Artikel Beranda Review Film

5 Reasons Why Film Kingdom Make Me Fall In Love

Aloha sobat,

Are you drama Korea lover? if yes, i recommend this film, but hey hold on, this is not romantic drama korea, but this film is about history combine with thriller or horror.

Aduhhh bahasa Inggris saya rasanya belepotan hahaha. Tadi, niatnya mau nulis dalam bahasa Inggris, tapi jangan dulu deh, entar maksud yang ingin disampaikan tafsirannya menjadi lain, karena bahasa Inggrisnya masih cupu’.

Saya bukan pecinta drama Korea, tapi nggak bisa dimungkiri kalau film-film Korea kualitasnya bagus. Ada beberapa alasan mengapa saya nggak suka menonton drama Korea. Pertama, episodenya terlalu banyak. Saya kan nggak sabaran kalau nonton, jadi nggak cocok nonton drama yang episodenya banyak, kalaupun nonton, biasanya film itu sangat menarik menurut saya. Kedua, drama Korea bagi saya bisa mengacaukan dunia realita saya. Kenapa? drama Korea tuh rata-rata romantis, asli bikin baper, greget kalau nonton, pas di dunia nyata, duh! nggak gitu amat kali, karena kisah cintaku tak seindah drama My Love From The Star hahaha.

Setelah beberapa purnama berlalu, pada akhirnya, ada juga film drama Korea yang membuat saya jatuh hati.

Sudah pada nonton film Kingdom nggak? kalau belum, ini dia beberapa alasan mengapa film ini jadi rekomendasi tontonan mengasyikkan akhir pekanmu, dan juga film drama Korea pertama yang sukses membuat saya jatuh hati tahun ini.

1. Aksi laga tokoh pendukung yang justru menarik perhatian

Film Kingdom Korea
Credit Picture: idntimes.com

Tahu nggak sobat, kalau nonton film pasti yang membuat saya kepincut adalah tokoh misteriusnya, sekalipun bukan sebagai tokoh utama dalam film tersebut. Salah satu tokoh misterius yang sukses merebut perhatian saya saat nonton film ini adalah Kim Sungkyu. Berperan sebagai Young-shin, pria misterius dengan keahlian bela diri dan menembak yang luar biasa.

Awal episode film Kingdom, Young-shin hanya muncul sebagai rakyat rendahan (karena film ini menceritakan tentang kerajaan Korea di masa lalu, maka ada pembagian kasta sosial) bersama dengan warga miskin lainnya yang sedang diobati oleh Seo Bi diperankan oleh Bae Doo Na. Namun pertengahan hingga akhir episode, karakter Young-shin sebagai tokoh pendukung semakin kuat. Meski identitasnya belum diungkap secara keseluruhan hingga akhir episode, peran Young-shin lebih memberikan kesan kepada penonton Kingdom.

Baca juga: Bioscopewala: Perjalanan Manusia Bioskop

Review Film Kingdom, aksi Kim Sungkyu
Karakternya yang cuek, misterius, penyelamat, duhh bikin greget 😂

Young-shin tampil dengan adegan yang membuat penonton selalu penasaran sekaligus mendebarkan. Bagaimana tidak, tokoh yang satu ini selalu saja lolos dari kejaran zombie yang mematikan. Beberapa kali pula, ia menyelamatkan tokoh-tokoh utama lainnya.

Selain aksi laganya yang memukau, tokoh Young-shin yang diperankan Kim Sungkyu ternyata cakep loh hahah, padahal di setiap episode penampilannya selalu terlihat kumuh dan lusuh.

2. Nonton Kingdom, serasa dikejar zombie beneran.

Zombie dalam film Kingdom
Jangan pernah bayangin karakter perempuan yang digigit banyak zombie itu kamu!

Jika dibandingkan dengan film Walking Dead versi barat, bagi saya cerita zombie dalam film Kingdom jauh lebih terasa nyata dan seolah bukan bualan.

Dalam logika dan dunia nyata, emang ada zombie? nggak ada kan. Tapi, cerita zombie di film Kingdom jauh lebih ‘masuk akal’ ketimbang film zombie lainnya. Jika di film Walking Dead, kemunculan zombie-nya nggak jelas dari mana, awalnnya bagaimana, penyelesainnya bagaimana, hingga saya sudah nonton sampai season 6, masih juga clue atau teori asal usul zombienya nggak memuaskan terkecuali saya yang kurang menyimak film ini. Meski begitu, bukan berarti Walking Dead nggak seru dinonton.

Baca juga: Just A Breath Away

Zombie dalam film Kingdom
Ini bukan gaya kayangan loh, tapi zombie yang sedang bangkit siap memangsa!

Lain halnya cerita zombie di film Kingdom. Kemunculan zombie bermula dari wabah yang disebabkan oleh tumbuhan. Yang oleh pemeran Soe Bi memberikan clue penyebab menjangkitnya wabah tersebut. Cukup masuk akal dengan teori munculnya zombie dalam film Kongdom.

Bermula dari tanaman misterius yang bisa membangkitkan orang mati. Namun kemudian, tanaman itu diminum oleh sang raja yang hendak dibangkitkan akibat kehausan kekuasaan orang terdekatnya sendiri. Hingga plot di episode 6 tentang cerita zombie yang bisa muncul di siang hari semakin membuat saya penasaran. Can’t wait for the next season.

3. Pesan moral tentang kepemimpinan

Dalam dunia politik, kekuasaan terkadang menjadi momok yang menakutkan bagi sebagian orang sekaligus menguntungkan bagi segelintir orang. Film Kingdom selain menceritakan zombie, juga memiliki alur kisah kerajaan Korea di masa lampau. Di mana bangsa tersebut dipimpin oleh seorang raja. Namun, jika raja tersebut meninggal, maka keturunannyalah yang menjadi pewaris takhta.

Inilah konflik utama dalam film Kingdom, di mana putra mahkota yang seharusnya menggantikan ayahnya menjadi raja, justru berusaha direbut oleh menterinya sendiri. By the way, pemeran antagonisnya adalah Ryu Seung Ryong berperan sebagai Jo Hak Joo, seorang menteri kerajaan yang berusaha melengserkan putra mahkota pewaris kerajaan. Duh, aktingnya pure banget.

Pemeran FILM Kingdom

Dari sisi konflik ini, kita bisa melihat realitasnya di kehidupan kita. Di mana kekuasaan terkadang membuat sseorang menghalalkan segala cara.

Namun, tokoh utama yang berperan sebagai putra mahkota kerajaan, tentu saja tampil sebagai pemimpin yang adil dan berbeda dari penguasa lainnya.  Dari film ini, ada banyak pesan moral tentang kepemimpinan yang bisa dijadikan refleksi diri.

4. Jumlah episode yang tidak banyak

I’ve told you gaess that i don’t like to watch movie that have many episodes. Film Kingdom sepertinya memiliki beberapa season. Ini terbukti ketika ending episode season pertama masih banyak misteri yang belum terungkapkan. Namun, yang membuat saya jatuh hati, karena season pertama memiliki jumlah episode yang jauh lebih sedikit dibandingkan seri drama Korea lainnya. So, penonton yang cepat bosan, atau hanya memiliki sedikit waktu senggang, nonton film ini nggak akan mengecewakan.

Tapi, jika saja season 2 film Kingdom muncul dengan lebih banyak episode, nggak apa-apa deh, sudah terlanjur jatuh hati hahaha.

Baca juga: Belajar Pantang Menyerah dari Boruto 

5. Nggak ada drama cinta-cintaan

Ini nih yang saya suka. Lain halnya dengan film drama Korea lainnya di mana kisah cintanya menjadi daya tarik dan sedikit lebay, justru nggak ada dalam film Kingdom. Awalnya saya mengira pemeran Soe Bi akan dipasangkan dengan putra mahkota, yang awalnya sebagai tabib lalu kemudian menjalin hubungan dengan putra mahkota. No way! buang jauh-jauh imajinasi liarmu dulu Marimar. Di season pertama belum ada kisah cinta-cintaan. Inilah yang membuat penonton bisa fokus dengan cerita zombie dan kerjaaan dalam film Kingdom. Tapi, untuk season dua saya belum tahu sih.

Nah, itu dia sedikit curcolan mengenai film Kingdom yang menemani akhir pekan saya. Jadi yang masih single, ketimbang galau karena kejombloannya yang belum berakhir entah kapan, sepertinya film ini cukup menghibur kamu seperti diriku hahahha.


Review film Kingdom Korea
Credit Picture: terasjakarta.id

Detail Fim Kingdom

Judul: Kingdom

Genre: Drama, History

Episodes: 6 (enam)

Sutradara: Kim Sung-Hoon

Penulis naskah: Kim Eun-Hee dan Yang Kyung-ll

Stasiun channel: Netflix

Negara: Korea

Release: 25 Januari 2019 

30 thoughts on “5 Reasons Why Film Kingdom Make Me Fall In Love

  1. Aku lanjut nih bacanya, tapi jangan yg horor2 banget ya, macam Oh My Ghost aja romantis hantunya hahaha.
    Aku belum pernah nonton drakor yang bener2 horor, sukanya yang gak deg2an aja deh.
    Oh jadi Film Kingdonm ceritanya tentang zombie ya. Seperti film kerajaan umumnya ya ada perebutan tahta.

  2. Korea oh drakor, udah lama ga nonton drama korea. Jadi referensi yg bagus buat nonton nih. Apalagi ada cowok korea yg cool dan cuek dan ga ada drama cinta beda banget sama drakor umumnya 🙂

  3. Waktu jaman kuliah dulu suka banget nonton drakor. Dalam sehari saja bisa habiskan waktu hanya untuk nonton drakor berjam-jam lamanya ckckc😅 tapi sekarang apalagi semenjak punya baby udah nggak pernah lagi nonton drakor. Soalnya kalau nonton sekali saja bisa ketagihan lagi , hahaha

  4. Pengin nonton jadinya, tp kalau endingnya masih penuh misteri dan ada season selanjutnya kayaknya skip dulu aja deh. Daripada ntar penasaran mulu hehehe…btw mgomongin the walking dead itu series emang seru sih.tapi klau kelamaan ya mls juga sih.

  5. Kayaknya seru nih ya kalau ada thriler ama horror-horrornya juga. Aku juga kurang suka drakor tapi itu sih lebih ke nggak ada waktu aja untuk nontonnya. Dan, aku takut aja kalau udah nonton, jadi ketagihan. Kan, gawat tuh. 😀

  6. Oww… jadi intinya Kingdom ini tentang perebutan kekuasaan yaaa.. Emang sih ya, kekuasaan dan harta itu bisa bikin silap mata. Seperti halnya sang menteri yang ada di kisah ini. Berusaha merebut kekuasaan dari putra mahkota.

  7. Iyesss setiap film memiliki cara untuk menyampaikan value masing-masing kepada penonton.. dan film yang sukses adalah film yang dapat menyampaikan banyak value kepada penontonnya tanpa harus menggurui secara formal.. ditunggu review film selanjutnya ya mba.. aku sukaaa

  8. Tapi aku pengennya nonton kisah cintanya Ferguzo hahaha. Yaaaa jd disuruh fokus nonton Zombie ya di film ini wkkwkwk. Aku jd penasaran pengen nonton sendiri mbak 😀

  9. Aku pencinta Korea dan aku juga gak suka drama romantis wkwkwkwkwkwk sebenernya banyak kok mba yang gak ada romantis2 nya tapi bangus2 dramanya, tapi kalo gak mau banyak ep ya film lebih enak sih .. coba liat trap drama movie juga 7ep soal genrenya trailer bagus juga itu film mikir, atau coba nonton sky castle drama sih ini tapi plot twist keren banget

Thankyuuu sobat telah berkunjung di blog Ainhy Edelweiss. Silahkan meninggalkan jejak di kolom komentar yah, xoxo

Back To Top
error: Content is protected !!