Artikel Beranda

Seberapa Penting Sih Melakukan Rapid Test?

Akhir-akhir ini kita sering mendengar istilah rapid test baik melalui sosial media, berita, maupun secara langsung.

Sejak kemunculan virus Corona, tentu saja kita dianjurkan untuk melakukan rapid test oleh pemerintah sebagai upaya pencegahan penularan virus.

Lalu, Apa itu Rapid Test? 
Rapid Test
Sumber Gambar: Ayo Semarang

Rapid test atau tes serologis adalah pemeriksaan yang dilakukan dengan mengambil sampel darah dari ujung jari.

Sampel darah yang diambil akan diteteskan ke alat rapid test untuk mengetahui apakah darah mengandung antibodi yang menandakan orang tersebut sedang atau pernah mengalami infeksi suatu virus atau tidak.

Rapid test tidak hanya untuk pemeriksaan Covid-19 tapi juga untuk penyakit demam berdarah, virus Zika, hepatitis B, dan lainnya.

Hasilnya Positif Setelah Rapid Test, Benarkah Terpapar Covid-19? 

Etsss tunggu dulu, setelah melakukan rapid test dan dinyatakan positif, belum tentu terpapar virus Corona.

Rapid test Covid-19 dilakukan untuk mendeteksi apakah di dalam darah terdapat antibodi IgM dan IgG yang bertugas melawan virus Corona atau tidak. Kedua antibodi ini diproduksi secara alami oleh tubuh ketika seseorang telah terpapar virus Corona.

Melalui pemeriksaan tersebut akan terdapat dua kemungkinan hasil, yakni positif dan negatif.

Jika hasilnya positif, maka ada 4 kemungkinan yaitu:

👉 Kamu sedang mengalami infeksi SARS-CoV-2 penyebab COVID-19 dan daya tahan tubuh sedang melawannya.

👉Kamu sudah lama terinfeksi SARS-CoV-2 dan daya tahan tubuh masih berjuang melawannya.

👉Kamu pernah terinfeksi SARS-CoV-2, namun daya tahan tubuh telah berhasil melawannya.

👉Kamu terinfeksi virus lain yang berada dalam keluarga virus Corona, misalnya HKU1 Corona virus yang umum menyebabkan infeksi saluran pernapasan atas.

Setelah dinyatakan positif, kamu jangan panik dulu. Sebab, rapid test bukanlah final test untuk mendiagnosis Covid-19 melainkan hanya kemungkinan dan sebagai pencegahan awal untuk antisipasi penularan Covid-19.

Pentingkah Melakukan Rapid Test? 

Melakukan rapid test sangatlah penting. Tak heran jika hal ini dianjurkan oleh pemerintah. Tujuan dari rapid test adalah mendeteksi dini adanya kemungkinan penularan virus dalam tubuh. Dengan begitu, kita bisa melakukan antisipasi guna mengurangi penyebaran virus.

Saat ini, rapid test tidak hanya dilakukan untuk mendeteksi virus secara umum tapi juga digunakan untuk keperluan pribadi saat dibutuhkan sebagai dokumen kesehatan seperti melakukan perjalanan khususnya jika melakukan perjalanan menggunakan pesawat.

Dimana Saya Harus Melakukan Rapid Test?

Saat ini melakukan rapid test tidaklah sulit. Salah satu tempat terbaik, mudah dan praktis melakukan rapid test ada di Halodoc.

Bagaimana Melakukan Rapid Test di Halodoc?

Halodoc adalah platform layanan kesehatan yang bisa diakses secara online baik melalui website maupun aplikasi.

Saat ini, Halodoc menyediakan layanan rapid test yang bisa diakses secara online.

Kita hanya perlu melakukan pencarian di Halodoc dengan menggunakan keyword “rapid test” melalui tool pencarian. Setelahnya akan muncul banyak referensi lokasi dan dokter beserta harga rapid test yang bisa dipilih.

Rapid test di halodoc
Contoh salah satu hasil pencarian rapid test di Halodoc

Selain itu, kita juga bisa menentukan jadwal rapid test dengan menggunakan fitur “buat janji”.

Perlu diketahui bahwa yang paling disarankan untuk melakukan rapid test adalah Orang Tanpa Gejala yang kontak erat dengan kasus terkonfirmasi COVID-19, Orang Dalam Pemantauan dan Pasien Dalam Pengawasan.

Nah sobat Ainhy, sudahkah melakukan rapid test? Jika belum, coba pertimbangkan lagi ya untuk melakukan rapid test guna mencegah penularan virus.

Semoga kita semua selalu sehat dan terhindar dari Covid-19, amin.

30 thoughts on “Seberapa Penting Sih Melakukan Rapid Test?

  1. Saya baru tahu bisa tes rapid di halodoc, mungkin semacam tes buat menyaring ada eaada enggaknya Infeksi COVID-19, ya, tetep gold standardnya pemeriksaan PCR.

    Hasil positif atau reaktif memang bisa berbagai kemungkinan. Saya berharap pandemi ini cepat mereda. Hopely

  2. Pastinya setiap mau bepergian jauh dan pulangnya mesti rapid test yaaa.. Asik juga sekarang bisa via Halodoc, jadi bisa tau lokasi tes terdekat

  3. Baru tahu lho ba, Halodoc bisa Pelayanan rapid test, nanti aku coba instal, banyak bangeut yang ingin aku sharing,, Makasih Infonya

  4. Dalam situasi seperti sekarang ini, sepertinya penting untuk melakukan rapid test untuk mengetahui kondisi tubuh yg sebenarnya dan bisa diambil tindak lanjut secepatnya. Aplikasi Halodoc membantu sekali ada fitur rapid test ya.

  5. minggu lalu aku terbantu juga dengan aplikasi halodoc ini ketika suami tiba2 ada dinas ke samarinda, padahal waktu udah sore untungnya halodoc bisa rapit test dan menunjukkan rumah sakit terdekat kita…

  6. Ah, bener ya Mbak. Hasil rapid positif jangan gegabah dulu. Masih ada proses lanjutan seperti swab untu mendeteksi keberadaan virus. Masalahnya masyarakat kita mudah menerima berita tanpa mendengar dengan jelas informasi lengkapnya

  7. Alhamdulillah ada halodoc ini yang membantu kita untuk mengetahui lokasi pelaksanaan rapid test terdekat ya. Jadi bisa langsung dijadwalkan ketika ada yang membutuhkan untuk pengecekan kondisi tubuh gini.

  8. Menurut aku kalo udah ada 3 hal, bersinggungan dengan suspek covid, saat ada gejala, atau baru tiba dari daerah yang waspada covid, sebaiknya kita jalanka rapid test.

    Btw, halodoc aplikasi portal kesehatan favorit aku.

  9. Sempet mau ikutan Rapid Test yang diadain Halodoc waktu itu.. Free padahal. Udah daftar dan dapet nomer antrian pula. Pas hari H-nya mendadak ga bisa dateng. :((

  10. Jadi semakin mudah nih dengan apps halodoc, khususnya informasi tentang tempat penyedia rapid test. Meski tahu, rapid test ini sifatnya enggak lebih untuk deteksi awal aja, karena untuk make sure lagi via PCR ya mba

  11. Wah penting banget yah rapid test untuk mengetahui kesehatan kita apalagi untuk yang mau pergi keluar daerah. Biar aman..jujur aku takut sebelum nya .Tapi sekarang ada di aplikasi halodoc yah. Praktis dan memudahkan

Thankyuuu sobat telah berkunjung di blog Ainhy Edelweiss. Silahkan meninggalkan jejak di kolom komentar yah, xoxo

Back To Top
error: Content is protected !!