Beranda Resensi Buku

5 Rekomendasi Novel Terbaik Untuk Perempuan

Saat mendengar kata NOVEL apa yang terlintas di benakmu? Sebuah buku yang berisi kisah-kisah fiksi semata? Bagi saya tidak begitu. Membaca novel mampu meningkatkan minat baca seseorang yang sebelumnya kurang atau bahkan tidak menyukai membaca buku. Kisah fiksi dalam novel bukan tidak ada manfaatnya, malah ketika membaca novel yang dibumbui kisah fiksi dan sejarah, akan sangat membantu pembaca memahami suatu peristiwa atau kejadian di masa lampau.

Memasuki hari ke-10 dalam rangka mengikuti tantangan menulis selama tiga puluh hari yang diadakan Blogger Perempuan, membuat saya semakin terpacu untuk menulis, apalagi diberikan tema-tema yang menantang. Dan tema kali ini adalah tentang rekomendasi buku, film atau musik. Karena suka membaca buku, maka saya memilih merekomendasikan buku kepada teman-teman khususnya bagi perempuan. Kelima buku tersebut adalah buku yang pernah saya baca dan sangat merekomendasikan kepada pembaca perempuan. Nah, apa saja kelima buku terbaik untuk perempuan versi Ainhy Edelweiss?

1. My Soul Is A Woman

Jiwaku adalah perempuan, buku terjemahan yang ditulis oleh Annemarie Schimmel berkebangsaan Jerman. Pertama kali mengetahui tentang penulis yaitu saat mendengarkan salah satu audio ceramah di souncloud. Dikatakan bahwa penulis mendedikasikan hidupnya untuk mempelajari Islam karena ketertarikannya sejak kecil. Buku My Soul Is A Woman adalah salah satu karyanya yang terbaik dalam mengintrepretasikan aspek feminim dan spiritual dalam islam. Dan, saat membaca buku tersebut, saya semakin bangga dan bersyukur terlahir sebagai perempuan.

Baca juga: Review Buku: My Soul Is A Woman

2. Perempuan di Titik Nol

Tidak semua perempuan di dunia ini yang mengecap indahnya kehidupan atau paling tidak memiliki pasangan yang betul-betul menghargai seorang perempuan. Sebut saja Firdaus. Seorang tokoh yang ada dalam novel Perempuan di Titik Nol, mendapatkan perlakuan yang tidak adil serta tindak kekerasan dalam rumah tangga, malah dihukum mati di Mesir. Apakah itu sebuah keadilan bagi perempuan? Kisah Firdaus adalah kisah nyata yang ditulis oleh seorang seorang dokter dari Mesir bernama Nawal El-Saadawi. Penasaran seperti apa? silakan dibaca manteman.

Baca juga: Review Buku: Perempuan Di Titik Nol

3. Serial The Greatest Woman 

“Sebaik-baik wanita penghuni Surga adalah Khadijah binti Khuwailid, Fathimah binti Muhammad, Asiyah binti Muzahim istri Fir’aun, dan Maryam binti ‘Imran.” (HR. Ahmad, no. 2668).

Bagi penganut agama Islam, hadis ini sudah tidak asing lagi di dengar, bahwa ada empat wanita terbaik penghuni surga. Mereka adalah Khadijah istri nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam, Fatimah putri nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam, Asiyah istri Firaun dan Maryam ibunda nabi Isa ‘alaihissalam.

Apa yang berbeda dari novel serial the greatest woman yang dituturkan Sibel Eraslan penulis asal Turki tersebut?

Novel yang menceritakan perjalanan keempat perempuan agung tersebut diramu secara epik dan menarik dengan gaya yang sangat khas. Pembaca seolah-olah diajak menjelajahi masa lampau di mana keempat perempuan agung tersebut hidup di masanya. Novel ini menceritakan sisi kesabaran, kehebatan, dan ketakwaan dari seorang perempuan. Membacanya, membuat saya semakin mengagumi dan mensyukuri betapa agungnya  perempuan. Nah, manteman silakan dibaca novel ini rekomended banget loh.

4. UNTOLD “Kisah Lain dari Istri-Istri Nabi”

Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam adalah nabi terakhir dalam keyakinan agama Islam. Tidak hanya diteladani oleh umat Islam tapi juga orang-orang yang non-Islam. Sebagai nabi dan juga teladan, tentu nabi memiliki kehidupan pribadi, bedanya dengan manusia biasa, segala kehidupan nabi adalah teladan bagi umat manusia. Namun, dewasa ini masih ada pahaman di luar sana yang menyempitkan wawasannya sendiri dengan berdalil memperbanyak istri misalnya hanya untuk menghidupkan sunah.

Novel ini secara tidak langsung memberikan gambaran kepada pembaca bahwa untuk berpoligami seperti yang diumbar ustad seleb tidaklah semudah membalikkan telapak tangan. Novel ini mampu memberikan wawasan baru mengenai kehidupan rumah tangga nabi dan mengambil hikmah dari setiap kisah yang ada pada istri-istri beliau.

Baca juga: Review Buku: Kisah Lain dari Istri-Istri Nabi

5. Hajar, Rahasia Hati Sang Ratu Zamzam

Dari awal membaca novel ini hingga selesai, bisa dibilang mata saya bengkak karena menangis saking terharunya membaca kisah Siti Hajar, istri nabi Ibrahim ‘alaihissalam. Lagi-lagi novel ini ditulis oleh Sibel Eraslan. Membaca kisah Hajar, bagi kaum perempuan, akan membuka cakrawala berpikir tentang ketabahan dan perjuangan seorang perempuan. Tidak hanya menceritakan kehidupan pribadi Hajar, namun bagaimana kisah Hajar dan Sarah yang juga istri nabi Ibrahim diramu sangat epik oleh Sibel Eraslan. Ada banyak hal-hal baru yang saya temukan melalui novel ini yang sangat jarang ditemukan di literatur manapun. Sejarah tentang air Zamzam dan Mekkah memberikan saya pengetahuan baru. Penasaran seperti apa novelnya? Silakan dibaca bukunya manteman.

Okay… itu dia rekomendasi 5 novel terbaik untuk perempuan versi saya. Bagaimana dengan kamu? yuk rekomendasikan juga ke saya buku apa aja yang menurutmu bagus, selain buku ada musik dan film. Share di kolom komentar yah.

Thankyuuuu…

 

13 thoughts on “5 Rekomendasi Novel Terbaik Untuk Perempuan

Thankyuuu sobat telah berkunjung di blog Ainhy Edelweiss. Silahkan meninggalkan jejak di kolom komentar yah, xoxo

Back To Top
error: Content is protected !!