Artikel Beranda

7 Manfaat Teh Untuk Kesehatan Tubuh yang Perlu Kamu Ketahui

“Ma, kenapa sih setiap pagi minum teh, memangnya manfaat teh itu apa?”

Sekilas terbayang kenangan di masa kecil saat ibu menuangkan secangkir teh di pagi hari. Saat itu, saya merasa heran dengan kebiasaan ibu yang selalu menyiapkan teh untuk keluarga di pagi hari atau saat bersantai. Ibu hanya tersenyum saat saya mengajukan pertanyaan itu. Kata ibu, teh memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Hanya saja, ibu tidak memaparkan apa saja manfaat teh.

Dari dulu, saya nggak pernah doyan minum teh. Namun, setelah mengetahui kandungan dan manfaat teh bagi kesehatan tubuh, saya mulai meminum teh. Dan ternyata khasiatnya banyak loh bagi kesehatan tubuh. Sobat penasaran nggak apa saja manfaat teh bagi kesehatan tubuh? Etss sebelum mengetahui manfaat teh, ada baiknya sobat mengetahui kandungan teh dulu.

Teh yang paling sering kita nikmati berasal dari tanaman teh atau Camellia Sinensis. Teh yang berasal dari tanaman ini antara lain teh hitam, teh hijau, teh putih dan teh oolong. Bentuk dan kepekatan teh ini tentu saja berbeda-beda sesuai dengan tingkat oksidasinya yang berbeda.

Teh memiliki kandungan utama yaiu polifenol (katekin), kafein, asam amino, dan juga asam lemak omega-3 dan omega-6. Selain itu, teh juga memiliki kandungan folat dan beberapa mineral seperti magnesium, fosfor, kalium, mangan, dan fluoride. Perlu diketahui bahwa setiap jenis teh yang berasal dari Camellia sinensis memiliki kandungan yang tidak jauh berbeda.

Manfaat Teh Untuk Kesehatan Tubuh

Setelah mengetahui kandungan dalam teh, ini dia poin penting yang perlu sobat ketahui dari teh dilansir melalui doktersehat.com

Manfaat Teh bagi kesehatan

Meningkatkan konsentrasi

Siapa bilang cuma kopi yang memiliki kafein. Ternyata, teh juga memiliki kandungan kafein yang berfungsi untuk merangsang sistem saraf pusat dan melancarkan peredaran darah ke otak. Kandungan kafein inilah yang membuat kita lebih ‘melek’. Dan kandungan kafein teh lebih rendah dibandingkan kafein dalam kopi sehingga lebih ideal untuk dikomsumsi.

Menjaga Fungsi Kognitif Otak

Manfaat teh untuk otak bukan hanya untuk jangka pendek loh sobat, tetapi juga untuk jangka panjang. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa senyawa antioksidan dalam teh hijau dapat melindungi otak dan menurunkan risiko penyakit seperti Alzheimer dan Parkinson yang merupakan penyakit neurodegenaratif.

Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut

Siapa sih yang nggak risih kalau mengalami bau mulut. Salah satu khasiat teh adalah menjaga kesehatan gigi dan mulut. Kandungan antioksidan dalam teh juga mampu membunuh bakteri di mulut. Konsumsi teh secara rutin dipercaya dapat menurunkan risiko karies gigi, meningkatkan kesehatan gigi, dan mengatasi bau mulut.

Menurunkan Tekanan Darah

Selain menurunkan kadar gula darah, teh juga mampu membantu menurunkan tekanan darah. Berdasarkan sebuah penelitian, konsumsi teh hitam rutin dapat menurunkan tekanan darah sistolik dan diastolik.

Mencegah Kanker

Salah satu khasiat utama teh adalah mencegah penyakit kanker dalam tubuh. Kandungan antioksidan dalam teh mampu menangkal radikal bebas yang dapat menyebabkan kerusakan sel yang meyebabkan kanker.

Membantu Menurunkan Berat Badan

Siapa nih yang pengen menurunkan berat badan? Pastinya kebanyakan perempuan ingin memiliki berat badan ideal. Kamu harus tahu loh khasiat teh yang satu ini membantu menurunkan berat badan.

Mengatasi Stress

Suatu hari ibu mengatakan kepada saya bahwa saat beliau meminum teh, pikirannya jauh lebih rileks. Dan ternyata, teh memiliki khasiat dapat mengatasi stress. Kandungan asam amino L-theanine dalam teh dapat menurunkan stress. Konsumsi the secara rutin menurunkan hormon kortisol, yaitu hormon yang diproduksi ketika stress.

Nah sobat, itu dia manfaat kesehatan teh untuk tubuh. Yuk ngeteh bareng.

2 thoughts on “7 Manfaat Teh Untuk Kesehatan Tubuh yang Perlu Kamu Ketahui

  1. Manfaat teh memang luar biasa, Kak. Terutama kalau ingin menjaga tekanan darah serta meningkatkan imun tubuh bisa mengonsumsi teh rossela :p seperti saya.

Thankyuuu sobat telah berkunjung di blog Ainhy Edelweiss. Silahkan meninggalkan jejak di kolom komentar yah, xoxo

Back To Top
error: Content is protected !!