Artikel Beranda

Mencegah Infertilitas Secara Alami

“Kamu tau gak, dia udah nikah 10 tahun loh tapi belum dikaruniai anak.”

“Oh yah? Kok bisa?” 

“Katanya sih karena kena infertilitas gitu…”

Dan berlanjutlah sebuah percakapan di salah satu tempat keramaian itu. Memang, infertilitas bisa saja menjadi salah satu penyebab tidak dikaruniai keturunan. Namun, masih ada saja yang kurang memahami apa itu penyebab infertilitas. Sehingga, bukan solusi yang diberikan, melainkan menyakiti perasaan yang mengidap infertilitas.

Banyak sekali penyebab infertilitas atau kemandulan. Kemandulan dapat terjadi karena bawaan sejak lahir atau terjadi saat dewasa. Biasanya kemandulan terjadi karena gaya hidup dan rutinitas yang tidak sehat. Dapat pula terjadi karena penyakit tertentu. Ada banyak pengobatan infertilitas pria yang dapat dilakukan sebagai suatu rutinitas sehat.

Tentu saja, pola hidup sehat adalah obat paling gampang untuk masalah pengobatan infertilitas. Oleh sebab itu, pendidikan tentang kesehatan organ reproduksi harus diberikan kepada bocah indonesia, terutama yang sudah mulai akhir baliq. Bisa melalui pelajaran di sekolah maupun edukasi dalam lingkungan keluarga.

Mencegah Infertilitas Secara Alami

Pentingnya memberikan edukasi tentang kesehatan reproduksi pada anak-anak bocah indonesia, bertujuan agar budaya hidup sehat sudah dilakukan dan menjadi kebiasaan.

Ada banyak kebiasaan sehat yang dapat digunakan sebagai pengobatan infertilitas atau kemandulan secara alami. Karena pengobatan alami sejatinya lebih baik karena hampir tidak memiliki efek samping.

Berikut adalah kebisaan yang dapat digunakan sebagai pengobatan infertilitas atau kemandulan

1. Kesehatan psikis

Menjaga kesehatan psikis maka akan sangat berpengaruh pada kesehatan fisik. Hindari stres berat dan sebagainya. Psikis yang tidak sehat akan berpengaruh pada kualitas sel telur maupun sel sperma serta siklus reproduksi seseorang. Bahagia adalah pengobatan infertilitas paling mudah.

2. Konsumsi makanan sehat

Pengobatan kemandulan atau terapi kesuburan selanjutnya adalah konsumsi makanan sehat. Berpedomanlah pada semboyan empat sehat lima sempurna.

Kurangi makanan berlemak dan tinggi kolesterol. Perbanyak makan kacang-kacangan dan protein nabati. Anak-anak indonesia harus diajarkan tentang pemilihan makanan sehat.

3. Melakukan pengecekan kesehatan secara rutin

Pemeriksaan kesehatan secara rutin penting dilakukan agar kita tahu kondisi tubuh kita. Apabila ditemukan kelainan dan gangguan organ maka dapat ditangani secara cepat. Pemeriksaan kesehatan secara rutin jauh lebih murah daripada pengobatan infertilitas.

4. Memeriksa silsilah keluarga

Kamu perlu cek silsilah riwayat keluarga terdekat seperti bapa, ibu, kakek, nenek, kakak, dan adik. Karena kemandulan juga bisa terjadi karena keturunan. Atau apakah riwayat anggota keluarga yang pernah melakukan pengobatan infertilitas.

Thankyuuu sobat telah berkunjung di blog Ainhy Edelweiss. Silahkan meninggalkan jejak di kolom komentar yah, xoxo

Back To Top
error: Content is protected !!