Artikel Beranda

5 Tahap Perkembangan Bayi Yang Perlu Diketahui Calon Mom

Halo moms, yang sudah experts dibidangnya pasti udah pada tahu kan yah tahap-tahap perkembangan bayi. Bagi calon mom seperti saya dan calon mom lainnya penting banget mengetahui tahap perkembangan bayi sebagai bekal kelak ketika sudah memiliki anak.

Dengan mengetahui perkembangan bayi, calon mom bisa melakukan persiapan untuk menunjang perkembangan bayi juga bisa mendeteksi jika bayi tidak mengalami perkembangan yang signifikan sebagaimana mestinya.

tahap perkembangan bayi
Sumber gambar: halodoc

Berikut ini 7 tahap perkembangan bayi yang perlu diketahui calon mom

1. Tengkurap (usia 3-4 bulan)

Jika bayi diusia 3-4 bulan sudah mulai tengkurap, itu tandanya bayi mom sudah mengalami tahap perkembangan awal. Anak tengkurap diawali dengan kemampuan memiringkan badannya ke kanan dan ke kiri. Lalu ia belajar berguling di usia 1,5 bulan-2 bulan. Ketika mencapai usia 3-4 bulan, saat otot lehernya semakin kuat ia dapat berbaring telentang dengan memandang lurus ke depan.

2. Mengangkat kepala (usia 4 bulan)

Di usia 2 bulan bayi mampu mengontrol gerakan leher dan kepala. Ia dapat mengangkat kepala membentuk sudut 45 derajat dengan cara bertopang pada kedua tangannya saat usianya 3 bulan. Di usia 4 bulan, bayi bisa mengangkat kepalanya dengan sudut lebih besar yaitu 90 derajat dalam posisi tengkurap.

3. Memekik gembira (usia 4-5 bulan)

Di usia 4 bulan ke atas, bayi mengeluarkan suara dengan tujuan yang lebih jelas. Ia akan berteriak dengan gembira bila berhasil mencapai keinginannya. Suara yang dikeluarkannya adalah sarana untuk mengungkapkan perasaannya atau berkomunikasi dengan orang-orang di sekelilingnya.

Baca juga: Apakah Mom Membutuhkan Suplemen Spesial Saat Hamil?

4. Memegang benda dua di tangan (usia 7-8 bulan)

Di usia 7-8 bulan keterampilan jari-jemari si kecil meningkat. Ia akan menggunakan tangan yang berbeda untuk tujuan berbeda. Satu tangan digunakan untuk bereksplorasi, sementara tangan yang lain untuk memegang.

5. Duduk (usia 7-8 bulan)

Setelah belajar mengangkat kepalanya saat tengkurap, tahap selanjutnya si kecil belajar bagaimana menyangga tubuhnya menggunakan kedua lengannya dan mengangkat tubuhnya semacam mini push-up. Sekitar usia 6 bulan, bayi mencoba duduk sendiri dengan mengandalkan satu atau kedua tangannya untuk duduk.

Nah calon mom, itu dia beberapa tahap perkembangan bayi yang perlu diketahui. Share yuk di kolom komentar jika mom sudah memiliki momen berharga saat mengikuti perkembangan bayi.

29 thoughts on “5 Tahap Perkembangan Bayi Yang Perlu Diketahui Calon Mom

  1. Tahapan-tahapan seperti ini memang harus diketahui para ibu. Memang setiap anak punya tahap perkembangan yang berbeda-beda. Tetapi, tetap ada batasan waktunya. Seandainya dirasakan sudah mulai terlambat, bisa konsultasi deh ke ahlinya

  2. Menjadi ibu yang bisa mendampingi tumbuh kembang buah hatinya itu sangat menyenangkan. Apalagi saat melihat pertumbuhan anak saat bayi. Duh rasanya bersyukur sekali. Tahap-tahap pertumbuhan bayi ini memang hrs disertai dg stimulasi agar si bayi ini nantinya tumbuh menjadi anak yang cerdas dan mandiri.

  3. Tiap momen pastinya berharga karena punya keunikan sendiri juga waktu melaluinya. Seneng pastinya kalau pertama kali melihat perkembangan bayi ya. Aihny juga sebentar lagi bakan ngalamin ya, kalau aku terakhir ya kira-kira 9 tahun lalu udah basi hihihi

  4. Anakku dulu bbrp tumbangnya ada yg mefet2 bahkan gak cocok dengan milestones. Yg penting jgn panjik, tetep dicek dan kalau perlu ke tumbang. Yang paling penting lagi adalah stimulasi dr ortunya ya mbak.

  5. Wah, aku udah lupa dengan tahapan-tahapan perkembangan anak ini. Padahal punya 4 anak. Wkwkwk. Tiap anakku, tahapannya beda2. Ada yang skip merangkak, ada yang ngalamin ngesot, ada yang jalannya cepet, ada yang lambat. Dinikmati aja. Yang penting selalu sehat 🙂

  6. Tapi ada bayi yang perkembangan agak lambat ya mba, apalagi nanti waktu tahap ngomong dan jalan. sebisa mungkin orang tua jangan terlalu stress

Thankyuuu sobat telah berkunjung di blog Ainhy Edelweiss. Silahkan meninggalkan jejak di kolom komentar yah, xoxo

Back To Top
error: Content is protected !!