Pentingnya Menjaga Kesehatan Tulang Sebelum Usia 30 Tahun

Pentingnya menjaga kesehatan tulang sejak dini harus diketahui, mengingat gaya hidup saat ini serba cepat dan mudah sehingga mempengaruhi pola hidup sehat. Tak jarang banyak yang mengonsumsi makanan junk food tanpa memperhatikan kandungan gizinya terutama untuk kesehatan tulang.

Dulu, mindset saya mengenai menjaga kesehatan tulang hanya dilakukan oleh orang-orang yang sudah berusia di atas 30 tahun. Nyatanya, menjaga kesehatan tulang perlu kita lakukan sejak dini agar saat usia mencapai 30 tahun ke atas, kita tidak memiliki banyak masalah soal kesehatan tulang.

Pentingnya menjaga kesehatan tulang

Mengapa Penting Menjaga Kesehatan Tulang?

Bagi saya, tulang adalah salah satu organ tubuh yang paling vital dan penting untuk dijaga. Tulang membantu kita untuk bergerak sehingga mudah melakukan aktivitas. Tanpa tulang yang sehat, bagaimana kita bisa bergerak aktif? Maka dari itu, sangat penting menjaga kesehatan tulang bahkan sebelum menginjak usia 30 tahun.

Dengan menjaga kesehatan tulang, kita juga akan terhindar dari berbagai macam penyakit seperti Osteoporosis.

Apa Dampak Jika Tidak Menjaga Kesehatan Tulang?

Jika kita mengabaikan kesehatan tulang sejak dini, maka akan berdampak buruk bagi kesehatan. Seperti yang sudah saya sebutkan sebelumnya, bahwa tulang yang tidak sehat akan menyebabkan Osteoporosis, tulang menjadi rusak dan mengganggu pergerakan.

Bagi ibu hamil dan menyusui, jika kekurangan kalsium, maka kesehatan tulang akan terganggu. Kepadatan tulang pada ibu hamil dan menyusui akan menurun.

Siapa saja yang perlu menjaga kesehatan tulang?

Perlunya ibu hamil menjaga kesehatan tulang
Sumber Gambar: cdr.co.id

Kekuatan tulang akan berangsur-angsur berkurang seiring bertambahnya usia terutama saat kita sudah berumur 30 tahun ke atas. Baik sebelum atau setelah berumur 30 tahun, semuanya perlu menjaga kesehatan tulang agar terhindar dari dampak negatif yang bisa menyebabkan kerusakan tulang pada tubuh.

Tips Menjaga Kesehatan Tulang

Sebelum terlambat, yuk kita jaga kesehatan tulang, kamu bisa menerapkan tips berikut ini.

1. Aktif berolahraga

Hal pertama yang harus dilakukan agar pola hidup kita sehat adalah rutin berolahraga. Tidak perlu berolahraga berat, berolahraga ringan pun bisa dilakukan saat berada di rumah. Kuncinya adalah konsisten berolahraga, agar tetap aktif. Misalnya jalan kaki pada pagi hari.

2. Hindari gaya hidup sedentari

Gaya hidup sedentari atau biasa disebut gaya hidupnya kaum rebahan membuat seseorang kurang aktif melakukan pergerakan atau kebiasaan berdiam diri. Hasilnya, tulang bisa melemah dan mengalami pengeroposan.

Ada baiknya hindari gaya hidup sedentari dan mulailah aktif bergerak walau hidup di era yang serba canggih.

3. Konsumsi Vitamin

Tulang juga membutuhkan asupan nutrisi. Beberapa zat mineral yang tulang butuhkan seperti vitamin C, vitamin K, dan vitamin D, memiliki peranan penting masing-masing. Rutin mengonsumsi vitamin akan baik bagi kesehatan tulang.

4. Konsumsi sayur-sayuran

Seperti yang kita ketahui, bahwa sayur-sayuran mengandung banyak manfaat. Salah satunya bisa menutrisi tulang. Di dalam sayur-sayuran, terdapat kandungan berbagai mineral. Misalnya, potasium dan magnesium. Kedua mineral ini diperlukan tulang untuk menjaga kepadatannya sekaligus membantu proses perbaikan tulang yang rusak

5. Konsumsi buah-buahan

Rutin mengonsumsi buah-buahan dapat menghindarkan kita dari pengrusakan tulang. Buah-buahan memiliki kandungan mineral baik yang tinggi.

6. Hentikan kebiasaan merokok

Rokok tidak hanya menjadi sumber masalah bagi kesehatan pernapasan. Faktanya, rokok juga bisa merusak kesehatan tulang. Kandungan nikotin pada rokok menghambat kerja sistem imun dan tubuh kita loh. Bahkan, rokok juga memperlambat tubuh menyerap asupan nutrisi dan protein.

7. Konsumsi suplemen Kalsium

Setelah usia 30 tahun, tingkat pembentukan massa tulang menurun. Proses ini makin cepat terjadi pada wanita terutama setelah menopause.

Jika tubuh kekurangan kalsium, maka ia akan mengambil kalsium dari tulang. Hal inilah yang menyebabkan terjadinya Osteoporosis.

Siapapun pasti inginkan pada saat hari tua tiba, tubuh tetap aktif dan fit terutama tulang. Untuk itu, perlu menjaga kesehatan tulang sejak dini. Karena mengonsumsi sumber kalsium dari buah dan sayur tidaklah cukup, maka perlu mengonsumsi suplemen kalsium agar kesehatan tulang tetap terjaga.

Khusus untuk suplemen kalsium saya mengonsumsi CDR. CDR dapat memenuhi kebutuhan untuk tulang sehat dengan kombinasi kalsium, vitamin C, vitamin D, dan vitamin B6.

Kamu bisa mengonsumsi CDR Orange, suplementasi tulang sehat dengan rasa jeruk. Suplementasi tulang sehat mengandung kalsium, vitamin C, D dan B6 yang bisa membantu penuhi kebutuhan kalsium orang dewasa, ibu hamil dan menyusui.

Kesimpulan

Kesadaran akan pentingnya menjaga kesehatan tulang perlu kita ketahui dan sejak dini menerapkan pola hidup sehat agar saat umur mencapai usia 30 tahun ke atas, tubuh tetap fit dan bebas melakukan aktivitas.

Semoga bermanfaat…

Artikel Menarik Lainnya

1 Komentar

  1. Cara Menentukan Target Market Agar Sukses Berbisnis - Blog Ainhy Edelweiss

    […] madu milik kamu cocok dikonsumsi anak-anak yang mempunyai banyak manfaat bisa menyembuhkan beberapa penyakit, maka target market kamu adalah anak-anak yang membutuhkan suplemen alami penambah imun […]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.