Artikel Beranda

Tujuan Pengelolaan Konservasi Bagi Kelangsungan Makhluk Hidup

Halo sobat Ainhy, bagimana kabarnya nih? Semoga sehat selalu dan tetap menyenangkan walau masih dalam masa karantina yah. Tulisan kali ini memuat informasi mengenai tujuan pengelolaan konservasi bagi kelangsungan makhluk hidup.

Kita semua sudah mengetahui bahwa setiap makhluk hidup tidak dapat hidup sendiri melainkan saling ketergantungan satu sama lain. Jika ada satu komponen alam yang hilang, dapat berdampak besar bagi kelangsungan makhluk hidup lainya. Sehingga tujuan pengelolaan konservasi alam dilakukan untuk melestarikan dan melindungi alam dan makhluk hidup serta ekosistemnya.

Lalu, Apa Sih Tujuan Konservasi Lingkungan?
konservasi lingkungan
Sumber Gambar: dutaislam

Rusaknya alam dapat disebabkan karena berbagai faktor. Salah satunya perbuatan manusia dan kurangnya kesadaran dalam menjaga kelestarian alam dan sumber daya alam didalamnya. Oleh karena itu, dengan adanya konservasi alam dapat memberikan upaya dan kesadaran bagi semua orang untuk menjaga potensi alam dan keanekaragaman hayati.

Sebagai negara yang mempunyai beragam flora dan fauna, melakukan konservasi menjadi hal yang sangat penting. Karena pemanfaatan sumber daya alam masih kurang efektif sehingga menyebabkan kerusakan ekosistem dan kelangsungan makhluk hidup. Adanya pengelolaan konservasi alam bertujuan untuk:

1. Melestarikan Keanekaragaman Hayati

Alam menyimpan keanekaragaman hayati yang luar biasa. Dengan pengelolaan yang baik dan terarah, keanekaragaman flora dan fauna tetap terjaga dan tidak terancam. Keanekaragaman hayati dapat menjadi sumber daya alam yang sangat berpotensi untuk meningkatkan perekonomian negara.

2. Melindungi Ekosistem Asli

Perbuatan manusia yang tidak bertanggungjawab seperti pembakaran hutan, penebangan liar dan pengeboman terumbu karang dapat merusak ekosistem. Perbuatan tersebut sekaligus membuat hewan dan tumbuhan terancam punah karena tidak mempunyai tempat tinggal yang layak.

3. Menjaga Benda Sejarah dan Remover

Selain keanekaragaman hayati, alam juga mempunyai benda yang menyimpan sejarah. Benda tersebut dapat menjadi sumber penelitian untuk ilmu pengetahuan. Sehingga dengan konservasi dapat menjaga dan melindungi benda bersejarah dari kerusakan alam ataupun perbuatan manusia.

4. Meningkatkan Kualitas Alam

Pengelolaan alam dengan konservasi dapat menjaga penyangga kehidupan di bumi. Kerusakan alam dapat terjadi kapan saja dan dimana saja. Baik itu di hutan, laut, gunung, dan sebagainya. Sehingga dengan pengelolaan yang baik dapat menurunkan resiko kerusakan yang parah.

5. Mengendalikan Sumber Daya Alam

Alam menjadi sumber daya alam yang tidak ternilai. Karena didalamnya terdapat beragam spesies hewan dan tumbuhan yang dapat dimanfaatkan oleh manusia untuk melangsungkan kehidupanya. Dengan konservasi dapat mencegah hilangnya sumber daya alam yang dimanfaatkan untuk makanan, minuman, obat dan sebagainya.

Nah saat ini, AQUA menciptakan kampanye Bijak Berplastik sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan serta mendukung pengelolaan konservasi alam. AQUA selalu ikut andil dalam melaksanakan berbagai upaya pelestarian lingkungan untuk mewujudkan keseimbangan alam yang berkelanjutan. Bagimana dengan kamu sobat Ainhy?

19 thoughts on “Tujuan Pengelolaan Konservasi Bagi Kelangsungan Makhluk Hidup

  1. Ada nggak sih sebenarnya cara untuk recycle plastik yang aman untuk rumah tangga, selain menjual ke pengumpul plastik? Bukan re-use ya, tapi bener-bener mengubahnya ke bentuk lain yang bener-bener berbeda.

  2. Ah iya. Plastik memang sampah yang susah diuraikan alam. Memang praktis, jadinya kebiasaan untuk terus memakai. Saya sekarang berusaha untuk tidak pakai sendok plastik kalau beli makanan jadi. Pakai sendok punya sendiri saja. Paling tidak berkurang satu sampah sendok plastik.

  3. Memang sudah selayaknya yang dilakukan Aqua. Karena proses produksi penyulingan airnya juga berimbas ke lingkungan. Jadi kalo ingin bisnisnya running terus, maka harus ada mutualisme dengan lingkungan sekitar

  4. Alhamdulillah, anak anakku udah pada paham sampah plastik itu ga bisa diurai dalam waktu dekat, pasti akan membutuhkan waktu yang lama. Jadi mereka berinisiatif membuat eco brick. Salah satu cara ikhtiar buang sampah plastik

  5. mudah2an smakin banyak orang bijak dlm menggunakan plastik. saya pribadi merasa upaya yg saya lakukan sehari2 dg cara reduce maupu reuse itu seperti “menggarami laut”. Tapi kalau semakin banyak orang “menggarami laut”, pasti akan ada hasilnya juga

  6. Bijak berplastik penting banget ya. Apalagi Pengelolaan konservasi ya mba. Sekarang ini kalau ada plastik, aku suka cuci dan simpen dulu. rencananya mau dibikin kerajinan.

  7. Penting banget konservasi ini buat kita juga. Secara langsung atau gak langsung kita terdampak juga pasti kalau lingkungan rusak

  8. Penting banget adanya konservasi seperti ini jadi kita bisa tahu ya kak bagaimana kelestarian alam seperti ini

  9. Aqua dari dulu komit banget soal bijak berplastik ini ya. Biar gimanapun pelestarian lingkungan perlu dilakukan dari sekarang demi anak cucu nanti

  10. Keadaan bumi kita memang udah sangat memprihatinkan. Jadinya, konservasi udah jadi kewajiban urgent yang harus dilakukan. Jika tidak, bumi tak akan lagi bisa ditempati kita atau pun makhluk hidup. Alhamdulillah, aku sudah sejak lama bijak berplastik. Udah jarang pake plastik sekali pakai. Botol-botol juga udah masuk ke proses recycle

Thankyuuu sobat telah berkunjung di blog Ainhy Edelweiss. Silahkan meninggalkan jejak di kolom komentar yah, xoxo

Back To Top
error: Content is protected !!