Beranda Parenting Review Produk

Belajar Dari Pengalaman, Ini Yang Harus Dipersiapkan Sebelum Melahirkan

 persiapan sebelum melahirkan

Sumber Gambar: Grid.id

Menjadi seorang ibu adalah momen yang paling dinantikan bagi perempuan setelah menikah. Dan memiliki anak tidak hanya menjadi penyejuk mata melainkan menjadi  pelengkap kebahagiaan keluarga.

Sebagian dari kita ada yang cepat dianugrahkan anak, pun ada yang membutuhkan waktu.  Berapa lama pun itu, semuanya butuh proses dan persiapan.

Setelah menikah tentunya saya tidak mau menunda memiliki momongan. Alhamduillah ternyata keiginan memiliki anak terkabulkan. Hanya saja, saat hamil saya berada di tanah rantau bersama suami .

Bagi ibu hamil, jauh dari keluarga besar adalah hal yang paling sulit apalagi jika tempat yang kita datangi memiliki banyak perbedaan.

Belajar dari pengalaman, ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan ibu hamil saat menanti kelahiran sang buah hati.

 

  1. Memperbanyak Baca Buku Seputar Bayi

Memperbanyak pengetahuan seputar bayi sebelum melahirkan amatlah penting. Hal ini bertujuan agar calon ibu tidak kaget dan kewalahan manakala telah melahirkan.

Saat jauh dari orangtua, saya membaca beberapa literatur seputar bayi khususnya tips merawat bayi yang baru lahir. Dengan begitu saya merasa lebih siap menanti sang buah hati.

 

  1. Persiapan ASI

Saat anak saya masih dalam kandungan, saya begitu fokus dengan proses melahirkan hingga hampir semua langganan channel di youtube hanya membicarakan tentang cara melahirkan secara normal. Selain itu, agaknya saya juga lebih fokus pada kehamilan sehingga hal paling penting terlewatkan yaitu ASI dan baru menyadarinya setelah anak saya lahir.

Saya menganggap remeh soal pemberian ASI ini. Saya pikir ASI bisa langsung otomatis keluar setelah melahirkan apalagi jika didukung oleh nutrisi, nyatanya tidak semudah yang saya bayangkan.

Setelah melahirkan, ternyata PD (baca: payudara) saya bermasalah. Kurangnya edukasi mengenai ASI terpaksa membuat anak saya harus mengkonsumsi susu formula. Cita-cita saya untuk memberikan ASI eksklusif pupus sudah.

Maka dari itu, moms yang saat ini sedang mempersiapkan kehamilan atau kelahirkan sangat perlu mendapatkan edukasi mengenai ASI. Mulai dari booster ASI, cara mengatasi PD yang bermasalah, posisi menyusui dan lain sebagainya.

 

  1. Carilah Tempat Bersalin yang Aman dan Sesuai Keinginan

Saat usia kehamilan berada ditrimester kedua, saya dilanda rasa dilema apakah akan melahirkan di tanah rantau atau pulang ke kampung halaman dan pada akhirnya saya pun membuat keputusan, pulang kampung.

Setelah berada dikampung halaman, barulah saya mulai mencari tempat bersalin yang aman dan nyaman. Buat moms yang saat ini sedang mempersiapkan kelahiran, mencari tempat bersalin entah di rumah, klinik atau rumah sakit amatlah penting. Jika ingin melahirkan secara normal, pastikan rumah sakit tujuan mendukung persalinan gentle birth.

 

  1. Perlengkapan Bayi

Ada beberapa mitos yang sampai saat ini masih eksis seperti larangan membeli perlengkapan bayi sebelum melahirkan, hal ini juga berlaku dikeluarga saya. Alhasil, setelah melahirkan saya dan suami sedikit kerepotan membeli perlengkapan bayi setelah melahirkan.

Belajar dari pengalaman, saya ingin memberikan beberapa informasi mengenai perlengkapan bayi yang harus dipersiapkan sebelum melahirkan

 

  • Siapkan Pakaian Newborn Untuk Bayi

Moms tidak boleh asal membeli pakaian newborn untuk bayi. Perhatikan ukuran baju, pastikan bahan pakaian aman dan nyaman digunakan bayi. Jangan lupa untuk membelikan kaos tangan dan kaos kaki, sepatu kecil, bedong, handuk bayi, selimut bayi, topi bayi dan lain-lainnya. Disarankan agar tidak membeli pakaian newborn terlalu banyak.

 

  • Perlengkapan mandi

Selain menyiapkan pakaian newborn, moms juga harus menyiapkan perlengkapan mandi untuk bayi agar setelah melahirkan tidak perlu repot lagi mencarinya. Perlengkapan mandi bisa berupa sabun bayi, shampoo bayi, tempat mandi untuk bayi, washlap, tissu dan sebagainya. Disarankan agar memilih sabun mandi bayi yang tidak mengandung bahan berbahaya karena kulit bayi sangat sensitif.

 

  • Cermat Memilih Popok Bayi Baru Lahir

Ada baiknya moms yang saat ini menanti kelahiran sang buah hati juga mempersiapkan popok bayi baru lahir, jadi tidak hanya fokus mempersiapkan pakaian bayi baru lahir dan peralatan mandi saja. Menyiapkan popok bayi baru lahir juga sangat penting.

Setelah melahirkan, biasanya kondisi sang ibu belum pulih sepenuhnya. Menggunakan popok bayi dapat mengurangi aktivitas mencuci. Namun, masih ada beberapa keluarga yang kadang melarang kita untuk menggunakan popok bayi dengan cepat.

Hal ini dimaklumi karena menggunakan popok bayi kadang menimbulkan ruam pada kulit bayi atau alergi pada kulit bayi. Itulah sebabnya,memilih popok bayi baru lahir haruslah cermat.

Dan pilihan saya jatuh pada MamyPoko. Belajar dari pengalaman menggunakan popok MamyPoko, saya ingin berbagi review kepada moms tentang produk ini agar bisa menjadi referensi sebelum melahirkan.

Mengapa Memilih MamyPoko? Apa Sih Keunggulannya?

 MamyPoko Royal Soft

 

Tidak Menyebabkan Ruam Pada Kulit Bayi

Sayangnya setelah melahirkan, saya tidak bisa memeluk langsung bayi saya. Dia berada di ruang khusus untuk perawatan karena dikhawatirkan terkena infeksi setelah dokter mengetahui air ketuban saya keruh dan hal lainnya.

Barulah setelah satu minggu saya diperbolehkan membawa Zahra (nama bayi saya). Namun, saat berada dipangkuan saya, saya begitu kaget ketika menggantikan popokya. Kulit Zahra menjadi ruam. Saya pun berasumsi barangkali perawat di rumah sakit hanya menggantikannya sekali sehari atau menggunkan popok bayi yang kurang lembut.

Itulah kali pertama saya menggunakan MamyPoko yang juga merupakan  rekomendasi dari teman agar kulit bayi tidak ruam karena kualitasnya terjamin.

Akhirnya saya mencoba popok MamyPoko Royal Soft Newborn yang tipe perekat untuk Zahra, Alhamdulillah kulitnya tidak lagi terkena ruam.

“Mengapa kulit bayi baru lahir mudah terkena ruam?”

Moms perlu tahu nih bahwa lapisan kulit bayi baru lahir hanya setengah daripada kulit pada umumnya. Itulah sebabnya kulit bayi sangat sensitif sehingga mudah terkena ruam atau alergi.

 

The Softness of The Entire Product

MamyPoko Royal Soft bagian dalam dan luar(Bagian dalam dan luar MamyPoko Royal Soft tipe perekat/open tape)

Popok MamyPoko memiliki material yang sangat lembut tidak hanya bagian luarnya tapi juga lembut bagian dalam. Karena kelembutan popok MamyPoko sehingga aman digunakan dan tidak menyebabkan ruam. Hingga sampai saat ini kulit Zahra belum pernah terkena ruam saat menggunakan MamyPoko Royal Soft.

 

Extra Dry Speed Wave

MamyPoko Royal Soft Extra Dry

(Lapisannya yang bergelombang mampu menyerap lebih cepat dan kering)

Moms, bayi yang baru lahir di awal-awal bulan frekuensi buang air kecilnya jauh lebih sering. Untuk itu, gunakan popok yang cepat menyerap dan kering.

Saat ini usia bayi saya sudah masuki bulan ketiga, meski buang air kecilnya tidak sesering di bulan pertama tetap saja sekali buang air kecil dalam jumlah yang lebih banyak.

Salah satu keunggulan popok MamyPoko adalah lebih cepat menyerap dan kering. Bahkan saat menggantikan popok Zahra pun untuk waktu yang lama popoknya tetap kering dan tidak bocor. Saya tak perlu khawatir area pantat bayi saya muncul ruam dikarenakan popoknya cepat menyerap.

 

Navel Cut

Navel Cut pada MamyPoko Royal Soft

Saat membaca buku tips merawat bayi salah satu yang disarankan penulis adalah menjaga kebersihan tali pusar bayi, hindari agar tidak terkena bakteri dan sebagainya.

Moms yang tidak ingin tali pusar anaknya terkena bakteri atau terlepas belum pada waktunya bisa menggunakan popok MamyPoko Royal Soft Newborn yang salah satu keunnggulannya memiliki Navel Cut. Dimana Navel Cut ini berfungsi untuk melindungi tali pusar bayi yang belum sembuh.

 

Package Review

Tentang Kemasan

 Package MamyPoko Royal Soft

Ada dua tipe bentuk popok MamyPoko yaitu open tape atau tipe perekat dan pants atau celana. Tipe perekat khusus digunakan bagi bayi yang baru lahir, sementara tipe pants bisa digunakan bayi usia dua bulan keatas tergantung kecocokan bayi.

Saya pribadi sudah memakaikan tipe pants pada Zahra saat berusia dua bulan. Dan tampaknya dia sangat nyaman dengan tipe pants.

Jujur saja menurut saya, kemasan popok MamyPoko Royal Soft ini terlihat sangat menarik dan hemat kantong plasik. Sebab, kemasan MamyPoko Royal Soft memiliki holder hand sehingga nyaman dibawa meski tanpa menggunakan kantong plastik untuk membawanya.

Kemasan MamyPoko Royal Soft

(Kemasan tipe perekat/open tape MamyPoko Royal Soft)

Kemasan MamyPoko Royal Soft tipe pants

(Kemasan tipe pants MamyPoko Royal Soft)

Memiliki kemasan dominan berwarna putih disertai informasi yang sangat jelas tentu sejalan dengan kualitas yang dimiliki popok MamyPoko. Informasi kemasannya memuat petunjuk penggunaan popok, material popok, ukuran, kualitas dan keunggulan.

Rekomendasi ukuran popok yang mudah digunakan dan lembut untuk bayi baru lahir

Rata-rata berat badan bayi baru lahir berkisar 2kg-4kg. Bayi saya lahir dengan berat 2.9 kg. Masih diangka normal.

Untuk moms yang bingung mencari ukuran popok yang pas untuk bayi baru lahir, saya sarankan agar menggunakan MamyPoko Royal Soft tipe perekat khusus bayi baru lahir ada yang 30 pcs dan 52 pcs.

Demo Air Circulation

Nah buat moms yang ingin membuktikan kualitas popok MamyPoko Royal Soft Newborn bisa mencoba melakukan Demo Air Circulation seperti berikut:

Step 1

Siapkan satu pcs popok MamyPoko Royal Soft Newborn air panas

Step 2

Tuangkan air panas tersebut ke permukaan bagian dalam popok

Step 3

Tutup popok dan letakkan gelas kaca dalam posisi terbalik di atasnya

demo air circulation

(Testiomi: Setelah meletakkan gelas kaca seperti gambar di atas, hanya dalam hitungan beberapa detik tampak uap dalam dinding gelas. Artinya popok MamyPoko Royal Soft Newborn  melepaskan suhu panas begitu cepat. Setelah melakukan demo makin jatuh hati deh dengan MamyPoko)

Nah moms, saya sudah mencobanya dan sudah membuktikannya. Hingga saat ini saya belum bisa move on dari MamyPoko.

Buat moms yang saat ini sedang hamil, lakukan persiapan sebaik mungkin sebelum melahirkan agar bisa mengantisipasi segala hal yang akan terjadi setelah melahirkan.

foto bayi dan MamyPoko Royal Soft
My baby with MamyPoko Royal Soft

Buktikan cinta ibu dengan kelembutan nomor 1 dengan MamyPoko. Buat moms yang ingin mendapatkan produk ini bisa membelinya melalui Lazada atau Shopee.

Semoga bermanfaat moms, Thank You…

Thankyuuu sobat telah berkunjung di blog Ainhy Edelweiss. Silahkan meninggalkan jejak di kolom komentar yah, xoxo

Back To Top
error: Content is protected !!