Warning: file_get_contents(http://ipinfo.io/100.24.209.47): failed to open stream: HTTP request failed! HTTP/1.0 429 Too Many Requests in /home/ainc4129/public_html/wp-content/plugins/nm-visitors/nm-visitors.php on line 97
[Review Film] Antara Cinta dan Pengorbanan - Ainhy Edelweiss
Beranda Review Film

[Review Film] Antara Cinta dan Pengorbanan

raazifa91584020135.jpg
Judul Fim: Raazi Sutradara: Meghna Gulzar Release: 11 Mei 2018                 My Rate: ****

“Manakah yang lebih penting, mempertahankan cinta ataukah berkorban demi membela negara?”

~Ainhy Edelweiss ~

Sinopsis

Konflik India-Pakistan melibatkan kedua pihak jatuh dalam peperangan. Kisah ini bermula Saat Sehmat Khan setuju untuk dijodohkan oleh orangtuanya, Hidayat Khan. Sehmat yang masih gadis dan menjalani status sebagai mahasiswa, harus bergabung di Biro Intelegent India demi mendapatkan informasi di markas besar Pakistan.

Kehidupan Sehmat berubah drastis, tidak hanya sebagai orang India, namun kini Sehmat telah menjadi istri, agen rahasia, sekaligus pengajar di tanah Pakistan.

Iqbal, merupakan suami Sehmat, tidak menyadari penyamaran istrinya. Kehidupan keduanya secara perlahan terjalin mesra meski diawali oleh perjodohan. Akankah Sehmat mampu melewati misinya sebagai intelegen India, sementara di satu sisi ia telah berbaur dalam keluarga Iqbal?

“My father has also taught me that there is nothing above nation, not even yourself”

~Sehmat Khan~

Let’s Talk About It…

Nonton film spionase emang beda yah feelnya. Ada rasa deg-degan gimana gitu, macam sport jantung, hahaha. Nah kali ini, aku nonton film Raazi, walau udah seminggu yang lalu sih, tapi baru sempat mereview, hihi.

Film Raazi menceritakan konflik antara India dan Pakistan, tema film ini sebenarnya sudah banyak diangkat ke layar kaca seperti film Veer Zara (2004), Bajrangi Bhaijaan (2015), dll. Tapi, yang satu ini gak kalah serunya. Berangkat dari kisah yang diadaptasi oleh novel berjudul Calling Sehmat oleh Harinder Sikka , film ini mampu menarik perhatian penonton.

Disutradarai oleh Meghan Gulzar, seorang penulis sekaligus sutradara, ia mempercayakan karakter Sehmat Khan kepada Alia Bhat. Nah satu lagi keunggulan perempuan dikancah perfilman.

How Do You Think About The Conflict?

Karena film ini spionase, tentu saja konfliknya menarik. Namun, menurutku konflik utama terletak pada dilema Sehmat. Apakah dia mampu menyelesaikan misinya di negara Pakistan atau memilih membuka penyamarannya?

Sebagai perempuan, sehebat apapun Sehmat dilatih menjadi intelegent, ia tak bisa menanggalkan sisi feminimnya. Saat menjadi seorang istri, ia begitu telaten dan sangat ramah terhadap keluarga Iqbal. Dan sebagai perempuan, tentunya Sehmat memiliki sisi kelembutan. Ia begitu terharu saat Iqbal memperlakukannya begitu istimewa, Iqbal meski memiliki hak atas Sehmat, ia tak pernah memaksanya. Dan pada akhirnya, Sehmat jatuh cinta. Nah apakah kisah cinta keduanya berlanjut?

Sayang sekali, peran Iqbal bagiku tidak bisa menyeimbangi Sehmat. Tadinya kupikir bakal ada plot mengejutkan dalam tokoh Iqbal, misalnya Iqbal ikut bergabung dengan Sehmat, atau Iqbal memiliki peranan besar di markas Pakistan, ah dasar penonton banyak maunya, hihi. Tapi, kekecewaanku terbayar saat ending film ini. Yang tadinya kecewa sama Iqbal, eh pas endingnya jadi terharu.

Who Is Your Favourite Character?

Aku suka Sehmat Khan dong pastinya. Aktingnya begitu pure, pantas saja kalau dia layak memerankan tokoh ini. Alia Bhat bisa dikatakan multitalent memerankan tokoh Sehmat Khan. Ia bisa menjadi agen intelegen sekaligus berperan sebagai istri dan pengajar. Meski mengagumi keunggulan tokoh perempuan sebagai karakter utama dalam film ini, menurutku ada eksploitasi bagi perempuan. Di mana perempuan dijadikan alat politik untuk memenuhi tujuan negara. Dan pada akhirnya, perempuanlah yang dirugikan, talenta seperti itu, tampaknya tidak layak jika hanya dijadikan sebagai alat politik. Bagaimana pendapatmu?

What Is The Message From This Movie?

Konflik memang tak bisa dihindari, tapi mengabaikannya bisa berakibat fatal. Peperangan apapun bentuknya, baik pihak menang maupun kalah, bisa merugikan keduanya, dan perang bukanlah solusi satu-satunya mengakhiri konflik.

Bagi pecinta film sponase atau yang mau coba-coba sport jantung, boleh nih film Raazi menjadi pilihan terbaikmu diakhir pekan. So, happy watching 🙂

______

13 Okt 2018

Pic: google.com

54 thoughts on “[Review Film] Antara Cinta dan Pengorbanan

  1. Wah, tambah “meleleh” dengan aktivitas BW.
    Selain menambah wawasan tentang drakor kini merambah Bollywood, juga.

    Senangnya menjadi bagian aktivitas BW ya, mba…
    Benarlah BW itu bagai silaturahmi di dunia maya…

  2. Namanya kok ya Iqbal ya. Hihi, malah ingat Dilan. Duh duh duh, aku jadi ter-Dilan kan.

    Aku selalu suka cerita-cerita percintaan yang awalnya dijodohkan kemudian jatuh cinta karena kulino atau terbiasa. Rasanya cinta itu jadi alami dan bisa awet.

  3. aku juga suka film film semacam ini, suka sama deg2 annya. Kalau aku sih, selama perempuan itu menggunakan kecerdasannya untuk kepentingan negara, masih okelah.. yang gak suka itu nonton film yang perempuan menjadikan kecantikan dan tubuh untuk mencapai tujuannya, apalagi untuk kepentingan negara…

  4. bacanya aja aku ikut deg-degan 🙂 Endingnya jadinya gimana ya aku penasaran jadinya pingin nonton. Maunya sih tetap bersatu tapi tugas jadi mata-matanya gimana tuh, gak ada bocorannya nih mbak

  5. Akhirnya nemu review film India juga hihi..aku suka film India mbak soalnya Ayahku suka nonton film India di rumah jadi kami anak-anaknya ikutan suka 🙂

  6. Halo mba, ini boleh dibilang film yang diangkat based true story ya mba? Penasaran juga mau nonton nih di weekend ini

  7. Hai mbak..film ini diputar di bioskop kita ga ya? Kayaknya ga familiar gitu sih..tapi seru kayaknya baca review mbk ini. Ada deg-degannya dan juga romantisnya ya..

  8. Naaah, aku suka nih ulasan film begini. Dulu tuh yang tentang spionase kalau film india aku nontonnya yang perempuannya pura-pura hamil itu. Judulnya apa ya lupa. Ternyata dia intel. Ga jauh beda sama ini. Yang kutonton itu nyari suaminya, mau ketemu suaminya, kalo ga salah. Emang film detektif, thriller itu lebih seru karena bikin kita mikir juga. Ga cuma serem-sereman, seru-seruan. Ada teori politik dan cara berstrategi yang bisa dipelajari.

  9. Aku inget film hollywood jadul nih baca tema film ini. Kisahnya ttg perempuan yg suami n anaknya ga tau bahwa dia adl spy hingga tiba2 anakjya diculik…mirip..tapi aku lupa judulnya apa.

  10. Padti kl di gedung bioskop nontonnya duduk jd gak tenang, gerasa gerusu gitu, hehehe… Au suruh cucu catet nama filmnya, biar kalo diputar di BXC bunda minta diajak nonton sama anak.

  11. Aku suka film model begini, selalu penasaran dengan endingnya.
    Jadi pengin tau nih kisah Sehmat Khan ini jalannya bagaimana ya, antara menyelamatkan penyamarannya dan perasaannya pribadi pada Iqbal dan keluarganya.

Thankyuuu sobat telah berkunjung di blog Ainhy Edelweiss. Silahkan meninggalkan jejak di kolom komentar yah, xoxo

Back To Top
error: Content is protected !!