Artikel Beranda

4 Tipe Kepribadian Manusia, Kamu Yang Mana?

Mengenal tipe kepribadian adalah salah satu cara mengenali diri sendiri. Apa manfaatnya sih mengenal tipe kerpibadian?

Tema tulisan kali ini tentang tipe kepribadian yang dimiliki. Menjawab tantangan menulis yang saya buat sendiri rasanya memang beda. Nggak ada alasan buat malas nulis hahaha.

Kapan pertama kali mengecek tipe kerpibadian?

Saya pribadi pertama kali iseng mengetes tipe kepribadian saat kelas dua SMA. Dulu, saya memiliki guru yang mengoleksi banyak buku di rumah. Salah satu buku beliau tentang kepribadian yang memang recomended dibaca untuk anak sekolah. Setelah penasaran, saya melanjutkan pencarian tipe kepribadian di internet. Oiya di buku guru saya itu penjelasan soal tipe kerpibadiannya lengkap dan detail, ada pula tes tipe kepribadian dalam bentuk kuis psikologi untuk mengetahui tipe kepribadian yang dimiliki.

Saat ini sangat mudah jika ingin mengikuti tes kepribadian, bisa melalui tes online di internet, bisa juga mengunduh aplikasi tes kepribadian.

Saat SMA dulu, saya mengetes tipe kepribadian. Dan ternyata, tipe kepribadian yang lebih dominan saya miliki adalah Koleris-Sanguinis.

Ada empat tipe kerpibadian manusia berdasarkan referensi para pakar. Yaitu koleris, sanguinis, melankolis dan plegmatis.

Baca juga: Tentang Zodiak Virgo Yang Saya Miliki: Fakta atau Mitos?

Credit Picture: Yukbisnis.com

Dilansir dari Ibnudin.net menulis bahwa jauh sebelum Masehi, seorang tokoh ahli filsuf dari Yunani sekaligus seorang tabib bernama Hippocrates mengemukakan sebuah teori kepribadian manusia yang mengatakan bahwa pada dasarnya setiap manusia memiliki empat tipe tempramen.

Hippocrates mengatakan keempat tipe kepribadian manusia itu akibat dari empat macam cairan yang ada di dalam tubuh setiap manusia. Keempat macam cairan tersebut adalah sifat kering terdapat dalam chole  (empedu kuning), sifat basah terdapat dalam melanchole (empedu hitam). Kemudian sifat dingin terdapat dalam phlegma (lendir) dan sifat panas dalam sanguis (darah).

Nah sobat kira-kira kamu yang mana nih?

Baca juga: 5 Facts About Ainhy Edelweiss That You Have To Know

Credit Picture: Yukbisnis.com

Sedikit tentang kepribadian melankolis dan plegmatis.

Melankolis alias si sempurna atau perfectionis. Orang yang melankolis memiliki kepribadian yang unik dan khas. Tempramennya menganggap sesuatu itu penting. Kadang mudah kecewa, daya juang kecil dan pesimistis. Tapi, orang dengan tipe melankolis sangat romantis loh. Selain romantis juga memiliki rasa empati yang tinggi. Apakah kamu tipe melankolis?

Plegmatis alias si pecinta damai. Orang dengan tipe plegmatis  sangat santai, nggak mau pusing dan menghindari masalah. Kata temanku nih, sekalipun gempa, orang plegmatis nggak akan panik, ekspresinya datar-datar aja hahaha. Keterlaluan mah nih si plegma. Saya juga punya teman dengan tipe plegma, memang orangnya nggak mau pusing dan santai banget. Tapi, tipe plegma orangnya sabar dan setia loh. Serta tidak terburu-buru mengambil keputusan. Semua dipikirkan dengan bijak. Slogannya pelan tapi pasti cihhuyy. Kamukah orangnya? hihi

Nah yang mau saya bahas lebih banyak adalah tipe kerpibadian Koleris-Sanguinis, karena kedua tipe ini lebih dominan dalam diri saya hahaha terbongkar sudah.

Baca juga: 4 Alasan Mengapa Saya Menulis Blog

Credit Picture: Yukbisnis.com

Sanguinis alias si superstar. Bisa dibilang orang yang memiliki tipe kepribadian ini sangat eksis dan suka menjadi sorot perhatian. Orang sanguinis memiliki kepribadian seperti hidup yang mengalir begitu saja, ramah, mudah bergaul, periang, murah senyum, dan optimistis.

Nah loh sobat, merasa nggak memiliki tipe sanguinis?

Orang yang bertipe sanguinis suka banget ngomongnya bisa dikatakan cerewetlah. Memiliki  penguasaan komunikasi yang baik, suka bersenang-senang dan menjadi pusat perhatian. Kalau saya sebenarnya nggak cerewet-cerewet amat sih apalagi kalau cuma gabung bareng teman-teman. Tapi, kalau sudah di forum diskusi, ukhh saya emang nggak mau diam dan suka banget jadi pusat perhatian hahaha. Keluar kan aslinya. Tapi kadang pendiam juga kok. Tapi, kalau tipe sanguins saya dipresentasikan, sepertinya cuma 40%. Aslinya sanguinis itu orangnya humoris banget, kalau udah sama orang sanguinis pasti suka bikin lelucon. Ah jadi teringat dengan sepupu saya yang gokil abis.

Infografik by @ainhy_edelweiss
Infografik by @ainhy_edelweiss

Hayooo sobat apakah kamu tipe sanguinis? Umm bagaimana dengan tipe koleris?

Credit Picture: Yukbisnis.com

Koleris alias si kuat. Tipe kepribadian ini sangat menarik. Orang koleris memiliki semangat hidup yang tinggi, pejuang, dan optimis. Selain itu, koleris juga mudah marah, suka mengatur, merasa jadi penguasa, pendendam dan serius. Sobat merasa koleris nggak?

Tipe koleris ini tipe pemimpin. Kepribadiannya yang optimis, mengatur, bergairah menjadikannya menjadi menonjol ketika bergabung dalam sebuah kelompok. Hampir sama dengan Sanguinis, koleris pun suka menjadi pusat perhatian. Selain itu, orang koleris sangat menyukai tantangan dan petualangan, gigih berjuang dan pantang menyerah. Saya suka banget dengan cowok koleris loh tapi enaknya dikombinasiin sama melankolis jadinya koleris-melankolis. Tegas, mampu jadi pemimpin, pantang menyerah tapi sekaligus penyayang dan romantis hahaha eh kok jadi curcol.

Nggak enaknya jadi koleris itu orangnya nggak sabararan, pengen semuanya berjalan dengan cepat. Iya nih saya sendiri mengalaminya. Kalau ada target blog pengeen aja semua selesai dalam sehari, nggak sabaran dan yah gitu deh kadang lupa makan.

Oiya orang koleris ini sulit memaafkan loh beda banget dengan plegmatis yang cinta damai. Dulu, saya suka rusuh yah paling tidak sama saudara sendiri, itu dulu waktu masih labil.

Infografik by @ainhy_edelweis
Infografis by @ainhy_edelweiss

Pada dasarnya, keempat tipe kepribadian ada pada diri setiap orang, hanya saja ada tipe kepribadian yang paling dominan. Tipe kepribadian pun bisa berubah-ubah tergantung lingkungan yang membentuk pribadi setiap orang. Saat mengetahui kekurangan tipe kepribadian yang dimiliki, kita bisa melakukan intropeksi diri dan melakukan perubahan yang barangkali karena kepribadian yang dimiliki bisa menyakit hati orang-orang di sekitar kita.

Nah sobat, itu dia sharing saya seputar tipe keperibadian, kalau ada yang kurang ditambah yah. Bagaimana dengan kamu sobat, apa sih tipe kepribadiannya yang paling dominan? share dunk di kolom komentar.


Sumber: https://ibnudin.net/kepribadian-manusia/

31 thoughts on “4 Tipe Kepribadian Manusia, Kamu Yang Mana?

  1. Saya kayaknya gabungan antara plegmatis dan sanguinis
    Santai tapi kadang juga cerewet dan senang humor

    Tapi kadang-kadang saya juga melankolis

    Lah? jadi sebenarnya saya tipenya apa? hahaha

  2. kalo dari penjelasan di atas, sepertinya saya ini kombinasi melankolis-sanguinis-plegmatis kak.. ketiganya bisa menonjol kapan saja tergantung situasi, motivasi, dan kondisi 🙂 btw saya senang dgn kepribadian kak Ainhy yg ceria, penuh semangat, dan suka jd pusat perhatian.. tipe ice-breaker banget ya kak.. selalu membawa kegembiraan di mana2..

  3. Kayaknya saya di plegmatis, tapi ndak cuek-cuek banget sih, karena kalau ada orang ganggu ka langsung saya singkirkan, singkirkan jadi teman dan dalam kehidupanku. Cocokmi itu plegmatis kah? Haha XD

  4. Saya koleris. Sesuai banget itu ama kepribadian saya. Tapi katanya sifat nwgini nie ada kombinasinya ya Mbak, berapa persen gitu. Misal dominanya korelis, terus kombinasi 10% dwngan sanguin, gitu. Pernah baca aja sih.

  5. Saya udah ngetes sejak jaman masih ngantor dulu. Bahkan kata yang ngetes dulu “kau sebenarnya gak perlu ditest juga udah ketahuan kepribadiannya” haha…

    Sanguin yang cenderung koleris, itulah saya! Hehe..

  6. Saya kayaknya adalah type Koleris Melankolis.Tidak gampang marah, rajin, berbudi pekerti luhur, baik hati dan tidak sombong. eh..eh ini type kepribadian atau ciri-ciri cowo idaman kah?

  7. Pernah tanya ke psikolog dan kebanyakan cenderung tidak sependapat dengan tipe-tipe kepribadian ini 😊. Kalau saya ada gabungan ke empatnya, yang dominan pun keempatnya sih 😂

  8. Saya belum pernah test kepribadian ya ampun padahal gampangnya mih sekarang dih, karena bisa ditest secara online juga. Cek-cek dulu deh

  9. Kalau aku si plegmatis. Sukanya santai dan selow hahah. Kadang temenku gregetan sama tingkahku. Tapi aku suka sih soalnya cinta damaiii dan gak suka debat. Intinya sering ngalah lah ya.

Thankyuuu sobat telah berkunjung di blog Ainhy Edelweiss. Silahkan meninggalkan jejak di kolom komentar yah, xoxo

Back To Top
error: Content is protected !!