Artikel Beranda

5 Tahap Perkembangan Bayi Yang Perlu Diketahui Calon Mom

Halo moms, yang sudah experts dibidangnya pasti udah pada tahu kan yah tahap-tahap perkembangan bayi. Bagi calon mom seperti saya dan calon mom lainnya penting banget mengetahui tahap perkembangan bayi sebagai bekal kelak ketika sudah memiliki anak.

Dengan mengetahui perkembangan bayi, calon mom bisa melakukan persiapan untuk menunjang perkembangan bayi juga bisa mendeteksi jika bayi tidak mengalami perkembangan yang signifikan sebagaimana mestinya.

tahap perkembangan bayi
Sumber gambar: halodoc

Berikut ini 7 tahap perkembangan bayi yang perlu diketahui calon mom

1. Tengkurap (usia 3-4 bulan)

Jika bayi diusia 3-4 bulan sudah mulai tengkurap, itu tandanya bayi mom sudah mengalami tahap perkembangan awal. Anak tengkurap diawali dengan kemampuan memiringkan badannya ke kanan dan ke kiri. Lalu ia belajar berguling di usia 1,5 bulan-2 bulan. Ketika mencapai usia 3-4 bulan, saat otot lehernya semakin kuat ia dapat berbaring telentang dengan memandang lurus ke depan.

2. Mengangkat kepala (usia 4 bulan)

Di usia 2 bulan bayi mampu mengontrol gerakan leher dan kepala. Ia dapat mengangkat kepala membentuk sudut 45 derajat dengan cara bertopang pada kedua tangannya saat usianya 3 bulan. Di usia 4 bulan, bayi bisa mengangkat kepalanya dengan sudut lebih besar yaitu 90 derajat dalam posisi tengkurap.

3. Memekik gembira (usia 4-5 bulan)

Di usia 4 bulan ke atas, bayi mengeluarkan suara dengan tujuan yang lebih jelas. Ia akan berteriak dengan gembira bila berhasil mencapai keinginannya. Suara yang dikeluarkannya adalah sarana untuk mengungkapkan perasaannya atau berkomunikasi dengan orang-orang di sekelilingnya.

Baca juga: Apakah Mom Membutuhkan Suplemen Spesial Saat Hamil?

4. Memegang benda dua di tangan (usia 7-8 bulan)

Di usia 7-8 bulan keterampilan jari-jemari si kecil meningkat. Ia akan menggunakan tangan yang berbeda untuk tujuan berbeda. Satu tangan digunakan untuk bereksplorasi, sementara tangan yang lain untuk memegang.

5. Duduk (usia 7-8 bulan)

Setelah belajar mengangkat kepalanya saat tengkurap, tahap selanjutnya si kecil belajar bagaimana menyangga tubuhnya menggunakan kedua lengannya dan mengangkat tubuhnya semacam mini push-up. Sekitar usia 6 bulan, bayi mencoba duduk sendiri dengan mengandalkan satu atau kedua tangannya untuk duduk.

Nah calon mom, itu dia beberapa tahap perkembangan bayi yang perlu diketahui. Share yuk di kolom komentar jika mom sudah memiliki momen berharga saat mengikuti perkembangan bayi.

Thankyuuu sobat telah berkunjung di blog Ainhy Edelweiss. Silahkan meninggalkan jejak di kolom komentar yah, xoxo

Back To Top
error: Content is protected !!