Artikel Beranda

Setelah Menikah Apa yang Harus Dilakukan oleh Istri?

Tips berhemat
Sumber Gambar: Kliplinger

Pernikahan merupakan salah satu hal yang didambakan oleh semua perempuan yang telah siap mengarungi bahtera rumah tangga. Ada yang cepat bertemu dengan jodohnya pun ada yang melalui proses yang panjang.

Namun, apa yang akan terjadi setelah pernikahan yang telah lama didambakan telah tercapai?

Iyap, salah satunya adalah perubahan status yang dulunya gadis namun setelah menikah akan menjadi seorang istri dan ibu. Entah itu masih berkarir setelah menikah maupun fokus menjadi ibu rumah tangga. Namun, hak dan kewajiban tetaplah sama.

Jika pernikahan diawali oleh perencanaan yang matang, maka setelah menikah tak banyak mengalami drama rumah tangga yang mungkin bisa membuat istri panik menghadapi persoalan rumah tangga. Namun, bagaimana jika pernikahan tidak dibarengi dengan perencanaan yang matang?

Oleh karena itu, perlu mengetahui apa saja yang harus dilakukan oleh seorang istri setelah menikah yang bisa saya share berdasarkan pengalaman pribadi.

1. Siap Menghadapi Perbedaan dan Mampu Beradaptasi

Sejatinya pernikahan bukan hanya tentang menyatunya kedua insan yang saling mencintai sehingga menjadi pasangan suami-istri yang sah, melainkan penyatuan kedua belah pihak laki-laki dan perempuan untuk mempererat persaudaraan sehingga terjalin hubungan kekeluargaan.

Setelah menikah, kita harus siap beradaptasi dengan lingkungan yang baru, apalagi dengan adanya perbedaan entah itu pikiran, gaya hidup maupun yang lainnya.

Setelah menikah, tak selamanya kita akan tinggal dengan keluarga dan menetap di tempat asal, ada kalanya seorang istri harus mengikut suami dan berbaur dengan keluarganya. Oleh karena itu, istri harus siap menghadapi perubahan lingkungan dan mampu beradaptasi.

Baca Juga: Tantangan Kehamilanku Selama Trimester Kedua

2. Tetap Belajar Menambah Wawasan

Banyak yang berfikir bahwa setelah menikah, yang dilakukan oleh seorang istri hanyalah mengabdikan hidupnya sebagai ibu rumah tangga yakni melayani suami, mengurus anak dan rumah.

Namun, istri akan menjadi seorang ibu. Dan ibu adalah madrasah pertama bagi anak-anaknya kelak. Oleh karena itu, tidak ada batasan menuntut ilmu bagi perempuan yang sudah menikah, justru setelah menikah, seorang istri dituntut memiliki wawasan yang luas, sebab menyandang status istri dan ibu rumah tangga kadang menuntut kita agar ‘serba bisa’. Salah satunya bisa mendidik anak-anak dengan cara yang tepat, misalnya, membutuhkan pengetahuan yang cukup.

3. Mampu Mengatur Keuangan

Kadang, seorang istri dijuluki menteri keuangan dalam rumah tangga. Julukan ini tidak salah, karena kebanyakan yang mengurus perihal keuangan dalam rumah tangga adalah istri.

Mengatur keuangan setelah menikah tentu berbeda saat kita masih berstatus single. Setelah menikah, ada hal-hal yang akan diprioritaskan dan tidak. Ada hal-hal yang perlu dipertimbangkan dan tidak.

Baca Juga: Sedih atau Bahagia? Its All Your Choice

Salah satu cara yang bisa dilakukan istri untuk mengatur keuangan adalah berhemat. Tanpa berhemat, maka sulit mengatur keuangan keluarga. Oleh karena itu, seorang istri perlu mengetahui tips berhemat.

Berikut tips-tips berhemat yang perlu diketahui
  • Sebelum berbelanja, buatlah list/daftar belanja yang dibutuhkan. Hal ini akan mengurangi pengeluaran istri saat berbelanja dengan tidak membeli barang yang tidak dibutuhkan.
  • Membeli kebutuhan prioritas. Maklumlah yah, biasanya kita juga kalap kalau sudah belanja. Untuk mengatasi hal tersebut, kita harus memberikan prioritas terhadap kebutuhan. Dalam artian, membeli lebih dulu hal yang paling urgent misalnya kebutuhan pokok.
  • Memanfaatkan cashback. Saat ini, ibu milenial lebih akrab dengan sistem cashback ketika berbelanja. Hadirnya cashback atau diskon saat berbelanja, bisa membantu kita untuk lebih hemat berbelanja. Sistem cashback atau diskon ini bisa didapatkan salah satunya ketika memiliki kartu kredit. Dengan memanfaatkan kartu kredit yang dimiliki, istri bisa lebih hemat berbelanja. Agar bisa menggunakan kartu kredit secara maksimal, istri juga perlu mengetahui tips apply kartu kredit. Salah satunya mendaftar kartu kredit di bank tempat menabung.

Itulah beberapa hal yang dilakukan istri pada umumnya setelah menikah. Saat memiliki kesiapan dan perencanaan yang matang, saya yakin kita sebagai istri tidak akan panik ketika menghadapi persoalan rumah tangga.

Sebagai istri yang baru mengarungi rumah tangga, rasanya saya masih perlu belajar banyak hal terutama dari yang sudah berpengalaman. Jika ada tambahan lain, jangan sungkan memberi masukan di kolom komentar yah 😊.

Thankyuuu sobat telah berkunjung di blog Ainhy Edelweiss. Silahkan meninggalkan jejak di kolom komentar yah, xoxo

Back To Top
error: Content is protected !!