Warning: file_get_contents(http://ipinfo.io/34.204.169.76): failed to open stream: HTTP request failed! HTTP/1.0 429 Too Many Requests in /home/ainc4129/public_html/wp-content/plugins/nm-visitors/nm-visitors.php on line 97
Tips Hemat dan Sehat Ikut Buka Puasa Bersama - Ainhy Edelweiss
Artikel Beranda

Tips Hemat dan Sehat Ikut Buka Puasa Bersama

Promo Ramadhan ShopBack

Salah  satu tradisi unik ketika Ramadhan tiba adalah undangan atau ajakan untuk ikut buka puasa bersama. Tujuannya beragam seperti mempererat tali silaturahmi, reuni atau merayakan momen setahun sekali, dan sebagainya. Salah satu kegiatan positif yang tidak ada salahnya untuk diikuti.

Namun, banyaknya undangan berbuka bersama juga punya risiko negatif seperti pengeluaran yang besar. Padahal kebutuhan Ramadhan dan menjelang Lebaran juga terbilang cukup besar. Anda tentu merasakannya kan?

Jika ya, yuk simak ulasan di bawah ini. Ada beberapa tips hemat dan sehat mengikuti acara buka puasa bersama seperti :

1. Berburu Promo Buka Puasa

Hampir sebagian besar restoran atau tempat makan populer di Indonesia menawarkan promo spesial di bulan Ramadhan. Mulai dari diskon harga makanan, promo pembayaran dengan sistem tertentu, dan sebagainya. Untuk itu coba cari info terlebih dahulu sebelum reservasi dan membuat janji buka bersama.

Anda bisa berburu informasi promo buka puasa ini melalui situs resmi tempat makan, aplikasi penyedia diskon makanan, media sosial, hingga situs populer semacam ShopBack. Ada puluhan merchant yang menawarkan beragam promo buka puasa yang bisa Anda pilih. Menariknya, Anda bisa mendapatkan tambahan cashback yang lumayan besar, jika memesan melalui ShopBack. Anda bisa langsung mencari promo terbaru di https://www.shopback.co.id/promo-ramadhan

2. Selektif Memilih Undangan Buka Puasa Bersama

Undangan atau ajakan berbuka bersama bisa lebih dari tiga kali dengan orang yang berbeda-beda. Sebenarnya, Anda tidak harus mengikuti semuanya. Buatlah prioritas dan pilihan cara buka bersama yang memang penting bagi Anda. Misalnya, Anda memprioritaskan buka bersama dengan teman dekat atau teman lama saja.

Dengan demikian, Anda bisa lebih berhemat dan membagi waktu dengan keluarga, serta beribadah. Jangan sampai Anda terlalu sibuk dengan buka bersama dan melalaikan hal penting lainnya. Toh, acara kumpul bersama tidak harus selalu di bulan puasa.

BACA JUGA : 3 Resep Menu Makan Malam Untuk Keluarga

3. Cek Porsi Makanan dan Coba Pilih Menu Paket

Tiap tempat makan memiliki menu berbeda-beda, termasuk porsi yang disajikan. Anda bisa memilih porsi jumbo yang bisa dimakan bersama-sama saat berbuka. Cara ini biasanya jauh lebih hemat dan bisa memesan beberapa menu favorit yang disukai teman berbuka puasa.

Selain mengandalkan promo buka puasa dan porsi, Anda pun bisa memilih menu paket yang biasanya berisi makanan dan minuman sekaligus. Biasanya, restoran menawarkan sejumlah menu paket yang lebih murah dan praktis. Anda tinggal memilih paket makanan yang sesuai kebutuhan serta keinginan.

Promo Ramadhan ShopBack

4. Manfaatkan Member atau Pembayaran Cashless

Apakah Anda punya member dari sebuah restoran atau tempat makan favorit? Apakah Anda punya akun di situs atau aplikasi tertentu penyedia promo? Apakah Anda memiliki uang digital yang biasa digunakan transaksi atau dikenal dengan sistem pembayaran cashless? Jikaya, coba manfaatkan.

Tiga alternatif di atas bisa membantu Anda berhemat saat berbuka puasa bersama. Umumnya member akan mendapatkan diskon lebih besar dan harga lebih murah saat membeli makanan. Jika Anda punya aplikasi penyedia promo, biasanya akan mendapatkan keuntungan berlipat-lipat, seperti tambahan cashback dari ShopBack di setiap pembelian. Hal serupa juga berlaku bila Anda membayar secara cashless yang umumnya menawarkan cashback hingga 60%. Lumayankan?

5. Coba Buka Bersama dengan Cara yang Berbeda

Selain makan di restoran, ada banyak cara unik, seru, dan menarik untuk berbuka puasa bersama. Misalnya, Anda bisa berbelanja bersama dan memasak bersama-sama, lalu buka puasa bersama. Menu bisa diatur sesuka hati, relatif lebih hemat, lebih higienis, dan tentunya lebih sehat.

Jika tidak cukup waktu dan tenaga, coba gunakan sistem potluck. Setiap orang membawa makanan dan minuman berbeda-beda atau sesuai kesepakatan bersama. Dengan demikian Anda bisa mengatur makanan sehat dan hemat yang dimakan saat waktu buka tiba.

Selain di atas, Anda bisa mencoba cara lain yang lebih kreatif lagi. Hal penting yang perlu diingat ialah tujuan buka bersama untuk kebaikan. Untuk itu bagi muslim tetap jaga waktu ibadah, saat berkumpul dan makan bersama.

BACA JUGA : Makanan Sehat Untuk Diet

Nah, Anda bisa memilih salah satu cara di atas atau menerapkan semuanya dalam rencana buka puasa Ramadhan tahun ini. Semoga puasa kita diterima, acara buk apuasa yang direncanakan berjalan lancar, sehat, dan mampu berhemat mencukupi segala kebutuhan selama Ramadhan.

13 thoughts on “Tips Hemat dan Sehat Ikut Buka Puasa Bersama

  1. Hai mbak… Emg btl kdng bulan puasa ramai undangan yah… Bisa”bukan menghemat justru mlh bnyk pengeluaran…kyknya bawa menu masing”bs jg tuh dari pada selalu beli melulu… Kn bnyk jg buat keperluan yg lain yah biar ga mubazir… Ktnya puasa biar bisa kendalikan hawa nafsu terutama liat menu yg seger” 😁

  2. wah iya ya bentar lagi udah mau masuk bulan ramadhan ya kak, jadi kangen pengen buka puasa bareng keluarga di rumah soalnya hidup diperantauan nih 😉

Thankyuuu sobat telah berkunjung di blog Ainhy Edelweiss. Silahkan meninggalkan jejak di kolom komentar yah, xoxo

Back To Top
error: Content is protected !!