Artikel Beranda

Ketahui 5 Manfaat Air Dingin Saat Mandi Bagi Kesehatan

Aloha sobat, tulisan kali ini saya pengen share manfaat air dingin saat mandi bagi kesehatan tubuh.

Pernah nggak sih mandi air dingin yang bikin brrrrr.¬†Bicara soal mandi air dingin, saya jadi teringat momen ketika pertama kali mengunjungi Ma’ra, salah satu tempat wisata di Sinjai Borong. Ma’ra terkenal dengan pemandangan puncaknya yang membuat siapapun kagum, selain itu cuaca di Ma’ra sangat dingin.

Semasa SMA, saya pernah mengikuti camping di tempat ini. Waktu itu, saya mencoba mencelupkan kaki di sungai, namun belum sampai beberapa detik saya menghindari air di sungai tersebut. Karena, airnya membuat kaki saya menggigil. Wajar saja jika air di Ma’ra begitu dingin karena tempat ini merupakan puncak di pedesaan yang masih jauh dari polusi udara.

Saat waktu mandi tiba, saya spontan menolak untuk mandi mengingat airnya yang sangat dingin. Namun, guru saya saat itu memberitahukan ke kami bahwa mandi air dingin memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Nah satu lagi nih, kata guru saya, kalau bepergian ke daerah yang dingin, lebih baik langsung mandi. Saya bertanya, kok gitu sih pak. Kata guru saya, itu adalah rahasianya kalau kamu mau tinggal di daerah tersebut dan nggak mau keidinginan. ibaratnya nih kalau sudah mandi, sekalipun kamu menggigil, yakin deh setelah itu, tanpa memakai jaket pun, suhu tubuhmu sudah bisa menyesuaikan dengan daerah tersebut.

Wajar saja saat saya melihat warga setempat yang bahkan memakai pakaian tipis dengan entengnya bercocok tanam di lembah bukit. Kamu nggak percaya? silahkan dicoba sendiri hhehe.

Mandi Air Dingin

Nah ternyata mandi air dingin memiliki banyak manfaat loh

  • Bisa Menyembuhkan Pilek

Sebuah penelitian mengatakan bahwa mandi air dingin di pagi hari dapat menyembuhkan pilek. Kalau ini saya sudah buktikan sobat. Dulu, waktu saya pilek berat, ayah menyarankan untuk mandi air dingin di pagi hari, awalnya saya menolak, masa iya mandi air dingin kan udah pilek berat gini. Namun, saat saya mencoba, pilek saya perlahan sembuh.

  • Mandi Air Dingin Bisa Menurunkan Berat Badan

Sebuah penelitian terbaru menunjukkan bahwa justru mandi dengan air dingin dapat membantu menurunkan berat badan. Karena paparan suhu dingin dapat merangsang produksi lemak coklat. Lemak ini befungsi untuk membakar kalori di dalam tubuh.

  • Mandi Air Dingin Bisa Meningkatkan Sirkulasi Darah

Bagi yang menderita penyakit pembekuan darah, cobalah untuk mandi air dingin secara teratur. Proses ini membantu menigkatkan sirkulasi darah yang akan mencegah pembekuan darah.

  • Mandi Air Dingin Bisa Menyembuhkan Depresi

Suhu dingin mempunyai efek untuk mendinginkan otak dan mampu meredakan depresi. Oleh karena itu, disarankan untuk mandi air dingin ketika seseorang mengalami banyak beban pikiran.

  • Mandi Air Dingin Bisa Menyehatkan Pernapasan

Salah satu manfaat mandi air dingin adalah dapat membantu membuka paru-paru, sehingga dapat bernapas lebih baik dan juga sehat.

Nah gimana sobat, masih nggak mau mandi air dingin?  Masih banyak lagi loh manfaat lainnya.

Thankyuuu sobat telah berkunjung di blog Ainhy Edelweiss. Silahkan meninggalkan jejak di kolom komentar yah, xoxo

Back To Top
error: Content is protected !!