Artikel Beranda

Apakah Mom Membutuhkan Suplemen Spesial Saat Hamil?

Suplemen untuk ibu hamil
Sumber Gambar: Tempo.co

Uji klinis telah menunjukkan manfaat dari mengonsumsi vitamin dan suplemen mineral yang dirancang untuk kehamilan. Manfaat utama yang dilaporkan adalah pengurangan risiko cacat tabung saraf dan anemia.

CDC merekomendasikan suplemen dalam situasi berikut, dengan tidak lupa tetap berkonsultasi dengan dokter kandungan:

  • Suplemen yodium dan asam folat untuk semua wanita hamil.
  • Asam folat tambahan (5mg per hari) untuk wanita dengan kehamilan ganda, mengonsumsi antikejang, penderita diabetes, dan mereka yang memiliki kecenderungan ke arah pembekuan darah atau riwayat keluarga dengan defek tabung saraf.
  • Vitamin B12 untuk vegetarian.
  • Zat besi untuk vegetarian dan wanita dengan kehamilan ganda.
  • Kalsium untuk orang yang menghindari produk susu (misal Intoleransi laktosa atau vegan).
  • Vitamin D mungkin diperlukan untuk orang yang berisiko kekurangan vitamin D.
  • Omega 3 yang mengandung DHA, dimana sangat erat hubungannya DHA dan kecerdasan bayi

Tetapi mengkonsumsi vitamin secara berlebihan juga dapat menyebabkan masalah, jadi awasi asupan mom dan berhati-hatilah agar tidak berlebihan. Beberapa hal yang harus Anda perhatikan:

Vitamin A

Vitamin A tersedia sebagai retinol atau dari konversi beta karoten dalam buah dan sayuran berwarna cerah. Bentuk retinol ditemukan dalam hati, produk susu penuh lemak dan margarin. Tingkat hati yang sangat tinggi bisa menjadi racun, dan wanita hamil disarankan untuk menghindari hati karena alasan ini. Pil vitamin cenderung mengandung beta karoten. Maka hindari pil yang mengandung retinol.

Baca Juga: Cara Mencegah Anemia Pada Orang Dewasa

Vitamin B6

Vitamin B6 dapat membantu meringankan mual yang berhubungan dengan mual di pagi hari. Banyak suplemen mengandung 50mg vitamin B6, yang jauh lebih besar daripada RDI 1,9mg / hari, tetapi berada di tingkat atas asupan yang disarankan untuk wanita hamil. Diet seimbang yang khas akan memberi Anda beberapa miligram sebagai tambahan untuk vitamin b6, tetapi sangat tidak mungkin Anda akan mendekati batas aman maksimum 100mg per hari tanpa suplemen tambahan. Lebih dari 100mg per hari pada trimester pertama dapat dikaitkan dengan cacat lahir yang melibatkan perkembangan lengan, kaki, dan saraf bayi.

Untuk itu banyak hal yang harus mom perhatikan dari suplemen yang dikonsumsi. Suplemen-suplemen diatas bisa mom dapatkan dengan mudah di https://www.goaptik.com

23 thoughts on “Apakah Mom Membutuhkan Suplemen Spesial Saat Hamil?

  1. Saat hamil anak pertama saya tidak terlalu banyak mengonsumsi vitamin dari dokter karena banyak makan sayur dan buah, sedangkan kehamilan anak kedua saya banyak konsumsi vitamin dari dokter karena mual muntah selama 6 bulan, hehehe.

  2. Kalau aku ngerasa pas hamil tuh memang harus banyak minum suplemen spesial. Mulai dari untu DHA dan lai-lain. Termasuk juga vitamin C yang menurutku tuh pas buat kalsium

  3. Dulu waktu hamil nggak banyak konsumsi suplemen, kalau pas kontrol ke bidan, di kasih vitamin sama pil tambah darah, biasanya di minum sekali aja, terus diletakkan aja hehe…

  4. Aku sih dulu nurut kata dokter atau bidan aja sih mbak. Seingatku dikasih tambah darah dan asam folat aja kalau dari puskesmas dan itu harus dihabiskan.

  5. Dulu pas hamil minum vit apa aaja ya? Lupa persisnya. yang pasti folat dan kalsium sih. Waktu anak pertama rasanya teratur banget minum vit. pas anak kedua, nggak seteratur anak pertama hahahaha

  6. Biasanya yang paling umum diresepkan adalah pemberian asam folat saat kehamilan. Yang paling penting adalah ketercukupan nutrisi sehari-hari ya.

  7. Yup, saat hamil sangat membutuhkan asupan vitamin yang mungkin kurang tercukupi dari makanan sehari-hari. Makanya apapun vitamin yang diberikan oleh dokter kandungan, aku minum demi tumbuh kembang jabang bayik 🙂

  8. Aku termasuk yang mengkonsumsi suplemen spesial saat kehamilan namun dengan resep dokter.
    Semua yang disarankan dokter kandungan, aku patuhi, hihihi
    Apalagi ini kehamilan yang sangat aku nantikan, setelah hampir 8 tahun.

  9. Kalau dulu soal suplemen saya serahkan ke dokter aja mbak, soalnya dokter yang tahu yang saya butuhkan dr hasil pemeriksaan kandungan kan.
    Selain itu, saya menuhin kebutuhan gizi dr makanan dan susu juga

  10. Lhaa iya banget…
    Aku hamil pertama penuh dengan suplemen dan susu hamil.
    Begitu hamil kedua, santai banget…gak konsumsi apa-apa.

    Alhamdulillah,
    Semoga sehat selalu untuk bumils di manapun berada..

  11. Dulu waktu hamil aku minum vitamin pemberian dari dokter yang memang kalau habis selalu aku beli di apotik. Sekarang ini jadi mudah banget ya kalau ingin beli vitamin atau obat-obat gitu tinggal buka aja aplikasi goapotik ya mbak.

Thankyuuu sobat telah berkunjung di blog Ainhy Edelweiss. Silahkan meninggalkan jejak di kolom komentar yah, xoxo

Back To Top
error: Content is protected !!