Artikel Beranda

Musim Penghujan Tiba? Yuk Kenali Ciri Demam Berdarah

Assalamu ‘alaikum sobat Ainhy…

Gimana nih cuaca di daerah tempat tinggalnya? Sebentar lagi bulan ramadhan di penghujung bulan April, dibulan yang sama pula musim penghujan telah tiba.

Saat musim penghujan tiba maka DBD atau Deman Berdarah Dengue ramai dibicarakan. Pasalnya, penyakit ini mudah didapat saat musim penghujan

DBD mampu dikenali berdasarkan ciri yang muncul. Akan tetapi, ciri penyakit ini umumnya sering diabaikan karena dianggap merupakan bagian ataupun tanda dari adanya penyakit lain. Padahal jika diketahui maka DBD ialah salah satu jenis penyakit yang tentunya tidak pantas diabaikan serta harus segera mendapat penanganan medis yang tepat. Demam berdarah ialah penyakit menular yang diakibatkan oleh virus dengue, yang umumnya dibawa oleh nyamuk.

Oleh sebab itu, cirinyapun pun mampu disalahartikan dengan berbagai tanda dari penyakit lain, terdapat pula banyak sekali kasus demam berdarah yang berakhir fatal karena terlambat dideteksi dan ditangani. Ciri demam berdarah atau yang biasa disebut DBD dapat muncul sekitar empat sampai sepuluh hari setelah mendapat gigitan dari nyamuk Aedes Aegypti dan Aedes Albopictus. Namun ciri pada anak-anak yang sebelumnya belum pernah terinfeksi, ciri demam berdarah yang dialami mampu lebih parah dibandingkan orang dewasa pada umumnya.

Lalu apa sajakah ciri demam berdarah pada fase awal yang timbul pada manusia?

kenali ciri demam berdarah
Sumber Gambar: Hello Sehat
  1. Demam tinggi secara mendadak

Demam dapat sering terjadi karena faktor dari banyak penyakit. Akan tetapi, pada ciri  demam berdarah maka demam yang terjadi secara mendadak serta banyak orang yang tidak mengetahui perbedaannya dengan demam biasa yang tidak disebabkan oleh DBD. Perbedaan yang mecolok antara gejala demam berdarah dengan ciri demam lainnya adalah demam DBD mampu mencapai angka 40 derajat Celsius. Demam yang terjadi akibat terkena flu maupun infeksi dari virus atau bakteri juga biasanya disertai dengan gejala bersin atau batuk, namun gejala demam pada penyakit demam berdarah tidak demikian. Demam pada penyakit demam berdarah yang ada bisa terjadi selama dua hingga tujuh hari.

  1. Munculnya gejala sakit kepala

Selama beberapa jam apabila telah selesai mengalami demam maka akan muncul ciri selanjutnya yaitu berupa timbulnya sakit kepala yang parah. Hal-hal biasanya, rasa sakit umumnya terjadi pada area sekitar dahi. Sakit kepala parah pun mampu disertai dengan adanya sakit kepala pada bagian belakang mata yang merupakan ciri umum yang sering terjadi pada orang kebanyakan.

  1. Timbul pula nyeri otot

Setelah adanya ciri demam terjadi, pengidap demam berdarah akan merasakan nyeri pada bagian otot serta persendian. Gejala ini juga biasanya disertai pula dengan ciri tubuh yang menggigil serta berkeringat.

  1. Mual maupun muntah

Ciri demam berdarah ini mampu muncul pada beberapa orang, masalah pencernaan yang timbul akibat penyakit ini diantaranya ialah mual maupun muntah. Gejala khas lain yang timbul ialah pada bagian perut ataupun punggung terasa tidak nyaman, gejala terkait masalah pencernaan mampu terjadi selama dua hingga empat hari.

  1. Mengalami kelelahan

Ciri demam disertai nyeri otot persendian serta masalah pencernaan yang terjadi pada pengidap DBD mampu menurunkan nafsu makan. Tentunya menyebabkan tubuh menjadi kelelahan, diakibatkan kurangnya asupan makanan hingga sistem kekebalan tubuh dari penderita atau pasien yang melemah.

Tidak terdapat adanya obat khusus dalam merawat dan mengobati demam berdarah. Namun, pengobatan demam berdarah mampu ditangani dengan cara mengelola untuk menurunkan gejala yang ada. Oleh karena itu, begitu penting dalam memperhatikan gejala yang berlangsung. Contohnya seperti pencegahan dehidrasi karena tentu saja adanya ciri demam berdarah diantaranya demam maupun muntah yang tinggi akan mendehidrasi tubuh. Oleh karena itu disarankan banyak mengonsumsi air putih.

Nah sobat Ainhy itu dia ciri demam berdarah yang dapat dikenali, semoga kita semua bisa terhidar dari DBD terutama saat musim penghujan. Amin…

60 thoughts on “Musim Penghujan Tiba? Yuk Kenali Ciri Demam Berdarah

  1. Lagi musim DBD juga nih ditempatku, mulai bersih2 lagi ditingkatkan..
    Semoga kita dijauhkan dari segala penyakit yaaa..

  2. demiam berdarah ini ssatu dari sekian banyak penyakit yang cukup berbahaya dan sedikit terlupakan karena semua orag tertuju ke virus covid-19 ini yaa, semoga kita dijauhkan dari segala penyakit, amiiin

  3. Biasanya salah diagnosa ya antara DB atau tipes saat melihat gejala yang tampak gini. Hampir sama soalnya gejala yang tampak. Yang bikin beda palingan munculnya bintik merah di tubuh. Itu pun pada beberapa orang ya tidak muncul.

  4. ini juga yang mengkhawatirkan ya mba ditengah musim corona ini, demam berdarah juga lagi menghantui nih, thanks ya artikelnya jadi lebih tau ciri-ciri dan gejalanya

  5. aduh, gak enak kalo udh kena dbd apalago ditengah pandemi kayak gini ya mba.. makin ngeri dan harus pinter2 jaga kesehatan..

  6. Baca ini aku jadi ingat anakku yang kecil positif DBD, sedih banget rasanya 🙁
    Pokoknya sangat terlihat kalau demam dan ga aktivitas seoerti biasa berarti ada yang aneh. Soalnya kalau demam biasa dia masih tetap bisa beraktivitas.

    Dulu anakku cepat naik trombositnya karena dibantu minum teh angkak

  7. Salah satu penyakit yang harus dihindari di musim hujan nih, kalau anak2 yg terkena ini agak susah mengenali gejalanya karena mereka susah untuk mengutarakan sakit apa yang dirasakan

  8. Semoga wabah virus dan demam berdarah ini segera berakhir ya.
    DBD ini kalau telat ketahuannya, resikonya sangat berbahaya untuk anak-anak ya, trombosit langsung drop. Informasi ini membantu mengetahui gejala awal yg bisa diwaspadai untuk antisipasi.
    Semoga kita semua selalu dalam lindungan kesehatan.

  9. DBD ini meski udah ada obatnya, tapi tetep tingkat kematiannya tinggi juga ya. Mungkin karena telat penanganannya juga ya. Seperti yg dijelaskan di atas gejala2nya yg mirip dengan penyakit lain.
    Tahun ini infonya masuk KLB juga yaa DBD ini 🙁

  10. Nyeri otot itu bener banget, aku pernah merasakan nih, Aku pikir kecapean habis beres-beres seharian. Alhamdulillah yg satu rumah gak kena kayanya kena di luar rumah waktu itu. Yang kasihan temenku satu rumah kena semua, harus dibasmi nyamuknya yg di dalam rumah ya

  11. Kita kalah update terkait informasi mengenai DBD tertimpa oleh berita Corona. Padahal korban karena DBD juga tidak sedikit ya. Semoga semua wabah ini segera berakhir…

  12. Tulisan ini mengingatkan kita semua bahwa ditengah pandemi seperti sekarang ini ada juga penyakit yang mengamcam nyawa kita yaitu dbd, semoga kita semua semakin paham dan belajar lagi bagaimana mengenali penyakit dbd dan tahu bagaimana cara mencegahnya

  13. Tinggal di Indonesia yang iklimnya tropis memang sungguh menantang yaa..
    Termasuk kalau si nyamuk mulai beranak-pinak dan mencari mangsa.

    Semoga sehatsehat terus Ainhy Dan keluarga.

    1. Beberapa kali merawat keluarga yang terkena DB,
      Khawatir banget…apalagi pas hari ke 4, demam mulai turun, padahal itu fase kritis.
      Pokoknya kalau uda mulai ga doyan makan dan minum, cepetan periksa darah deeh…

  14. Iya nih… selain covid, DBD juga lagi merebak nih. Aku sih trauma banget karena aebelah rumah tuh kebun. Jadi banyak banget nyamuknya. Harus bener2 dijaga nih daya tahan tubuhnya.

  15. Aku sedih bacanya hiks. Kebayang yang di RS itu bebannya nambah udah karena pasien corona, juga karena ada pasien DB dan penyakit lainnya ya mbak.
    Makanya nih yang ada anak kecil, di musim kyk sekarang kudu usaha keras jaga kebersihan rumah biar gak ada nyamuk.

  16. Moga sehat semuanya ya
    Ngomongin dbd, anak aku pernah dbd. Shock bgt. Jadi abis pergi entah di rmh kita atau rmh uti nyamuknya.
    Sedih demam tinggi trus sempet turun panasnya. Abis itu naik lg

  17. Iya nih tambah khawatir pulaa..
    disekitar rumah udah ada yang kena.
    Jadi kudu ekstra beres2 dan bersih2 rumah.

    Semoga sehat selalu ya Mbaa dan sehat buat kita semua

  18. Jadi inget waktu 2 anakku sakit DBD secara bersamaan. Dirawat bareng. Alhamdulillah lekas pulih dan bisa pulang dalam keadaan sehat. Agak trauma ingat ponakan yg meninggal umur 5 th krn DBD :'(

  19. Jadi inget beberapa tahun lalu saya mengalami tanda-tanda seperti itu, tapi karna kurangnya pengetahuan jadi sama sekali gak ngeh kalo itu tanda-tanda DBD. Jadi saya tahan aja sakitnya di kost, sambil dirawat teman. Alhamdulillah akhirnya ketahuan di hari ke-3 setelah dipaksa periksa.

  20. Kemarin saat anakku dioperasi, dua anak teman sekamarnya itu dirawat karena DB.
    Aku selalu ngingetin ke anak-anak, di tengah pandemi gini, kita harus tetap perhatiin kebersihan rumah dan segalanya, biar nggak terserang DB. Khawatir banget, orang sibuk ngurusin covid-19, lupa dengan yang selalu terjadi tiap tahun.

  21. Ditengah pandemi jangan sampai kita abai ya dengan penyakit mematikan lainnya yaitu demam berdarah, dengan mengenali ciri demam berdarap diharapkan agar lebih awal mendapatkan pertolongan medis ya mbak dan semoga kita semua terhindar dari demam berdarah

  22. Baru saja nih kejadian anak SMP di Semarang meninggal karena shock saat DB, salah diagnosis dikira tipes, nangis baca beritanya di grup..sediiih….

  23. 3 hari ini lg deg2an bgt krn anakku yg ke dua
    Panas demam, rham, badannya nyeri, ada mual jg.
    Gejalanga kayak DBD sih…
    Cm mencoba ttp tenang.
    Diminumin paracetamol…
    Sari kurma angkak..
    Buah..
    Kelapa ijo…
    Apa aja deh…
    Asal ga usah ke RS…
    Alhamdulilah hari ini udah turun panasnya
    Anaknya nurut Diminumin apa aja masih mau
    Asal ga ke RS katanya.

  24. Di musim penghujan, memang sangat rentan terserang DBD
    Aku jadi ingat saudara ku yang pernah menderita demam berdarah setidaknya harus diopname sampai seminggu
    Memang tidak bisa diabaikan, dan ketika menyadari sudah ada gejala akan lebih baik segera berobat

  25. Iya nih, musim dbd lagi ya… Semoga kita semua sehat selalu ya, terhindar dari dbd, covid 19, dan virus jahat lainnya…

  26. Ciri-ciri inilah yang saya rasakan ketika terkena DBD beberap waktu silam. Saya yang gak pernah tahu gimana rasanya juga gak nyangka aja kalau itu DBD. Pas udah di rumah sakit eh trombosit udah turun banget karena udah hampir enggak sadar juga. huhuhu
    Alhamdulillah Allah masih beri sehat sampai sekarang, penting sekali nih tahu informasi seperti ini mbak

Thankyuuu sobat telah berkunjung di blog Ainhy Edelweiss. Silahkan meninggalkan jejak di kolom komentar yah, xoxo

Back To Top
error: Content is protected !!