Beranda Parenting Review Produk

Belajar Dari Pengalaman, Ini Yang Harus Dipersiapkan Sebelum Melahirkan

 persiapan sebelum melahirkan

Sumber Gambar: Grid.id

Menjadi seorang ibu adalah momen yang paling dinantikan bagi perempuan setelah menikah. Dan memiliki anak tidak hanya menjadi penyejuk mata melainkan menjadi  pelengkap kebahagiaan keluarga.

Sebagian dari kita ada yang cepat dianugrahkan anak, pun ada yang membutuhkan waktu.  Berapa lama pun itu, semuanya butuh proses dan persiapan.

Setelah menikah tentunya saya tidak mau menunda memiliki momongan. Alhamduillah ternyata keiginan memiliki anak terkabulkan. Hanya saja, saat hamil saya berada di tanah rantau bersama suami .

Bagi ibu hamil, jauh dari keluarga besar adalah hal yang paling sulit apalagi jika tempat yang kita datangi memiliki banyak perbedaan.

Belajar dari pengalaman, ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan ibu hamil saat menanti kelahiran sang buah hati.

 

  1. Memperbanyak Baca Buku Seputar Bayi

Memperbanyak pengetahuan seputar bayi sebelum melahirkan amatlah penting. Hal ini bertujuan agar calon ibu tidak kaget dan kewalahan manakala telah melahirkan.

Saat jauh dari orangtua, saya membaca beberapa literatur seputar bayi khususnya tips merawat bayi yang baru lahir. Dengan begitu saya merasa lebih siap menanti sang buah hati.

 

  1. Persiapan ASI

Saat anak saya masih dalam kandungan, saya begitu fokus dengan proses melahirkan hingga hampir semua langganan channel di youtube hanya membicarakan tentang cara melahirkan secara normal. Selain itu, agaknya saya juga lebih fokus pada kehamilan sehingga hal paling penting terlewatkan yaitu ASI dan baru menyadarinya setelah anak saya lahir.

Saya menganggap remeh soal pemberian ASI ini. Saya pikir ASI bisa langsung otomatis keluar setelah melahirkan apalagi jika didukung oleh nutrisi, nyatanya tidak semudah yang saya bayangkan.

Setelah melahirkan, ternyata PD (baca: payudara) saya bermasalah. Kurangnya edukasi mengenai ASI terpaksa membuat anak saya harus mengkonsumsi susu formula. Cita-cita saya untuk memberikan ASI eksklusif pupus sudah.

Maka dari itu, moms yang saat ini sedang mempersiapkan kehamilan atau kelahirkan sangat perlu mendapatkan edukasi mengenai ASI. Mulai dari booster ASI, cara mengatasi PD yang bermasalah, posisi menyusui dan lain sebagainya.

 

  1. Carilah Tempat Bersalin yang Aman dan Sesuai Keinginan

Saat usia kehamilan berada ditrimester kedua, saya dilanda rasa dilema apakah akan melahirkan di tanah rantau atau pulang ke kampung halaman dan pada akhirnya saya pun membuat keputusan, pulang kampung.

Setelah berada dikampung halaman, barulah saya mulai mencari tempat bersalin yang aman dan nyaman. Buat moms yang saat ini sedang mempersiapkan kelahiran, mencari tempat bersalin entah di rumah, klinik atau rumah sakit amatlah penting. Jika ingin melahirkan secara normal, pastikan rumah sakit tujuan mendukung persalinan gentle birth.

 

  1. Perlengkapan Bayi

Ada beberapa mitos yang sampai saat ini masih eksis seperti larangan membeli perlengkapan bayi sebelum melahirkan, hal ini juga berlaku dikeluarga saya. Alhasil, setelah melahirkan saya dan suami sedikit kerepotan membeli perlengkapan bayi setelah melahirkan.

Belajar dari pengalaman, saya ingin memberikan beberapa informasi mengenai perlengkapan bayi yang harus dipersiapkan sebelum melahirkan

 

  • Siapkan Pakaian Newborn Untuk Bayi

Moms tidak boleh asal membeli pakaian newborn untuk bayi. Perhatikan ukuran baju, pastikan bahan pakaian aman dan nyaman digunakan bayi. Jangan lupa untuk membelikan kaos tangan dan kaos kaki, sepatu kecil, bedong, handuk bayi, selimut bayi, topi bayi dan lain-lainnya. Disarankan agar tidak membeli pakaian newborn terlalu banyak.

 

  • Perlengkapan mandi

Selain menyiapkan pakaian newborn, moms juga harus menyiapkan perlengkapan mandi untuk bayi agar setelah melahirkan tidak perlu repot lagi mencarinya. Perlengkapan mandi bisa berupa sabun bayi, shampoo bayi, tempat mandi untuk bayi, washlap, tissu dan sebagainya. Disarankan agar memilih sabun mandi bayi yang tidak mengandung bahan berbahaya karena kulit bayi sangat sensitif.

 

  • Cermat Memilih Popok Bayi Baru Lahir

Ada baiknya moms yang saat ini menanti kelahiran sang buah hati juga mempersiapkan popok bayi baru lahir, jadi tidak hanya fokus mempersiapkan pakaian bayi baru lahir dan peralatan mandi saja. Menyiapkan popok bayi baru lahir juga sangat penting.

Setelah melahirkan, biasanya kondisi sang ibu belum pulih sepenuhnya. Menggunakan popok bayi dapat mengurangi aktivitas mencuci. Namun, masih ada beberapa keluarga yang kadang melarang kita untuk menggunakan popok bayi dengan cepat.

Hal ini dimaklumi karena menggunakan popok bayi kadang menimbulkan ruam pada kulit bayi atau alergi pada kulit bayi. Itulah sebabnya,memilih popok bayi baru lahir haruslah cermat.

Dan pilihan saya jatuh pada MamyPoko. Belajar dari pengalaman menggunakan popok MamyPoko, saya ingin berbagi review kepada moms tentang produk ini agar bisa menjadi referensi sebelum melahirkan.

Mengapa Memilih MamyPoko? Apa Sih Keunggulannya?

 MamyPoko Royal Soft

 

Tidak Menyebabkan Ruam Pada Kulit Bayi

Sayangnya setelah melahirkan, saya tidak bisa memeluk langsung bayi saya. Dia berada di ruang khusus untuk perawatan karena dikhawatirkan terkena infeksi setelah dokter mengetahui air ketuban saya keruh dan hal lainnya.

Barulah setelah satu minggu saya diperbolehkan membawa Zahra (nama bayi saya). Namun, saat berada dipangkuan saya, saya begitu kaget ketika menggantikan popokya. Kulit Zahra menjadi ruam. Saya pun berasumsi barangkali perawat di rumah sakit hanya menggantikannya sekali sehari atau menggunkan popok bayi yang kurang lembut.

Itulah kali pertama saya menggunakan MamyPoko yang juga merupakan  rekomendasi dari teman agar kulit bayi tidak ruam karena kualitasnya terjamin.

Akhirnya saya mencoba popok MamyPoko Royal Soft Newborn yang tipe perekat untuk Zahra, Alhamdulillah kulitnya tidak lagi terkena ruam.

“Mengapa kulit bayi baru lahir mudah terkena ruam?”

Moms perlu tahu nih bahwa lapisan kulit bayi baru lahir hanya setengah daripada kulit pada umumnya. Itulah sebabnya kulit bayi sangat sensitif sehingga mudah terkena ruam atau alergi.

 

The Softness of The Entire Product

MamyPoko Royal Soft bagian dalam dan luar(Bagian dalam dan luar MamyPoko Royal Soft tipe perekat/open tape)

Popok MamyPoko memiliki material yang sangat lembut tidak hanya bagian luarnya tapi juga lembut bagian dalam. Karena kelembutan popok MamyPoko sehingga aman digunakan dan tidak menyebabkan ruam. Hingga sampai saat ini kulit Zahra belum pernah terkena ruam saat menggunakan MamyPoko Royal Soft.

 

Extra Dry Speed Wave

MamyPoko Royal Soft Extra Dry

(Lapisannya yang bergelombang mampu menyerap lebih cepat dan kering)

Moms, bayi yang baru lahir di awal-awal bulan frekuensi buang air kecilnya jauh lebih sering. Untuk itu, gunakan popok yang cepat menyerap dan kering.

Saat ini usia bayi saya sudah masuki bulan ketiga, meski buang air kecilnya tidak sesering di bulan pertama tetap saja sekali buang air kecil dalam jumlah yang lebih banyak.

Salah satu keunggulan popok MamyPoko adalah lebih cepat menyerap dan kering. Bahkan saat menggantikan popok Zahra pun untuk waktu yang lama popoknya tetap kering dan tidak bocor. Saya tak perlu khawatir area pantat bayi saya muncul ruam dikarenakan popoknya cepat menyerap.

 

Navel Cut

Navel Cut pada MamyPoko Royal Soft

Saat membaca buku tips merawat bayi salah satu yang disarankan penulis adalah menjaga kebersihan tali pusar bayi, hindari agar tidak terkena bakteri dan sebagainya.

Moms yang tidak ingin tali pusar anaknya terkena bakteri atau terlepas belum pada waktunya bisa menggunakan popok MamyPoko Royal Soft Newborn yang salah satu keunnggulannya memiliki Navel Cut. Dimana Navel Cut ini berfungsi untuk melindungi tali pusar bayi yang belum sembuh.

 

Package Review

Tentang Kemasan

 Package MamyPoko Royal Soft

Ada dua tipe bentuk popok MamyPoko yaitu open tape atau tipe perekat dan pants atau celana. Tipe perekat khusus digunakan bagi bayi yang baru lahir, sementara tipe pants bisa digunakan bayi usia dua bulan keatas tergantung kecocokan bayi.

Saya pribadi sudah memakaikan tipe pants pada Zahra saat berusia dua bulan. Dan tampaknya dia sangat nyaman dengan tipe pants.

Jujur saja menurut saya, kemasan popok MamyPoko Royal Soft ini terlihat sangat menarik dan hemat kantong plasik. Sebab, kemasan MamyPoko Royal Soft memiliki holder hand sehingga nyaman dibawa meski tanpa menggunakan kantong plastik untuk membawanya.

Kemasan MamyPoko Royal Soft

(Kemasan tipe perekat/open tape MamyPoko Royal Soft)

Kemasan MamyPoko Royal Soft tipe pants

(Kemasan tipe pants MamyPoko Royal Soft)

Memiliki kemasan dominan berwarna putih disertai informasi yang sangat jelas tentu sejalan dengan kualitas yang dimiliki popok MamyPoko. Informasi kemasannya memuat petunjuk penggunaan popok, material popok, ukuran, kualitas dan keunggulan.

Rekomendasi ukuran popok yang mudah digunakan dan lembut untuk bayi baru lahir

Rata-rata berat badan bayi baru lahir berkisar 2kg-4kg. Bayi saya lahir dengan berat 2.9 kg. Masih diangka normal.

Untuk moms yang bingung mencari ukuran popok yang pas untuk bayi baru lahir, saya sarankan agar menggunakan MamyPoko Royal Soft tipe perekat khusus bayi baru lahir ada yang 30 pcs dan 52 pcs.

Demo Air Circulation

Nah buat moms yang ingin membuktikan kualitas popok MamyPoko Royal Soft Newborn bisa mencoba melakukan Demo Air Circulation seperti berikut:

Step 1

Siapkan satu pcs popok MamyPoko Royal Soft Newborn air panas

Step 2

Tuangkan air panas tersebut ke permukaan bagian dalam popok

Step 3

Tutup popok dan letakkan gelas kaca dalam posisi terbalik di atasnya

demo air circulation

(Testiomi: Setelah meletakkan gelas kaca seperti gambar di atas, hanya dalam hitungan beberapa detik tampak uap dalam dinding gelas. Artinya popok MamyPoko Royal Soft Newborn  melepaskan suhu panas begitu cepat. Setelah melakukan demo makin jatuh hati deh dengan MamyPoko)

Nah moms, saya sudah mencobanya dan sudah membuktikannya. Hingga saat ini saya belum bisa move on dari MamyPoko.

Buat moms yang saat ini sedang hamil, lakukan persiapan sebaik mungkin sebelum melahirkan agar bisa mengantisipasi segala hal yang akan terjadi setelah melahirkan.

foto bayi dan MamyPoko Royal Soft
My baby with MamyPoko Royal Soft

Buktikan cinta ibu dengan kelembutan nomor 1 dengan MamyPoko. Buat moms yang ingin mendapatkan produk ini bisa membelinya melalui Lazada atau Shopee.

Semoga bermanfaat moms, Thank You…

64 thoughts on “Belajar Dari Pengalaman, Ini Yang Harus Dipersiapkan Sebelum Melahirkan

  1. Memang banyak hal yang perlu disiapkan sebelum melahirkan ya. Dari semua persiapan di atas, satu hal yg luput dari perhatianku adalah persiapan ASI. Nyesel banget karena ASI keluar dikiit, akhirnya anak2 juga minum susu formula sebagai tambahannya.
    Untuk popok, anak2ku dulu juga pakai MamiPoko, cocok dan gak bikin ruam di kulit.

  2. Mami Poko emang udah terpercaya banget ini. Dari jaman anakku baby udah pake ini, jangan tanya soal penyerapannya, pokonya ga bikin bocor.
    Aih si Baby meni menggemaskan .

  3. waaa terima kasih sharingnya ya mbak, ini bermanfaat sekali nih, kebetulan ada temenku yang mau lahiran juga, mau aku share ke beliau ah heheh

  4. Anak pertama lahir di RSU terus kapok karena kurang pelayanan. Terpisah dari bayi. Anak kedua di klinik lebih nyaman. Bayi sudah all ini termasuk perlengkapan popok & laundrynya.

  5. Aku dulu mempersiapkan ASI jg setengah2 informasinya, saat masih cuti lahiran ASI-nya aman, begitu sudah masuk kerja dari pagi hingga sore dan ASI-nya tidak dipumping dgn baik, anaknya ga mau minum ASI secara langsung lagi, produksinya jadi berkurang.

    Btw, Mamypoko jg jadi andalan popok bayi dari dulu ini.

  6. Sama Mbak pengalaman saya dulu juga pas mau lahiran dan bahkan pasca lahiran terus membaca buku dan tulisan-tulisan tentang pengetahuan seputar bayi dan perawatannya.

  7. Setuju banget, Mbak. Belajar harus dilakukan sejak awal, karena kalau sudah kejadian seringnya sudah belajar pun bisa blank, apalagi kalau sama sekali belum. Kadang orang mungkin berpikiran pamali gitu ya belajar soal kemungkinan yang buruk (yah misal soal ASI belum keluar itu aja deh), tapi padahal kan perlu juga buat bekal. Syukur kalau ternyata lancar semua, yang penting sudah sempat tahu ilmunya.

  8. kedua anakku waktu bayi juga pakainya mamy poko nih aman juga buat kulitnya dan gak bikin iritasi. Yang paling aku suka sih kalau malam anti bocor

  9. Saya juga sama, selama hamil saya membaca buku hamil dan melahirkan, alhamdulillah bisa bertemu dg spog yg pro gentle birth dan dpt tempat bersalin yg nyaman untuk bersalin pervaginam… dan peralatan bayi juga penting banget apalagi masalah popok, kalo g cocok pasti ruam popok dan anakku waktu newborn mengalami itu, tapi untung bertemu dg mamipoko 🥰

  10. Wah, sama saya juga anak pertama pake fornula karna baby blues dan kurang pengetahuan soal per asian. Alhamdulillah anak kedua asi karna udah ada pengalaman. Oia, kita samaan juga nih… Pake mamypoko. Hehe

  11. Sejak anak pertama hingga yg kedua lahir aku pake mamy poko mba dan inget banget dinyinyirin krn baru lahir udah dipakein pospak wkwkk aku hanya terdiam

  12. Salah satu diapers andalanku saat anak-anak masih kecil nih Mamy Poko ini. Nyaman dan antibocornya suka. Bayi jadinya anteng kalo pake ini. Harganya juga gak terlalu beda.

  13. Setuju banget mba. Poin-poin di atas semua aku lakuin saat persiapan melahirkan. Dulu anak ku juga pake mamy poko emang paling the best.

  14. Mamypoko ini produk popok bayi yang udah terkenal namanya dan memang kualitasnya oke sejak dulu. Zaman Audi bayi sekitar tahun 2000-an juga udah pakai Mamy poko ini akunya. Dan untuk ibu yang mau melahirkan memang perlu banyak belajar ya melalui referensi dan literatur, juga melakukan berbagai persiapan biar masa-masa melahirkan, bahkan sesudahnya, bisa dijalani dengan nyaman

  15. Makin ke sini, makin bagus ya kualitas diapers, disesuaikan juga dengan kebutuhan pemakaian. Baru tau ada yang navel cut gini. Jadi pusar si bayi enggak tergeser-geser ya sebelum dia puputan gitu.

  16. Nah, persiapan waktu hamil dan waktu mau melahirkannya sama banget seperti yang saya lakukan waktu 11 tahun yang lalu. Hehehe. Kebenaran banget waktu zaman anak saya masih bayi dia pakainya Mamy Poko soalnya nyaman, meresapnya banyak, dan oke banget deh ngga bikin ruam. Ngga nyangka udah belasan taun berlalu. Hehehe

  17. Salah satu yg memang harus dilakukan adalah persiapan ASI ya mbak. Saya juga belajar banyak sebelum persiapan lahiran dan ASi menjadi yg terpenting.

  18. Aku dulu persiapan waktu hamil belajar pijat bayi dan cari kumpulan resep MPASI mbak. Sebagai orangtua kita memang harus selalu gali ilmu apa pun tentang si kecil ya, gak ada abisnya.

  19. Aku inget banget saat baru punya anak 11 tahun lalu.. memang informasi seperti ini masih sangat minim mbak huhu maklum ya namanya juga anak pertama masih banyak salahnya huhu termasuk dalam memilih diapers new born.. anakku ruam ruam dong dipantatnya huhu dan anak riwayat alegi pulak combo deh,. memang ya punya anak bayi itu butuh banyak persiapan.. termasuk dalam memilih diapers yang cocok

  20. kalau dulu aku paling seneng bagian belanja perlengkapan bayi 😀 bisa kalap/ Nah kalau urusan diapers aku juga pakai mami pokok dari jaman anak pertama ,skr umurnya udah 14 tahun

  21. Memang harus banyak yang dipersiapkan dalam menyambut kelahiran bayi yah, terutama mental sih hehe
    tapi aku udah mamipoko ini sejak anak2ku masih bayi lho, cuma dulu kemasannya warna biru
    Kalo pake mamipoko bayi boboknya jadi lebih nyenyak, kan lumayan ibunya bisa beres-beres atau ikutan bobok juga hehehe

  22. Saya punya pengalaman juga nih masalah ASI gak keluar, saya pikir nggak keluar selamanya, ternyata hanya sekitar 2 hari aja. Padahal PD juga udah rajin banget dibersihin. Oh yaa.. saya juga suka banget pake mamy poko royal soft ini, bener-bener bikin anak nyamannn :D. sesuai sama harganya hahaha

  23. Jadi teringat dulu ketika hendak melahirkan anak pertama, dari hamil 6 bulan udah sibuk aja merawat payudara. Diolesin baby oil lah, dipijat ini itu lah. Tapi emang tokcer banget, mulai hari pertama melahirkan ASI udah lancar. Emang butuh persiapan banyak hal ya jelang kelahiran buah hati.

  24. Ingat banget waktu mau melahirkan Audi. Udah lama banget sih. Dua bulan sebelum hari H malah udah prepare ini itu untuk hari H-nya. Belum lagi perlu baca buku tentang kehamilan dan urusin baby, mana akunya waktu itu jauh dari orang tua. Jadi persiapannya kudu banyak banget… hahaha

  25. Aq banget nih pick soal diapers anak tapi untungnya dri anak pertma sampai sekarang setia sama mamypoko.

    Inovasi nevel cutnya bagus yah ini mba. Buat newborn

  26. Aku pas hamil banyak baca-baca buku, terutama untuk ASI karena bertekad anakku harus ASI dan minimal 1 tahun deh full ASI, karena kebetulan aku bekerja. Begitu boleh bebelian langsung deh belanja kebutuhan si bayi, yang paling penting emang memilih popoknya. Kalau aku dari anakku bayi sampai dia lepas popok selalu pakai Mamy Poko

  27. anakku juga pakai mamypoko ini mba karena dulu kakaknya sempat kena ruam popok jadi aq setia deh pake mamypoko lagi buat anak ku yang kedua dan cocok juga

  28. Dulu waktu hamil aku kurang banget mba ilmu seputar ASI. Baca tapi ga semuanya. Jadi dulu waktu anak lahir, anaknya masih nangis dinenenin. Dulu aku mikirnya karena asinya ga kluar. Jad aku biarin anaknya nangis. Krn percaya colostrum yg diminumnya brthan smp 3 hari untuk anak. Bener sih faktanya, tapi bukan berarti ngebiarin bayi kelaparan juga ya. Hadeuhhh onyon banget aku dulu.

    Ngomong-ngomong anak aku penggunak mamy poko juga. Cuma belum pernah nih nyoba yang royal softnya. Kayaknya lembut banget ya bahannya

  29. Melihat popok bayi, mengingatkan saya dengan bayi saya yang hampir besar, ga terasa mau 1 tahun. Kerepotan membeli perlengkapan bayi saya saat anak sudah lahir, bukan sebelum lahir…mau senyam senyum kalau ingat dulu ..😁

  30. MashaAllah~
    Si cantik uda gedeee….

    Sama Ainhy…akupun memutuskan untuk melahirkan di kampung halaman.
    Ada Ibu, Bapak, Mama mertua dan Papa Mertua itu menguatkanku.

    Mamy Poko makin kereen…
    Anakku dulu pakai ini juga, tapi belum yang Royal Soft.

  31. Shopping rumah sakit jadi salah satu persiapan sebelum melahirkan yg saya lakukan..
    Cari yg pro imd dan rawat gabung, biar proses menyusui semakin lancar

  32. Anakku pakai Mamy Poko juga tapi udah yang pants. Baru tau ada yang Royal Soft sekarang. Cocok buat bayi baru lahir kayaknya karena kelihatan lebih lembut. Dulu pernah pakai yang tape tipe lama buat Newborn tapi masih rada bulky. Akhirnya ya Mamy Poko ngeluarin tipe yang lebih tipis dan lembut gini. Mau coba ah buat calon anakku, kebetulan lagi hamil juga. Thanks infonya 🙂

  33. Dulu senang banget bisa punya buku yang banyak untuk memperlengkapi diri sebelum persiapan melahirkan dan tentunya bermanfaat banget untuk menambah kepercayaan diri saya mbak.

  34. Aku juga pas anak pertama kemarin itu ngerasa kurang persiapannya di ASI. Padahal sebelum lahiran sudah ikut kelas edukasi nya loh tapi tetap aja setelah lahir nggak bisa langsung menyusui. He

  35. Pengalaman melahirkan sangat berkesan ya kak, begitupun dengan persiapannya. Semoga nanti setelah menikah, lalu hamil dan akan melahirkan daku diberikan kemudahan dan kelancaran serta sehat dan pulih setelahnya, aamiin

  36. Memang nih popok itu salah satu yang wajib banget dipikirkan untuk bayi yang baru lahir. Soalnya kalau salah pakai popok bisa bikin ruam. Kasihan anak nantinya.

  37. yang paling utama menurut saya selain persiapan yang disebutkan di atas adalah, persiapan mental. siap bergadang, kekurangan tidur dan kemungkinan mengalami baby blues. yang jelek semua ya? iya memang, tapi realita yang moslty kebanyakan ibu baru terima. setidaknya dengan mencari tau lebih awal bisa menimalisir semua kemungkinan itu.

  38. Aku pake Mamy Poko jugaa hihi Anakku yang kedua cocok nih, Mom. Emang dia kering ke kulit. Jadinya anak jauh-jauh dari diaper rash <3

  39. Betul banget Mbak Ainhy, kalau sbeleum lahiran harus bener-bener siap biar nanti abis lahiran gak kelimpungan kesana kemari. Kebetulan soal ASI alhamdulillah sehari sebelum lahiran aku sudha disuruh makan katuk sama Mama. Lalu untungnya ada konselor ASI yang ajarin di RS. Jadi penting memilih RS yang memang ada khusus untuk mengatasi masalah ASI. Tapi mau ASI dan formula yang penting anak kita sehat selalu.

  40. Dulu waktu anak anak masih baby juga pake nya momy poko, Duhh jadi kangen punya baby lagi yang bikin riweh tapi menyenangkan hihihi

Thankyuuu sobat telah berkunjung di blog Ainhy Edelweiss. Silahkan meninggalkan jejak di kolom komentar yah, xoxo

Back To Top
error: Content is protected !!