Artikel Beranda

3 Tips Mengatasi Rasa Galau

Hei Milenials, hari gini masih galau?

Yap, sepertinya gak bisa dimungkiri bahwa salah satu sifat unik manusia adalah perasaan yang kadang berubah-ubah. Pepatah mengatakan bahwa selagi masih hidup, eksistensi masalah kehidupan tak pernah hilang dari kita. Bener gak? Nah, terus gimana dong kalau kita sedang galau dan bisa memengaruhi aktifitas kita sehari-hari. Jadi gak enak bangek kan?

Galau dalam KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) memiliki arti kekacauan dalam pikiran. Jadi, galau gak melulu soal hati yang patah, cihuyyy. Dan, menurut KBBI, galau diartikan juga ‘sibuk beramai-ramai’ secara definitif, tentunya ini tak seperti pemahaman secara umumnya yah, namun tetap saja memiliki akar yang sama. Berama-ramai, yang menurutku, galau diidentikkan dengan pikiran yang sedang kacau/bising/ribut. Nah pernah mengalaminya?

Lalu apa solusinya? Nah manteman, based on my experience, berikut ini tips mengatasi rasa galau.

♥ Menangis atau Berteriak

Image Source: Pinterest

Loh kok nangis? Dilansir dari HelloSehat mengatakan bahwa, menangis adalah cara alami manusia untuk menghilangkan perasaan sedih dan stress. Gak hanya itu, ternyata menangis juga dapat meningkatkan kesehatan tubuh. Tak peduli entah itu laki-laki atau perempuan, menangis adalah hal yang wajar. Jadi, ayo nangis bareng-bareng hhhhh.

Dan kenapa mesti teriak pula? Pernah gak ke suatu tempat di pedesaan atau di pegunungan dan tiba-tiba mau teriak? Yah mungkin salah satunya karena ingin melampiaskan rasa galau. Aku pernah, dan jangan lakukan ini di tempat umum. Kata Mark Manson dalam bukunya The Art Of Not Giving A f*ck, semakin memedam sesuatu, semakin menyiksa batin, semakin berusaha jauh dari masalah, malah semakin tercekat oleh masalah itu sendiri. Bener gak? Dan teriak adalah salah satu cara efektif untuk mengekspresikan rasa galau.

Baca Juga: Move On Antimainstream Ala Mark Manson

♥ Membaca Kitab Suci

Image Source: Pinterest

Bagi muslim, kitab suci yang dimaksud adalah Al-Quran, secara pribadi, saat merasa galau, aku mengambil Al-Quran dan membaca terjemahannya. And guess what, pikiran yang tadinya galau, seolah ter-healing dengan sendirinya. Perasaan jadi tenang. Gak percaya? Coba deh.

♥ Menonton Komedi

Image Source: Pinterest

Tau gak manteman, bahwa di dalam tubuh kita ini ada hormon yang memiliki peran sangat penting dalam tubuh yang mengatur mood kita. Namanya hormon serotonin. Hormon inilah yang berperan aktif dalam mengatur mood atau perasaan seseorang. Semakin banyak hormon serotonin dalam tubuh, maka tingkat kebahagiaan semakin meningkat. Kekurangan hormon serotonin, dapat menyebabkan galau, stress, dan depresi. Nah bagaimana mengatasinya?

Based on my experience, yang sedang galau mesti nonton komedi. Menonton komedi dapat membantu mencairkan suasana hati dan menenangkan pikiran, sebab, saat  menonton komedi, kita pasti tertawa. Hal tersebut  memicu hormon serotonin di dalam tubuh. Nah gimana manteman? Kamu punya komedian favorit? Share dong.

Itu dia sharing seputar tips mengatasi rasa galau, aku yakin pasti manteman punya cara tersendiri mengatasinya. Share yuk di kolom komentar.

Semoga bermanfaat 🙂

 

38 thoughts on “3 Tips Mengatasi Rasa Galau

  1. Kalau bunda lagi galau nih, bunda berdiri di teras dan memandangi tanam-tanaman dalam pot. Tanpa ragu, bunda panggil tukang untuk menurunkan pot-pot tersebut, bunda ganti medianya sekaligus. Puas deh, sampai berkeringat. Hilanglah si Galau itu. Mudah banget kan mengobati galau bunda.

  2. Kalau galau saya juga suka nelakukan ketiganya, eh tapi yang teriak enggak hehe. Tambah satu lagi kalau galau saya suka klik tambah troli di ecommerce hiihihihi padahal gak bayar tapi ini menyenangkan hati

  3. Kalau pas galau, aku ga bisa nonton film komedi lho. Perasaan komedian itu jadi nggak ada yang lucu dan nyebelin semua. Kesian kan komediannya, ga salah apa2 jadi kujetekin 😀
    Bener, nangis tuh lumayan healing, meski habis itu mata sembap dan muka berantakan to the max. At least udah lega, sesuatu yang mengganjal di hati sudah tertumpahkan meski belum tentu ada solusinya.

  4. Galau? Makaaaan yang banyak, hahahaa *ajaran sesat.
    Tapi bagiku it works, sih. Makanan yang bisa banget jadi booster buatku adalah yang pedes, panas dan berkuah. Atau kudapan yang manis macem eskrim atau coklat. Yaampun mendadak lapar >,<

  5. Saya kalau lagi galau cukup ke toko buku, beli buku walaupun ujung-ujungnya tidak sempat dibaca.
    Nah, kalau galaunya taraf tinggi, galauuu bangeet, saya cukup wudhu dan salat terus merenung de. Selama ini cukup manjur.

  6. Galau itu kadang datang gak diminta bikin sebel kan ya. Sama dong tips utamanya ya gitu, teriak kenceng, membaca Al Qur’an dan nonton yang lucu-lucu gitu. Tapi kadang masih adaa saja galaunya tuh, ndak mau pergi. Saya punya kebiasaan, kalau sudah beraat banget galaunya, cerita ke orang yang dipercaya atau kalau tiu rahasia sekali dan tidak ingin orang lain tahu, biasanya saya nulis di kertas, kemudian saya sobek sobek dan tenggelamkan di air, diperas dan kemudian dibuang. Dibakar juga bisa, hehee

  7. Mungkin karena aku sibuk banget dengan kerjaan utama di kantor dan ngeblog sebagai sampingan aku jarang banget galau, waktu putus pun galauku cuma sehari aja karena kupikir jodoh ga kemana 🙂

  8. Akutu paling jarang nonton yang komedi-komedi.
    Tapi suami, paling sering nonton macam Stand-Up Comedy atau acara Waktu Indonesia Bercanda…
    Jadi sedikit-banyak, aku ikutan nimbrung…nonton.

    Biasanya kalau lagi sedih mah…larinya baca buku.
    Atau nonton drama Kowea.
    Jadi bisa total nangisnya.

    Huahhaahha~

  9. Pas galau banget, sholat, memanjangkan sujud, selalu baca istighfar katanya jg akan menyembuhkan kegalauan itu…
    Pokoknya jangan sharing di medsos ntr yg ada malah gak dapat solusi tapi caci maki hehe

  10. Mujarab ini mba tips ngilangin galau.
    Aku pun biasanya lari ke membaca Alquran biar tenang, kemudian menghibur diri dengan mencari tayangan komedi. Kadang film kadang stand up gitu hehehe. Buang jauh galau ah, yuk berkarya aja. Semangat!

  11. Ketiga cara di atas aku selalu lakuin. Tp ditambah ama zikir dan kalo udh mampet banget, aku ngelakuin hobiku yg rada ekstreme. Ntah itu bungee jumpibg, rollercoaster ato naik wahana2 adrenalin rush lainnya. Pokoknya yg bisa bikin aku triak tpna kliatan gila hahahaha. Kalo triak di pantai ato tempat sepi ga plong mba. Malah kuatir takut kedengeran org lain dan disangka gila :D. . Tp kalo melakukan bungee ato sling shot ato rollercoaster itu beneran triakan alami hahahaha. Setelah plong baru deh, otak bisa diajak berfikir

Thankyuuu sobat telah berkunjung di blog Ainhy Edelweiss. Silahkan meninggalkan jejak di kolom komentar yah, xoxo

Back To Top
error: Content is protected !!