Mengenal Ekosistem Digital blu dan Kelebihannya

Ekosistem digital blu

Menjadi ibu rumah tangga tidak hanya memiliki kewajiban mendidik anak-anak, akan tetapi kita dituntut bisa mengatur keuangan dengan lebih baik. Dan setelah menikah, saya pun merasakan hal tersebut. Iya selain bisa mendidik anak-anak, penting mengelola keuangan agar bisa mencapai tujuan berkeluarga.

Sebisa mungkin urusan pengeluaran harus diminimalisir alias tidak boros. Karena itu saya membutuhkan media yang bisa memberikan kemudahan dalam mengatur urusan keuangan.

Beruntung disaat seperti ini saya mengenal aplikasi blu melalui sosial media. Perlu diketahui bahwa ekosistem digital blu adalah cardless, cashless, dan seamless dalam melakukan transaksi dan mengatur keuangan. Untuk itu, saya ingin berbagi dengan sobat Ainhy mengenai pengalaman menggunakan aplikasi blu by BCA Digital.

Yuk Kenal Lebih Dekat Tentang Ekosistem Digital blu

Ekosistem digital blu

Baru dengar aplikasi blu by BCA Digital? Sebenarnya apa sih aplikasi blu dan bedanya dengan BCA Digital dan BCA, sabar yah saya jelaskan satu per satu.

Jadi, blu adalah aplikasi mobile banking dari BCA Digital yang didesain dan dikembangkan untuk memberikan kemudahan dalam melakukan transaksi melalui handphone.

Bank BCA merupakan bank konvensional yang memiliki kantor cabang, sementara BCA Digital adalah bank digital tanpa kantor cabang atau brancless. Nah sudah jelas kan perbedaannya?

Mengapa Harus aplikasi blu?

Aplikasi blu merupakan terobosan terbaru dari BCA Digital yang sesuai dengan gaya hidup anak muda jaman sekarang. Platform perbankan generasi selanjutnya ini memudahkan dalam mengatur keuangan. Meski saya seorang ibu rumah tangga yang juga merangkap sebagai blogger, aplikasi ini sesuai dengan apa yang saya butuhkan berdasarkan gaya hidup saat ini.

Selain itu, blu adalah next-generation bank yang menyediakan perangkat bagi setiap penggunanya untuk bisa mengontrol keuangan dengan lebih baik, bebas, serta mudah dalam mencapai tujuan. Aplikasi blu juga berusaha memenuhi kebutuhan finansial nasabah melalui ekosistem digital blu yang saling terhubung.

Kabar baik untuk pengguna blu by BCA Digital karena terintegrasi dengan infrastruktur BCA, sehingga nasabah blu bisa melakukan tarik/setor tunai gratis di semua ATM BCA di Indonesia.

Cara Menggunakan Aplikasi blu by BCA Digital

Tidak sulit membuka rekening melalui aplikasi blu, hanya butuh beberapa menit dengan koneksi jaringan yang lancar, maka dalam waktu yang singkat kamu sudah bisa menikmati layanan ekosistem digital blu. Caranya:

1. Download Aplikasi blu

download aplikasi blu

Aplikasi blu bisa didownload baik pengguna android maupun iOS. Jika kamu bukan nasabah bank BCA, tenang kamu tetap bisa mendaftar.

Untuk pengguna Android, download aplikasi di Play Store melalui link https://play.google.com/store/apps/details?id=com.bcadigital.blu

Sedangkan untuk pengguna iOS, download aplikasi di App Store melalui link https://apps.apple.com/id/app/blu-by-bca-digital/id1550237185

2. Isi Data yang Diperlukan

Saat membuka rekening di aplikasi blu, kamu tidak perlu datang ke kantong cabang, karena memang aplikasi blu by BCA Digital tidak memiliki kantor cabang, tapi tenang semua proses dilakukan secara online melalui handphone.

Setelah selesai mendownload, isi data yang diperlukan. Kamu hanya perlu menyiapkan E-KTP dan nomor handphone. Jika kamu adalah nasabah BCA silakan pilih opsi nasabah BCA, tapi jika belum, kamu bisa pilih bukan nasabah BCA.

Setelah data terkonfirmasi, kamu tinggal menghubungi tim haloblu melalui aplikasi blu. Hanya sekitar dua menit setelah berbicara dengan tim haloblu, maka rekening kamu akan diproses 1×24 jam.

3. Yeay! Selamat Kamu Telah Memiliki Rekening di aplikasi blu.

aplikasi blu by BCA Digital

Begitu data telah diproses, maka akan muncul notifikasi di aplikasi bahwa kamu telah memiliki rekening. Iyup, semudah itu kan. Kini kamu bisa menikmati manfaat fitur dan layanan aplikasi blu by BCA Digital.

Review Aplikasi blu

Aplikasi blu ini memang terbilang sangat baru karena rilis pada tanggal 17 Juni 2021. Sebagai ibu milenial, saya tidak mau ketinggalan untuk tidak mencoba aplikasi ini. Ternyata ekosistem aplikasi blu tidak serumit yang saya bayangkan. Karena setelah menggunakannya kurang lebih dua minggu, saya benar-benar bisa mengatur keuangan rumah tangga lebih mudah. Berikut ulasan review jujur aplikasi blu a la Ainhy Edelweiss.

Review Jujur Aplikasi blu #1: Alasan Menggunakan blu

Sedari awal tujuan saya menggunakan aplikasi blu adalah untuk mengatur urusan keuangan rumah tangga secara lebih mudah. Tidak perlu bolak-balik ke Bank, transaksi lebih mudah, mau bayar ini itu gampang, dan tidak perlu pusing memetakan tabungan. Untungnya aplikasi blu memiliki beragam fitur yang bisa dimanfaatkan, seperti:

– bluAccount

Fitur aplikasi blu by BCA Digital

bluAccount adalah rekening utama yang dimiliki setelah sukses menjadi nasabah blu. bluAccount akan menjadi rekening aktif untuk melakukan berbagai macam transaksi.

Fitur inilah yang paling saya suka karena rekening yang kita miliki bisa digunakan berbagai macam transaksi. Bisa setor dari Online Banking, ATM Prima, ATM Bersama, Transfer, bayar/beli (pulsa, paket data, dan lainnya), Top Up E-money GoPay dan Ovo, bayar pakai QR, serta tarik tunai.

Kan saya penasaran nih menggunakan bluAccount, jadi saya coba pakai untuk transaksi top up E-Money GoPay, prosesnya sangat lancar dong dan bebas biaya admin begitupula dengan transaksi lainnya.

– bluSaving

Sebagai ibu rumah tangga dan juga blogger, tentu saya memiliki perencanaan masa depan untuk keluarga khususnya pendidikan anak-anak dan impian memiliki rumah sendiri. Fitur bluSaving ini bisa menjadi alternatif bagi saya dalam mewujudkan harapan tersebut.

bluSaving adalah pemisahan tabungan dalam satu rekening yang bisa diatur. Disini kamu bisa bikin 10 tabungan sekaligus yang masing-masing bisa di set budget, tujuan, dan durasi menabung.

Jadi untuk mengeposkan penghasilan itu sangat mudah karena bisa autodebit yang pastinya membantu kita konsisten dalam menabung.

– bluGether

Review aplikasi blu dan Keunggulan aplikasi blu by BCA Digital

Jujur nih bicara soal keuangan, suami tentunya tulang punggung keluarga yang paling utama memberikan nafkah. Tapi, saya tidak mau hanya berdiam di rumah dong tanpa membantu suami dalam hal ekonomi, berbekal skill blogging sehingga bisa dapat cuan, saya dan suami patungan. Iya kami patungan jika memiliki perencanaan bersama seperti rencana liburan,perayaan momen berharga, dan lainnya.

Sebelumnya, saya dan suami biasanya patungan secara manual. Tapi sekarang tidak lagi karena ada fitur bluGether dimana fitur ini bisa digunakan untuk patungan.

Sebagai contoh rekening single account saya gunakan sebagai rekening bendahara lalu menjadikan suami sebagai member. Dengan begitu saat ada patungan bisa lebih transparan. Tentu saja fitur ini sangat cocok bagi ibu-ibu yang suka mengadakan arisan atau kegiatan bersama.

– bluDeposit

Saat punya dana yang cukup, sayang jika hanya disimpan begitu saja. Saya tentu lebih memilih melakukan deposit karena merupakan salah satu passive income terbaik. Nah aplikasi blu memiliki fitur bluDeposit yang sangat mudah diakses. Kita tidak perlu ke Bank untuk mengurus deposito, cukup mengaturnya melalui aplikasi blu.

Fitur-fitur di atas adalah bagian dari ekosistem digital blu yang memberikan kenyamanan dalam mengatur keuangan. Bagaimana sudah tertarik menggunakannya? Eh ini belum selesai loh, masih ada ulasan menarik lainnya. Simak terus yah.

Review Jujur Aplikasi blu #2: Selalu Berinovasi

Sebagai ibu rumah tangga yang hidup di era milenial, tentu saya membutuhkan inovasi yang bisa memberikan kemudahan. Aplikasi blu by BCA Digital ini meskipun baru rilis bulan Juni lalu, akan terus berinovasi dalam memberikan kenyaman serta kemudahan terhadap pelanggannya. Contohnya nih dimasa pandemi, inovasi aplikasi blu yang cardless, cashless, seamless dan worry less, sangat sesuai dengan kebutuhan saat ini.

Its blu Day Mulai Langkahmu

Tidak lengkap rasanya tanpa mengikuti grand launching aplikasi blu by BCA Digital. Akhirnya tanggal 22 Juli kemarin, saya menyempatkan diri mengikuti grand launching aplikasi blu dengan tema “Its blu Day Mulai Langkahmu”. Grand launching tersebut berlangsung seru dan informatif. Saya menyimak hingga akhir dan menyimpulkan beberapa informasi penting.

Bibli Menjadi Bagian dari Ekosistem Digital blu

Sebagai buibu yang suka belanja online, tentu menjadi angin segar bagi saya karena Blibli menjadi executive partner pertama dari blu. Jadi makin gampang belanja di Blibli menggunakan aplikasi blu.

Berdasarkan informasi dari CEO sekaligus Co-Founder Blibli, buat kamu yang membuka akun di Blibli sebesar Rp. 500.000 akan mendapatkan cashback 100%. Selain itu, Blibli juga memberikan promosi khusus kepada pelanggan terutama dalam menyambut ulang tahun Blibli yang ke-10. Sebagai hunter diskon, jangan ketinggalan manfaatin promonya yah.

blu Peduli Lingkungan

Saya cukup terkejut dengan adanya program #blubuatbaik saat menghadiri grand Launching blu. Program #blubuatbaik adalah kegiatan yang berupa ajakan kepada seluruh nasabah blu agar ikut serta menjaga lingkungan dari ancaman sampah plastik.

Jadi tidak hanya berkomitmen memberikan layanan finansial, blu juga berkomitmen memberikan yang terbaik terhadap lingkungan dan sosial. Dalam hal ini, blu berkolaborasi dengan Kitabisa.com dan Greeneration Foundation melalui langkah kecil inisiatif program Ecoranger di Banyuwangi.

Kabar baiknya sebagai nasabah blu tahun ini akan otomatis bergabung dalam inisiatif #blubuatbaik. Kenapa bisa? Karena setiap rekening yang dibuka tahun ini di blu menyumbang Rp. 1000 untuk mendukung program #blubuatbaik. Menarik bukan?

Btw, Setelah membaca review aplikasi blu di atas bagaimana nih apa kamu tertarik menggunakan aplikasi blu by BCA Digital?

Bagi kamu yang ingin menikmati kemudahan mengatur keuangan, langsung download aplikasi blu yah di Play Store atau Store App, karena sayang banget jika tidak dimanfaatkan sekarang juga.

Artikel Menarik Lainnya

64 Komentar

  1. Aku lagi belajar banget soal keuangan ini dan beruntung karena teknologi sekarang udah makin oke. Contohnya blu ini. Mau bikin tabungan beda pos aja jadi gampang. Satu rekening bisa buat macam-macam

  2. Maria Tanjung Sari

    Terus terang sejak pandemi saya jadi males ke bank mbak untuk mengantri. Untung skrng ada blu ya mbak. Di rumah aja sambil rebahan sudah bisa buka rekening

  3. BCA selalu solutif nih sejak dulu, aku yang baru tahu tentang BCA Digital ini langsung tertarik karena memang poin-poin diatas relate juga dengan keseharian dan aktivitas keuangan rumah tanggaku. Lebih memotivasi juga untuk atur keuangan jadi lebih rapi ya. Cuss mau donlot jadinyaaaa.

  4. Ibu ibu rumah tangga wajih merapat nih. Aplikasi blu keren banget. Bantu kita lebih cermat dan hemat ya. Apalagi banyak fitur-fitur pendukungnya yang gak kalah keren.

  5. Asyiknya, punya rekening tak perlu ke kantor cabang untuk ya rekening. Sangat praktis, ya.

  6. baru tauloh aku. prosesnya lebih simpel dan gak pake ribet ya. apalagi banyak fitur-fitur menarik juga di aplikasi blu ini. aku jadi penasaran deh.

  7. eka fitriani larasati

    Kadang yamg sulit itu setor dari Bank ke e wallet aplikasi seperti gopay, ovo dan linkaja. Di bank ku gak ada pilihan itu kecuali linkaja. Pake blu bisa ya? Auto bikin rekening BCA nih saya, hehe

    1. bku bisa kok kak

  8. Aku yang masih pakai sistem amplop, merasa terpanggil buat instal aplikasi ini. Sepertinya, lebih mudah karena ga pakai simpan2 uang dalam bentuk fisik

  9. Wow, menarik sekali ya ini aplikasinya. Gak cuma bisa buat transaksi perbankan aja. Patut dicoba deh ini! Makasih mbaa, udah review aplikasi ini. Aku belum tau sama sekali tadinya.

  10. Wah, rencananya aku mau buka tabungan BCA mba, tapi sepertinya lebih cocok menggunakan BCA digital ini ya. Lebih gampang kayanya.

  11. BCA ni asyiknya banyak berinovasi ya, bikin hidup nasabahnya jadi lebih mudah terutama urusan keuangan.

  12. sebagai nasabah BCA sejak 2005, dan pengguna m-banking BCA sejak 2018, termudahkan sekali dalam hal transaksi perbankan apapun itu, dan memang aplikasinya user friendly banget. eh sekarang ada blu by BCA Digital, makin keren sih inovasinya

  13. Jadi pengen donlod juga nih, aplikasi blu. Kebetulan pendapatan lainnya selain gaji saya simpennya di rek BCA. Berarti lebih mudah ya mendaftarnya

  14. Semakin inovatif aja nih BCA. Membantu para nasabahnya dengan maksimal. Aplikasi kayak gini harusnya di semua layanan pemerintah juga ya

  15. aku juga udah download blu di iphone,
    desain aplikasinya bagus dan berguna banget buat aku

  16. 1 akun bisa bercabang akun ya di pos pos kan uang nya jd kaya ibu ibu yang nabung per amplop jaman dulu ini versi digital keren

  17. Baru tau BCA launching aplikasi Blu, siapppp mau coba aplikasinya kalo gitu. Tambang memudahkan nasabah ya. Senangnya. hehehe

  18. Jadi nasabah BCA itu menyenangkan mbak apalagi pakai mbangkingnya paling mudah. Nah, blue ini terbaru dan inovasinya keren juga ya mbak.

  19. April Hamsa | Parenting Blogger keluargahamsa.com

    Jadi pengen buka tabungan digital Blu juga mbak. Soalnya mau bikin rekening BCA satu lagi buat keperluan lain msh males ke bank hehe
    Blu ini gampang ya cara bikinnya, gak perlu capek2 ke bank, segalanya bisa dilakukan online. Fitur2nya juga menarik nih utk membantu keuangan kita. TFS

  20. Mantap sekali Blu dari BCA Digital yaa..
    Ada cashback dan diskon hingga 100%? ((sampai aku baca berulang-ulang loo..))
    Ini penting bangetm hehhe…karena di Blibli ada banyak yang bisa dipesan.

  21. Dari kemarin baca banyak review aplikasi blu ini, jadi makin penasaran dan pengen coba install ah..memang perlu banget ya mba buat pengaturan uang biar ga bocor sana sini

  22. Blu pasti sangat bermanfaat bagi nasabahnya termasuk aku. Yang udah make bca sejak muda. Tapi baru tahu blu ini loh mbak. Makasih rekomendasi nya.

  23. Kalau ada bku saving nih emang ngebantu banget biar nggak boros dan bisa menabung buat masa depan. Makasih rekomendasinya ya mba 🙂

  24. Saya baru dengar nih aplikasi blu, sepertinya bermanfaat juga yaa boleh nih nanti saya install juga

  25. Aku belum coba nih padahal sudah pakai BCA dari zaman dulu kala hehe…. Kayaknya asyik nih jadi makin memudahkan ya…

  26. Nurul Fitri Fatkhani

    Senangnya bisa bergabung dengan ekosistem digital blu itu kita juga bisa sekaligus ikut menjaga lingkungan melalui program daur ulang sampah.
    Apalagi ada fitur bluSaving yang bisa memudahkan kita mengatur keuangan ya…

  27. Sebenarnya bukan hanya ibu rumah tangga saja yang harus bisa mengatur keuangan dengan baik. Karena semua orang juga ingin bisa mengatur keuangan dengan baik. Dengan aplikasi blu ini jadi bisa menabung dan mengatur keuangan dengan baik ya.

    1. Yuhuuu aku udah mulai memanfaatkan fitur-fitur blu nih. Semudah itu bikin rekening dan mengelola keuangan. Tak perlu repot ngantre di bank.

  28. Beneran aku baru tahu aplikasi blu by BCA Digital, makin praktis aja ya buka rekening secara digital, menariknya gak ada kantor cabangnya tapi tetep aman karena anak perusahaan BCA. Pantesan baru denger ternyata aplikasinya baru ya mbak, per tanggal 17 Juni 2021

    1. Saya juga baru tau. Langsung tertarik karena ini BCA punya

  29. Pernah ada info teman ga bisa ikut job karena syaratnya harus punya rek BCA. Ga nyambung memang tapi sekarang setelah ada blu anak bungsu BCA alasan ga bisa ikut job karena ga punya rek BCA bisa terhempas kan ya

  30. Aku udah lama banget pakai mbanking BCA & terbaik deh di Indonesia. Pasti Blu bakal jadi produk terbaik juga di kategorinya. Kapan2 mau baca lebih detilnya. Menarik nih

  31. Aplikasi blu by BCA Digital nggak memiliki kartu cabang?.

    Berarti segala sesi pelayanannya dilakukan semuanya secara online dong ya? Asik sekali. Dimanapun saja hanya bermodal smartphone dan koneksi internet, sudah bisa membuka akun di BCA dengan memanfaatkan aplikasi blu ini dong ya.

  32. Asik ya mbak alhamdulillah dengan hadirnya BLU membawa kemudahan tersendiri. Jadi pengen download juga.

  33. Wah ini bisa dipakai para bapak2 kan ya hahaha.
    Knpa aku emak2 yg males instak aplikasi sih hiks.
    Yg rajin malah suamiku dia lebih excited terkait pengaturan keuangan.

    Ehm, bisa dicoba nih aplikasi blu. Mau aku peljari lebih jauh mbak . Tapi akan aku coba tawarin ke suami hehehe …

  34. wah keren nih aplikasiny. APalagi ada blugether itu. Bisa ya nabung atau merencanakana keuangan bersama dengan aman.

  35. Aku juga udah daftar nih kak atiq. Lagi pake fitur blusavingnya jugaaa. Alhamdulillah deh

  36. Shafira-ceritamamah.com

    jadi, meski belum punya akun BCA bisa daftar di blu ini ya Mbak Ainy? keren dong

    1. Iya bisa kok kak

  37. Aplikasi Blu kok bagus banget nih fiturnya. Buibu jadi bisa lebih gampang ya ngatur keuangan, hihi..

  38. Wah baru tau nih ada yg baru dari BCA 😍 aku pengguna setia BCA dari jaman sekolah hihiii mantul deh aplikasinyaa

  39. Cocok banget sama emak-emak yang bingung membagi pos-pos keuangan ya mba. Aku juga pake bluSaving yang memudahkan banget buat menabung.

  40. Wah aplikasi ini sangat memudahkan dan praktis digunakan ya kakak

  41. Buat anak2 pelajar ada fiturnya ga yang relate. Klo ada aku mau download ah..

  42. Nah pandemi skrng memang harusnya semua cahsless ya mba agar minim kontak dengan orang lain. Aku jadi ingin banget download BLu ini

  43. Wow BCA akhirnya pecah telor juga launching Blu. Aku kebetulan nasabah BCA, berarti bisa langsung download dan daftar aja ya mbak?
    Cocok banget emang nih buat generasi cashless yang mager ke ATM.

  44. Aku udah lama jadi nasabahny bank BCA dan baru Tau Ada fitur aplikasi Blu ..mau Tau lbih bnyak nih.. lumayan bngt bisa daftarin lbih dari bbrp tabungan

  45. Ada biaya admin bank tidak ya? Ok juga nih punya tabungan sampai 10.apalagi yang suka borosjadi bisa mengatur keuangan sesuai perencanaan

    1. Bantu balas. Nah, itu istimewanya blu mbak, nggak ada biaya adminnya. Enak banget yaks… idaman banget pokoknya hehe.

  46. Ada yang baru lagi dari BCA ya Mam… Siapa saja bisa menggunakannya ya? Bahkan jika ngga punya tabungan di BCA. Wah, gokil banget ya aplikasi Blu ini

    1. Iya kak siapa aja boleh, asal WNI dan usia di atas 17 tahun serta memiliki KTP

  47. Ibu rumah tangga terbantu banget ya dengan aplikasi perbankan kayak gini. secara banyak fitur yang membantu kerjaan IRT..segalanya jadi mudah..

  48. Sudah install dan registrasi nih, prosesnya cepat, langsung aktif, apalagi top upnya gratis biaya admin. Juga sudah pakai bluSaving, jadi pengin eksplor yang lainnya juga, transaksinya juga mudah, bisa dalam satu aplikasi

    1. Wah sudah pakai aplikasi blu juga yah kak

  49. Baru tahu aku lho kalau bca punya aplikasi sekeren ini. Makasih infonya ya mba

  50. Perempuan banyak yang mengatur keuangan keluarga ya jadi harus tau literasi keuangan dengan baik, termasuk ekosistem digital keuangan. Nah aku juga baru dengan nih aplikasi blu dari BCA Digital. Makin maju ya perkembangan perbankan bisa diakses dari smartphone

  51. Baru kemarin ngomongin cara ngatur tabungan biar gak ribet. Eh, baca blog ini. Hebat nih bisa bikin 10 tabungan sekaligus. Patut dicoba.

    1. Patut banget kak

  52. Sepertinya fiturnya bagus dan bisa dicoba, tapi mau nanya nih mba, ini brarti harus punya rekening BCA nggak ya?

  53. Eh jujur baru tau nih BCA keluarin blu ini. Selama ini suka pake internet banking aja, itu bisa pake blu ya?

    1. Bisa kok kak

  54. Saya baru membaca beberapa review dari blu. Ternyata mudah sekali ya kalau mau buka rekeningnya dan banyak manfaatnya pula.

  55. Wah keren ternyata tidak harus jadi nasabah bank BCA ya, tetapi alangkah lebih bagus jika memiliki rekening di sana. sangat bermanfaat mengurangi pertukaran uang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.