Warning: file_get_contents(http://ipinfo.io/100.24.209.47): failed to open stream: HTTP request failed! HTTP/1.0 429 Too Many Requests in /home/ainc4129/public_html/wp-content/plugins/nm-visitors/nm-visitors.php on line 97
7 Keunggulan Kerja Freelance Yang Perlu Kamu Ketahui - Ainhy Edelweiss
Artikel Beranda

7 Keunggulan Kerja Freelance Yang Perlu Kamu Ketahui

Bagaimana rasanya kerja freelance? Pertanyaan itu sering kali dilontarkan oleh teman-teman yang penasaran dengan profesi yang saat ini sedang digeluti.

Orang yang memilih kerja freelance disebut sebagai freelancer. Freelancer adalah orang yang bekerja untuk satu perusahaan atau lebih maupun pada perorangan tanpa perjanjian jangka panjang yang mengikat, tanpa ikatan kerja yang ketat. (sumber: jurnalweb.com)

Kalau dalam bahasa saya sih, freelancer itu kerja suka-suka gue dengan tetap bertanggung jawab terhadap pekerjaan yang sedang diambil tanpa harus terikat dengan waktu dan tempat.

Sudah menjadi dilema umum bagi mahasiswa yang ingin menambah penghasilan jika sulit mendapatkan pekerjaan mengingat banyaknya persyaratan yag harus dipenuhi, belum lagi ketika sudah sarjana. Persaingan mendapatkan pekerjaan semakin meningkat dari tahun ke tahun.

Kerja Freelance adalah solusi jitu mengatasi dilema tersebut. Secara pribadi, saya pun pernah mengalami dilema soal pekerjaan. Beruntunglah saya memanfaatkan sosial media untuk mendapatkan pekerjaan sebagai freelancer.

Dan faktanya, kerja freelance memiliki banyak keunggulan yan perlu sobat ketahui.

7 Keunggulan Kerja Freelance
Credit Picture: Pinterest

1. Mendapatkan Penghasilan Tambahan

Jika sobat sudah memiliki pekerjaan utama, maka menambah pekerjaan demi mendapatkan penghasilan tambahan juga mengasyikkan. Salah satu keunggulan kerja freelance adalah menambah penghasilan. Karena, tidak mengganggu pekerjaan utama. Dapat dikerjakan kapan pun dan di manapun.

2. Ajang Aktualisasi Diri

Setelah memutuskan menjadi blogger full time, banyak sekali hal-hal baru yang saya dapatkan. Terutama mengasah kemampuan diri. Saat menjadi freelancer, kita betul-betul merasa tertantang untuk mengaktualisasikan diri.

Misalnya saja ketika memilih menjadi freelancer di bidang visual editing. Di sini, kita bisa mengaktualisasikan kemampuan diri tanpa batasan. Kita juga merasa tertantang untuk terus mengupgrade pengetahuan agar bisa menjaga kualitas keahlian yang dimiliki.

3. Latihan Wirausaha

Berwirausaha itu tidak hanya berupa barang melainkan juga jasa. Yah ketika kita memilih kerja freelance, sebetulnya kita sedang menawarkan jasa kepada target marketing kita.

Hal tersebut menuntut kita untuk mengetahui ilmu dasar tentang kewirausahaan. Bagaimana kemampuan kita sebagai freelancer dilirik oleh perusahaan maupun agency.

4. Waktu Kerja Fleksibel

Ada tipe orang yang mampu bekerja di bawah tekanan pun sebaliknya. Saya pribadi berada di kelompok kerja yang tidak bisa bekerja di bawah tekanan. Ada beberapa faktor yang menjadi alasannya. Salah satunya, saya ingin memiliki waktu yang lebih luang untuk mengikuti seminar/event atau kegiatan positif lainnya.

Freelancer memiliki waktu yang lebih fleksibel. Karena, kerja freelance tidak memiliki aturan kerja yang ketat dan tidak terikat oleh waktu.

Kapan pun dan di manapun, freelancer bisa menentukan jam kerja dan tempat kerjanya.

5. Bekerja Sesuai Hobi dan Skill

“Pekerjaan yang menyenangkan adalah hobi yang menyenangkan.” Pepatah itu benar adanya. Bahwa, saat kita bekerja sesuai dengan hobi, maka pekerjaan itu tak pernah membuat kita mengeluh.

Kerja freelance adalah tentang kesesuaian hobi dan skill yang dimiliki. Jadi, semakin kita mampu mengasah skill dan hobi, maka kemampuan kerja sebagai freelancer semakin terasah.

6. Jadi Bos Untuk Diri Sendiri

“Seberapa tinggi pangkat yang dimiliki jika masih bekerja di tempat orang lain, Anda tetaplah bawahan.” Kalimat ini mungkin menyinggung kita, tapi faktanya memang apa adanya. Sebagai freelancer, kita tak memiliki atasan yang menyuruh-nyuruh kita seenak jidat si bos. Namun, kita sendirilah yang menjadi bos untuk diri sendiri. Dengan demikian, penting bagi freelancer untuk mendisiplinkan diri sendiri.

7. Tersedia Banyak Pekerjaan Untuk Freelancer di Internet

Jika ingin sukses tak ada yang se-instan memasak Indomie sobat! Begitupun ketika menjadi freelancer. Diperlukan kesabaran untuk mendapatkan job yang cocok dengan skill yang dimiliki. Namun, jangan khawatir. Di era digital saat ini, banyak sekali tawaran pekerjaan yang ditawarkan melalui internet bagi freelancer. Bahkan sudah banyak platform khusus yang mempertemukan freelancer dan client.

Di mana ada keunggulan di situ ada kelemahan. Bener nggak? Iyap, karena tak ada yang sempurna di dunia ini selain kesempurnaan itu sendiri, ngomong apa sih. Begitupun kerja freelance, juga memiliki beberapa kelemahan. Namun, pilihan ada di tangan sobat. Jika mampu menjalani profesi ini, why not!

22 thoughts on “7 Keunggulan Kerja Freelance Yang Perlu Kamu Ketahui

  1. Sepakaat bangeet, asiknya jadi freelancer emang mengerjakan hobi yg dibayar, pun waktunyaa flexible. tfs yaa mbaak 🙂 salam kenal ~

  2. Kalau saya kak ainy, pekerjaan yang paling menyenangkan adalah hobi yang menghasilkan. Karena kalau sudah hobi pastinya menyenangkan plus dibayar ketika mengerjakan hobi tersebut, happy kan? Apapun pekerjaannya yang penting halal dan semoga berkah kak 😊

  3. Lima tahun jadi freelancer, rasanya memang menyenangkan. Bisa mengatur waktu sendiri, santai, tapi yaaa nda dapat THR kalau hari raya hahaha.

    Sakit juga nda dapat pengganti pengobatan dari kantor.

  4. Pengen banget jadi freelancer ngerjain sesuatu yang disuka, tapi dalam tahap yang gatau saya tuh suka apa pfffttt…
    Padahal enak banget ya waktunya fleksibel, kerja suka suka waktunya yang penting istiqomah

  5. selain berbagai kelebihan menjadi freelancer yang disebutkan di atas ada juga kelemahannya. salah satunya adalah tidak ada jaminan pemasukan setiap bulannya. belum lagi kalau sakit kita hanya bisa mengandalkan tabungan, itu pun kalau kita bisa menabung

  6. Halo Mba Ainhy, salam kenal 😀
    Setelah hampir 4 tahun kerja kantoran, sekarang saya menjadi freelancer. Memang sebenarnya lebih sulit karena ketidakpastian pendapatan, dan setuju, menjadi freelance tidak semudah yang dipikirkan orang-orang. Dibutuhkan komitmen serta disiplin. Tapi semua kelebihan yang Mbak tulis memang benar sekali. Apalagi fleksibilitas waktu, karena sekarang semakin terasa waktu itu terasa mahal. Kalau jadi freelancer lebih bisa menyisihkan waktu untuk keluarga serta sosialisasi. Tambahan kelebihannya menurut saya adalah kebebasan serta kesempatan untuk memilih dan menolak pekerjaan sesuai kemauan kita.

  7. Jadi freelancer emang enak, selain punya waktu fleksibel dan bisa diatur sendiri, pekerjaan yg dikerjakan pun sesuai dengan passion, salah satu alternatif pekerjaan bagi millenial

  8. Saya juga langganan kerja freelance kak. Emang kerjaan freelance itu sangat dibutuhkan sekarang biar bisa nambah penghasilan, apalagi nilai tukar rupiah itu menurun. Btw, kalo mau desain rumah or bangunan bisa kontak saya ya, karena saya freelance disitu haha. Nice info kak 🙂

  9. Ternyata kerja jadi freelance banyak keuntungannya yak kak. Apalagi bisa dikerjakan sesuai hobi dan skill, udah gitu kita bisa jadi bos sendiri dan punya waktu kerja yang fleksibel. Mantap banget deh pekerjaan yang satu ini…

  10. Beberapa kali kerja freelance, saya berkata bahwa ini bukan untuk saya XD. Masih susah disiplin waktu dan lebih banyak magernya. Tapi cocok sih, kalau freelance yah waktunya lebih fleksibel. Kembali ke orang masing-masing lagi.

Thankyuuu sobat telah berkunjung di blog Ainhy Edelweiss. Silahkan meninggalkan jejak di kolom komentar yah, xoxo

Back To Top
error: Content is protected !!