Aktivitasku Beranda

Digital Career For Female

Tepat pada tanggal 09 Februari 2019, saya menghabiskan weekend dengan mengikuti event yang diselenggarakan oleh Popbela. Info event ini saya dapatkan di sosial media melalui postingan salah satu teman di instagram. Sebenarnya, saya sangat asing dengan Popbela. Namun, tema di event tersebutlah yang menarik minat saya.

Saya penasaran ingin mengetahui apa dan bagaimana kiprah perempuan di era digital saat ini. Kebetulan, salah satu narawicara di event tersebut sudah saya kenal. Beliau seorang Fashion Blogger fashion yang  inspiratif.

Karena temanya Digital Career For Female, tentu saja semua narawicaranya adalah perempuan. selain kak Farah Djamal, Fashion Blogger sekaligus content creator yang sudah saya kenal di komunitas, ada dua narawicara lainnya. Kak Nurul Faradillah, beliau adalah selebgram dan kak Andi Nayla Irwan yang merupakan owner @baksomacanmakassar.

Baca juga: Jangan Gabung di Komunitas, itu berat!

Popbela Makassar

Ketiga-tiganya memiliki profesi yang saat ini sudah lazim di era digital. Inilah yang membuat saya penasaran. Bagaimana mereka memanfaatkan sosial media di era digital.

Sekitar pukul 02.00 pm, saya sudah sampai di lokasi. Event tersebut berlokasi di Sophie Paris branch Makassar, jalan Veteran Utara. Tak begitu jauh dari tempat tinggal saya.

Dan, event tersebut baru dimulai hampir sejam kemudian. Yah bisa dimaklumi, karena cuaca kurang mendukung, sementara peserta yang datang masih sedikit.

Di sharing session tersebut, ketiga narawicara berbagi tips dan trik serta kisah mereka memulai career di era digital.

Baca juga: Pengalaman Pertama Mengikuti Event Beauty Blogger With Safi

Kak Nayla adalah owner @baksomacanmakassar. Saya terkesima saat beliau menceritakan kisahnya merintis usaha yang dilakukannya seorang diri. Berawal dari sebuah hobi yang doyan makan bakso, akhirnya beliau berinisiatif untuk membuka usaha bakso sendiri. Tak ada lahan besar pun resto yang super waw saat beliau membuka usaha bakso, hanya mengandalkan lahan sempit yang ada di depan rumah. Tapi, kak Nayla memanfaatkan sosial media, salah satunya instagram.

Berbekal sosial media itulah yang membuat usaha kak Nayla banyak diminati orang. Yang saya salutkan, beliau sendiri yang memasarkan usahanya tanpa mengeluarkan budget besar-besaran untuk melakukan promosi.

Lain halnya dengan kisah kak Farah Djamal. Selain sebagai Fashion Blogger, beliau juga menggeluti dunia content creator. Melalui personal branding di sosial media khususnya di blog, kak Farah mulai dikenal banyak orang. Hingga akhirnya, banyak yang menawarkan kerja sama dengan kak Farah, salah satunya beliau sekarang dikontrak untuk menangani digital marketing di salah satu perusahaan ternama.

Bagaimana dengan selebgram?

Daripada posting status galau di sosial media, lebih baik mengisinya dengan konten positif. Sebelum menjadi selebgram, kak Nurul mengisi konten instagramnya dengan fashion, dimulai dari outfit-outfit kesukaan beliau. Lambat laun, banyak yang mulai menjadi follower di akun kak Nurul. Dan pada akhirnya, sosial media yang beliau isi secara konsisten, membuatnya menjadi selebgram. Siapa sangka, dari sosial media, seseorang bisa mendapatkan penghasilan.

Dari sharing session ini, cerita ketiga narawaicara Digital Career for Female menjadi moodboster saya untuk konsisten melakukan personal branding melalui sosial media. Namun, perlu digaris bawahi, bahwa semuanya dilakukan dengan niat yang baik tanpa melupakan tujuan awal berbagi hal-hal positif di sosial media.

https://www.instagram.com/p/BtqD28_gk9U/

Oh iya, saya baru tahu jika Popbela adalah sebuah komunitas yang mempertemukan perempuan Indonesia yang memiliki minat yang sama khususnya di bidang fashion dan beauty. Jujur saja, kedua bidang ini buka minat utama saya, tapi karena menyukai hal-hal yang baru, apa salahnya berbaur di komunitas ini.

Oiya bagi sobat yang penasaran seperti apa Popbela, silakan kunjungi websitenya di popbela.com, bagi yang berdomisili di Makassar, stay tuned aja info updateannya. Karena, rencana setiap bulan ke depannya akan diadakan event-event lainnya.

So guys, how do you spend your time for  weekend? feel free to share it below 🙂

20 thoughts on “Digital Career For Female

  1. acara semacam ini penting banget untuk sering2 diadakan supaya lebih banyak lagi wanita yg termotivasi untuk berbisnis ataupun membuka usaha dgn memanfaatkan perkembangan teknologi digital, salah satunya dengan memaksimalkan sosial media untuk pemasaran 🙂

    1. Ikut event tuh nambah ilmu dan wawasan, seperti halnya membuka jendela utk mendapatkan udara segar utk diri kita sendiri dan lingkungan. Nah, makin sempurna kalau kita sharing ilmu yg kita dapat ke blog utk orang lain baca juga. ^_^

  2. Iya mba kita saja sebagai blogger termasuk digital career ya. Karena sekarang memang zamannya teknologi dan dunia maya mulai kuat dan terkdang di sikon tertentu bisa mebgalahkan dunia nyata. Smga kita busa memanfaatkan dunia digital ini dg sesuatu yg positif ya

  3. obrolannya asik banget ya, jadi bikin semangat untuk berkarya. selain itu membuka insight baru untuk yang baru mulai main social media.

  4. Sharing bagus ini karena wanita paling banyak aktif di medsos kayaknya ya, jadi wajib deh untuk menulis atau menyebarkan yang positif-positif agar aura media sosial pun tidak penuh hoak

Thankyuuu sobat telah berkunjung di blog Ainhy Edelweiss. Silahkan meninggalkan jejak di kolom komentar yah, xoxo

Back To Top
error: Content is protected !!