Artikel Beranda

Yuk Kenali Jenis Luka Kamu dan Pahami Penanganannya

Jenis Luka dan penangannnya
Sumber Gambar: Lifestyle

Dalam aktifitas sehari-hari, kamu pasti pernah mengalami kecelakaan yang mengakibatkan anggota tubuh terluka. Ets tapi bukan luka karena patah hati yah 😁

Biasanya beberapa dari kita pernah mengalami luka sobek akibat kecelakaan sehingga dapat menghambat perkejaan sehari-hari. Oleh sebab itu, penanganan yang tepat diperlukan agar kamu dapat kembali beraktifitas secara normal.

Perlu digaris bawahi, bagi beberapa orang dengan kondisi kesehatan tertentu, luka sobek pada permukaan kulit akan sangat sulit disembuhkan. Salah satu contohnya adalah penderita diabetes. Tingginya tingkat gula darah pada penderita diabetes membuat luka yang dialami jadi sulit sekali sembuh. Permukaan luka dapat membusuk, basah dan semakin dalam. Hal ini juga pernah dialami oleh ibuku yang juga mengidap penyakit diabetes.

Jika diperlukan tindakan operasi pada penderita diabetes, maka kandungan gula dalam darah harus dipastikan dalam keadaan normal. Jika tingkat gula darah melonjak, maka luka operasi akan jadi sangat sulit kering. Tak jarang, pada kondisi yang cukup parah, kondisi luka yang tak kunjung sembuh dapat berujung pada amputasi.

Untuk info lengkap mengenai alasan sulitnya luka sembuh pada penderita diabetes, silahkan kunjungi laman web https://www.guesehat.com/inilah-alasan-luka-penderita-diabetes-sulit-sembuh.

Luka Bakar dan Beberapa Jenisnya

Selain luka sobek, jenis luka lain yang kerap dialami adalah luka bakar. Luka bakar membutuhkan penanganan yang tepat untuk meminimalisir infeksi. Perlu diingat, luka bakar tidak hanya didapat akibat terkena api. Luka bakar pada kulit juga dapat disebabkan benda lain, seperti air keras.

Penanganan luka bakar sangat bergantung pada tingkat keseriusan luka. Luka bakar kemerahan yang terasa nyeri tergolong dalam luka bakar kelas satu, atau disebut juga luka bakar superficial. Luka bakar pada golongan ini akan mulai sembuh dalam 4 hari.
Luka bakar juga dapat menyebabkan kulit berubah menjadi kehitaman.

Biasanya luka bakar yang membuat kulit menjadi hitam disebabkan oleh sentuhan langsung dengan api. Untuk antisipasi awal kamu dapat membasuh luka bakar dengan air mengalir. Namun jika permukaan luka cukup luas, maka jangan lakukan pembasuhan.

Segera periksakan ke dokter untuk penanganan luka bakar yang sangat serius. Semakin cepat ditangani maka dampak luka bakar dapat semakin diminimalisir. Sebaliknya, jika terlambat ditangani maka luka akan menyebabkan kerusakan pada kulit dalam taraf yang serius. Silahkan kunjungi laman web https://www.guesehat.com/penanganan-tepat-ketika-kulit-terbakar untuk info selengkapnya.

Semoga bermanfaat yah 😊

4 thoughts on “Yuk Kenali Jenis Luka Kamu dan Pahami Penanganannya

Thankyuuu sobat telah berkunjung di blog Ainhy Edelweiss. Silahkan meninggalkan jejak di kolom komentar yah, xoxo

Back To Top
error: Content is protected !!