Artikel Beranda

Siapa Bilang Ibu Rumah Tangga Tidak Bisa Berinvestasi?

Ibu Rumah Tangga dan Akseleran

Menyandang status “ibu rumah tangga” tidaklah mudah. Ada segudang tanggung jawab yang dimiliki seperti mengurus rumah tangga, suami dan anak. Tak jarang banyak perempuan yang rela mengorbankan keinginan pribadinya atau cita-cita demi keluarga.

Saat ini, masih saja ada paradigma yang melekat dalam benak sebagian masyarakat bahwa menjadi ibu rumah tangga tidak bisa lagi melakukan banyak hal termasuk berkarir dan mandiri. Tak heran ada juga sebagian perempuan yang masih beranggapan jika menjadi ibu rumah tangga segala aktivitas menjadi sangat terbatas sehingga kemampuan atau skill tidak bisa lagi dikembangkan.

Namun, anggapan atau paradigma tersebut sebenarnya bentuk dari sikap pesimisme akan peluang dan kemudahan menjadi mandiri di era milenial saat ini.

Di era saat ini bahkan seorang ibu rumah tangga pun bisa mendapatkan penghasilan tanpa harus membagi waktu bersama anak dan keluarga apalagi sampai meninggalkan anak seharian juga tak perlu ijazah dengan status pendidikan yang tinggi. Ibu rumah tangga meski hanya di rumah juga bisa mandiri.

Seiring berkembangnya teknologi dan informasi ada banyak hal yang bisa dimanfaatkan untuk dijadikan peluang usaha oleh ibu rumah tangga seperti membuka bisnis secara online atau menjadi reseller dengan memanfaatkan sosial media dan lain sebagainya.

Selain itu, ibu rumah tangga juga bisa melakukan investasi. Sayangnya, ada beberapa yang masih beranggapan bahkan ragu apakah seorang ibu rumah tangga bisa melakukan investasi. Hal ini dikarenakan paradigma yang lagi-lagi masih melekat dalam benak sebagian orang. Bahwa Berinvestasi hanya dilakukan kaum pria, membutuhkan modal dan strategi serta memiliki proses yang rumit.

Itu dulu, sebelum bermunculan kemudahan melakukan investasi. Kabar baiknya, saat ini melakukan investasi sudah bisa dilakukan oleh semua kalangan bahkan ibu rumah tangga sekalipun. Berinvestasi tak harus memiliki modal yang banyak apalagi melalui proses yang rumit, namun hadirnya media platform Peer to Peer Lending seperti Akseleran memberikan kemudahan bagi siapa saja yang ingin Berinvestasi.

Apa itu Akseleran? 

Di usia kehamilan yang semakin tua, jujur saja membuat saya gelisah memikirkan masa depan anak. Ingin bekerja namun menjadi ibu rumah tangga yang minim pengalaman dan skill tidaklah mudah. Ada harapan ingin melakukan investasi tanpa harus memiliki modal yang banyak. Beruntungnya di saat seperti itu saya menemukan sebuah platform khusus investasi yang memberikan kemudahan kepada siapa saja tanpa melalui proses yang rumit yaitu Akseleran.

  1. Akseleran Keuangan Inklusif Indonesia atau biasa dikenal dengan nama Akseleran memiliki website www.akseleran.co.id Berdiri pada tanggal 2 Oktober 2017 sebagai perusahaan rintisan (startup) Fintech Peer to Peer (P2P) Lending yang sudah resmi berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Akseleran juga sudah dapat diakses melalui Aplikasi Mobile baik dari Google Play Store (Android) maupun dari Apple App Store (iOS).

Selain sudah berizin dan diawasi oleh OJK, Akseleran pun sudah tersertifikasi oleh ISO27001 Full Scope dan dalam operasionalnya sangat menitikberatkan terhadap perlindungan kepada konsumen. Fokus penyaluran pinjaman usaha produktif yang dikembangkan oleh Akseleran berbasiskan agunan Invoice Financing dan Pra Invoice Financing dan di tahun ini menargetkan dapat menyalurkan pinjaman usaha sebesar Rp2 triliun kepada lebih dari 2.000 pinjaman (borrower) dengan meraih 200.000 pemberi dana pinjaman (lender) di seluruh Indonesia.

Mengenal Investasi dan Peer To Peer (P2P) Lending 

Investasi adalah adalah penanaman aset atau dana yang dilakukan oleh sebuah perusahaan atau perorangan untuk jangka waktu tertentu demi memperoleh imbal balik yang lebih besar di masa depan. Sederhananya, investasi adalah salah satu cara dalam mengembangkan jumlah uang atau harta yang dimiliki saat ini. Orang yang berinvestasi akan memperoleh dana lebih dari keuntungan di masa depan untuk mencapai tujuan tertentu seperti membangun rumah, menyekolahkan anggota keluarga, atau membuka usaha.

Sementara P2P Lending  adalah praktik atau metode memberikan pinjaman uang kepada individu/bisnis dan juga sebaliknya; mengajukan pinjaman untuk keperluan individu/bisnis.

Pada intinya, P2P Lending yaitu menghubungkan antara pemberi pinjaman (pendana/investor) dengan peminjam secara online. P2P Lending memungkinkan setiap orang untuk memberikan pinjaman atau mengajukan pinjaman yang satu dengan yang lain untuk berbagai kepentingan tanpa menggunakan jasa dari lembaga keuangan yang sah sebagai perantara dan proses yang rumit.

Dengan begitu, ibu rumah tangga dapat melakukan investasi pendanaan meski hanya di rumah dengan memanfaatkan platform P2P Lending seperti Akseleran dengan tujuan tertentu.

Mengapa Memilih Akseleran? 

Seperti yang sudah saya sebutkan di atas bahwa Akseleran adalah platform P2P Lending yang sudah mendapatkan izin usaha final dan diawasi oleh OJK sehingga tak perlu lagi khawatir untuk melakukan investasi.

Selain dapat diakses melalui websitenya, Akseleran juga dapat diakses melalui Aplikasi yang dapat didownload di Google Play Store (Android) atau Apple App Store (iOS). Persyaratan untuk menanam modal atau berinvestasi dan mengajukan pinjaman tidaklah rumit.

Di Akseleran, untuk pemilik dana (pendana/lender) dapat mengembangkan dananya mulai dari Rp100.000 dengan rata-rata keuntungan atau imbal hasil hingga 21% per tahun. Sedangkan dari sisi peminjam (pelaku usaha/borrower) berpotensi untuk memperoleh pinjaman usaha melalui Akseleran minimal sebesar Rp75 juta atau Rp150 juta jika di luar wilayah Jabodetabek dan maksimal sebesar Rp2 miliar.

Apa Keuntungannya Bagi Ibu Rumah Tangga?

Sebagai ibu rumah tangga tentu ini menjadi peluang untuk mendapatkan penghasilan tanpa harus menguras tenaga, pikiran dan waktu. Meski hanya di rumah, seorang ibu rumah tangga dapat menginvestasikan dana yang dimiliki dengan maksud mendapatkan keuntungan di masa depan apalagi jika punya tujuan seperti ingin membeli rumah, pendidikan anak dan lain-lainnya.

Jumlah dana investasi yang dilakukan pun tidaklah sulit mulai dari Rp100.000 dengan imbal hasil hingga sebesar 21% per tahun.

Bagaimana Cara Berinvestasi di Akseleran? 
  • Proses Awal Registrasi 

Download Aplikasi Akseleran di AppStore atau di PlayStore

❏ Buka Aplikasinya, baca info singkatnya, kemudian KLIK Daftar

Masukkan Email dan password, kemudian centang persetujuan kebijakan privasi dan selesaikan dua langkah verifikasi

Alseleran

❏ Diminta masukkan kode promo/kode referral: Jangan lupa masukkan AKSLNURAENI306163 (untuk dapat free saldo Rp100 ribu) >>> ada notifikasi singkat “selamat Anda mendapatkan saldo promo…”

❏ Verifikasi Akun kamu: Email dan Nomor Handphone pastikan yang aktif

❏ Masuk ke inbox Email yang terdaftar, lalu klik tautan link yang dikirimkan Akseleran

❏ Untuk verifikasi nomor handphone, jangan lupa nomornya harus aktif dan Akseleran akan mengirimkan OTP ke nomor kamu

❏ Pilih preferensi sebagai Lender

❏ Pilih tipe perorangan

  • Tahap Pengisian Data Diri

❏ Siapkan KTP

❏ Siapkan NPWP (jika tidak ada maka contreng tidak ada)

❏ Siapkan Nomor rekening bank pribadi yang valid sesuai buku tabungan (harus atas nama yang bersangkutan)

❏ Proses e-KYC: Tanda tangan perjanjian keanggotaan (PrivyId) >>> Ikuti sesuai yang Diminta kan di aplikasi

❏ Terima notifikasi ke inbox email yang dimasukkan

❏ Jika sudah dapat notifikasi 100% maka dinyatakan semua proses registrasi dan pengisian diri BERHASIL

  • Tahap Investasikan Saldo 100 Ribu 

❏ Masuk atau login lagi ke akun Akseleran yang bersangkutan

❏ Pilih pinjaman mana yang mau diinvestasikan dengan saldo 100 ribu tersebut (yang belum terkumpul 100%)

❏ Klik BERI PINJAMAN

Akseleran

Jangan lupa masukkan kode referral AKSLNURAENI306163 untuk mendapatkan saldo Rp100.000 yah.

❏ Untuk saldo promo Rp100.000 dan bunganya baru bisa ditarik (tombol Tarik Dana/Withdrawal) begitu masa tenor pinjaman UKM/Borrower berakhir (akan masuk terlebih dahulu ke akun Akseleran yang bersangkutan)

Mudah kan moms melakukan investasi pendanaan? Yukss segera lakukan investasi pendanaan sejak dini agar bisa mendapatkan keuntungan di masa yang mendatang. Jangan lupa gunakan kode referral AKSLNURAENI306163 untuk mendapatkan saldo Rp100.000 yang langsung bisa diinvestasikan di Akseleran. Masa berlaku saldo promo selama seminggu yah.

53 thoughts on “Siapa Bilang Ibu Rumah Tangga Tidak Bisa Berinvestasi?

  1. Bener banget Mba. Jaman sekarang yang serba canggih dan mudaj. Nggak ada alasan lagi gerak ihu rumaj tangga itu terbatas. Buktinya yang suka nulis bisa jadi hobi menjadi blogger profesional dan menghasilkan dan bisa berinvestasi juga contohnya dengan akseleran ini ya. Mba udah ikut berapa akseleran ini? Dan udah keliatan untungnya belum mba?

  2. Kalau keluargaku, yang mikirin investasi malah aku, suami tahunya kerja saja, jadi aku putar otak buat nyimpen di masa datang, semoga cukup untuk pendidikan bocah-bocah..

  3. IRT zaman now sih udah banyak yg melek investasi ya. Aku soalnya sering baca atau lihat ada event bertajuk finansial yg menyentuh tema ini. Cuma memang prakteknya yg banyak godaan. Tunjuk hidung sendiri

  4. Sebagai ibu rumah tangga, kita juga mesti melek investasi demi masa depan yang lebih baik. Alalagi saat ini sudah ada akseleran yang memudahkan kita untuk berinvestasi. Bisa langsung dapat saldo pula. Senengnya …

  5. Modal 100.000 dalam setahun bisa kembali 21%? Menggiurkan sih sebenarnya. Ini keuntungannya lebih tinggi dibanding suku bunga bank.

  6. Investasi itu penting bangeetttt dan harus dimulai sedini mungkin. WALAU BEGITU, harus diimbangi dengan kemampuan analisis yang tinggi kalau pengen high return. Nggak boleh sembarangan pilih instrumen karena nanti bisa ngerugiin diri sendiri kalau cuma ikut2an dan asal2an.

  7. Gampang banget ya cara berinvestasinya. Apalagi jumlah yang dibutuhkan sebagai langkah awal tidak banyak, cukup 100 ribu rupiah saja. Pasti akan memudahkan para ibu yang ingin berinvestasi namun tak perlu repot kesana-kemari, udah ada Akseleran kan.

  8. Berinvestasi tuk masa depan,memang memggiurkan ya mba. Apalagi untuk saldo awalnya hanya Rp.100.000,- dan persyaratannya juga mudah tidak dipersulit.
    Tapi kalau aku, jika ingin berinvestasi juga harus cek n ricek dulu jangan sampai tertipu investasi bodong.

  9. Menurut saya malah IRT harus bisa berinvestasi. Kalau dulu, IRT mengatur uang sebijak mungkin supaya uang belanja gak habis semua. Paling gak ada sedikit yang bisa ditabung. Sekarang malah banyak pilihan investasi

  10. hmm menarik deh, aku kepoin dulu ah Akseleran ini, barangkali aku bisa jadi salah satu investor hehehe makasih ya infonya mbak 🙂

  11. Duh aku nih masih susah untuk berinvestasi. Tabungan aja gak stabil. Kudu mulai maksain nih untuk bisa berinvestasi. Baca lebih jauh tentang Akseleran ahhh

Thankyuuu sobat telah berkunjung di blog Ainhy Edelweiss. Silahkan meninggalkan jejak di kolom komentar yah, xoxo

Back To Top
error: Content is protected !!