Artikel Beranda

5 Perpustakaan Impian Saya

Hallo sobat,

How are you this weekend? I di hope all of you enjoy the weekend. Memasuki hari ke-13 dalam tantangan menulis 30 hari di Blogger Perempuan, selalu menyuntikkan semangat baru serta adrenalin yang memotivasi saya untuk terus menulis di blog. Tema kali ini tentang negara/kota/tempat wisata impian.

Saya memilih perpustakaan terbaik di dunia sebagai tempat yang paling ingin saya kunjungi. Ada pepatah mengatakan, sekali mendayung dua pulau terlampaui eaaaa, saat mengunjungi kota impian, gak afdol rasanya gak mengunjungi perpustakaannya. Bagi saya, perpustakaan adalah jantung sebuah kota. Di sanalah tempat para pelajar menimba ilmu, mengarsipkan dokumen dan hasil karya.

Nah, di mana saja perpustakaan impian saya yang ingin dikunjungi?

1. Perpustakaan Amin di Malang, Indonesia

Cedit Picture: Tribunjualbeli.com

Setelah mencari perpustakaan terbaik di Indonesia, ada beberapa referensi yang disiguhin mbah google, tapi saya jatuh hati dengan bentuk dan konsep yang dimiliki perpustakaan Amin. Perpustakaan ini memiliki desain yang unik dan anti-mainstream. Memiliki tujuh kontainer dengan warna yang berbeda-beda, menjadikan perpustakaan ini eye catching. Kabarnya, setiap kontainer memiliki ruang tersendiri. Dan, kontainer berwarna kuning khusus bagi pembaca perempuan. Waaa… makin penasaran.

2. Perpustakaan Almar’asyi Alnajafi di Qum, Iran

Credit Picture: Ahlulbait.online

Perpustakaan ini didirikan oleh Ayatullah Alnajafi semasa beliau hidup dengan mengumpulkan dan mengoleksi manuskrip-manuskrip langka. Dikatakan dalam sebuah wasiat beliau berkata, “kuburlah saya di depan gerbang perpustakaan agar kaki-kaki pencari  dan pencinta ilmu menginjakku setiap hari”.

Perpustakaan tersebut merupakan perpustakaan ketiga terbesar di dunia Islam setelah perpustakaan Sulaimaniyah di Istanbul dan Kairo yang dikunjungi tidak kurang dari 4000 orang setiap harinya. Berdasarkan catatan tahun 2007, di perpustakaan tersebut terdapat koleksi sebanyak 75.000 buah manuskrip yang dibagi menjadi 37.000 jilid dan jumlahnya terus bertambah sepanjang tahun sebanyak antara 750 hingga 1000 buah manuskrip. Sedangkan koleksi bukunya mencapai 1 juta buah yang terdiri dari 50 bahasa asing, juga terdapat perawatan buku-buku tua. Di bagian microfilm terdapat lebih dari 4000 jilid manuskript langka yang terdapat di dunia. Indek buku-buku tersebut terdapat lebih dari 50 juta judul buku dalam berbagai bahasa. Selain itu, dibagian koleksi dokumen terdapat lebih dari 100 ribu dokumen tulisan tangan  yang berasal dari 5 abad lalu. Juga terdapat manuskrip Mushaf Al-Qur’an dengan tulisan Kufi yang ditulis pada akhir abad pertama hingga pertengahan abad kedua yang merupakan mushaf tertua di dunia. Koleksi perpustakaan tersebut juga bukan hanya berisi buku-buku agama Islam melulu. Selain itu juga terdapat koleksi doa-doa dari kitab Zabur yang ditulis diatas kulit domba dalam bahasa Latin sebanyak 200 buah yang total beratnya mencapai 16 kg yang diberikan kepada Ayatullah oleh para Rahib dari Spanyol ketika berobat ke negara tersebut. Juga terdapat sebuah Injil yang ditulis dalam bahasa Amhari (Habasyah) yang berasal dari abad 12 M. Di antara manuskrip tertua antara lain kitab Nuzhat al-Musytaq karya Sharif Idrisi dalam ilmu geografi, kitab Al-Qanun karya Ibn Sina dalam bidang kedokteran, dan kitab Tahris Eucledes karya Nasruddin Tusi dalam bidang matematika. (Sumber: Kompasiana)

OMG! If i have wings, then i will fly to that library huhuh. Luar biasa banget yah koleksi perpustakaan Alma’rasyi Alnajafi. Selain koleksinya, history perjuangan beliau mengumpulkan manuskrip patut dijadikan teladan.

3. Perpustakaan Bibliotecha di Alexandria, Mesir

Credit Picture: RevolutionaryRebellion

Bibliotheca Alexandrina atau Perpustakaan Alexandrina adalah pembaruan dari Royal Library of Alexandria, di mana menjadi perpustakaan terbesar dan paling berpengaruh di masa itu. Perpustakaan yang baru ini dibangun pada tahun 2002 dengan lama waktu perencanaan selama 10 tahun.

Yang keren dari perpustakaan ini adalah bangunannya yang unik dan diselimuti dengan huruf-huruf kuno dari berbagai peradaban. Selain itu, perpustakaan ini juga memiliki 4 museum yang berisi manuskrip dan barang-barang kuno. Di sini juga ada pameran yang rutin digelar dan terbuka untuk umum. (Sumber: RevolutionaryRebellion)

Saya sangat mengagumi sejarah kota Mesir, apalagi kota ini tempat beberapa nabi menyampaikan wahyu Ilahi seperti nabi Yusuf dan nabi Musa. Mengunjungi perpustakaannya yang bersejarah adalah salah satu impian terbesarku.

4. Trinity College Library di Dublin, Irlandia

Credit Picture: RevolutionaryRebellion

Perpustakaan yang dibangun atas perintah Ratu Elizabeth I pada tahun 1592 merupakan perpustakaan tertua di Irlandia. Perpustakaan ini merupakan perpustakaan termegah serta memiliki lorong buku terbesar di dunia yang dikenal sebagai Long Room yang mampu menampung 200.000 buku di dalamnya, wow! 

Gimana yah rasanya memasuki sebuah lorong yang isinya serba buku? Hmm… jadi kepengen berkunjung di perpustakaan ini.

5. British Library, London

Credit Picture: Tahupedia

Perpustakaan British merupakan salah satu perpustakaan terbesar di dunia yang memuat koleksi sebesar 170 juta item dan bertambah setiap tahunnya. Saya terpukau dengan design perpustakaan yang luar biasa, seperti memasuki ruang dalam kisah dongeng-dongeng. Yakin deh bisa betah membaca buku di tempat ini.

Bermimpilah setinggi langit, kalau kau jatuh, kau akan jatuh di antara bintang-bintang. Saya lupa quote ini dari mana. Ada benarnya juga, mumpung bermimpi itu gratis dan sesuka hati kita. Siapa tahu, suatu saat nanti bisa terwujud. Lagian, bermimpi itu ada manfaatnya juga, yah salah satunya memotivasi kita agar lebih produktif.

Nah sobat, itu dia 5 perpustakaan dari berbagai negara yang menjadi impian saya. Bagaimana dengan kamu? share yuk di kolom komentar.

Thankyuuu…

43 thoughts on “5 Perpustakaan Impian Saya

  1. Luar biasa sekali mbak perpustakannya. pasti betah berlama-lama disana..

    yang paling suka mbak tetep milih dan ngelist perpustakaan lokal yang dimalang. semoga someday bisa kesana satu per satu ya mbak

  2. Di jogja jga ada mbak perpus yg konon katanya bangunan terbesar di Asia tenggara. Tp bentuk bangunan yg di Malang emang unik sih. Semoga dapat kesempatan buat kesana suatu saat nanti yaaa

  3. Dari duluu…sebelum menikah, saya pingin memiliki kamar yang dikelilingi lemari buku.
    Tiap sore, sambil baca buku di halaman belakang~sembari menikmati semilir angiiin…

    Dan sedikit demi sedikit…
    Impian itu mulai terwujud.

    Rumah kami sudah diisi dengan rak buku pribadiku semua.
    Dan kami sudah punya halaman belakang.
    Tinggal pasang ayunan.
    Hihii~

    Kebayang yaa…buku segini banyaaknyaaaa…
    Surga pissaaannn……

  4. Pas baca list nomor satu, aku langsung buka browser baru dan cari tahu lebih banyak lagi tentang perpustakaan Amin.
    Desainnya unik banget ya.
    Aku suka… aku suka…
    Yang pasti sesi berfoto di sana pasti masuk dalam agenda ^^

  5. Perpustakaannya keren-keren. Semoga suatu saat saya juga bisa ke sana. Ngebayangin duduk di salah satu perpustakaan besar tersebut gimana rasanya ya? Saya sendiri kalau udah ketemu buku apalagi di perpusatakaan pasti bakal betah berlama-lama. Seharian pun bakal nggak terasa. Tapi semenjak punya bocil sudah nggak bisa lagi berkunjung lama-lama di perpustakaan.

  6. Kalau liat perpus yang keren2 tuh iriiii banget rasanya. Cita2ku pengin punya perpus kecil di rumah yang tetangga2 bebas baca buku mana aja tapi ga boleh bawa pulang, wwkkwkwkwk. Kalau baca buku di perpus yg bagus tuh bikin enak n nyaman banget. Nggak nyangka di Indo ada yg keren juga kayak Malang punya. Hebat lah!

  7. Perpusatakaannya bagus2 pastinya betah banget ya membaca di sana. Di sini aja kalau nemu yang bagusan, tenag dna banyak koleksi udah happy banget. Moga2 kelak bisa membaca di sana ya mbak 😀

  8. Asik, dapat satu lagi tambahan di bucket list jika suatu saat jalan2 ke Malang. Ada perpustakaan Amin yang antimainstream banget bentuknya. Ini milik pribadi atau gimana, Ainhy?

  9. Waktu ke London saya nyesel ngga sempet masuk ke British Library, cuma lewat saja di depannya krn waktu sudah mepet. Saya hanya sempat mengunjungi satu perpustakaan saja di Birmingham, Inggris. Perpustakaannya tidak kalah keren dengan British Library, dan itu adalah perpustakaan impian saya.

  10. Perpustakaan di Malang ini keren yaa.. Semoga dengan desain uniknya ini, menarik generasi millenial untuk mengunjungi. Biar cari ilmunya ngga cuma dari Google doang..hehe..

    Tapi saya terharu banget sama perpustakaan di Iran itu..pengen ke sanaaaa..

Thankyuuu sobat telah berkunjung di blog Ainhy Edelweiss. Silahkan meninggalkan jejak di kolom komentar yah, xoxo

Back To Top
error: Content is protected !!