Beranda

WHY SanDisk Dual Drive Menjadi Kebutuhan Utamaku Sebagai Blogger

Blogging
Sumber Gambar: Journal

Assalamu alaikum sobat, bagaimana kabarnya hari ini?

Tulisan kali ini, saya ingin share mengenai hal-hal yang saya butuhkan sejak menggeluti dunia blogging. Pada dasarnya, hal-hal yang saya butuhkan ini juga menjadi kebutuhan para blogger pada umumnya.

Saya masih ingat ketika pertama kali mulai serius di dunia blogging. Bermula dari hobi menulis diawali curhat-curhatan di blog, membuat puisi dan cerpen, lalu berkenalan dengan komunitas-komunitas blogger. Akhirnya, saya menemukan hal baru mengasyikkan dari dunia blogging, di mana saya tidak hanya menyalurkan aspirasi melalui tulisan, melainkan dari blog, kita bisa mendapatkan penghasilan.

Nah sejak pertama kali ditawari job menulis inilah saya semakin bersemangat blogging.

Akhirnya, saya pun mulai memperhatikan hal-hal apa saja yang harus dilengkapi untuk menunjang kegiatan baru saya ini. Mulai dari laptop, wifi, smartphone, dan kamera.

Perangkat tersebut memang tak bisa lepas dari dunia blogging. Kita membutuhkan laptop untuk memudahkan menulis di blog. Kita membutuhkan wifi/Sim Card tentu saja untuk koneksi internet. Dan kita membutuhkan smartphone untuk mengambil foto/video sebagai bahan tulisan jika sewaktu-waktu diperlukan.

Bagi yang belum punya laptop, tentu smartphone menjadi perangkat utama yang paling dibutuhkan. Selain itu, kita juga butuh kamera. Nah untuk yang satu ini bisa saja menjadi kebutuhan sekunder atau second priority. Jika kamera smartphone hasilnya memuaskan, maka tak perlu menggunakan kamera lainnya. Kecuali, bagi travel blogger bisa saja kamera adalah prioritas utama.

Seiring berjalannya waktu, ternyata saya merasa tidak cukup puas dengan perangkat penunjang aktivitas blogging yang saya miliki saat ini. Selain harus mengasah skill kepenulisan, saya membutuhkan storage/penyimpanan yang kapasitasnya melebihi storage smartphone yang saya miliki alias bisa mem-backup data-data saya di smatphone.

Mengapa membackup data penting bagi blogger?
  • Penyimpanan Data
Ainhy Edelweiss
Sejak jadi blogger tuh yah mau nggak mau harus sering-sering mengabadikan moment, mengambil gambar penunjang tulisan, khususnya saat ingin membuat konten di vlog.

Siapa sih yang tidak kesal saat sedang membuat video di smartphone atau sedang mengabadikan moment-moment penting tiba-tiba dapat notifikasi warning di smartphone bahwa storage sudah penuh?

Saya pernah mengalaminya, dan itu membuat saya terpaksa harus menghapus beberapa foto atau video, yang sayang banget untuk dihapus sebenarnya, tapi apa daya, kapasitas memori di smartphone hanya 64 GB. Mungkin, bagi sebagian orang, memori internal sebanyak itu sudah cukup, tapi sejak menjadi blogger nyatanya saya membutuhkan penyimpanan data yang lebih besar.

Mengapa tidak membackup data secara online?

Saya pernah melakukannya, tapi ribet. Pertama, saya sudah memiliki beberapa akun penyimpanan  data seperti Cloud, Google Drive, dan sebagainya. Masalahnya, saya ini sering lupa password akun sendiri, dan karena sudah memiliki beberapa akun penyimpanan data online, jadinya saya kadang bingung sendiri. Akhirnya, konsistensi saya menyimpan data secara online ambruk dengan sendirinya.

Mengapa tidak menggunakan flasdisk atau mentransfer data melalui kabel USB?

Bukannya saya tidak menggunakan flashdisk ataupun kabel USB. Cuma, untuk penggunaan flashdisk ini kurang fleksibel jika ingin mem-backup data di smartphone, mesti harus memindahkan data dari smartphone ke laptop menggunakan kabel USB. Data bisa disimpan di laptop juga bisa di flashdisk, otomatis flasdisk dan laptop tak boleh terpisahkan. Begitu sih kalau dari pengalaman pribadi saya. Lumayan ribet untuk ukuran lifestyle anak milenial saat ini, iya kan? hehehe

  • Semakin Banyak Koleksi Foto, Semakin Banyak Tambahan Referensi Tulisan di Blog

Ada yang suka ikut lomba blog? nah saya salah satunya. Mengikuti lomba blog itu bukan tentang menang dan tidaknya, tapi bagaimana menjalani proses yang dengan sendirinya mengasah kemampuan kita.

Suatu ketika saya mengikuti sebuah lomba blog dengan tema traveling di tempat wisata kota asal. Saya sangat antusias dong mengikuti lomba ini, mengingat kota asal saya, yaitu Bulukumba, Sulawesi Selatan, memiliki banyak  tempat wisata. Sayangnya, saat mengikuti lomba ini, saya tidak sedang berada di kota tersebut.

Alhasil, saya mencari foto-foto lama saat mengunjungi beberapa tempat wisata yang akan dijadikan foto referensi dalam lomba. Tapi sayang, semua foto-foto lama saya tidak ter-backup dengan baik dan rapi. Karena persoalan itulah saya tidak jadi mengikuti lomba, huhuhu sedih kan.

Then, What Is The Solution?

Dulu, saya pernah berandai. Andai saja ada alat yang bisa memudahkan kita khususnya blogger untuk mem-backup data kapan pun dan di manapun meski, penyimpanan internal smartphone tidak besar.

And you can guess, It’s happen!!!

Beruntunglah yang eksis dan menggeluti dunia blogger saat ini. Karena, penting banget mem-backup data-data khususnya foto dan video.

Saat ini telah hadir SanDisk Dual Drive yang memudahkan penggunanya untuk menyimpan data-data.

Saya yakin sobat pasti sudah tahu SanDisk sebelumnya. SanDisk ini sudah tidak asing lagi kita dengar karena merupakan perangkat penyimpanan yang banyak digunakan oleh guru, mahasiswa, karyawan dan lain-lainnya.

SanDisk ini berkembang dari jaman ke jaman. Mungkin salah satu flashdisk yang kamu miliki bermerek SanDisk. Beberapa produk lainnya dari SanDisk seperti MicroSD Card yang diintegrasikan ke slot ponsel. Namun, produk SanDisk yang ini menurutku sedikit ribet untuk ukuran jaman now yang pengen serba praktis.

Maka, hadirlah SanDisk Micro USB Dual Drive yang didesain untuk pengguna android.  SanDisk Dual Drive dengan mudah bisa memindahkan data di ponsel ke komputer tanpa harus memakai kabel data. Khusus pengguna iPhone juga ada yakni iXPand Flash Drive. Yeay! Akhirnya apa yang paling dibutuhkan blogger seperti saya ada di SanDisk.

Khusus pengguna Android, klasifikasi mobile flashdrive dibedakan menjadi 3, yaitu SanDisk Ultra Dual Drive USB Type C, SanDisk Ultra Dual USB Drive 3.0, dan SanDisk Ultra Dual Drive m3.0. Ketiganya memiliki kapasitas yang sama mulai dari 16 GB hingga 256 GB.

Sandisk Dual Drive
Sumber Gambar: Catatan Pringadi

Buat sobat yang memiliki Android menengah ke bawah, produk keren dari SanDisk APAC adalah Dual Drive DD1. Kapasitas tertingginya 128 GB. Waw banget yah!

Untuk smartphone berkualitas tinggi, bisa menggunakan Dual Drive DD2/DD3.

Sebagai blogger, tentunya perangkat penyimpanan dari SanDisk ini memberikan saya kemudahan menyimpan foto-foto lama dan baru, membuat video tanpa khawatir kehabisan storage dan pastinya menunjang aktivitas saya kapanpun dan di manapun.

SanDisk Dual Drive
SanDisk idamanku gaess

Nah buat sobat yang sudah memiliki SanDisk Ultra Dual Drive M3.0 yang berkapasitas 128 GB atau yang biasa disebut USB OTG SanDisk manfaatkan deh sebaik-baiknya. By the way, SanDisk Ultra Dual Drive M3.0 menjadi wish list yang harus saya miliki tahun ini. Karena memiliki konektor micro-USB di satu sisi, dan konektor USB 3.0 di sisi yang lain. Drive ini memungkinkan kita dengan mudah memindahkan konten lintas perangkat.

What is OTG?

OTG atau singkatan dari On The Go adalah fitur yang memiliki banyak manfaat mulai dari melakukan pembacaan dan penulisan data seperti flashdisk, card-reader, isi MP3 Player dan lain-lainnya.

Sebagai blogger, tentu saja perangkat penimpanan seperti SanDisk Dual Drive sangat dibutuhkan demi menunjang aktivitas. Bagimana dengan kamu sobat?

______

Tulisan ini diikutsertakan dalam lomba SanDisk Blog Competition

#DibuangSayang #SanDiskAPAC #USBOTGSANDISK

43 thoughts on “WHY SanDisk Dual Drive Menjadi Kebutuhan Utamaku Sebagai Blogger

  1. Saya pernah kehilangan file penting yang saya simpan dalam hp. Saya ceroboh file itu gak segera diback up. Akhirnya hilang deh. Nyesel… Saat itu memang blm ada usb flashdisk OTG yg praktis. Sekarang gak ingin kejadian itu terulang, saya juga memiliki USB flashdisk OTG.

    Salam
    Okti

  2. Aku pernah tuh mengalami, mau motret2 ternyata storage hp full. Duh bingung, karena harus ada yg dihapus supaya bisa motret lagi haha. Bener2 nggak boleh males backup data nih, pake USB OTG Sandisk jadi gampang backup data/foto.

  3. Aku naksir juga lo mbk sm sandisk tipe yg ini. Cocok buat emak2 kayak aku yg suka ngabadikan momen2 bareng si kecil sementara memory hp kecil. Heuheu. Ah mudah2an aku juga bisa memiliki sandisk tipe ini. Nabung dulu aahhh

  4. USB OTG SanDisk itu idaman saya juga. Pengen banget punya agar bisa maksimalkan kinerja sekaligus pengaman data. Ponsel saya banyak hal yang harus ditampung ke perangkat lain. USB biasa gak mungkin karena itu untuk komputer. Kabel data lama nian.
    SanDisk praktis.

  5. Pernab mengalami hape error karena penyimpanannya penuh, trus ketika berhasil dipulihkan, semua data, terutama foto hilang semua. Duh nyesek banget rasanya. Mana itu foto-foto yang hilang adalah momen yang tak bisa diulang. Bersyukur sekarang ada OTG Sandisk ya. Rajin-rajin back up data biar tak kehilangan lagi

  6. Hahaha masalahku juga sama kalau nyimpen di Gdrive suka lupa password apa. Bisa nih sandisk buat back up data ya mbak. Supaya memori hape gak kepenuhan gtu, soalnya aku termasuk eman2 kalau menghapus poto lawas haha

  7. Baiklaah, aku akan beli scandisk ini deh mba. Pas banget dan bisa memenuhi banget kebutuhan aku sebagai blogger juga. Maklum sering foto dan video ya 🙂

  8. Membackup data dari smartphone ke laptop itu memang ribet. Belum lagi kalau kabel datanya enggak pas, enggak bisa terbaca deh di laptop. Untungnya sekarang ada USB OTG SanDisk yang bisa mengambil data di ponsel dg praktis enggak pakai ribet lagi.

  9. OTG Sandisk ini manfaat banget Mbk, akutuh sering KLZ kalau ada event terus memori hp penuh… berasa inginku lempar tuh hp tapi ini alat perangku… tapi sekarang mah ada OTG Sandisk, enggak takut lagi kalau memori HP bakalan full

  10. OTG Sandisk ini manfaat banget, solusi kalau memori HP Full, kan KZL kalau lagi ngevent tapi memorinya full dan ggbisa ambil gambar maupun video.

  11. Problem sejuta umat yaaa tragedi full of memory ini. Apalagi nih bertahun-tahun pakai smartphone baru sekarang kesenengan bikin video hahaha. Tapi nyebelin banget kalo memori penuh hahahaha. Sepertinya saya butuh Sandisk Dual Drive ini yaaa.

  12. Aku pernah ilang file foto di hp, dan yang tersimpan di memory card rusak. Nyesek banget emang. Dan bagiku OTG emang jadi tools wajib buat backup foto dari hp, apalagi kalau kapsitasnya gede gini ya

  13. Hal yang tidak akan ada ruginya untuk saving data di tempat lain seperti pada produk San Disk ini
    Daripada harus kehilangan jejak momen penting kehidupan

  14. Setuju dan betul banget mbak, USB OTG SanDisk menunjang banget untuk ngeblog. Memudahkan backup data smartphone yg banyakan buat dokumentasi untuk blog atau share di sosmed wkwkkw

Thankyuuu sobat telah berkunjung di blog Ainhy Edelweiss. Silahkan meninggalkan jejak di kolom komentar yah, xoxo

Back To Top
error: Content is protected !!