Warning: file_get_contents(http://ipinfo.io/34.204.169.76): failed to open stream: HTTP request failed! HTTP/1.0 429 Too Many Requests in /home/ainc4129/public_html/wp-content/plugins/nm-visitors/nm-visitors.php on line 97
Menjadi Blogger Membuat Saya Lebih Hidup - Ainhy Edelweiss
Beranda

Menjadi Blogger Membuat Saya Lebih Hidup

Created by Canva

Bagi saya, menulis merupakan sebuah perjalanan hati. Menulis untuk menuangkan rasa, ide dan pengalaman.

Perjalanan saya menulis di blog dimulai saat hendak menyelesaikan kuliah di akhir semester. Jika teman-teman kampus lain disibukkan dengan mencari referensi skripsi di perpustakaan, saya malah berasyik-masyuk dengan dunia blogging.

Usai mengikuti seminar di salah satu kampus Makassar, saya merasa tertantang menulis 1000 kata setiap harinya. Ide itu merupakan gagasan dari salah satu penulis favorit saya yang menjadi narasumber di seminar tersebut. Karena tak ingin menulis di buku dan hanya menikmati tulisan saya sendiri, maka saya memutuskan menjawab tantangan menulis 1000 kata tersebut di blog. Blog pertama saya bernama Pena Edelweiss, di sanalah saya menulis yang kebanyakan berisi review buku, cerpen dan puisi.

Namun, saat selesai wisuda, saya vakum di dunia blog dalam waktu yang cukup lama, sempat berganti beberapa blog. Hingga saya memutuskan menetap di satu blog yang sudah berganti domain. Pergantian domain blog membuat saya lebih serius menekuni dunia blog. Saya pun mulai aktif mengikuti beberapa komunitas blogger, tantangan menulis dan lomba blog.

Mengapa Menjadi Blogger Membuat Saya Lebih Hidup?

Seperti yang saya katakan sebelumnya, menulis adalah perjalanan hati. Saat menulis, sebenarnya kita sedang memperbarui diri, mencoba mengenal diri lebih dekat. Saat menulis, secara tak langsung, kita mengaktualisasikan potensi diri dengan harapan, tulisan yang kita miliki bermanfaat bagi siapapun yang membacanya.

Awalnya hanya sekedar iseng belaka saat memulai terjun di dunia blogging, namun setelah mengenal dan membaca tulisan para blogger yang saya kunjungi, ada motivasi tersendiri yang membuat saya ingin menulis lebih dari keisengan semata.

Di penghujung tahun 2018, bisa dikatakan moment paling berharga saya di dunia blogging. Sebenarnya, saya sudah menulis moment tak terlupakan selama menjadi blogger dan resolusi saya di tahun 2019. Namun, apa salahnya menulis kembali moment-moment terbaik saya selama menjadi blogger serta resolusi 2019 sebagai blogger.

Moment Terbaik Saat Menjadi Blogger

Mengikuti Event Blogger Pertama Kalinya

Doc. Komunitas Blogger AM

Tak lengkap rasanya menjadi seorang blogger tanpa bergabung di komunitas blogger. Dengan bergabung di komunitas blogger, kita semakin terpacu meng-upgrade kemampuan menulis serta menjaga komitmen menulis di blog. Ada satu pengalaman tak terlupakan manakala saya memberanikan diri bergabung di komunitas blogger. Kebetulan saat itu di kota tempat saya tinggal, Makassar, sedang diadakan event blogger dari salah satu brand ternama. Dengan perasaan sangat canggung, saya memberanikan diri menghadiri event tersebut walau pertama kalinya bertemu dengan anggota komunitas blogger.

Alhamdulillah, pengalaman bertemu para blogger di event tersebut menjadi kenangan paling manis di tahun 2018. Selain mendapat teman sesama blogger, tak disangka saya mendapat kejutan lainnya, di event tersebut saya menang undian mendapatkan Handphone, maap yah pamer dikit hahaha. 

Pengalaman tersebut menjadi pemantik saya untuk menekuni dunia blogging. Nyatanya, saat menjadi blogger saya menemukan kepuasan tersendiri. Bukan karena materi yang saya dapatkan saat blogging, namun pengalaman menyenangkan dan tak terduga itulah yang membuat saya selalu antusias menulis di blog terlebih saat mengikuti tantangan menulis dan lomba blog.

Mendapatkan Teman Sesama Passion dan Bergabung di Komunitas Blogger

Bagi sebagian orang, menemukan passion barangkali adalah sesuatu yang mudah. Tapi, bagi saya itu cukup sulit. Mencari passion sendiri sama halnya berusaha menemukan jarum kecil yang hilang. Namun, saat menemukan passion tersebut, hidup terasa lebih berharga, apalagi jika passion tersebut bisa ditekuni dalam kehidupan sehari-hari terutama di dunia kerja.

Semenjak aktif menjadi blogger, saya menemukan teman-teman yang memiliki passion yang sama, menjadi penulis blogger. Beberapa blogger telah berhasil mewujudkan impiannya saat menekuni dunia blogger. Jika ada yang memandang sebelah mata profesi ini, tunggu dulu. Banyak blogger yang meraih kesuksesan lewat tulisannya. Salah satu teman yang menjadi inspirasi saya  memenangkan lomba blog dengan hadiah jalan-jalan gratis ke Palestina, Mesir dan Jordan. Luar biasa banget bukan.

Saya bersyukur dipertemukan teman-teman blogger entah itu di dunia nyata maupun di sosial media, dari mereka, saya belajar banyak hal. Dan saya berharap, suaru hari nanti bisa mengikuti jejak-jejak teman-teman blogger yang memiliki semangat dan antusias yang tinggi.

Blogging Bisa Dapat Hadiah, Penghasilan dan Kejutan

Hadiah tulisan favorit
Hadiah menang undian Blog Walking
Hadiah tulisan pilihan dari SpotQoe

Saya teringat salah satu ucapan salah seorang teman beberapa waktu lalu. Nge-blog emang bisa dapat apa sih? cuma nulis doang, ih buang-buang waktu! Rasanya saya pengen membalas ucapan teman saya kala itu, namun saya diam dan mengabaikannya. Nyatanya, blogging bisa menghasilkan, mendapatkan hadiah dan kejutan.

Kejutan pertama saat tulisan saya terpilih adalah mendapatkan hadiah produk kecantikan. Dan lagi-lagi saya mendapatkan produk kecantikan dari grup blog walking, lumayan kan dapat gratisan hahaha. Tapi, saya tidak menilai dari jumlah hadiah yang saya dapatkan, lebih dari itu saya merasa hidup saya jauh lebih bermakna dengan pencapaian tak terduga selama menjadi blogger. Dan ternyata, selain hadiah dan kejutan, saya bisa mendapatkan penghasilan sebagai blogger walau belum seberapa, namun menjadi pacuan tersendiri untuk lebih serius blogging. Moment tersebut akan selalu menjadi kenangan manis.

Memasuki tahun 2019, saya tak ingin pengalaman manis tersebut tinggal kenangan. Maka dari itu, saya membuat resolusi blogging tahun 2019 yang sudah saya tulis sebelumnya. Resolusi tersebut dibuat demi menjaga komitmen saya sebagai seorang blogger.

Apa Saja Resolusi Blogging Tahun 2019 Saya?

Konsisten Menulis

Credit Picture: Pinterest

Katanya, perencanaan apapun yang ingin diwujudkan tak akan tercapai tanpa adanya konsistensi. Untuk konsisten menulis, saya membuat resolusi di tahun 2019 dengan target menulis 15 artikel dalam sebulan. Tulisan tersebut sudah termasuk lomba-lomba blog yang ingin saya ikuti, sponsored post  serta tulisan organik. Tak hanya sekedar wacana menulis 15 artikel, saya menantang diri sendiri dengan membuat tantangan menulis 10 tema yang saya bagikan di instagram, jadi tak hanya menantang diri sendiri, namun saya juga mengajak teman-teman blogger untuk mengikuti tantangan tersebut.

Menjadikan Blog Sebagai Profesi Utama

Credit Picture: Pinterest

Saya tak merasa malu menjadikan blog sebagai profesi utama saya. Saya meyakini bahwa passion yang kita cintai dan tekuni akan membuahkan hasil yang memuaskan. Jika sebelumnya saya memilih menjadi blogger part time, maka di tahun 2019 saya memutuskan menjadi blogger full time. Nyatanya saya bukan tipe pekerja yang bisa duduk berlama-lama di dalam ruangan ditambah saya cepat merasa bosan. Tapi, menjadi blogger rasanya jauh lebih menantang.

Untuk resolusi blogging saya di tahun 2019 cukup dua hal mewakili langkah-langkah yang akan saya tempuh untuk mewujudkan impian saya.

Cerita ini bukanlah akhir dari kisah blogging saya, namun merupakan awal kisah saya yang akan mengisi warna-warni pengalaman di tulisan berikutnya. Terima kasih Tuhan untuk waktu yang amat berharga ini.

 


Note:

Tulisan ini saya sertakan dalam lomba blog yang diadakan https://www.nodiharahap.com

 

85 thoughts on “Menjadi Blogger Membuat Saya Lebih Hidup

  1. Wah keren Aini sudah memutuskan menjadi full time bloger. Aku kapan ya? hihihi kayaknya masih enak di zona nyaman dulu deh. Soalnya kalau di rumah malah kerempongan sama dua balita malah nggak yakin kapan bisa nulis #eh

  2. jadi blogger memang menyenagkan yaa.. Kalau tahun 2017 aku punya banyak kenalan baru dan gabung di komunitas2 keren berkat ngeblog, di 2018 Alhamdulillah bisa punya penghasilan dari blog.

  3. Aku juga merasakan banyak banget manfaat yang didapat setelah jadi blogger, mulai dari ilmu, teman, disiplin diri, sampai job, semua dapet. Pinginnya tahun ini bisa lebih ngegas lagi bloggingnya 🙂

  4. Wah seru nih dapat banyak hadiah dari ngeblog. Selamat ya, Mbak Ainhy. Duh, aku juga pengen jadi full time blogger tapi ternyata aku belum bisa. Ya sudahlah semoga di tahun 2019 ini kita bisa tetap ngeblog dengan asik.

  5. Betuuul. Setuju. Jadi blogger itu asyik bangeeet. Punya banyak temen baru, bisa sharing ilmu dan pengalaman, terus bisa dapet beragam hadiah. Hahaha. Insyaa Allah bermanfaat ya mbak. Salah satu pekerjaan sekaligus hobi yang menyenangkan.

  6. Aku suka envy kalo lihat teman2 bloger memutuskan untuk jadi bloger full time. Ah, suatu hari bisakah aku sepertimu, Mbak? Kunikmati saja dulu prosesku seperti ini.

  7. Kuakui prifesi sebagai blogger itu bagian dari nikmat Tuhan, serius. Berapa pun usiamu, entah lulusan apa, entah keren atau belel, mau mislin atau kaya, pemalu maupun narsis,dll…semua punya peluang mendapatkan sesuatu dari ngeblog atapun jadi blogger. So, PR terbesar menjaga amanat sebagai blogger yang baik dan profesional agar profesi sebagai ‘blogger’ tidak dipandang sebelah mata

  8. Keren banget deh, menjadi blogger emang membawa berkah tersendiri ya, menulis membuat kita jadi punya banyak teman, ketemu blogger lainnya.
    Semoga selalu konsisten nulis blog nya ya, jangan mudah patah semangat.
    Patahkan semua challenge, sehingga menulis tiap hari bakalan jadi habbit bahkan kebutuhan yang menyenangkan 🙂

  9. Waahh, Aini buat tantangan yah?
    Baru tahu nih, blm lihat. Ntar mampir aahh. Jadi pengen ikut juga.
    Wiiiiw, bakalan jadi full time blogger di 2019 ini ya? Emang gak bakalan ganggu kerjaan utama? Udah kerja jg kan sekarang? 😉

  10. Salut dan kagum sama aini, di usia muda sudah bisa berkarya lewat blog, sayang banget ya sama temannya ya berkomentar begitu, padahal kegiatan menulis di blog punya banyak manfaat bukan hanya sekadar materi, terus berprestasi ya aini

  11. Aku dulu ngeblog juga iseng. Pas mulai menikmati malah berhenti. Ujungnya aku setres. Akhirnya setelah ngeblog lagi, beban terasa terangkat. Baguslah buat terapi. Tetap semangat ngeblognyaaa

  12. Aku pernah dua kali ikut ngumpul/ ikut event sama blogger Makassar pas masih tinggal di Palopo. Tapi belum pernah jumpa sama Ainhy yaa, hihi. Atau jangan2 kita ketemu tapi nggak kenal? wkwkwk.

    Resolusi nomer 1 tuh yang masih susah buatku, yaitu konsisten. Dan mudah-mudahan tahun ini bisa lebih baik. Amin.

  13. Wah senangnya baru ikut event pertama langsung dapat hadiah henpon. Menjadi blogger memang harus terus upgrade ilmu seputar blogging. Karena untuk modal juga sih, agar tidak ketinggalan dengan Blogger lain atau pemula yang terus bermunculan

  14. Selalu senang membaca kisah teman-teman yang bercerita tentang awal mula menjadi blogger dan bagaimana blog memberikan banyak hal baru bagi mereka. Ngeblog itu memang menyenangkan kok, apalagi jika benar-benar konsisten baik kualitas dan kuantitas, kelak pasti akan menghasilkan. Semoga resolusi 2019-nya benar-benar dijalani sepenuh hati ya, kak 🙂

  15. Seperti aku dulu mbak memulai ngeblog pas bikin skripsi. Jaman multiply, senang sekali rasanya punya teman baru, beralih ke Kompasiana, tapi habis itu vakum pas punya baby. Ini baru mulai belajar lagi.
    Blogger kalau mau ditekuni memang bisa jadi profesi yang menjanjikan ya, sukses selalu 😊

  16. Ngeblog memang mengasyikan. Awalnya dulu saya menulis di blog sebagai tempat curhat. Karena dengan menuangkan seluruh unek-unek ke sebuah tulisan saya bakalan lega. Lama-lama kelamaan ternyata dari blog bisa menghasilkan juga. Dari itu saya mulai mencoba fokus ngeblog meskipun belum jadi full time blogger.

  17. Aku nih aktif ngeblog lagi baru setahun belakangan ini dikarenakan emang akan berhenti bekerja jadi waktu tahun 2017 mulai mencari kesibukan. Selain motret produk, sekarang saya pun menuangkan segalanya dalam bentuk tulisan. Dan katanya dengan menulis bisa membuat kita lebih rileks.

  18. Samaaaa, aku pun dapet banyak hal dari blogging. Gak pernah nyangka deh blogging bisa mengubah hidup aku seperti sekarang. Ya pengetahuan, teman, jaringan, materi, dll. Gak kebayang deh kalo gak ngeblog. Aku kayaknya masih emak cupu yang kudet dan gaptek. :))))

  19. Semoga semua target yang telah ditetapkan untuk tahun 2019 tercapai yaaa Ainhy. Semangat ngeblogmu luar biasa. Yuuukk aku juga pengin konsisten ngeblog.

  20. Aku masih belum bisa membagi waktu untuk menjadi blogger sepenuhnya, sepertinya aku harus keluar dari zona nyaman setelah baca artikel mbak aihny, Salam kenal dari aku seorang calon blogger ya mbak,

  21. Semangat kak, aku jg pernah dicemooh “ngapain sih ngeblog? dapat apa dari blog?” dan akhirnya aku bs membuktikan kepada mereka bahwa ngeblog itu keren, pencapaian luar biasa dr ngeblogku tahun kmrn bs ke 2 negara gratissss kak, masya Allah, blog itu memang profesi kereeeeeen, aku sdh setahun jadi fulltime blogger kak hehe, lanjutkan kak dan tetap menginspirasi yah kak 🙂

Thankyuuu sobat telah berkunjung di blog Ainhy Edelweiss. Silahkan meninggalkan jejak di kolom komentar yah, xoxo

Back To Top
error: Content is protected !!