Artikel Beranda

Kelebihan dan Kekurangan Colocation Server yang Akan Kamu Dapatkan Jika Memakainya

colocation server
Sumber Gambar: Pexels.com

Di tengah-tengah semakin majunya dunia teknologi, sistem web dan pemograman pun juga akan semakin pesat. Kebutuhan-kebutuhan jaringan juga akan semakin banyak dipakai mengingat akan ada banyaknya data yang keluar masuk dan disimpan. Di samping itu semua, colocation server lah yang menjadi solusinya.

Keberadaannya sekarang sudah menjadi vital bagi perusahaan-perusahaan, entah itu kecil sampai menengah ke atas. Mungkin karena harganya yang lebih terjangkau daripada kamu membuat data centernya sendiri sehingga banyak dari mereka yang memutuskan untuk menggunakannya.

Tapi, meskipun ada keunggulannya, tetap saja semua itu ada kekurangannya. Berikut beberapa keunggulan dan kekurangan buat sobat yang menggunakan colocation server.

Keunggulan

1. Gampang dalam mengakses dan menyimpan server

Seperti yang sudah sempat dijelaskan tadi. Sekarang sudah mulai banyak perusahaan yang beralih memakai colocation server karena memiliki kelebihan yang bisa menguntungkan sistem bisnis mereka. Salah satu keunggulannya adalah gampang mengakses dan menyimpan server.

colocation server
Sumber Gambar: Pexels.com

Kamu sebagai penggunanya tidak usah lagi ribet-ribet menyiapkan ruangan untuk membangun data center sendiri atau pengadaan peralatan yang dipakai untuk mendukung pembuatan data center itu. Pasalnya, colocation server menyediakan segala kebutuhan data center secara penuh tanpa menambahkan atau menyiapkan peralatan lainnya.

Hal itu juga sudah termasuk akses dan tempat penyimpanan servernya.

2. Teknisi ahli yang bisa membantu kapan pun

Dalam hal maintenance server, kamu tak usah ribet-tibet sendiri lagi karena, pihak jasa akan melayani pengaturan server dengan staff yang sudah ahli. Kamu yang mau update sistem tidak usah lagi dilakukan sendiri, apalagi buat kamu yang tidak tahu caranya, bisa meminta bantuan mereka untuk melakukan up date sistem.

Sama halnya kalau kamu mau menambah server, minta bantuan saja ke mereka untuk melakukan penambahannya. Segala perbaikan dan peningkatan kapasitas pun juga bisa mereka lakukan, sehingga kamu hanya tinggal menerima jadinya saja. Tidak usah ribet-ribet mengutak-atiknya, kamu sudah bisa mendapatkan itu semua.

3. Cocok buat kamu yang berbudget terbatas

Data center memang sangat penting sebagai tempat untuk menyimpan data-data dari server. Maka dari itu, tidak sedikit perusahaan yang memiliki data center untuk menyimpan semua data mereka. Tentu memiliki pusat data sendiri akan mengeluarkan banyak modal, sehingga akan ada banyak budget yang harus kamu keluarkan untuk pelengkapannya.

Dengan memakai layanan colocation server, budget kamu bisa semakin menghemat. Perlengkapan pusat data sudah mereka sediakan, sehingga kamu hanya menitipkan server kamu untuk disimpan. Dengan begitu kamu tidak usah lagi mengeluarkan banyak budget untuk membuatnya sendiri.

Kekurangan

Selain keunggulan yang dimilikinya, colocation server juga punya kekurangan yang harus kamu tahu. Tapi tidak usah khawatir karena, kekurangan hanya berupa hal tanggung jawab dalam kerusakan server. Ketika server kamu rusak atau error, pihak jasa mungkin masih bisa memperbaikinya dan langsung menggantinya ke yang baru.

colocation server
Sumber Gambar: Pexels.com

Tapi kalau kerusakannya sudah sangat parah, kadang-kadang pihak jasa tidak akan bertanggung jawab atau angkat tangan. Memang hal ini tidak dilakukan oleh semua penyedia layanan colocation server. Tapi, tidak menutup kemungkinan kalau kamu bisa juga mengalaminya.

Buat sobat yang lagi pusing cari colocation server, gunakan saja layanan dari Nex Data Center. Biar lebih jelasnya, sobat bisa membuka websitenya nexdatacenter.com. Layanan yang diberikan tentu tidak akan membuat sobat kecewa karena mereka sudah membuktikannya dengan melayani bisnis atau perusahaan-perusahaan selama lebih dari 10 tahun lamanya

Staff IT mereka juga sangat ahli dalam menangani masalah server dan data center para kliennya, sehingga sobat tidak usah khawatir lagi jika tiba-tiba mengalami error. Mereka pun juga tetap memberikan support selama 24 jam. Dengan begitu sobat lebih tenang menjalankan bisnisnya.

One thought on “Kelebihan dan Kekurangan Colocation Server yang Akan Kamu Dapatkan Jika Memakainya

  1. Waww. .. Keren. Saya tertarik dengan dunia IT. .Tapi sering ketinggalan dengan teknologi2 baru aplagi mengenai pemograman cs, masih jauh dari cukup. Haha

Thankyuuu sobat telah berkunjung di blog Ainhy Edelweiss. Silahkan meninggalkan jejak di kolom komentar yah, xoxo

Back To Top
error: Content is protected !!