Artikel Beranda

Dinilai Menjanjikan, Ternyata Segini Gaji yang Diberikan Perusahaan untuk Pekerjaan Juru­san IT

Kuliah Jurusan IT
Sumber Gambar: maxmonroe

Menjalani profesi sebagai ahli IT nyatanya tidak semudah yang dibayangkan. Bagaimana tidak, ham­pir setiap harinya kamu akan bertemu deretan angka yang menuntut ketelitianmu dalam meme­cahkan kode tersebut. Walaupun sulit, nyatanya pekerjaan jurusan IT di Indonesia sangat dihargai lantaran gaji yang diberikan untuk tiap karyawan rata-rata cukup tinggi.

Dilansir dari berbagai situs, ukuran gaji yang diterima oleh karyawan jurusan IT biasa berkisaran antara Rp 4 juta hingga 20 juta keatas. Angka tersebut belum termasuk bonus serta tunjangan setiap tahun yang akan diterima oleh karyawan.

Pekerjaan Jurusan IT dengan Gaji Tinggi

Jurusan IT, Cek Aja
Sumber Gambar: berkuliah(dot)com

1. Project Manager

Menempati posisi pertama dengan gaji tertinggi dari pekerjaan jurusan IT, Project Manager merupakan pekerjaan yang diperuntukan bagi karyawan yang sudah memiliki jam terbang tinggi dalambidang IT.

Seorang project manager biasanya bertanggungjawab penuh terhadap sebuah proyek yang dijalankan. Maka tak heran, bila project manager menempati posisi teratas dalam daftar pekerjaan ju­rusan IT yang menerima gaji tinggi yakni sebesarRp 11, 5 juta per bulan.

2. ERP Manager

Posisi pekerjaan  IT dengan gaji tinggi kedua adalah ERP Manager yang setiap bulannya menerima ga­ji  sebesar Rp 11 juta. Seorang ERP (Enterprise Resource Planning) Manager bertanggungjawab pe­nuh dalam membimbing dan mengontrol cara kerja tim ERP, terutama dalam aspek produksi, operasi, dan distribusi yang dilakukan perusahaan. Untuk bisa mencapai posisi ERP Manager, biasanya seo­rang lulusan IT harus memiliki pengalaman kerja minimal 3 hingga 5 tahun dengan konsentrasi jurusan yakni teknik computer ataupun teknik informatika.

3. Software Architecture Manager

Mungkin sebagian dari kita masih sangat asing dengan pekerjaan yang satu ini. Seorang Software Architecture Manager adalah orang yang bertanggungjawab penuh untuk mengarahkan stafnya dalam membuat desain yang high-level dan menentukan standar teknis, termasuk koding, tools dan platform.

Walaupun pekerjaan ini terbilang cukup sulit, namun Software Architecture Manager dapat menikmati gaji tiap bulannya sekitarRp 9,6 juta. jika dikalkulasikan selama setahun, maka pekerjaan jurusan IT satu ini dapat meraup pendapatan hingga Rp 100 juta lebih.

Baca Juga: Jangan Silau dengan Startup, Belajar  Cara Mendirikan Koperasi Yuk!

4. IT Quality Assurance

Quality Assurance atau lebih dikenal sebagai QA adalah pekerjaan yang mewajibkan karyawannya untuk melakukan pengujian terhadap suatu produk sistem. Pengujiannya sendiri biasa dilakukan oleh seorang IT QA dengan bantuan staf designer, back end, dan project manager. Mulai dari alur sistem, desain, hingga hasil akhir dari sistem wajib diuji oleh IT QA, agar menghasilkan sebuah sistem yang kualitasnya terbilang sangat baik.

Walau dibantu banyak pihak, tetapi bukan berarti gaji yang diterima IT QA itu kecil loh. Justru setiap bulannya IT QA bisa mendapatkan gaji yang cukup tinggi hingga kisaran Rp 9,4 juta.

Selain keempat pekerjaan jurusan IT diatas, saat ini banyak fresh graduate yang mencoba peruntungannya dengan menjajal bidang kerja pengembang aplikasi dan game. Meski gaji awal yang diterima sangat pas-pasan yakni kisaran Rp 4 juta untuk level staf dan Rp 15 juta keatas untuk level manajer, namun seiring dengan minat masyarakat akan industri mobile dan digital, tentunya membuat beberapa perusahaan di Indonesia mulai gencar mencari lulusan IT yang handal.

Jika kamu tertarik menekuni dunia IT, maka informasi berikut ini wajib kamu baca sebagai bahan referensimu dalam mencari pekerjaan serupa melalui laman https://www.cekaja.com/info/kuliah-jurusan-it-ini-5-pekerjaan-yang-bisa-didapat/.

9 thoughts on “Dinilai Menjanjikan, Ternyata Segini Gaji yang Diberikan Perusahaan untuk Pekerjaan Juru­san IT

  1. keponakan suami, kebetulan ambil jurusan pendidikan komputer tadinya masuk jalur pendidikan, jadi guru gitu ya..tapi lbh milih jd staf İT di kantoran, dia pegang İT orfilame istanbul, wah lumayan jg sering bolak balik ke luar negeri, terutama ke kantor pusatnya oriflame. Menjanjikan jg, tapi dia jg kadang nyambi dagang nyebarin brosur oriflame heheh, biaar double job, nabung buat merried:D

Thankyuuu sobat telah berkunjung di blog Ainhy Edelweiss. Silahkan meninggalkan jejak di kolom komentar yah, xoxo

Back To Top
error: Content is protected !!