Artikel Beranda

Manfaat Konsumsi Buah Dan Sayur Untuk Kesehatan Organ Pencernaan

Dari sekian banyak organ yang ada dalam tubuh kita, organ pencernaan salah satu yang cukup penting karena sekitar 70-80% sel imun berada pada saluran pencernaan. Hal inilah yang dikatakan oleh Konsultan Gastrohepalogi Anak bernama Dr Frieda Handayani Kawanto, SpA(K). Selain itu, Dokter ini juga menyebutkan bahwa selain banyaknya sel imun yang ada pada saluran pencernaan, terdapat pula hormon serotonin yang mana hormon ini sangat berkaitan erat dengan perasaaan bahagia. Jadi, tidak heran, jika orang yang sedang mengalami gangguan pencernaan biasanya akan sulit merasa bahagia.

Untuk menjaga agar organ pencernaan tetap sehat dan berfungsi dengan baik, ada banyak cara yang bisa dilakukan, salah satu diantaranya yang paling mudah untuk dilakukan setiap hari adalah mengkonsumsi buah dan sayur. Ada beberapa manfaat buah dan sayur yang perlu diketahui terkait organ pencernaan, ini dia!

Manfaat buah dan sayur
Sumber Gambar: Medium
1.      Membuat Sistem Pencernaan Jadi Lancar

Pada buah dan sayur terdapat banyak serat yang sangat baik untuk sistem kerja pencernaan. Proses pemisahan makanan antara saripati dan ampas serta penyerapan nutrisi akan semakin mudah dengan adanya banyak serat di dalam organ pencernaan. Hal ini juga turut berdampak pada berkurangnya risiko terjadi sembelit dan konstipasi. Setidaknya, konsumsi buah saat perut kosong atau sebelum makan, dapat pula mengkonsumsi sayuran segar untuk diolah menjadi menu pendamping makanan berat.

2.      Membantu Proses Pertumbuhan

Khususnya anak-anak, buah dan sayur sangat disarankan untuk dikonsumsi oleh mereka karena banyaknya vitamin dan mineral pada buah serta sayur sangat bagus untuk menunjang proses pertumbuhan dan perkembangan tubuh anak. Vitamin pada buah atau sayur bermanfaat untuk proses akumulasi masa tulang sehingga tubuh anak lebih kuat dan sehat. Jika tubuh selalu mendapat asupan sayur dan buah setiap hari secara teratur, maka organ pencernaan juga bisa bekerja dengan lebih baik dalam penyerapan vitamin mineral yang nantinya bermanfaat untuk organ tubuh lainnya seperti tulang.

3.      Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Pada beberapa jenis buah dan sayur, ada yang memiliki zat antioksidan cukup tinggi, dimana zat ini sangat penting untuk menangkal radikal bebas sehingga tubuh lebih tahan terhadap berbagai serangan virus penyakit. Diantara buah dengan zat antioksidan tinggi adalah jeruk, lemon, delima dan anggur.

4.      Mencegah Sembelit

Diantara efek yang mungkin ditimbulkan dari kebiasaan jarang mengkonsumsi sayur dan buah adalah seringnya terjadi sembelit. Ini merupakan sebuah keadaan dimana aktivitas BAB menjadi tidak lancar sehingga otomatis terkadang membuat kondisi perut terasa tidak nyaman bahkan bisa sampai sakit. Sembelit sangat berkaitan erat dengan organ pencernaan. Jika terjadi sembelit, maka salah satu penyebabnya bisa karena kekurangan serat. Jadi, hindari sembelit dengan rutin mengkonsumsi buah dan sayur.

5.      Mencegah Peradangan

Bagian organ pencernaan yang rentan mengalami peradangan diantaranya adalah kerongkongan dan usus. Jika diantara sistem organ pencernaan ada yang mengalami peradangan, maka akan menyebabkan terjadinya gangguan sistem kerja pencernaan. Untuk menghindari hal ini, dapat dilakukan dengan upaya mengkonsumsi buah yang kaya akan vitamin C.

Namun pola makan orang modern terutama di daerah perkotaan cenderung kurang asupan buah. Dengan banyaknya makanan siap saji berbahan tepung menjadikan pencernaan rentan terhadap penyakit.

Sedapat mungkin konsumsilah buah dan lengkapi dengan suplemen probotik. Lacidofil adalah salah satu probiotik terbaik guna memelihara saluran cerna. Harganya terjangkau dan mudah didapatkan di apotik atau toko obat online seperti Goapotik.

4 thoughts on “Manfaat Konsumsi Buah Dan Sayur Untuk Kesehatan Organ Pencernaan

Thankyuuu sobat telah berkunjung di blog Ainhy Edelweiss. Silahkan meninggalkan jejak di kolom komentar yah, xoxo

Back To Top
error: Content is protected !!