Warning: file_get_contents(http://ipinfo.io/100.24.209.47): failed to open stream: HTTP request failed! HTTP/1.0 429 Too Many Requests in /home/ainc4129/public_html/wp-content/plugins/nm-visitors/nm-visitors.php on line 97
5 Penyebab Bau Mulut, Nomor 5 Nggak Nyangka Banget - Ainhy Edelweiss
Artikel Beauty Time Beranda

5 Penyebab Bau Mulut, Nomor 5 Nggak Nyangka Banget

Saat berpuasa, tentu bau mulut sedikit menyengat, iyakan? iyain aja deh supaya saya punya teman duduk di pojokan hahaha.

Saat berpuasa, aktifitas mengunyah turun drastis sehingga mengurangi juga aktifitas enzim dalam mulut. Hal tersebut memicu adanya bau mulut yang khas saat bulan puasa. Tapi, baunya masih bisa ditolerir sih nggak sampai bikin orang pingsan. Namun, yang namanya bau mulut pasti mengganggu kenyamanan di sekitar dan membuat kita nggak percaya diri.

Penyebab bau mulut
Sumber Gambar: Pexels.com

Untuk mengatasi bau mulut, saya sudah menulis di artikel sebelumnya. Kalau bau mulut sudah diatasi plus merawat gigi agar tetap putih, perlu diketahui juga loh apa saja yang menjadi penyebab bau mulut. Hal-hal yang selama ini mungkin dianggap sepele, ternyata penyebab terjadinya bau mulut.

  • Gosok gigi tak tuntas

Cukup rindu yang nggak dituntaskan. Gosok gigi harus yah. Dulu, saya pun kadang gosok gigi nggak tuntas, karena pernah risih dan nggak nyaman dengan rasa pasta gigi. Akibatnya, muncul flak di area gigi yang memicu bau di mulut. Karena sudah tobat dan kapok habis scalling gigi, saya nggak mau lagi ngasal sikat gigi.

  • Komsumsi minuman dan makanan berbau tajam

Ada yang suka nggak sih makan jengkol atau pete? rata-rata keluarga saya sangat suka kedua jenis makanan yang banyak digemari oleh orang sekalipun membuat bau mulut menyengat hahah. Karena sering melihat keluarga mengonsumsi jengkol dan pete, saya yang dulunya ogah banget mencicipi makanan ini, pada akhirnya tergoda juga hahah. Tapi yah itu, bau pete atau jengkolnya baru hilang beberapa hari kemudian. Saran saya sih, hindari makanan atau minuman yang berbau tajam jika ingin menjaga bau mulut agar tetap aman.

Baca juga: 7 Manfaat Teh Untuk Kesehatan Tubuh yang Perlu Kamu Ketahui

  • Asupan serba manis

Bagi sobat yang hobi banget makan yang manis-manis seperti coklat, ada baiknya mengurangi mengonsumsinya. Karena, makanan manis dapat membuat bakteri bersemangat. Duh, ini sedikit menyiksa batin sih, karena saya suka banget makan coklat.

  • Diet Rendah Karbohidrat

Bagi sobat yang sedang menjalani diet ketonik, ada baiknya memperbanyak minum air putih untuk ‘membilas’ keton dalam tubuh.

Saat seseorang melakukan diet ketonik, maka akan mengurangi konsumsi makanan yang mengandung karbohidrat dan memperbanyak konsumsi protein. Tubuh akan berada dalam kondisi ketosis, saat sistem mulai membakar lemak dan menghasilkan energi. Proses menciptakan produk yang disebut keton. Jika tubuh banyak memproduksi keton, tak ada pilihan lain mengeluarkan keton melalui urine dan napas.

  • Mengorok

Really? yup, aktifitas mengorok saat tidur ternyata bisa menyebabkan bau mulut. Saat malam hari, produksi air liur berkurang drastis. Nggak heran jika bangun di pagi hari bau mulut menyengat. Kalau nggak percaya coba deh tes di pagi hari.

Kondisi ini bisa diperparah jika seseorang memiliki kebiasan mengorok saat tidur. Bernapas dengan mulut atau mengorok sata tidur biasa dikenal dengan istilah xerostomia.

Xerotosmia atau kondisi mulut kering dapat menyebabkan timbulnya radang tenggorokan, suara serak, sulit bicara dan menelan, bahkan perubahan indera pengecap.

Untuk mengatasi hal tersebut, disarankan memperbanyak minum air putih.

#30HariKebaikanBPN

Source: CNN Indonesia

2 thoughts on “5 Penyebab Bau Mulut, Nomor 5 Nggak Nyangka Banget

  1. Ya, kakak, yang sudah saya pernah baca semuanya tapi mengorok itu baru di pos ini saya bacanya hahaha. Ya Tuhaaan ternyata mengorok membikin bau mulut 😀

Thankyuuu sobat telah berkunjung di blog Ainhy Edelweiss. Silahkan meninggalkan jejak di kolom komentar yah, xoxo

Back To Top
error: Content is protected !!