Artikel Beranda

Tips Membuat Kentang Goreng yang Renyah Ala Restoran

Yuhhuuu, siapa nih yang suka ngemil kentang goreng? Saya pribadi paling suka cemilan yang satu ini apalagi sambil nonton film kesukaan. Tapi, kadang kalau ke restoran rasanya kentang yang disuguhkan sangat enak. Tapi tenang aja, untuk membuat kentang ala restoran, ada kok resepnya. Berikut ini tips rahasia membuat kentang goreng yang bisa dipraktekkan di rumah.

Setelah kentang dipotong-potong, kamu jangan langsung menggorengnya. Namun melakukan beberapa langkah terlebih dahulu sebelum menggorengnya. Nah, jika penasaran tips membuat kentang goreng ala restoran, kamu bisa simak beberapa tipsnya di bawah ini.

Tips Menggoreng Kentang ala restoran

Pilih Kentang yang Ukurannya Besar

Tips pertama membuat kentang goreng renyah ala restoran yaitu dimulai dengan pemilihan kentang itu sendiri. Seperti yang kita ketahui, kentang goreng yang kita beli di restoran ukurannya panjang-panjang. Oleh karena itu, untuk membuat kentang goreng ala restoran kamu harus memilih kentang yang ukurannya besar. Hal ini dilakukan agar menghasilkan potongan kentang yang panjang, serta ketebalannya pas ketika digoreng. Selain itu, pilih juga kentang yang masih segar dan bagus.

Teknik Mengupas dan Memotong Kentang

Setelah kamu membeli kentang, silakan kupas kentang hingga bersih. Kupas kentang sampai tidak ada bagian kulit yang tersisa pada kentang. Lalu bisa memotong kentang dengan arah memanjang dengan ketebalan sama rata.
Agar proses memotong kentang menjadi lebih mudah, kamu bisa menggunakan alat potong kentang goreng yang dijual di pasaran. Dengan menggunakan alat ini akan lebih cepat dan praktis. Selain itu, potongan kentang yang dihasilkan akan panjang seperti kentang goreng di restoran.

Untuk kentang yang sudah dipotong, kamu harus merendamnnya di dalam air dingin. Ini dilakukan agar warna kentang tidak berubah menjadi gelap.

Cuci Kentang Hingga Bersih

Apabila semua kentang sudah dipotong, kamu bisa mencucinya. Kentang mentah biasanya terasa ada lapisan tepung ketika disentuh. Sebelum diolah menjadi kentang goreng, kamu harus membersihkannya terlebih dahulu.
Silakan masukan kentang potong ke dalam wadah yang sudah diisi dengan air. Lalu bisa mengaduk-ngaduk kentang dengan perlahan hingga kotoran yang menempel pada kentang hilang. Jika sudah, silakan buang air bekas mencuci kentang. Lalu bisa mencucinya lagi hingga air cucian kentang bersih dan bening. Jika masih tetap kotor, harus mengulangi mencucinya lagi hingga benar-benar bersih.

Rebus Kentang

Kentang juga perlu direbus dalam air mendidih selama kurang lebih 3 menit. Jika sudah, tiriskan terlebih dahulu. Agar menghasilkan hidangan kentang goreng yang lezat, ketika merebus kentang kamu bisa menambahkan bumbu resep makanan seperti bawang putih geprek dan garam.

Masukan Kentang Ke Dalam Kulkas

Kemudian kamu bisa memasukan kentang ke dalam sebuah wadah. Jangan terlalu banyak mengisi kentang dalam wadah agar kentang tidak hancur. Kentang lalu dimasukan ke dalam kulkas. Simpan kentang selama kurang lebih 15 hingga 20 menit agar tekstur kentang bagian luar padat pada saat digoreng.

Gunakan Tepung Maizena Untuk Menaburi Kentang

Setelah disimpan dalam kulkas, silakan taburi kentang dengan tepung maizena sebanyak 2 sendok makan. Aduk hingga merata. Tutup lagi wadah yang berisi kentang dan bekukan di dalam freezer selama 2 jam. Tambahan tepung maizena akan menjadikan kentang renyah.

Tips Menggoreng Kentang

Goreng kentang sebanyak 2 kali. Pertama, goreng kentang hingga setengah matang. Lalu tiriskan hingga dingin. Kedua, goreng lagi kentang hingga benar-benar matang. Gunakan minyak panas saat menggorengnya.

Nah, itu dia tips menjalani menggoreng kentang ala restoran yang bisa kamu praktekkan di rumah. Selamat mencoba

Thankyuuu sobat telah berkunjung di blog Ainhy Edelweiss. Silahkan meninggalkan jejak di kolom komentar yah, xoxo

Back To Top
error: Content is protected !!