Ini Lho Jenis-jenis Mesin Bubut dan Keunggulannya Masing-masing

Ketika impian saya membangun rumah bersama suami terwujud tahun ini, saya begitu bersyukur karena Tuhan memberikan kemudahan. Punya rumah sendiri tanpa ngontrak atau tinggal di rumah orang tua adalah hal yang sangat saya impikan.

Makanya, saat rumah saya dibangun, hampir setiap momen saya abadikan hingga proses pembangunan rumah pun saya amati saat tukang rumah kami bekerja.

Dari sini saya menjadi takjub dengan skill pekerja bangunan yang tidak hanya bisa membangun rumah bagaimana agar terlihat simetris dan indah, tapi juga bagaimana benda-benda yang dibutuhkan untuk kelengkapan rumah bisa terbentuk secara indah.

Padahal, jika dilihat sekilas, benda yang terbentuk itu dari material yang padat. Inilah yang membuat saya penasaran dan akhirnya membuat saya mengenal mesin bubut.

Dari kekaguman saya mengamati tukang bangunan hingga penasaran dengan benda-benda yang bersinggungan dengan rumah tangga akhirnya saya menemukan hal baru tentang mesin bubut yang memiliki peranan utama dalam membentuk sebuah benda-benda yang digunakan manusia dalam kehidupan sehari-hari.

Apa Itu Mesin Bubut?

Mesin Bubut

Mesin bubut adalah salah satu mesin yang digunakan dalam industri manufaktur untuk melakukan proses pembentukan dan pemotongan material dengan presisi tinggi. Mesin ini bekerja dengan prinsip memutar material sambil menggunakan alat potong untuk menghasilkan bentuk yang diinginkan.

Alat mesin ini tentu saja menjadi penting dalam pembuatan komponen-komponen presisi yang digunakan dalam berbagai industri, seperti otomotif, pesawat terbang, peralatan medis, dan banyak lagi.

Mesin bubut memiliki fungsi utama dalam melakukan rotasi material pada spindel dan memahat dengan kecepatan yang telah ditentukan. Proses ini bertujuan untuk menghilangkan material berlebih dan mencapai bentuk serta ukuran material yang diinginkan.

Untuk mencapai hasil yang diinginkan, tidak hanya menggunakan mesin bubut, tapi juga perlu alat lainnya seperti alat potong dan mata bor berdiameter beragam, sehingga mesin mampu menghasilkan hasil potong yang presisi.

Mengapa mesin bubut menjadi pilihan utama bagi berbagai sektor industri yang mengutamakan kualitas dan ketelitian dalam proses produksi? Karena mesin bubut bisa menghasilkan material dengan bentuk dan ukuran yang presisi. Tidak heran, jika hingga saat ini mesin bubut tetap menjadi primadona bagi pengrajin manufaktur.

Prinsip Kerja Mesin Bubut

Berbagai jenis mesin bubut

Berikut ini beberapa cara kerja mesin bubut yang perlu diketahui.

Mesin bubut bekerja berdasarkan prinsip memutar benda kerja dan alat pemotong tetap. Benda kerja dipegang di antara dua penyangga yang kaku dan kuat yang disebut pusat atau di chuck atau di pelat muka yang berputar.

Bubut menghilangkan bahan yang tidak diinginkan dari benda kerja yang berputar dalam bentuk serpihan dengan bantuan alat yang melintang di seluruh pekerjaan dan dapat diumpankan jauh ke dalam pekerjaan.

Operasi pemotongan normal dilakukan dengan pahat potong diumpankan secara paralel atau pada sudut kanan ke sumbu pekerjaan.

Pahat potong dapat diumpankan pada sudut yang relatif terhadap sumbu kerja untuk kemiringan dan sudut pemesinan.

Sederhananya prinsip kerja mesin bubut membuang bagian benda kerja untuk mendapatkan bentuk tertentu dimana benda kerja tersebut berputar dengan kecepatan tertentu seiring dengan proses input yang dilakukan oleh suatu alat yang bergerak sejajar sumbu rotasi dari benda kerja.

Setelah memahami bagaimana cara kerja mesin bubut , berikut ini jenis-jenis mesin bubut yang perlu diketahui sebelum membeli agar bisa menyesuaikan dengan kebutuhan.

Jenis-jenis Mesin Bubut

Berikut ini beberapa jenis-jenis mesin bubut berdasarkan pemrosesan yang berbeda saat pembubutan:

1. Lathe Machine Capstan dan Turret

Mesin bubut capstan dan turret (capstan and turret lathe) adalah mesin bubut semi-otomatis yang digunakan untuk produksi massal. Alat potongnya terpasang pada turret yang dapat diputar.

2. Lathe Machine Bench

Mesin bubut bench (bench lathe) biasanya dipasang pada meja kerja, karena memiliki ukuran yang kecil. Mesin ini dapat mengerjakan produksi kecil dengan akurat pada operasi bubut kayu, logam, maupun kaca.

3. Lathe Machine Speed

Mesin bubut speed (speed lathe) atau disebut juga wood lathe, umumnya digunakan untuk membubut kayu. Mesin ini dapat dioperasikan dengan kecepatan tinggi dan secara manual, memiliki rentang kecepatan antara 1200-3600 RPM.

4. Lathe Machine Tool Room

Mesin bubut toolroom (toolroom lathe) dioptimalkan untuk pekerjaan toolroom dengan kecepatan dan feed yang relatif lebih akurat. Mesin bubut ini memiliki bed yang relatif lebih kecil dari mesin bubut biasanya.

5. Lathe Machine CNC

Mesin bubut CNC (CNC lathe) beroperasi secara otomatis melalui program komputer. Dengan mesin CNC, produksi massal dapat dilakukan dengan presisi dan kecepatan tinggi. Mesin bubut CNC adalah jenis mesin bubut tercanggih saat ini.

Salah satu mesin bubut CNC adalah mesin plasma. Mesin plasma atau biasa dikenal cutting plasma juga memiliki peranan yang sangat penting dalam dunia manufaktur saat ini. Hadirnya mesin plasma, tentu melengkapi kerja mesin bubut yang banyak digunakan saat ini untuk menciptakan bentuk benda-benda yang lebih canggih dan bermanfaat.

Cara kerja mesin bubut

Mesin plasma adalah sebuah mesin yang dapat memotong aneka jenis logam atau plat besi dan bahan lainnya dengan tingkat akurasi yang baik. Hasil pemotongan dengan CNC plasma menghasilkan potongan yang jauh lebih baik dan presisi.

Selain itu, mesin bubut juga membutuhkan las bubut. Las bubut adalah proses pengelasan yang menggunakan bantuan dari mesin las bubut. Saat ini ada 2 jenis las bubut, yaitu las bubut konvensional & rotary friction welding.

Saat menggunakan mesin las bubut, ada dua metode yang biasanya digunakan yaitu las MMA dan las MIG. Las MIG adalah singkatan dari las Metallica Inert Gas yang merupakan las busur gas yang menggunakan kawat las sekaligus elektroda.

Sementara Las MMA (Manual Metal Arc) adalah satu teknik pengelasan yang paling serbaguna dan umum. Pengelasan ini juga sering disebut dengan las shield MMA Welding atau las stik yang prosesnya membutuhkan busur yang bekerja diantara elektroda yang dilapisi flux dan benda kerja.

Las MIG adalah singkatan dari las Metal Inert Gas

Setelah mengetahui tentang mesin bubut, kamu pasti penasaran apa saja yang dihasilkan dari mesin bubut. Salah satu hasil dari teknik mesin bubut adalah aksesoris dari logam seperti gelang, kalung, cincin, anting dan masih banyak lagi produk menarik dan fungsional.

Berapa Harga Mesin Bubut?

Setelah mengetahui pengertian mesin bubut, cara kerja dan fungsinya, kamu pasti penasaran dengan harga mesin bubut. Harganya bervariasi sesuai dengan kebutuhan. Mulai dari lima ratus ribuan hingga puluhan juta. Hadirnya mesin bubut dalam industri manufaktur memberikan kemudahan untuk menciptakan benda-benda fungsional dalam kehidupan sehari-hari.

Artikel Menarik Lainnya

18 Komentar

  1. Aku tahunya mesin bubut ya selain kadang di tukang las, juga di bengkel2 gtu.
    Ternyata mesin bubut memilih bermacam varian ya. Ternyata yang berperan penting salah satunya adalah mesin plasma yang membuat mesin bubut bekerja membentuk benda 2 yang dipakai dalam industri ya. Thanks infonya 😀

  2. Sebagai seorang yang bukan dari pekerja manufaktur, melihat ini kayak jaraaaangg banget dengan yang namanya mesin bubut. Meskipun gitu gegara baca tulisan ini jadi tahu mengenai mesin bubut meskipun tidak pernah nyentuh sekalipun.

  3. Andri Marza Akhda

    Saya termasuk jarang melihat mesin bubut ini. Palingan dulu pernah lihat mesin bubut khusus untuk kayu. Dibaca baca fungsinya, wajar kalau mesin bubut ini banyak digunakan ya.

  4. selama ini sering dengar mesin bubut, kirain itu cuma satu saja jenisnya ternyata punya banyak jenis dan fungsinya masing-masing ya, harganya pun fantastis juga ya karena ada yang sampai puluhan juta ternyata ya, woow sekaliii

  5. wiwid nurwidayati

    Saya sudah sering mendengar nama mesin ini, Tapi nggak tahu fungsi dan cara kerjannya bagaimana. Tapi membaca artikel ini saya jadi memiliki sedikit gambaran tentang mesin bubut

  6. Baru tau keunggulan mesin bubut dari baca artikel ini, ternyata bukan hanya untuk halusin besi ya kak hehehe keren penjelasnnya buat orang awam kyk aku

  7. Mbaaak aku baru tahu mesin bubut ini banyak sekali manfaatnya ya, berguna banget mana harganya mulai 500 ribuan saja 🥰

  8. Harga mesin bubut ternyata sangat beragam, dikira dimulai dari jutaan, ternyata ada yang dari 500ribuan saja, ya.
    Dengan beragamnya harga mesin bubut kita bisa memilih menyesuaikan dengan budget yang kita miliki jika mau membeli mesin bubut ini, tapi tetap harus disesuaikan juga dengan kebutuhan, ya

  9. Macam-macam ternyata ya mesin bubut ini. Aku tahunya ya satu aja. Pernah lihat sodara punya mesin bubut. Dulu dia pake buat kayu. Dulu mesinnya itu besar. Sekarang mah udah makin modern ya. Ukurannya juga jadi ada yang kecil dan fungsinya juga makin beragam.

  10. Liumayan sering denger “mesin bubut” tapi nggak pernah nyari tahu apa dan bagaimananya. Ternyata buat memotong benda supaya hasilnya presisi, toh.

  11. Dian Restu Agustina

    Dengan harga mulai dari lima ratus ribuan sudah dapat membeli mesin bubut yang ternyata salah satu hasil dari teknik mesin bubut adalah aksesoris dari logam seperti gelang, kalung, cincin, anting dan masih banyak lagi produk menarik dan fungsional yang banyak dipakai di keseharian.

  12. Dari namanya, mesin bubut ini udah gak asing ditelinga saya, tapi baru liat penampakan dan detail fungsinya di artikel ini. Menambah Insight baru nih.

  13. Aku jarang sekali melihat mesin ini, dan ternyata ada beberapa jenisnya juga yahh, jadi bisa dipilih sesuai kebutuhan tempat kerja.

  14. Wah baru tau kalo mesin bubut punya beberapa jenis, saya taunya yang gede itu soalnya sering lihat di pabrik. Nice info kak.

  15. Baru tau kalau mesin bubut ini gunanya untuk memotong benda. Bayangan saya mesin bubut itu adanya di bengkel atau di pabrik. Ternyata menjadi alat produksi yg penting ya mesin bubut ini.

  16. Muhammad Rifqi Saifudin

    Buat perusahaan manufaktur, mesin bubut ini penting banget sih, yang bisa bikin suatu alat dapat berjalan dengan lancar kan kalau dibuat dengan presisi ya, mesin bubut ini bisa melakukannya dengan pas

  17. tukang jalan jajan

    Jenis mesin bubut yang tepat untuk kita emang tergantung pada kebutuhan dan digunakan buat apa sih ya. Pertimbangkan faktor-faktor seperti anggaran, keterampilan operator, jenis pekerjaan yang akan dilakukan, dan tingkat presisi yang dibutuhkan.

  18. Agustina Purwantini

    Saya waktu kecil mayan akrab dg mesin bubut. Tetangga sering menggunakannnya. Pekerjaan dia entah apa namanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.