Artikel Beranda

10 Tulisan Pilihan Blog Challenge Bulan Januari

“Sesuatu yang sudah berakhir, belum tentu akhir dari segalanya.” Ainhy Edelweiss

Aloha sobat,

Tibalah kita di penghujung bulan Januari. Tanpa terasa, sebulan telah berlalu di tahun 2019. Apa kabar kita hari ini? menjadi lebih baikkah atau sebaliknya?

But i hope all of us feel better than before.

Semua orang pasti menginginkan yang terbaik. Termasuk ingin melakukan perubahan. Saya berterima kasih kepada komunitas blogger atas supportnya yang luar biasa. Selain komunitas, saya membutuhkan tools lain sebagai penunjang target dan resolusi apa yang ingin diwujudkan. Seperti membuat bullet journal, membuat challenge, dan mengikuti challenge yang dibuat teman serta lomba.

Di bulan Januari, saya berinisiatif menantang diri sendiri menulis di blog dengan 10 tema yang berbeda-beda. Alhamdulillah, inisiatif tersebut terwujud, dan saya sangat bersyukur karena challenge yang dibuat ternyata diminati sobat blogger lainnya. Such as an apreciation for me.

Ada sekitar 20an blogger yang mengikuti challenge 10 tema bulan Januari, yeaay! Melalui tulisan-tulisan mereka, saya menemukan hal-hal baru. Ada yang cepat menyelesaikan tantangannya, ada yang runut, dan ada pula yang baru semalam menuntaskan tantangannya. Etss ada juga sih yang gak sampai selesai. But its okay, mengikuti challenge bukan seberapa cepat kita selesai, bukan seberapa jagonya kita di antara yang lainnya, tapi seberapa berani kita mengambil tindakan untuk berusaha mengikuti challenge tersebut. (aduh berasa kayak Marry Riana nih hahaha)

Di antara tulisan-tulisan sobat blogger, ada 10 tulisan pilihan yang menurut saya paling menarik.Β  Apa aja tulisan pilihan blog challenge 10 tema versi Ainhy Edelweiss?

1. Mozaik Impian, Review Buku Karya Sendiri

https://www.sunflowords.com

Sulit menentukan 1 tulisan terbaik di blog mba Eva De, karena emang semua tulisannya menarik. Judul-judul tulisannya selalu memantik rasa penasaran saya. Tulisan Mozaik Impian menjadi daya tarik tersendiri saat membacanya. Kata Mozaik ini pernah saya jadikan sebuah nama untuk diary semasa SMA, hahah. Buku diary tersebut masih ada, alasannya hampir sama, karena tulisan-tulisan dalam diary tersebut bagaikan serpihan yang akan menjadi mozaik.

Tulisan Mozaik Impian karya mba Eva, sangat inspiring. Memantik saya untuk membukukan tulisan yang masih menjadi ide, bertebaran di draft, dan sebagiannya terselamatkan melalui blog. Thanks mba Eva, teruslah menginspirasi melalui tulisanmu, xoxo.

2. Buku yang Paling Ingin Dibaca

https://strawberrymisire.wordpress.com

Why i choose this? karena semua wish list bacaannya out of my book list. Tulisan mba @tulipakasia (nama instagramnya yah) enak dibaca, simple dan padat. Wish list bacaan mba @tulipakasia membuat saya sadar kalau selama ini terlalu konsumtif membaca novel. Dan memang wish list bacaan mba @tulipakasia bisa mengembangkan skill, khususnya skill kebutuhan perempuan seperti buku tutorial memasak.

Btw di blog mba @tulipakasia ini banyak konten-konten beauty loh, saya sering ngintip blognya sekaligus belajar ‘walau belum dipraktekin’ hahaha.

3. Sambut Tahun Baru dengan Santun

http://anggioctaviani.com

Tahun baru tak harus dirayakan dengan meriah. Tahun baru tak harus dirayakan dengan pesta megah, kembang api mewah, yang acapkali membuat manusia lupa diri, hingga melawan aturan Tuhan. Begitulah sepenggal kutipan dalam tulisan mba Anggi.

Membuat kita sejenak merenung tentang hal-hal yang sudah dilakukan. Menyambut tahun baru memang banyak godaan untuk berhura-hura, adanya tren menyambut tahun baru yanng serba waaaah, kadang membuat kita lupa diri. Tulisan ini menjadi pemantik untuk membuat saya intropeksi diri. Thanks mba Anggi.

4. Me and My Twin

http://bundanarafid.blogspot.com

Hayoo siapa yang pengen punya anak kembar? aku…aku…. (jawab sendiri hahaha)

Membaca tulisan Bunda Narafid (nama blog) membuat saya bangga terlahir sebagai perempuan. Why? because, beliau sudah berumah tangga, yah pastilah tugas dan tanggung jawab jadi dobel apalagi sudah punya anak, ada yang kembar pula. Tapi, Bunda Narafid tetap semangat berbagi cerita dan kisah inspiratif melalui tulisannya. Termasuk yang berjudul Me and My Twin.

Pengalaman melahirkan anak kembar tak semudah yang saya bayangkan. Tapi, ada tekad dan kebesaran jiwa seorang ibu, di mana saya belajar banyak hal di sini. Thank Bunda Narafid, teruslah berbagi kisah inspiratif, xoxo.

5. Review Drama SKY Castle

https://berlianika.blogspot.com/

Tulisannya renyah dan enak dibaca (bukan dimakan yah haha). Btw penulisnya masih mudah loh, jadi nggak berasa muda sendiri wkwkw.

Review mba Berlianika (nama blog) tentang film Sky Castle ini membuat saya penasaran. Caranya mereview cukup detail dengan menggambarkan alur cerita dan karakter para pemain. Saya baru tahu loh film ini, sudah ada yang pernah nonton belum?

Yang membuat saya tertarik, karena tulisan review film ini mengingatkan saya akan realita yang terjadi. Bahwa, memang masih banyak orang tua yang mendidik anak mereka secara otoriter, dalam artian memaksakan kehendaknya kepada anak-anak. Thanks reviewnya πŸ™‚

6. Tes Kepribadian: Melankolis yang Katanya Sempurna

http://www.kuskuspintar.web.id/

Salah satu tema blog challenge yang paling menantang adalah tema tipe kerpibadian. Dari tema ini, kita dibuat berpikir dan menyelami diri sendiri. Dan dari tema ini pula, saya jadi mengenal pribadi blogger-blogger yang sudah mengikuti challenge. Ternyata, keragaman itu indah yah. Coba deh bayangkan kalau saja bumi ini diisi oleh manusia yang memiliki kepribadian yang sama.

Jangan dibayangkan, itu berat, biar aku saja hahaha.

Jadi terbawa suasana penulis pemilik blog Kuskus Pintar nih. Namanya mba Reskia Ekasari (semoga daku benar). Membaca tulisannya saya senyam-senyum sendiri, enak dibaca karena diselingi printilan humor. Saya pikir orang melankolis itu nggak punya selera humor ternyata dugaan saya salah, (soalnya punya teman melankolis yang seriusnya minta ampun hahaha).

7. List Keinginan 2019

https://andhikapap.blogspot.com/

Dari tadi blogger perempuan melulu yah, ntar saya didemo lagi sama blogger laki-laki kalau nggak ada yang tulisannya kepilih hihi. Di blog challenge ini ada 3 blogger laki-laki yang ikut berpartisipasi, jumlahnya memang lebih sedikit dari blogger perempuan. But, thank you so much yang sudah ikut berpartisipasi.

Di tema list belanjaan ini nih yang buat saya penasaran pengen ngintip apa sih list belanjaan cowok itu, wkwkwk. Apa sama banyaknya dengan perempuan? and you can guest it.

Kak Andhika, rupanya memiliki list belanjaan yang jumlahnya sedikit. Tuhh kan, belanjaan cowok simpel, tapiii butuh budget yang banyak juga yah. Semoga tercapai di tahun ini. Suka banget dengan tulisan-tulisannya yang enak dibaca, apalagi share tulisannya tentang filsafat karena emang pemiliki blog Andhika PAP gemar belajar filsafat. Ditunggu yah sharingnya.

8. Merawat Kenangan

http://www.izzahrondiyah.com/

Tulisan mba Izzah yang satu ini mengajak pembaca menelusuri jejak kenangan yang pernah dilalui. Bagaimana kita menyikapi momen-momen penting dalam hidup ini. Apakah mengabadikannya dengan cara menulis di diary, memotret dan lainnya atau mengabaikan moment tersebut.

Baca tulisan mba Izzah ini saya merasakan semangat dan optimisme yang tinggi. Keep spirit yah, xoxo.

9. Apa yang Harus Kureview

http://kosakata271.blogspot.com/

Judul tulisannya antimainstream. Semacam kegalauan seorang penulis yang mengalami block writer, tapi menuangkannya dalam sebuah tulisan.

Ini adalah tulisan terakhir Mba @farida.271 (nama ig) dari tantangan menulis 10 tema yang baru disubmit di hari terakhir. Kentara nih kalau mba’nya deadlliners hhha (nebak aja mba peace). Saya menyukai kejujuran penulis melalui tulisannya, menggambarkan perasaan dan kondisi sang penulis yang emang realitasnya seperti itu. Saya teringat awal-awal menulis juga banyak unek-unek atau keluhan saat menulis saya tuangkan juga. Hal tersebut adalah salah satu cara untuk mengatasi block writer. Keep be honest, xoxo.

10. Nugas Bonek

http://ruangankerjaafifah.blogspot.com/

Awalnya kening saya berkerut, apa sih itu Nugas Bonek? ini bahasa jawa yah? dan setelah membaca tulisan mba Nur Afifah, saya jadi paham kalau Nugas Bonek itu artinya bondho nekat (peace saya masih bingung arti bondho, kira-kira maksudnya orang yang nekat bukan? hhha maapekun).Β 

Sama halnya dengan tulisan mba Izzah, membaca tulisah di blog mba Afifah selalu ada nuansa semangat dan optimisme. Kisah anak muda yang berani melakukan petualangan. Gaya penuturannya pun mudah dicerna dan detail. Membuat pembaca seolah ikut mengikuti petualangan tersebut. keep writing yah, xoxo.

Dan… masih banyak lagi tulisan-tulisan menarik lainnya yang telah mengikutsertakan tulisannya melalui challenge blog menulis 10 tema di bulan Januari.Β 

Sobat blogger jangan terhenti sampai di sini yah. This is not the end, it is just beginning.

Untuk sobat blogger yang sudah mengikuti challengenya baik selesai maupun tidak, saya haturkan banyak terima kasih untuk semangat dan antusiasnya yang luar biasa!

Mohon maaf bila ada ketidaknyamanan yang datang dari saya.

Sampai jumpa… xoxo

14 thoughts on “10 Tulisan Pilihan Blog Challenge Bulan Januari

  1. Waaaaahhh.. Nggak nyangka masuk list!! Sayang banget aku ndak bisa menyelesaikan challenge. 😭 Tulisan-tulisan Kakak-kakak yang ikut challenge keren-keren.

    Terima kasih, Kak Ainhy! Setelah ikut challenge ini aku jadi serius sama blogku.

  2. ya allah, tak aku sangka salah satu tulisan aku masuk 10 besar.. tebakan mb Ain benar sekali, ak termasuk tipe deadliners orangnya. ha ha ha akasih ya mbak udah bikin challenge menulis seperti ini, kapan kapan buat lagi ya mb

Thankyuuu sobat telah berkunjung di blog Ainhy Edelweiss. Silahkan meninggalkan jejak di kolom komentar yah, xoxo

Back To Top
error: Content is protected !!