Aktivitasku Beranda

Ngobrol Publik Makassar with Semua Murid Semua Guru

Aloha sobat,

Sudah pada tahu yah Semua Murid Semua Guru (SMSG) itu apa? Apakah semua perkumpulan murid-murid atau guru-guru?

Yang penasaran tentang SMSG bisa nonton video ini

Kalau saya sih tahu SMSG itu dari youtube, channelnya tentu saja membahas tentang pendidikan dan hal-hal positifnya. Apalagi inisiator SMSG adalah mba Najelaa Shihab, siapa yang nggak kenal inspiring woman yang satu ini sih? hehehe. 

Selain ngefans sama Najwa Shihab, saya juga ngefans sama Najelaa Shihab. Salut deh mereka memanfaatkan sosial media untuk menyebarkan energi positif.

Hari sabtu kemarin tepatnya tanggal 02 Februari adalah free day bagi saya. Nggak nulis dulu, stop blog walking dulu, yah intinya me time-lah.

Tapi, saat mengecek pesan yang masuk di whatsupp, saya diingatkan bahwa pukul 02.00 pm, Ngobrol Publik Makassar akan berlangsung. Saya memutar kembali ingatan, kapan saya daftar di acara ini… dan setelah saya ingat, memang pernah mendaftar sebelumnya, tapi lupa tulis di bullet journal.

@Akbermks Akademisi Berbagi Makassar

Free day is free day, tapi mupeng banget dengan kegiatannya. Apalagi guess star-nya adalah Najelaa Shihab.

Tanpa berpikir lama, saya pun bersiap-siap menuju lokasi tepatnya di Rumata’ Art Space. Ini pertama kalinya menginjakkan kaki di Rumahta’ Art Space, padahal sejak jaman masih kuliah, sering banget diadakan kegiatan seni di seni.

Tak butuh waktu lama untuk sampai di lokasi, karena jaraknya yang cukup dekat dengan tempat tinggal. Setiba di lokasi, saya pun melakukan registrasi. Saat melihat sekeliling, sudah banyak peserta yang berdatangan. Tadinya saya mikir jika ruangannya seperti di hotel gitu, ternyata kita duduk lesehan. Not bad, malah lebih friendly dan berasa di rumah sendiri.

Baca juga: [Kelas Blogging] Cakap Kamisan: Serunya Kegiatan Penutup Bulan Januari

Tak ada teman ataupun kenalan di sana, akhirnya saya berinisiatif mencari teman baru hahaha. Setelah kenalan dengan beberapa peserta, ternyata saya bertemu dengan teman sosial media saya. Kami pernah chat-chat beberapa kali di instagram. Dia juga peserta yang sangat antusias mengikuti kegiatan ini. Teman saya itu adalah penggagas Perpustakaan Bandae di Bone.

Dan saya baru sadar, jika kegiatan ini pesertanya rata-rata pegiat komunitas.

Kegiatan Ngobrol Publik Makassar diselenggakaran oleh @AkberMksr, kegiatan ini berkolaborasi dengan jaringan Semua Murid Semua Guru dengan tema Inovasi Menghadapi Menghadapi Gawat Darurat Pendidikan. Juga berkolaborasi dengan beberapa komunitas seperti Kata Kerja, KITA Bhinneka dan SobatLemina. 

Special guess di kegiatan ini adalah Najelaa Shihab, belau adalah inisiator Semua Murid Semua Guru.

Di kegiatan ini, sebenarnya mengajak kita untuk memikirkan solusi atas problem-problem di dunia pendidikan dengan memberdayakan komunitas yang ada agar bisa bersinergi menghadapi gawat darurat pendidikan.

By the way, saya nggak begitu mencatat materi yang ada di kegiatan ini, karena memang lebih ke bincang-bincang publik. Yang bisa saya ambil menjadi sebuah pelajaran dan pesan dari kegiatan ini adalah menjadi pegiat komunitas serta berjejaring di SMSG itu sangat penting, karena dengan berkolaborasi, tentu langkah kita melebar mewujudkan visi dan misi komunitas.

Bagi sobat yang memiliki komunitas dan belum masuk dalam jejaring Semua Murid Semua Guru, sobat bisa mereferensikan komunitasnya.

Silakan nonton video keseruan Ngobrol Publik Makassar di bawah ini sobat.

“Ngobrol itu penting, jangan diem aja”

37 thoughts on “Ngobrol Publik Makassar with Semua Murid Semua Guru

  1. Memajukan komunitas memang tidak mudah apalagi semakin banyak anggota.

    Tidak sekedar ajang kumpul tapi ini bisa jadi ajang silahturahmi dan belajar lebih banyak untuk mengembangkan karir serta bakat

  2. Lucu yaa…videonya.
    Semua Guru Semua Murid.

    Aku setuju banget nih…
    Rakyat Indonesia memiliki peran yang sama. Tidak ada yang lebih penting atau kurang penting, karena semua peran begitu berarti untuk membangun Indonesia agar lebih maju dan kreatif.

  3. Acara ngobrol publik tentang pendidikan seperti ini harus sering dilakukan.. agar masyarakat semakin tercerahkan tentang dunia pendidikan.. pendidikan itu tak sekedar di sekolah saja, tapi juga rumah dan lingkungan tempat tinggal.. semoga acara ngobrol publik ini menjadi ajang silaturrahmi yang mendidik ya

  4. Keren ya kegiatannya. Saya jadi ingat kelas yang kami bikin dulu. Mottonya; guru siapa saja, murid siapa saja, kelas di mana saja, makan apa saja.
    Hahaha

    By the way, yang benar Rumata Art Space, bukan Rumahta Art Space

  5. kira-kira apa manfaat yang didapatkan oleh komunitas yang berjejaring di SMSG ini?
    oh iya, nama tempatnya bukan Rumahta, tapi Rumata Art Space

  6. Baru tahu ada SMSG ini. Kupikir td salah baca MSG hahaha…Kegiatannta bagus nih, jadi makin banyak yg peduli sama dunia pendidikan. Semoga aja bisa terus berkembang dan bisa memberikan dampak positif yg lebih banyambuat masyarakat.

  7. Sekarang makin beragam komunitas yang ada. Saya dulu taunya komunitas yang rame itu cuma seputar olahraga seperti fans club sepak bola. Sekarang makin bnyk pilihan u komunitas yg positif

  8. saya baru tabu ada komunitas ini setelah baca artikel ini, SMSG keren bisa menjadi wadah murid dan guru untuk saling membuka diri dan berbenah apa apa yang perlu diperbaiki apa apa yang perlu ditambahkan dan lebih di asah lagi, suksess pokoknya untuk SMSG.. ya kaks

  9. Wah jd kegiatan ini semacam sharing antar komunitas gtu ya?
    Setuju mbak, berjejaring itu penting. Supaya bisa menginisiasi kegiatan bersama. Soalnya biasanya suatu kegiatan akan lbh sukses kalau dilakukan bersama2.

  10. Baru tau ada komunitas Semua murid semua guru seperti ini. Memang lewat acara komunitas seperti ini kita bisa ketemu teman-teman baru dan bertukar pikiran juga

  11. Setuju, dengan menjadi penggiat komunitas dan berjejaring secara luas, kita tentu dengan mudah bisa mewujudkan visi dan misi komunitas. Selain itu, tentunya kita bisa lebih bermanfaat bagi orang lain

Thankyuuu sobat telah berkunjung di blog Ainhy Edelweiss. Silahkan meninggalkan jejak di kolom komentar yah, xoxo

Back To Top
error: Content is protected !!