Beranda Resensi Buku

[Review Buku] Happy Pregnancy: Rekomendasi Buku Panduan Kehamilan dan Persalinan yang Menyenangkan

Halo moms, bagaimana sih rasanya menimang bayi ketika melahirkannya di saat pertama kali? beberapa moms mungkin tak cukup menggambarkannya dengan kata-kata. Yang pasti, semua moms akan merasa bahagia ketika menimang anaknya saat pertama kali, iya kan moms?

Perasaan dan rasa penasaran itu biarlah saya simpan rapat-rapat di dalam hati menjadi sebuah penantian dan bagian dari proses dikehamilan pertama.

Karena merupakan pertama kali, saya benar-benar butuh banyak referensi panduan kehamilan dan persalinan yang menyenangkan. Saat mengetahui kehamilan pertama saya di tanah rantauan, bahagia campur sedih rasanya. Bahagia karena sebentar lagi akan menjadi seorang ibu, sedih karena di saat seperti ini saya membutuhkan kehadiran seorang ibu yang menguatkan jiwa saya namun, beliau tinggal jauh dari tempat dimana saya berdomisili saat ini.

Akhirnya saya memutuskan untuk mencari beberapa referensi tentang kehamilan dan persiapan persalinan melalui YouTube, artikel dari teman-teman blogger dan buku.

Alhamdulillah kesemuanya memberikan saya masukan positif yang dapat mengurangi rasa cemas dan khawatir. Sebagai calon ibu dikehamilan pertama, rasanya rasa cemas seolah menjadi mimpi buruk siang dan malam, tak sedikit merasakan stress hingga frustasi.

Baca Juga: Cerita Awal Kehamilan Hingga 2 Kali Tespek Hasilnya Negatif

Ketika mencari buku panduan kehamilan, saya menemukan buku yang selama ini sudah menempati ruang di salah satu koleksi buku-buku saya. Yah, saya mendapatkan buku itu ketika masih kuliah saat mengikuti giveaway dan jujur saja, saya belum membacanya. Alasannya, karena saya merasa belum cocok membaca buku tersebut.

Akhirnya, buku yang sudah ditempeli debu tersebut ternyata mampu mengurangi kecemasan dan kekhawatiran saya selama hamil.

Buku Happy Pregnancy
Buku Happy Pregnancy

Buku yang berjudul HAPPY PREGNANCY tersebut ditulis oleh Nana Aditya, S.Si dan diterbitkan oleh Stiletto Book pada tahun 2016. Memiliki tebal halaman 200 lembar yang tentu saja tidak terlalu tebal untuk dihabiskan diakhir pekan.

Baca Juga: 5 Tahap Perkembangan Bayi yang Perlu Diketahui Calon Mom

Apa yang menarik dari buku Happy Pregnancy? 

Semua ibu hamil sangat membutuhkan informasi seputar kehamilan dan persiapan persalinan. Tak hanya mengulas panduan kehamilan, buku ini juga mengulas fakta dan mitos kehamilan serta memaparkan peran calon ayah dan ibu.

Menariknya, setiap usia kandungan dalam buku ini diulas satu persatu, seperti ketika berada dikehamilan bulan ke-5. Disertai dengan beberapa foto hasil USG, calon ibu diberitahu bagaimana kondisi janin pada saat usia kehamilan bulan ke-5.

Buku Panduan Kehamilan dan Persalinan yang menyenangkan

Tapi, di bagian chapter ini saya sengaja tidak membacanya sekaligus, hanya ketika memasuk usia kehamilan yang sesuai yang saya baca, takutnya sih ntar lupa hahaha.

Dibagian akhir dalam buku ini juga diulas mengenai sindrom Baby Blues. Sebenarnya, ini bukan istilah asing bagi saya sejak rajin ikut blog walking, beberapa teman blogger membagikan pengalaman mereka mengenai sindrom Baby Blues.

Dan, sebagai bagian dari persiapan persalinan, informasi mengenai sindrom Baby Blues sangat bermanfaat bagi calon ibu agar memiliki persiapan mental dan terhindar dari Baby Blues.

Bagi ibu hamil dimanapun yang juga membutuhkan buku panduan kehamilan dan persalinan yang menyenangkan, buku ini menjadi salah satu rekomendasi kamu.

By the way, manteman kalau ada referensi buku lain, please put your comment below yah, atau cerita menarik mengenai kehamilan dan persalinan, jika belum, saya sangat mengharapankan doa dari teman-teman.

Terima kasih.

38 thoughts on “[Review Buku] Happy Pregnancy: Rekomendasi Buku Panduan Kehamilan dan Persalinan yang Menyenangkan

  1. Selamat atas kehamilan anak pertamanya ya mba. Aku belum pernah ngerasain hamil sih,lagi pengen banget. Tapi iya bener banget hatus cari circle positif biar gak khawatir macem2. Sehat terus sampai lahiran yah kakak.

  2. Selamat ya buat kehamilannya, semoga sehat2 dan lancar sampai nanti persalinan.
    Buku happy pregnancy ini pasti berguna sekali buat ibu hamil ya karena mengulas seputar kehamilan dan persiapan persalinan. Aku dulu saat hamil anak pertama pakai referensi buku Ayah Bunda edisi khusus tentang kehamilan.

  3. Buku rekomendasi pas hamil dan meyusui ada dulu tapi turun temurun dari ibu saya mbake. Judulnya aja udah lupa saking lamaaaanyaaaa… buku jadul banget deh

    tapi memang bener pas hamil dan menyusui kita butuh banget masukan. saya baca ayahbunda selain buku itu

  4. Lancar sampai persalinan ya Mba,

    Kalo aku sih dulu ngga baca-baca buku persiapan kehamilan dan persalinan tapi lebih ke install aplikasi kehamilan sama setelah anak lahir aku install app supaya tahu rutinitas bayi newborn supaya bisa lebih mengenal bayi aja.

    Oh iya abis itu install app cari-cari kegiatan buat stimulus bayi aja.

  5. Namanya anak pertama tanpa dampingan ibu tuh rasanya gimana ya, Mba. Saya juga dulu begitu. Bersyukur jaman skrg banyak buku parenting, blog ttg parenting, dan segala informasi ttg parenting mudah dicari. Jaman saya dulu, saya sampai kliping majalah parenting.. xixixi..

    Apalgi skrg banyak aplikasi ttg kehamilan ya, Mba. Jadi makin mudah lagi.

  6. Semoga sehat terus ya mbak, lancar nanti proses persalinannya.
    Saya dulu hamil anak pertama juga tinggal di perantauan mbak, jauh dari orang tua dan juga mertua. Jauh dari suami pula, saya di Malang suami masih kerja di Bengkulu. Untung punya teman-teman kantor yang baik dan selalu support.

  7. Sindrom baby blues bisa kita tangkal sedari sekarang asalkan kitanya sendiri bisa membuat diri kita happy dengan kondisi apapun. contohnya ya, ketika merasa lonely, capek, ga ada yang bantuin urus bayi, coba kita pikirkan yang manis-manis aja tentang si baby. Betapa kita mendambakan kehadirannya, betapa lucu kalau pas dia ketawa, atau sekedar bikin minuman coklat hangat (kalau suka) ketika lelah raga dan jiwa melanda. Semoga membantu yaaa..

  8. Mbaa, semoga kehamilannya berjalan sehat dan lancar ya mba. Senangnya ada buku yang bisa tetap memberikan semangat positif dalam menjalani kehamilan ya

  9. Waktu hamil aku juga sering baca2 buku pregnancy book, cuma gak baca yg ini sih.
    walaupun punya anak kesekian menurutku tetap penting baca buku kehamilan, seperti recharge knowledge kita aja sih

  10. Selamat ya, Mbak. Semoga proses kehamilan dan persalinannya lancar. Sehat untuk ibunya, sehat juga bayinya. Hamil pertama emang bikin deg-degan, saya juga.

    Kayaknya saya juga perlu buku ini nih. Biar ada kita bisa bahagia menjalani kehamilan dan persalinan nantinya..

  11. Aku inget banget waktu hamil anak pertama malah gemar sekali baca buku-buku religi, macam tazkiyatun nafs…
    Tapi pas prakteknya, malah sungguh di luar dugaan..
    Jadi baiknya ikut kelas senam hamil atau perbanyak teman sesama bumils…
    Fungsinya siih…biar ada yang diajak sharing ketika sudah mengalami masanya nanti…

  12. Ku ga tau kayak gimana rasanya Baby Blues nih Mak. Respon yang kurasakan tentang pengalaman hamil dan melahirkan setelah membacanya itu nano-nano banget. Mules, takut, exciting dan entahlah. Mind set positif dan referensi yang bener juga perlu ya biar ga stress

  13. Kehamilan pertama memang butuh banyak membaca. Biar tidak kaget dengan setiap perubahan yang terjadi selama kehamilan. Saya dulu dipinjemi kakak ipar, tapi judulnya apa kok lupa. Isinya perkembangan janin per minggunya. .selamat ya untuk kehamilannya, semoga diberikan kelancaran. .aamiin…

  14. Buku-buku panduan seperti ini memang sangat membantu calon ibu baru dalam menghadapi kehamilan dan persalinannya ya mbak. Dulu saat hamil pun saya juga banyak membaca, apalagi saat itu jauh dari orangtua. jadi kalau ada apa2 ya cari infonya dari buku atau artikel.

Thankyuuu sobat telah berkunjung di blog Ainhy Edelweiss. Silahkan meninggalkan jejak di kolom komentar yah, xoxo

Back To Top
error: Content is protected !!