Lendy menemukan sebuah naskah tua di lemari neneknya. Naluri editor Lendy pun terusik saat membaca naskah berisi kisah cinta berlatar jakarta tempo dulu tersebut. Dia tak bisa sekadar menikmati, tapi juga penasaran dengan mengapa dan untuk siapa naskah tersebut dibuat.

Lendy yakin, cerita berjudul Gerhana Kembar itu kisah nyata, yang ditulis oleh neneknya. Masalahnya, wanita renta yang sangat disayanginya itu sedang kritis, luluh-lantak digempur kanker yang dideritanya. Lagipula, kisah cinta yang dibacanya itu bukan roman biasa. Gerhana Kembar adalah kisah cinta antara dua insan yang sama-sama memiliki rahim. Sama-sama memiliki buah dada. Sama-sama memiliki hati untuk mencinta.

How the story?

Ada unsur lesbianism di buku ini. Do i stop to read it? Tentu saja tidak. Terkadang, melihat sesuatu melalui sudut pandang dapat memberikan pemahaman. Tapi, bukan berarti aku masuk dalam kelompok yang mendukung lesbianism.

Novel ini menurutku konfliknya sangat kompleks. Namun, penulis benar-benar bisa meramunya melalui alur yang mudah dipahami. Latar waktu kisahnya berawal di tahun 60-an. Namanya, Fola. Fola yang tak sengaja bertemu dengan Henrietta. Seorang perempuan yang entah kenapa menumbuhkan debar aneh di jantungnya.

Keduanya terjebak dalam cinta yang tak biasa. Bagi Fola, Henri adalah satu-satunya orang yang membuatnya berarti. Fola rela mengorbankan apapun demi Henrietta, begitupun sebaliknya. Namun, kisah keduanya menjadi runyam. Fola menyadari, ia tak seharusnya jatuh cinta pada perempuan. Baginya begitu sulit. Henri membiarkan Fola memikirkan dunianya. Dan pergi menjauh.

Fola juga mencintai ibunya. Ia tak ingin mengecewakan ibunya. Mau tak mau, Fola harus menikahi lelaki pilihan ibunya. Lelaki itu, tipe idaman semua perempuan. Meski menjalani kehidupan sebagai istri, Fola merindukan seseorang. Dan saat kesempatan emas tiba, ia tak bisa pergi mewujudkan cinta yang selama ini ia korbankan. Eliza, anak satu-satunya Fola, membutuhkan perhatiannya.

Kisah yang pelik, sebuah teks kuno ditemukan di dalam lemari ibunya, Lendy. Ia begitu tidak menyukai isu cinta sesama jenis. Namun, sebagai editor, naskah kuno yang ditemukannya membuat Lendy penasaran. Siapakah penulis F.D.S itu?

Who is your favourite character?

Aku suka karakter Fola. Ia rela mengorbankan perasaannya sendiri demi membuat keluarganya bahagia. Karakter Fola mengingatkanku akan cinta yang tak semata memenuhi kepuasan, melainkan hakikat cinta itu sendiri. Keikhlasan. Fola mungkin menyesali rasa yang timbul dihatinya kepada Henri, namun apakah cinta mengenal jenis kelamin?

Walau bagaimanapun, pendapat pribadiku, aku tetap tidak menyetujui jenis cinta sesama jenis.

Whats interesting?

Karena diceritakan dengan alur maju mundur dengan masa waktu lampau dan sekarang, rasanya memiliki ciri khas tersendiri. Pembaca selalu penasaran dengan kisah Fola di masa lalu saat Lendy mulai menelusurinya, ditambah, kisah Lendy sendiri di kehidupan nyatanya bersama calon suaminya.

Whats the message?

Cinta itu butuh pengorbanan. Itu sudah pasti. Namun, kisah Fola mengajarkan kita tentang keikhlasan, melepas seseorang yang benar-benar kamu inginkan namun, tak ditakdirkan. Penulis barangkali tidak bertujuan memengaruhi apalagi mengampanyekan untuk terjun dalam cinta yang rumit ini, hanya saja, kita patut melihat dari sudut pandang lain. Yang membuat kita gak mudah menjudge orang disekitar kita.

3 thoughts on “Terjebak dalam Cinta yang Rumit

Thankyuuu sobat telah berkunjung di blog Ainhy Edelweiss. Silahkan meninggalkan jejak di kolom komentar yah, xoxo

Back To Top
error: Content is protected !!