Beranda

Tips Mengamankan Akun GoPay Agar Lebih Aman Melakukan Transaksi

Tips mengamankan akun GoPay

Suatu hari sebuah pesan singkat masuk di ponsel saya, rupanya pesan singkat tersebut adalah kode OTP. Sebagai pengguna baru aplikasi Gojek yang juga menggunakan GoPay sebagai alat transaksi, saya belum paham soal prosedur mengamankan akun dan mengenali ciri-ciri penipuan digital.

Tak berselang lama, sebuah panggilan dengan nomor tidak dikenal menelpon saya dan meminta kode OTP tersebut dengan mengklaim si penelepon adalah pihak yang mengatasnamakan GoPay dan memberikan informasi bahwa saya menang undian di sebuah stasiun TV.

Awalnya saya sedikit ragu, namun si penelpon sudah terlatih melakukan modus penipuan. Tanpa berpikir panjang saya pun memberikan kode OTP tersebut.

Si penelpon kemudian menutup panggilannya dan tidak lagi memberikan kabar kepada saya. Karena khawatir akun saya dibajak, dengan sigap saya membuka akun. Beruntungnya pada saat itu saldo saya kosong karena sudah digunakan.

Karena panik si penelpon akan meretas akun saya di kemudian hari, saya pun mencari-cari informasi bagaimana mengamankan akun GoPay.

Peristiwa tersebut sering kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari. Banyaknya kasus penipuan dengan beragam motif juga memanfaatkan GoPay yang saat ini digunakan sebagai alat transaksi.

Sebelum itu terjadi pada sobat Ainhy, ada baiknya mengenali modus penipuan digital yang ingin menyalahgunakan akun GoPay.

Tips Mengamankan Akun GoPay

Langkah-langkah lengkapnya bisa sobat Ainhy akses melalui website GoPay mengenai cara-cara mengamankan akun secara lengkap di sini. Namun, saya pribadi ingin berbagi tips berdasarkan pengalaman pribadi.

1. Rahasiakan kode OTP dari siapapun. Jika ada pesan yang meminta konfirmasi kode OTP hanya perlu diabaikan.
2. Perkuat keamanan dengan memasukkan nomor PIN sebagai verifikasi tiap transaksi GoPay.
3. Gunakan alamat email dan nomor handphone yang aman.
4. Jika akun GoPay disalahgunakan karena penipuan online, sobat Ainhy bisa menghubungi customer service GoPay.

Nah sedikit cerita nih saya mau share soal pengalaman teman yang pernah kehilangan saldo GoPay karena HP teman saya ketinggalan dan saldonya dipakai orang.

Dengan cepat teman saya menghubungi layanan Customer Service dari aplikasi Gojek yang tersedia 24 jam untuk mengklaim saldonya kembali. Masalah pun bisa diselesaikan. Beruntung banget karena ada program Jaminan Saldo Kembali. Tidak perlu panik yah sobat Ainhy saat Saldo GoPay hilang.

Jangan khawatir menggunakan GoPay sebagai alat transaksi untuk melakukan pembayaran, karena GoPay adalah alat transaksi aman dan dapat diandalkan dilengkapi dengan fitur yang mengutamakan kenyamanan penggunanya.

3 thoughts on “Tips Mengamankan Akun GoPay Agar Lebih Aman Melakukan Transaksi

  1. Beberapa aplikasi pinjaman online juga katanya ada semacam fitur tersembunyi bisa baca SMS kita, jadinya sistem OTP ini punya celah juga. Semoga selalu dijauhkan dari pinjol.

    Kalau saya sih akun Gopay selalu aman, soalnya seringnya pake toko sebelah hehe.

  2. Wah, saya baru tahu kalau ada modus penipuan seperti itu. Terima kasih sudah menuliskan pengalamannya. Saya juga baru tahu kalau saldo yang sudah digunakan tanpa sepengetahuan kita bisa dikembalikan oleh pihak GO-JEK. Sangat bermanfaat! Keep writing!

Thankyuuu sobat telah berkunjung di blog Ainhy Edelweiss. Silahkan meninggalkan jejak di kolom komentar yah, xoxo

Back To Top
error: Content is protected !!