Beranda

Ternyata Ini Loh Kemampuan yang Harus Dimiliki MC (Master Of Ceremony)

Jasa MC
Sumber Gambar: IndoAsia

Menjadi pembicara di depan umum tidaklah mudah apalagi menjadi seorang MC (Master Of Ceremony) atau pembawa acara. Jika berbicara di depan umum sebagai pemateri atau narasumber harus menguasai materi yang dibawakan, lain halnya dengan menjadi seorang MC.

Tidak hanya dituntut untuk mampu menguasai materi di atas panggung, namun MC harus memiliki skill atau kemampuan lainnya agar bisa menguasai panggung.

Ibarat sebuah kapal, bagi saya MC adalah nahkoda kapal. Nahkoda kapal memiliki wewenang penuh mengendalikan jalannya sebuah kapal. Sama halnya saat menjadi MC, seorang MC memiliki peranan penting dalam sebuah acara yang menentukan sukses dan lancarnya sebuah acara.

Contoh kecil misalnya, saat menghadiri sebuah acara lamaran. Jika MC tidak memahami sebuah acara, alhasil acara lamaran akan berlangsung tidak sesuai harapan. Saat di acara lamaran, paling tidak, MCย  memiliki pengetahuan tentang proses acara lamaran.

Untuk itu, beberapa kemampuan di bawah ini harus dimiliki oleh MC agar bisa menjadi MC yang profesional dan tidak mengecewakan klien.

1. Percaya Diri

Memiliki kepercayaan diri adalah syarat mutlak menjadi MC. Tanpa rasa percaya diri, mustahil seorang MC mampu berdiri di depan umum apalagi membawa sebuah acara. Untuk memiliki rasa percaya diri, seorang MC melatih dirinya terbiasa berbicara di depan umum. Tanpa rasa percaya diri, seorang MC takkan mampu menarik perhatian audience.

2. Public Speaking

Jasa MC
Sumber Gambar: trainingsdm

Setelah memiliki rasa percaya diri, maka hal selanjutnya yang harus dimiliki MC adalah public speaking atau kemampuan berbicara di depan umum. Hal ini sangat perlu dimiliki seorang MC karena skill public speaking akan sangat membantu MC untuk percaya diri di depan umum dan mampu menguasai panggung.

3. Kreatif dan Berjiwa Entertainer

Bagaimana jika saat sebuah acara sedang berlangsung misalnya seminar nasional dimana salah satu pemateri tak kunjung datang? Dalam hal ini, ada kekosongan waktu. Mau tidak mau, MC harus bisa mengisi kekosongan waktu tersebut saat menuggu pemateri yang datang terlambat.

Saya pernah mengalami hal semacam ini ketika menghadiri sebuah seminar di kampus. Beruntung seseorang yang menjadi MC kala itu mampu menghibur peserta seminar dengan gayanya yang khas sehingga saya dan peserta lainnya tidak merasa jenuh apalagi bosan menunggu pemateri.

Untuk itu, MC harus kreatif dan berjiwa entertainer karena bisa saja dalam sebuah acara terjadi hal-hal yang tak terduga, dimana MC dituntut agar menjadikan sebuah acara yang berlangsung tetap menyenangkan.

4. Kepribadian dan Penampilan yang Menarik

Semua profesi pada dasarnya menuntut kita untuk memiliki kepribadian yang menarik termasuk menjadi MC. Kepribadian yang menarik adalah attitude atau sikap yang dimiliki seorang MC. Jika MC mampu beradaptasi kapan dan dimanapun tanpa menyinggung sebuah suku/rasa/agama, maka menjadi nilai tambahan bagi MC. Sama halnya dengan penampilan. MC dituntut untuk memiliki penampilan yang menarik, tidak selama yang dimaksud penampilan menarik adalah MC harus memiliki badan yang tinggi, cantik atau ganteng, namun mampu menyesuaikan penampiannya di acara apapun.

5. Be On Time and Be Professional

MC bukanlah audience yang bisa datang di acara kapanpun, juga bukan seorang pemateri yang jika terlambat masih bisa digantikan dengan yang lain. Namun, MC adalah nahkoda sebuah acara. Tidak boleh terlambat sedikitpun saat acara akan dimulai. Karena MC-lah yang memegang kendali berlangsungnya sebuah acara. Dengan demikian, MC bisa memiliki sikap profesional.

Gimana nih sudahkah memiliki 5 kemampuan di atas untuk menjadi seorang MC? mudah-mudahan yah. Saya pribadi juga pernah menjadi mc saat masih aktif di bangku sekolah dan kuliah. Namun, untuk menjadi MC yang profesional seperti Rina Nose misalnya, butuh keahlian dan ketekunan agar bisa menjadi MC yang selalu dicari-cari klien.

Saat ini, hampir semua acara membutuhkan jasa MC. Seperti acara pernikahan/wedding, ulang tahun, acara formal, resepsi, seminar, pesta dan lain-lainnya. Namun, terkadang kita bingung mencari MC dengan mudah dan praktis sesuai keinginan.

Untuk itu, saya merekomendasikan agar mencari jasa MC di SociaBuzz dengan mudah dan praktis. Salah satu keunggulan mencari jasa MC di SociaBuzz adalah banyaknya pilihan MC yang sesuai dengan keinginan dan kriteria yang diinginkan.

Misalnya ketika membutuhkan MC pernikahan atau MC ulang tahun, cukup mengunjungi website SociaBuzzย https://www.sociabuzz.com/mc

42 thoughts on “Ternyata Ini Loh Kemampuan yang Harus Dimiliki MC (Master Of Ceremony)

    1. Kalau aku awalnya gitu juga sih Mbak tapi karena si tempat kerja sering mimpin briefing pasukan di line produksi jadi mulai terbiasa. Btw sama baru tahu kalau sociabuzz menyediakan MC juga.

  1. Aku tuh suka banget sama MC yang performancenya oke, humoris dan ramah. Pernah kenal dengan ebberapa MC yang dengan karakter demikian, suka banget sampai ingin difoto sama mereka hihihi

    ternyata jadi MC itu butuh skill yang mumpuni juga ya, selain bisa bikin ketawa ketiwi audience

  2. Untuk menjadi seorang MC yang baik itu memang tidak hanya bermodal percaya diri dan juga berpenampilan menarik ya.. tapi juga butuh mengasah kemampuan diri dengan ilmu public speaking juga ya.. supaya tambah oke profesional tentunya

  3. Ketika melihat MC suatu acara, kadang kita ga kepikiran ya kemampuan apa saja yang dimilikinya. Taunya ya acara berjalan lancar dan dia menguasai kondisi di ruangan. Ternyata di balik itu ada persiapan luar biasa yang harus dikuasainya.

  4. aku pernah dapat MC yang becanda nya garing kriuk kriuk gitu keseeeel banget deh
    mau nyahutin tapi kok ya di depan umum gitu!

    Akhirnya besok besok aku kondisikan si MC kudu ngomong apa gitu sekalian.

    makanya bener banget tuh MC harus menguasai beberapa poin di atas

  5. Berjiwa entertainer itu memang penting banget, deh. Saya beberapa kali merasa bosan dna mengantuk kalau MCnya ngebosenin. Padahal materinya sebetulnya menarik. MC yang punya jiwa entertainer juga bisa mengajak narasumber yang kelihatannya kaku menjadi lebih luwes.

  6. Menurutku kuci utama tuh emang percaya diri, menguasai materi dan berpenampilan baik. Emang tak mudah sih jadi MC. Apalagi kalo suka deg2an kayak aku hehehe

  7. Jaman sekolah, aku pernah mengkhayal ingin sekolah pranotocoro (MC di acara-acara Jawa). Soalnya omku adalah MC di acara yang mengandung adat Jawa. Tapi, jangankan sekolah khusus MC, presentasi di depan kelas aja grogi setengah hidup, LOL. Saat itulah aku sadar, bahwa untuk menjadi MC butuh point-point yang disebutkan di atas.

  8. Aduh, percaya diri itu loh yang masih sulit ku sempurnakan mbak, masih malu2 dan lagi aku selalu gak pede sama penampilan. Hiks..

  9. Iyaaa jd MC tu gak gampang, krn keberhasilan acara letaknya di dia yaaa. Jangan sampai MCnya garing haha. Tentu saja harus banyak ilmu yang dikuasai MC gk cuma membawakan acara tapi jg sekalian mengetertain/ menghibur peserta acara ๐Ÿ˜€

  10. Aku tambahkan lagi ya, pratice makes perfect.
    Dengan banyak latihan pastinya kita akan semakin menambah poin2 yg mba sebutkan diatas terutama percaya diri ๐Ÿ™‚

Thankyuuu sobat telah berkunjung di blog Ainhy Edelweiss. Silahkan meninggalkan jejak di kolom komentar yah, xoxo

Back To Top
error: Content is protected !!