Beranda Jalan-Jalan

Fort Rotterdam, Rekomendasi Tempat Wisata Favorit Di Makassar

Jalan-jalan di Makassar, tak seru rasanya kalau tak mengunjungi salah satu tempat bersejarah yang dibangun pada masa kerajaan Gowa-Tallo pada tahun 1545 yaitu Benteng Fort Rotterdam. Dulu, nama asli benteng ini adalah Benteng Ujung Pandang, orang Gowa-Makassar biasa juga menyebutnya benteng Panyyua.

Pintu masuk Benteng Fort Rotterdam

Namun, pada saat kerajaan Gowa-Tallo menandatangi perjanjian Bungayya, yang salah satu pasalnya harus menyerahkan Benteng Ujung Pandang di tangan Belanda, maka nama benteng ini pun berubah menjadi Benteng Fort Rotterdam. Jadilah nama Benteng Fort Rotterdam berlaku hingga saat ini. (Sumber: Wikipedia)

Pertama kali mengunjungi tempat bersejarah ini ketika saat masih mahasiswa. Hidup di Makassar dan meninggalkan kampung halaman, mengharuskan saya beradaptasi dengan lingkungan di Makassar. Tak sulit bagi saya berbaur di kota yang dijuluki kota Daeng ini, karena masyarakatnya sangat ramah.

Selain menuntut ilmu di Makassar, tentu saya tak ketinggalan mengeksplorasi tempat-tempat wisata yang ada di di sini. Benteng Fort Rotterdam adalah salah satu tempat wisata bersejarah yang sering saya kunjungi hampir setiap bulan minimal sekali sebulan. Loh kok bisa sesering itu?

Ada 5 Alasan mengapa Benteng Fort Rotterdam menjadi tempat wisata yang paling sering saya kunjungi

1. Area Fort Rotterdam yang sangat nyaman

Saat memasuki Fort Rotterdam, saya terkesan dengan area Fort Rotterdam yang begitu luas. Selain memiliki area yang luas, tempat ini sangat bersih dan tertata rapi. Kesan arsitektur bangunan Belanda masih melekat di tempat ini. Suasananya yang nyaman dan bersih, mengingatkan saya pada tempat yang pertama kali dikunjungi di Sydney.

2. Hampir setiap weekend diadakan event atau festival

Inilah yang membuat saya sering mengunjungi Fort Rotterdam. Hampir setiap minggunya diadakan event atau festival di tempat ini. Salah satu festival yang sudah langganan melakukan event di tempat ini adalah MIWF (Makassar International Writer Festival), MIWF ini merupakan salah satu festival terbesar yang diadakan di Makassar, di mana MIWF menghadirkan penulis pilihan seluruh Indonesia dan Mancanegara. Selain itu, banyak komunitas khususnya komunitas Baca Buku datang di tempat ini setiap weekend untuk mengajak pengunjung membaca buku.

3. Tempatnya instagrammable

Fort Rotterdam telah melakukan beberapa kali pembaruan demi menjaga kelestarian tempat bersejarah ini. Selain memiliki daya tarik bagi pengunjung luar, tempat ini sangat populer di kalangan anak milenal. Bagaimana tidak, banyak yang mengunjungi Fort Rotterdam hanya ingin mengabadikan momen-moment penting. Salah satu yang menjadi daya tarik Fort Rotterdam adalah tempatnya yang instagrammable. Ada banyak spot yang menarik dijadikan tempat berfoto. Salah satunya taman yang ada di belakang gedung Fort Rotterdam. Di taman ini pulalah, saya dan teman-teman biasa mengabadikan momen sambil berfoto-foto.

4. Tempatnya belajar Bahasa Inggris gratis

Loh kok bisa? yah bisa dong. Selama hampir dua tahun, saya belajar bahasa Inggris setiap hari minggunya di tempat ini. Tak hanya menikmati tempat bersejarah di Fort Rotterdam dan mengikuti event atau festival, kita juga bisa belajar bahasa Inggris gratis di tempat ini.

Ada dua komunitas bahasa Inggris yang mengadakan pertemuan setiap hari minggu. Pioneer dan BPEC (Benteng English Pannyukki Club). Namun, saya memilih BPEC, karena Pioner pesertanya lebih banyak anak-anak. Sedang BPEC, terbuka untuk umum dan pesertanya lebih banyak kaum muda-mudi.

5. Terdapat museum bersejarah

Mengunjungi Fort Rotterdam tak lengkap rasanya tanpa mendatangi salah satu museum bersejarah yang pertama kali berdiri di Sulawesi Selatan. Di museum ini, pengunjung bisa memperkaya pengetahuan sejarah tentang kerajaan Sulawesi Selatan, tentang peningalan sejarah dan lainnya.

Nah sobat, sudahkah berkunjung di tempat ini? bagi kamu yang merencanakan liburan ke Sulawesi Selatan khususnya Makassar, Benteng Fort Rotterdam menjadi salah satu rekomendasi tempat wisata favorit loh. Tak perlu khawatir soal transportasi khususnya pengunjung yang berasal dari luar Sulawesi Selatan, kamu bisa menggunakan bus Sugeng Rahayu sebagai salah satu trasportasi terbaikmu bersama keluarga.

52 thoughts on “Fort Rotterdam, Rekomendasi Tempat Wisata Favorit Di Makassar

  1. Benteng ini juga tempat pengasingan Pangeran Diponegoro mbak ya ?? Pingin banget bisa jalan ke Makassar. Ortu saya sudah pernah ke Makassar, dan ke Benteng Rotterdam juga. Ternyata juga sering ada event di sana ya. Asyik banget mbak. Semoga lah tiket pesawat cepat turun, dan rezeki saya main ke Makassar 🙂

  2. Teringat pelajaran sekolah dulu yg masih sedikit sehingga pelajaran sejarah hapal, seperti perjanjian Bungayya itu. Tapi enaknya sekarang bisa melihat foto2 tempat tersebut melalui blog karena buku pelajaran jaman dulu minim visual.

  3. Wah keren banget sampai ada komunitas untuk belajar bahasa Inggris gratis. Jadi ada kegiatan positif di hari Minggu baik untuk anak-anak atau peserta lainnya.
    Ini masih kelihatan kokoh ya bangunannya padahal Fort Rotterdam dibangun dari 1545 ya. Jadi penasaran . Semoga ada kesempatan untuk mengunjungi Fort Rotterdam satu hari nanti:)

  4. Aku pernah ke sini, cuma sekejab, foto-foto sebentar, itupun gak explore lebih dalam. padahal cantik banget ya tempatnya. Oia, pas ke sana, panaaaas banget hahaha, berasa matahari deket banget di atas kepala.

  5. Kalau ke rotterdam ndak cukup kalau hanya sekedar mampir yah kak, soalnya banyak hal yang sangat menarik disana yang buat kita selalu . Selalu stay di Makassar tapi jarangka juga kesini gang padahl rinduka mau kesana lagi.

  6. Nda ada cerita mistisnyaa hahaha Tertarik ka sebenarnya ada yang bahas mistis-mistisnya ini Rotterdam. Trus, eh iya ada cafe samping rotterdam yang kopinya enak namanya kopi teori.

  7. terakhir ke sini pas tahun lalu bawa tamu dari kantor yang katanya penasaran lihat benteng yang direkatkan dengan putih telur. Tempatnya instagramble, dan saran buat yang ke sini mending pakai sepatu teplek karena area ini juga sangat luas.

  8. Tidak salah lagi jika Fort Rotterdam dikatakan sebagai destinasi wajib kunjung. Bagi pecinta wisata heritage disinilah tempatnya.

    Bangunan tua hasil peninggalan kolonial ini menjadi daya tarik bagi para wisatawan yang juga berminat menyusuri pantai losari karena tempat yang berdekatan. Ya….

  9. Tempat bersejarah yang dimanfaatkan hal baik oleh komunitas ya, mba. Aku tertarik ikutan belajar bahasa inggris. Free lagi, mba. Jarang komunitas yang seperti ini. Semoga bisa ke sana.

  10. Bagus ya pengelolaannya. Cagar budaya yang terurus dengan baik dan difungsikan untuk wisata edukasi dan sejarah. Perlu dicontoh ama daerah2 lain nih. Kayak di ngawi tuh juga ada benteng, tapi ya gitu deh kayak nggak terlalu terurus. Sayang jadinya, padahal potensial bgt buat wisata edukasi gitu.

  11. buat saya ini public space terakhir di kota Makassar
    tempat terakhir di mana kita bisa datang, menikmati suasana dengan bebas dan tanpa bayar.

    Makassar butuh lebih banyak tempat seperti ini sebenarnya, jangan hanya mall saja yang diperbanyak

    1. iye kak di, sekarang mah malah banyak mall bertebaran, semoga lbh diperhatikan lagi publik space, saya juga merasa di Fort Rotterdam harusnya diperbaiki lagi karena ada beberapa yang retak temboknya

  12. Kalau ke rotterdam ini banyak banget aktifitas bisa dilakukan ya
    sesuai apa yang aini paparkan di blog ini
    banyak juga yang datang pacaran HAHAHAHHAHAHA
    atau gak ya pefotoan, prewedding atau cuma sekedar hunting

  13. Pernah ke pelabuhan Ujung Pandang tahun 1983, saat pertama kali merantau pakai KM Kambuna.

    Juga pernah belajar benten Fort Rotterdam zaman sekolah dulu, namun belum pernah ke sini euy.

    Semoga suatu hari nanti bisa ke sini sambil belajar bahasa Inggris juga 🙂

  14. Dulu waktu masih menjabat duta museum *cah ~ selalu berkunjung kesini sama anak2 dumus yang lainnya 🙂 ah jadi kangen jg ya, but dr dulu sampai akhir tempat ini ga pernah berubah sama sekali

  15. Saya belum pernah masuk museumnya ini. Biasanya saya ke sini kalau ada event menarik, atau kalau bikin kopdar atau piknik dengan teman-teman komunitas. Bisa betah duduk-duduk cerita di tamannya sampai waktunya tutup, hehe.

Thankyuuu sobat telah berkunjung di blog Ainhy Edelweiss. Silahkan meninggalkan jejak di kolom komentar yah, xoxo

Back To Top
error: Content is protected !!