Warning: file_get_contents(http://ipinfo.io/34.204.169.76): failed to open stream: HTTP request failed! HTTP/1.0 429 Too Many Requests in /home/ainc4129/public_html/wp-content/plugins/nm-visitors/nm-visitors.php on line 97
5 Masalah Yang Dihadapi Saat Haid - Ainhy Edelweiss
Artikel Beranda

5 Masalah Yang Dihadapi Saat Haid

Aloha sobat,

Pernah nggak sih, sobat mengalami banyak masalah ketika menstruasi/haid?

Gejala saat haid
Sumber Gambar: Pinterest

Setelah searching di mbah google, masalah yang saya hadapi terbilang masih normal. Merasa lega sebenarnya, tapi, jujur saya sangat risih dengan masalah yang saya hadapi tersebut.

By the way, tulisan ini buat curcol aja yah, penting nggak penting sih, tapi kan menulis itu terapi. Barangkali setelah mengeluarkan unek-unek di sini saya menemukan solusi mengatasi masalah-masalah yang dihadapi ketika haid.

1. Auto MagerΒ Sebelum dan Saat Haid

Emotico malas saat haid
Sumber Gambar: Pinterest

Setahun yang lalu, saya merasa nggak separah ini ketika haid. Paling hanya mengalami nyeri di perut itupun nggak nyeri-nyeri banget, atau merasakan sakit di beberapa area di tubuh. Namun, sejak bulan November tahun 2018 hingga sekarang, ada beberapa masalah yang kerap saya alami ketika haid. Salah satunya auto mager (baca: malas gerak). Ini sih saya sendiri yang melabeli masalah yang saya hadapi.

Tapi, setelah searching di google, rasa malas ketika haid itu hal yang wajar karena adanya perubahan hormon. But you know, beberapa sebelum haid, saya benar-benar auto mager. Nggak mau ngapa-ngapain. Yang tadinya semangat menulis, melakukan ini dan itu, tetiba bersikap bodo’ amat dengan semua. OMG!

You can see my blog post, sudah beberapa hari saya nggak update. Tapi, problem ini kok buat saya dilema yah. Terhitung akhir tahun kemarin, saat haid, rasa malas saya menjadi-jadi.

Ini menyiksa batin banget sobat huhu. Dalam hati, saya pengen banget melakukan ini dan itu, tapi semakin kuat niatnya, malah yang terjadi malasnya semakin menjadi-jadi.

Dan saat menulis ini, butuh perjuangan besar melawan rasa mager itu.

Untungnya, mager terparah hanya tiga hari sebelum haid, dan tiga hari saat haid, selebihnya perlahan-lahan rasa mager berkurang. Apakah sobat mengalami hal yang sama?

Baca juga: 3 Kenangan Tak Terlupakan Semasa SMA

2. Emosi Tak Terkendali

Gejala Haid
Sumber Gambar: Pinterest

Sepertinya sudah jadi rahasia umum ketika perempuan yang sedang PMS (Premenstrual Syndrome) emosinya tak terkendali.

Tapi tau nggak sobat, masalah yang satu ini ngajakin orang berantem hahaha. Dua atau tiga hari sebelumnya, emosi saya sudah menampakkan aslinya eh maksudnya ketidakstabilannya. Pengen marahin orang tapi tanpa alasan yang jelas. Dan yang paling parah ketika haid.

Emosi saya benar-benar nggak bisa dikendalikan. Marah bercampur sedih campur berprasangka pula! what the h*ll!!!

Saya nggak bisa bayangin kalau sudah berkeluarga kelak dan doi nggak memahami ini, pasti bakal bertengkar.Β Makanya sebelum nikah, kasih tau dulu soal ini kayaknya lebih bagus hhhha.Β 

Berapa lama emosi tak terkendali berlangsung?

Kalau saya hitung-hitung rata-rata tiga hari. Tiga hari pertama sebelum haid, dan tiga hari kedua saat haid. Saat mengalami masalah ini, percayalah, seandainya saja gelas-gelas di rumah bisa dilempar begitu saja, pasti sudah saya lakukan hahaha.

So, buat sobat yang punya pasangan dan tiba-tiba doi marah nggak jelas, sedih nggak jelas, berprasangka yang tidak-tidak, cobalah mencari tahu tanggal PMSnya. Kalau nggak, yakin deh kamu bakal dijadikan target melampiaskan badmoodnya.

Baca juga: 5 Tips Ikut Tren Fashion Wanita Bagi Pemula

3. Demam

Gejala Haid
Sumber Gambar: Pinterest

Seingat saya, sudah tiga kali mengalami demam saat haid. Pertama saat di bulan November tahun kemarin, demam kedua di bulan Januari tapi nggak parah amat. Nah yang ketiga ini nih mirip-mirip di bulan November.

Rasa panas di sekujur tubuh tiba-tiba saya rasakan di sore hari. Dan memuncak di malam hari tepat ketika saya mengalami haid di hari ketiga hingga saat ini.

Kenapa ini masalah buat saya? Because, i hate to drink medicine!

Obat itu pahit huhuhu, butuh effort yang banyak kalau mau minum obat. Dan kalau obatnya dalam bentuk kapsul atau tablet, saya nggak bisa nelan, harus dihancurin dulu, kebayang kan rasa pahitnya menyebar di lidah.

Kenapa nggak bisa nelan obat?

Hmmm mungkin ini kebiasaan sedari kecil yang emang nggak suka minum obat. Pernah suatu waktu saya belajar cara menelan obat, tapi percuma, hasilnya sia-sia. Pernah juga saya berusaha menelan obat karena sudah dipaksa minum, tapi yang terjadi malah saya muntah sebelum obatnya masuk di mulut.

Jadi saat demam ngapain dong?

Diemin aja. Sampai sembuh dengan sendirinya. Alhamdulillah ketika mengetik tulisan ini, demam saya sedikit menurun, paling tidak, panas di badan sudah bisa ditoleransi.

4. Pengen Makan Ini Itu Mirip Kayak Orang Ngidam

Kalau nafsu makan nasi ketika haid memang menurun, malah pengen nggak makan nasi aja. Tapi, kalau soal makanan lainnya apalagi cemilan, duhh saya sering kalap dan sukanya pengen makan yang aneh-aneh. Kayak orang ngidam kan.

Setelah searching, gejala ini katanya normal dialami perempuan saat haid. Tapi percayalah, masalah banget kalau dompet lagi menipis hahaha.

5. Sakit Kepala

Yah ini juga jadi problem ketika haid. Rasa nyut-nyut di kepala yang belum ada tanda-tanda berhentinya. Bahkan ketika menulis saat ini pun, sebenarnya saya sakit kepala, sesekali memijat kepala sendiri biar nyut-nyutnya hilang.

Kelima masalah ini mungkin masih wajar di dunia medis, but you know, ini jadi strugle bagi saya pribadi dan mengganggu produktifitas. Tapi, mau bagaimana lagi. Sudah menjadi langganan tiap bulan. Meski, harus disyukuri karena pertanda masih normal ketika mengalami haid dan gejala-gejalanya.

After writing this, i feel better than before. Tarik nafas dulu hihi. Oiya sobat kalau kamu punya cerita yang sama, share yuk di kolom komentar, atau mungkin sobat punya tips menghadapi masalah ketika haid, bakal sangat membantu.

Thanks before, xoxo.

32 thoughts on “5 Masalah Yang Dihadapi Saat Haid

  1. Aku banget ini Mba, dari SMP sampai ke jenjang dunia kerja kalo dapet haid langsung izin ahhaha
    soalnya nyeri banget dan harus boboan. Tapi sekarang ya masih juga, aku biasanya minum jamu Mba kunir asem
    kalau nggak konsumsi cokelat hangat. Sama sibukin diri sama gawean.

  2. Kalau saya dari sebelum hari H, udah banyak keluhan macam orang masuk angin dan selalu uring-uringan. Emosi juga kadang tak terkendali, sensitif dan gampang banget marah. Semua normal lah ya karena kinerja hormonal

  3. Hai, Mbak. Aku pun mager berat saat haid. Kalau sebelumnya sih, nggak mager tapi badan pegal-pegal aja. Terus terang, sampai sekarang aku belum menemukan cara merilekskan kondisi saat haid. Aku sih menerima aja. Toh hanya sebentar, xixixi …

    Pastinya minum jamu kunyit, air hangat, dan menghindari hal-hal yang memang kita nggak suka. Wew! Bisa keluar deh tanduk dan taringnya.

  4. Katanya olahraga rutin meski ringan membantu mood swings dan gejala yg bikin sakit2 Mak. Tp kadang lupa sih belum rutinin olahraga udah haid lagi ajah.hehe

  5. Saya kram perut sampe gak bisa jalan biasanya bun jadi pasti dulu pas kerja selalu ijin pulang pas hari pertama ato hari kedua haidh. Sangat mengganggu

  6. Dari kelima masalah saat haid seperti di atas, yang paling saya benci adalah sakit kepala. Kalau sudah sakit kepala atau migrain mod yang sudah jelek pun bertambah parah. Sengsara banget rasanya. sementara hidup harus berlanjut dengan norma dan tanggung jawab 😁😁

  7. Klo aku badan sakit2 semua mua mba…
    Kyk hbs digebukin hahaha
    Trus tiba sariawan bermunculan dan tentunya jerawat
    Herannya klo sdh selsei biasanya hilang aja sg sendirinya

  8. Kalau aku biasanya badan sakit semua. Trus suka marah2 kayak penjelasan nomor 2, ditambah napsu makan meningkat drastis. Wuih, pokoknya nano-nano. Tapi nggak pa pa lah, namanya juga perubahan hormon kan? Diusahakan tetap sadar dan tahan emosi

  9. Aku kalau haid itu mba, sakitnya pengin jungkir balik. Bisa dibilang hari terberat, kalau malas si tidak pernah. Tapi, soal obat. Aku tipe yang tidak bisa minum obat. Apalagi dihancurin, malah tambah ngeri.

  10. Alhamdulillah saya gak pernah ngerasain demam atau sakit kepala menjelang haid. Tapi kalau untuk urusan mood, memang agak susah dikendalikan ya…hihihi
    Tapi itu dulu, makin ke sini, inget anak-anak jadi saya agak meredam esmosih

  11. Dulu waktu masih usia masa anak sekolah SMA gitu, sama lho Ainhy aku juga demam kalau pas mens. Tapi lama kelamaan ketika kuliah, seiring dengan makin aktifnya fisik, sakit menstruasi itu hilang dengan sendirinya. Palingan cuma pinggang pegel dan bagian bawah perut itu terasa kayak tebel gitu loh πŸ˜‰
    Semoga lekas hilang ya masalah2 berkaitan dengan menstruasi ini, agar tidak bikin orang lain bete juga saat berhadapan dengan kita.

  12. Emosi trak terkendali aku banget, senggol bacok huhuhu.
    Kalau udah gtu biasanya aku tu meringkuk di bed gtu mbak atau milih makan makanan yang aku sukai jadinya hati jd tetep happy.
    Oh ya kadang juga minum pereda nyeri haid.

  13. alhamdulillah kalau sampe sakit perut belum pernah sih tapi kalau ngidammmm itu udah kaya lagi ngidam beneran banyak maunya (makanan biasanya hahaha)

Thankyuuu sobat telah berkunjung di blog Ainhy Edelweiss. Silahkan meninggalkan jejak di kolom komentar yah, xoxo

Back To Top
error: Content is protected !!