Artikel Beranda

Calon Ibu Harus Tahu 5 Gejala Tipes Pada Anak dan Cara Mengobatinya

Aloha sobat, sudah pernahkah mengalami gejala tipes atau malah sudah pernah mengalami penyakit ini? Hampir setiap orang pasti pernah mengalaminya. Penyakit tipes adalah salah satu penyakit yang tak pandang usia bahkan pada anak-anak. Malah, anak-anak lebih sering mengalami tipes dikarenakan perilaku anak-anak yang suka bermain dan memasukkan mainan di mulutnya.

Sebagai calon ibu, tentu mengetahui gejala tipes sangat penting, agar kelak di kemudian hari, tak perlu lagi panik ketika anak mengalami gejala tipes.

Dilansir dari Halodoc.com ada 5 gejala tipes dan cara mengatasinya

Gejala Tipes

1. Demam Tinggi

Seperti gejala tipes pada umumnya, anak akan mengalami demam tinggi dengan suhu tubuh mencapai 39-40 derajat Celsius. Kondisi seperti ini yang biasanya membuat anak lebih mudah rewel karena merasa tidak nyaman. Jika demam tinggi berlangsung hingga 7 hari lamanya, segera konsultasikan ke dokter.

2. Gangguan Pencernaan

Tipes identik dengan bakteri yang berasal dari makanan yanh terkontaminasi, biasa juga dari mainan anak-anak. Maka tak heran, salah satu gejala tipes pada anak akan memunculkan sakit di bagian perut yang berujung diare karena adanya infeksi usus. Lebih detailnya lagi, sakit perut akibat tipes biasanya terasa di bagian perut sebelah kiri, di mana usus dua belas jari yang terinfeksi berada.

3. Nafsu Makan Berkurang

Pernah melihat anak nafsu makannya berkurang bahkan ogah makan? Hati-hati yah calon moms, hal tersebut perlu diwaspadai, sebab bisa saja ini merupakan awal munculnya gejala tipes pada anak. Nafsu makan yang berkurang terjadi karena organ pencernaan yang terserang bakteri penyakit tipes. Peradangan ini tentunya menimbulkan rasa tidak nyaman pada perut, mulut terasa pahit, apalagi jika ditambah mual dan muntah.

4. Tepi Lidah Memutih

Lidah anak harus diperhatikan yah calon moms. Gejala tipes pada anak jelas terlihat dari berbuahnya warna tepi lidah pengidap. Biasanya, bagian pinggir lidah akan tetap berwarna merah, sedangkan bagian tengahnya berwarna pucat/putih. Hal ini dikarenakan terjadinya proses inflamasi pada penyakit tipes. Akibatnya perbedaan yang mencolok pada warna lidah.

5. Nyeri Tubuh

Gejala tipes pada anak yang satu ini menimbulkan rasa  nyeri pada otot dan badan terasa pegal. Anak yang mengidap tipes akan merasakan nyeri pada tubuh, sehingga sakit saat digerakkan. Dengan begitu, anak-anak akan lebih suka berbaring dan menolak beraktifitas.

Jika salah satu gejala tipes di atas muncul, calon moms harus segera memberikan penanganan yang tepat pada anak sebelum gejalanya semakin parah. Ada dua langkah berobat yang harus diambil, yakni secara medis dan perawatan intensif di rumah. Untuk langkah medis, anak biasanya akan diberi obat antibiotik yang harus dihabiskan selama 1-2 minggu. Jika gejala tipes menunjukkan indikasi yang lebih parah seperti demam 40 derajat celcius atau diare akut, rawat inap untuk diberikan nutrisi melalui infus.

Selain  melakukan penangan di atas, calon moms harus menjaga kebersihan di sekitar anak-anak. Semoga artikelnya bermanfaat yah calon moms.

One thought on “Calon Ibu Harus Tahu 5 Gejala Tipes Pada Anak dan Cara Mengobatinya

  1. Beruntungnya anak-anak yang masih bisa diberikan gizi yang cukup. Banyak anak-anak Indonesia diluar sana yang belum bisa mendapatkan hak mereka di usia mereka. Banyak menjadi korban perceraian, perang antar suku, bencana, sehingga mereka tidak bisa menikmati masa bermain mereka. Bahkan banyak diantaranya yang ditelantarkan, dibuang, sehingga gizi juga tidak tercukupi. Namun ada UNICEF lembaga PBB dunia yang bergerak di bidang sosial perlindungan anak-anak dan perempuan. Mereka sudah lama menjaga anak-anak Indonesia dan membantu mendapatkan hak mereka, kita pun juga bisa membantunya dengan donasi melalui mereka. Tapi banyak dari kita yang takut donasi di UNICEF karena takut tidak tahu Padahal itu perkara yang mudah kok, yuk bergerak bantu anak-anak Indonesia.

Thankyuuu sobat telah berkunjung di blog Ainhy Edelweiss. Silahkan meninggalkan jejak di kolom komentar yah, xoxo

Back To Top
error: Content is protected !!