Artikel Beranda

Yuk Ketahui Cara Merawat Linier Bearing Agar Awet

Linear Bearing adalah suatu komponen yang digunakan agar mempermudah lajunya fungsi suatu mesin, ada komponen penting yang tidak bisa dilewatkan. Linier bearing sudah tidak asing di dunia engineering atau dunia otomatif. Apalagi untuk kaum adam sudah tidak asing lagi nih. Linier bearing termasuk komponen yang tidak boleh ketinggalan dan wajib ada di komponen mesin tertentu. Linier bearing untuk alat dan mesin tertentu ada beberapa macam.

Jenis Linier ini khusus dirancang buat alat alat yang mempunyai gerakan bebas secara lurus atau dalam 1 arah. Jenis linier yang bisa bergerak 1 arah ini bisa ditemukan dalam kehidupan sehari hari. Dalam bidang industri bisa terlihat dalam mesin cetak, mesin yang dipakai untuk mengemas baju-baju dan mesin tesktil. Dalam mesin cetak juga ditemukan jenis bearing didalam printer-printer rumahan atau toko fotokopi loh.

Nah, ada tips nih untuk kaum adam yang biasanya sudah tidak asing dengan linier bearing.

Cara merawat Linear bearing
Sumber Gambar: BC Robotics

Pertama, Jangan menambah minyak berlebihan. Yap! Kesalahan yang paling sering dilakukan adalah menambah minyak dalam takaran yang terlalu banyak saat pelumasnya sudah habis. Bukan malah menjadi hal yang baik namun memberikan minyak berlebihan pada bearing akan membuat debu cepat menempel dan akhirnya akan menimbulkan kerusakan dalam jangka waktu yang cepat.

Baca Juga: 5 Cara Sederhana Merawat Mobil Bagi Pemula

Kedua, cepat mengannti linier bearing. Menapa tidak boleh asal menggantinya ? saat kinerja bearing mulai rusak, orang akan cepat menggantinya dengan yang baru. Padahal sebelum kamu menggantinya dengan yang baru kamu bisa cek dulu ke orang yang mengerti tentang linier bearing. Dengan begitu kamu bisa tau masalah dalam linier bearingmu. Kalau masih bisa diperbaiki kenapa harus beli baru kan sayang.

Ketiga, jangan mengelap minyak alaminya. Ini artinya pada saat kamu pertama kali membeli ada minyak yang menempel pada permukaan linier bearing. Tetapi jangan dibersikan atau dilap ya minyak alaminya. Karena dapat membuat gaya gesek yang terdapat pada alat tersebut menjadi berkurang. Minyak alami tersebut berfungsi agar gaya gesek dapat dikontrol dengan pas sehingga tidak terjadi kendala pada pergerakannya.

Baca Juga: 7 Tips Memilih MPV Murah Idaman Keluarga

Keempat, memilih tempat yang asli untuk membelinya. Sekarang ini banyak sekali toko yang tidak bisa dipercaya yang menjual barang-barang bekas atau palsu dengan harga yang relatif tinggi. Toko tersebut ingin mendapatkan keuntungan yang besar sehingga harga dan kualitas barang yang dijual tidak diperhatikan. Kalau sudah begini bagaimana bisa merawatnya jika barang dari awal sudah bekas atau rusak.

Kelima, membiarkan bearing terlalu lama dan tidak diberi minyak. Tentu ini sering sekali dilakukan dan banyak orang tidak sadar bahwa ini bisa merusaknya. Jika dibiarkan terlalu lama bearing akan cacat dan cepat rusak. Kemudian segera isi minyak jika sudah habis jangan dibiarkan terlalu lama. Namun jangan berlebihan dalam memberikan minyak karena bisa merusaknya.

Nah, itu dia 5 langkah bagaimana cara merawat Linier bearing agar tetap awet. Jangan lupa untuk membeli di toko yang terpercaya dengan kualitas tinggi ya sobat Ainhy, bisa cek di logam makmur karena disana akan banyak pilihan bearing dan lainnya. Tentunya dijual dengan harga yang murah. Kapan lagi harga murah dan terpercaya ya cuma di logam makmur tempatnya.

2 thoughts on “Yuk Ketahui Cara Merawat Linier Bearing Agar Awet

  1. wah saya kaum adam malah baru tau nih mbak
    habis nol banget masalah mesin hehe
    oh jadi enggak boleh sembarangan kasih minyak kukira biar enggak ada gaya gesekan jadi minyaknya harus banyak ternyata malah ngerusak

    makasih sharingnya mbak

Thankyuuu sobat telah berkunjung di blog Ainhy Edelweiss. Silahkan meninggalkan jejak di kolom komentar yah, xoxo

Back To Top
error: Content is protected !!