Beranda

Manfaat Vitamin B Kompleks bagi Ibu Hamil dan Sumbernya

Saat mengetahui kehamilan kedua, beberapa hari kemudian saya memeriksakan diri ke Puskesmas. Berbeda dari kehamilan pertama, saya jauh lebih rileks dan santai saat berada di Puskesmas. Ketika diberikan resep obat, selain obat penambah darah ada juga vitamin B. Karena saya bukan tipikal bumil yang kuat mengkonsumsi obat, akhirnya saya cari tahu sumber makanan penambah darah dan vitamin B. Khusus dalam tulisan ini, saya akan sharing manfaat vitamin B kompleks bagi ibu hamil dan makanan apa saja yang mengandung sumber Vitamin B kompleks ini.

Mengenal Vitamin B Kompleks

Manfaat Vitamin B
Sumber Gambar: Alodokter

Sebenarnya apa sih vitamin B kompleks ini? Jadi, vitamin B kompleks adalah gabungan dari berbagai jenis vitamin B. Vitamin B ini dapat ditemukan pada Buah-buahan, sayur-sayuran dan sumber makanan lainnya. Vitamin B kompleks terdiri dari 8 jenis vitamin yang memiliki manfaat berbeda-beda.

Manfaat Vitamin B Kompleks dan Sumbernya

1. Vitamin B1

Vitamin B1 disebut juga Tiamin, salah satu jenis vitamin yang baik untuk ibu hamil dan janin. Vitamin B1 bisa ditemukan pada kacang-kacangan, oat, ikan Salmon, kaldu jamur, pasta gandum, dan roti atau sereal yang sudah diperkaya vitamin B1.

2. Vitamin B2

Jujur nih saat saya hamil anak kedua, kulit wajah saya sangat kusam. Ternyata ini adalah hal yang umum dialami ibu hamil. Tidak hanya skincare yang bisa membuat wajah terlihat glowing, tapi untuk ibu hamil dapat mengkonsumsi makanan yang kaya akan Vitamin B2 karena vitamin B2 ini memiliki manfaat yang dapat membuat kulit ibu hamil lebih cerah dan tampak bersinar.

Selain itu, vitamin B2 juga dapat mencegah preekslampsia atau tekanan darah tinggi sejak dini. Kandungan vitamin B2 dapat ditemukan diberbagai jenis makanan seperti asparagus, brokoli, bayam, wortel, kacang almond, ubi jalar, wortel, oat, tempe, keju, susu dan telur.

3. Vitamin B3

Manfaat vitamin B3 atau niacin dapat mengatasi masalah pencernaan, mengurangi rasa mual, dan meredakan migrain yang sering terjadi saat hamil. Selain itu, vitamin B3 juga dapat mengoptimalkan perkembangan si calon bayi.

Sumber vitamin B3 dapat ditemukan pada biji Chia, biji bunga matahari, dada ayam, kacang, ikan tuna, alpukat, tomat, dan ubi jalar.

4. Vitamin B5

Saya masih ingat saat hamil anak pertama, saya sering mengalami kram kaki, rupanya saat itu memang saya kurang mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin B5. Padahal, vitamin B5 ini dapat mengurangi kram kaki pada ibu hamil.

Makanan sumber vitamin B adalah biji-bijian, sereal yang diperkaya, kuning telur, beras merah, kacang mete dan brokoli.

5. Vitamin B6

Saat hamil sering merasa mual kan? Nah kabar baiknya vitamin B6 dapat mengurangi mual atau morning sickness. Manfaat lainnya dapat meningkatkan perkembangan sistem saraf dan otak bayi di dalam kandungan.

Vitamin B6 dapat diperoleh dengan mengkonsumsi makanan seperti pisang, pepaya, sereal gandum, alpukat, nasi merah dan kacang-kacangan.

6. Vitamin B7

Jika saat hamil sering mengalami rambut rontok, kulit gatal, dan kuku rapuh cobalah perbanyak asupan gizi yang banyak mengandung vitamin B7. Selain itu, dapat mengoptimalkan pertumbuhan janin.

Vitamin B7 dapat ditemukan pada makanan seperti gandum, susu, jamur, royal jelly, kembang kol, oat, buah alpukat, kuning telur, kentang, keju, daging ayam, kacang kedelai, dan brokoli.

7. Vitamin B9

Vitamin B9 dikenal memiliki kandungan asam folat yang tinggi. Seperti yang diketahui, kandungan asam folat sangat baik untuk pertumbuhan janin juga dapat mencegah cacat lahir pada bayi.

Adapun sumber makanan vitamin B9 dapat ditemukan pada lentil, sereal yang diperkaya vitamin B9, kacang-kacangan, mi telur, buah alpukat, bayam, asparagus, dan hati sapi.

8. Vitamin B12

Vitamim B12 berperan penting untuk mencegah sistem saraf. Jika dikombinasikan dengan asam folat, vitamin B kompleks ini bisa semakin menurunkan risiko cacat lahir dan cacat tabung saraf pada calon bayi.

Vitamin B12 tersedia diberbagai jenis makanan seperti kacang kedelai, susu kedelai, ikan, unggas, telur, susu, dan Yoghurt.

Tidak hanya bermanfaat untuk ibu hamil dan janin, tapi bagi sobat Ainhy yang ingin menjalani hidup sehat dengan menjaga asupan nutrisi perlu mengetahui kegunaan vitamin B kompleks dan sumber makanannya untuk mengetahui vitamin B kompleks yang bagus.

33 thoughts on “Manfaat Vitamin B Kompleks bagi Ibu Hamil dan Sumbernya

  1. Anakku waktu kecil kalau sedang sakit dan ke dokter anak pasti diresepkan vit B kompleks juga, untuk mempercepat pemulihan dari sakit. Selain dari suplemen, vit B Kompleks bisa didapatkan dari buah, sayur dan sumber makanan lainnya ya. Memang penting banget vitamin B Kompleks ini terutama untuk bumil dan busui.

  2. Ooh vitamin B itu banyak jenisnya ya tnyata. Aku pikir vit B cuma B aja. Tnyata asam folat jg hrs dipadukan dgn berbagai vit B ini ya biar janin semakin sempurna.

  3. Ternyata vitamin B itu bagus ya buat ibu hamil. Terima kasih ya Bun atas informasi dan wawasannya

  4. Ibu hamil wajib konsumsi vitamin B untuk menjaga janin lahir dengan sehat ya mbak. Semoga mbak sehat ibu dan janinnya sampai lahiran nanti.

  5. Kemarin sedih banget lihat hasil lab si kakak mengidap defisiensi asam folat dan B12. Padahal si kakak ini doyan makan, suka susu kedelai dan all olahan kedelai. Sayur dan daging juga. Entah gimana ceritanya bisa anemia dan defisiensi

  6. Wahh banyak banget ya manfaat dari vitamin B ini kak. Kayaknya saya juga harus memperbanyak vit b5 deh karena sering kena kram kaki. Kalau b3/niacin udah sering banget ketemu karena jadi ingredients skinker favorit saya hehe

  7. Aku tahunya vitamin B, tapi ya jarang juga eksplor untuk tahu B kompleks itu apa saja. Ternyata lengkap juga ya mbak vitamin B yang dibutuhkan Bumil atau tubuh kita

  8. Salah satu asupan yang harus diperhatikan selama kehamilan vitamin B kompleks ini ya, Ainhy.
    Semoga sehat selalu ya sepanjang kehamilan kedua ini.

  9. Suami saya mengonsumsi vitamin B atas saran dokter berhubung Beliau malas makan.
    Dan beruntung baca artikel.ini sehingga bisa cari bahan dasarnya sesuai jenis vitamin B yang dibutuhkan. Artikelnya lengkap dan bermanfaat. Thanks ya…

  10. Inget deh jadinya jaman dulu pas hamil tuh, aku paksain rajin minum susu, plus segala macam vitamin buat kebutuhan nutrisi kita and si baby di dalam perut. Ternyata vitamin B kompleks memang dibutuhkan banget yaa bagi ibu hamil tuh.

  11. Aku, walaupun belum menikah dan belum hamil. Tapi paling suka cari informasi tentang kehamilan, dll. Biar bisa persiapan untuk pas udah hamil nanti. Karena jangan sampai yang harusnya dinantikan malah nggak ke urus.

  12. Udah ga diragukan lagi manfaat vitamnn B komplek, bagi ibu2 hamil yaaa.
    Tinggal kita aja yang memilih mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin B tsb dengan baik.
    Ahh semoga sehat buat semuanyaa

  13. owalah, baru tahu secara detail juga nih manfaat B kompleks satu-persatu. Waktu positif covid, aku minum vitamin B setiap hari, mbak. Baik juga untuk imun tubuh.

  14. Ahhh…ternyata wajah yang kusam saat hamil tuh karena kekurangan Vit. B2 yaaa… Semoga saja para ibu hamil baca artikel ini nih dan bisa mencukupkan kebutuhan vitamin B di tubuhnya dengan asupan makanan yang disebutkan di sini.

  15. banyak banget manfaat vitamin B ya mbaa.. memang ibu hamil harus terpenuhi semua nutrisinya ya agar ibu dan bayi tetap sehat

  16. Wah ternyata vitamin B kompleks banyak banget manfaatnya ya buat kesehatan kehamilan.
    Kudu makan makanan yang banyak mengandung vitamin B nih . Toh jenis makanan yang mengandung vitamin B ini juga gampang ditemukan ya mbak.

  17. Pas hamil kedua saya juga rajin mengkonsumsi buah dan sayur yang disebutkan di atas. Alhamdulillah banyak terdapat di warung terutama wortel dan brokoli. Yang sedikit susah itu kacang-kacangan.

  18. Ternyata asupan makanan dan vitamin dalam bentuk suplemen ini penting banget bagi ibu hamil dan menyusui terutama yaa..
    Karena sedang memberi makan untuk 2 orang, diri sendiri dan sang janin.
    Semoga sehat-sehat selalu, kak Ainhy.

  19. Wah baru tahu aku kalau vitamin B kompleks itu banyak banget manfaatnya ya
    Dan ternyata vitamin B itu bermacam-macam banget
    Duh, dulu sepertinya aku melewatkan pelajaran tentang ini deh
    Dan gak mampir dalam sumber-sumber bacaanku hehe
    Makasi infonya kakak

Thankyuuu sobat telah berkunjung di blog Ainhy Edelweiss. Silahkan meninggalkan jejak di kolom komentar yah, xoxo

Back To Top
error: Content is protected !!