Kiat Sukses Mengatur Pendapatan untuk Reksadana Pasar Uang

Reksadana pasar uang
Sumber Gambar: Pexels

Hingga saat ini masih banyak orang yang abai terhadap keuntungan berinvestasi. Padahal investasi sangat penting sekali untuk masa depan. Sebut saja salah satunya reksadana pasar uang yang merupakan salah satu produk investasi populer saat ini.

Reksadana pasar uang adalah investasi yang cocok untuk berbagai kalangan, khususnya untuk Anda yang punya modal besar. Pasalnya, semakin besar modal yang Anda tanamkan, semakin besar juga keuntungan yang bisa didapatkan. Terlebih, saat ini reksadana sudah semakin mudah dijalankan secara online melalui aplikasi.

 

Kenapa Harus Reksadana Pasar Uang?

DBS Treasures
Sumber Gambar: Pexels

Reksadana pasar uang tidak hanya dikenal sebagai reksadana yang paling populer saja. Produk investasi ini juga memiliki sejumlah kelebihan sebagai berikut:

1. Minim Risiko

Pengalokasian reksadana pasar uang yaitu hanya pada aset-aset tertentu seperti Surat Berharga Pasar Uang (SBPU), Sertifikat Bank Indonesia, deposito, dan sebagainya. Aset-aset tersebut dinilai minim risiko.

 

2. Cocok untuk Jangka Panjang Maupun Jangka Pendek

Menurut laman resmi OJK (Otoritas Jasa Keuangan), reksadana pasar uang cocok untuk investasi jangka pendek di bawah 1 tahun. Namun, untuk mendapatkan hasil yang optimal, Anda bisa memilih jangka yang lebih panjang mulai dari 3 hingga 5 tahun.

 

3. Dikelola oleh Manajer Investasi Profesional

Seperti reksadana pada umumnya, dana masyarakat yang ingin berinvestasi akan dihimpun dan dikelola oleh manajer investasi profesional. Itu artinya investor hanya tinggal menikmati hasilnya saja.

 

4. Sudah Bisa Dijalankan secara Online

Semua produk reksadana sudah bisa Anda beli atau Anda jalankan secara online. Begitu juga dengan reksadana pasar uang yang bisa dikelola hanya melalui sebuah aplikasi di HP.

 

Kiat Sukses dalam Berinvestasi 

Tertarik untuk berinvestasi reksadana pasar uang? Berikut sudah kami rangkum apa saja hal yang harus Anda ketahui di awal agar aktivitas investasi Anda berjalan sesuai dengan harapan.

 

1. Pengalokasian Dana yang Ideal untuk Berinvestasi

Gunakan metode 50-30-20 sebagai sistem pengaturan keuangan untuk berinvestasi. Angka tersebut menunjukkan persentase pengalokasian dana untuk masing-masing kebutuhan. 50% adalah nilai untuk Anda alokasikan pada kebutuhan yang bersifat primer.

Sedangkan untuk 30% pendapatan bisa Anda gunakan untuk kebutuhan yang bersifat hiburan seperti traveling keluar negeri. Selain itu, juga bisa Anda gunakan untuk keinginan tambahan seperti membeli perhiasan dan lainnya.

20% sisa dari dana Anda bisa dialokasikan pada investasi reksadana pasar uang. Tujuan dari investasi ini bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan masing-masing.

 

2. Jangan Lupa untuk Membuat 2 Rekening Terpisah

Reksadana pasar uang adalah investasi yang mudah dijalankan. Meski begitu, Anda tetap harus punya dua rekening terpisah. Satu rekening Anda gunakan untuk pemasukan dan rekening satunya lagi Anda gunakan khusus untuk berinvestasi.

Rekening yang satunya lagi juga bisa Anda gunakan untuk menabung. Pasalnya reksadana pasar uang adalah investasi dengan imbal hasil tinggi jika modal yang Anda gunakan pun tinggi.

 

3. Buat Catatan Pengeluaran

Alangkah baiknya Anda membuat catatan pengeluaran secara berkala. Tujuan dari pencatatan pengeluaran ini yaitu untuk mengevaluasi pengeluaran bulanan Anda. Selain itu, catatan ini juga akan membantu Anda untuk melihat aliran dana yang Anda keluarkan untuk apa saja.

Dengan catatan pengeluaran ini, Anda juga tidak akan kesulitan saat mengevaluasi pengeluaran. Dengan begitu, Anda bisa memaksimalkan pengeluaran dan pengalokasian dana untuk investasi.

 

4. Dahulukan Pelunasan Tagihan

Sebelum berinvestasi reksadana jenis pasar uang, pastikan Anda mendahulukan pelunasan tagihan terlebih dahulu. Contohnya seperti tagihan kartu kredit, cicilan mobil, dan lainnya. Jangan pernah menunda pelunasan tagihan karena akan berdampak buruk pada keuangan.

Setelah melunasi semua cicilan, silahkan Anda alokasikan penghasilan untuk menabung atau investasi.

 

5. Menyimpan Uang Tunai Secukupnya

Uang tunai akan membantu Anda untuk memenuhi kebutuhan yang bersifat mendadak. Namun, sebaiknya Anda tidak terlalu banyak menyiapkan uang tunai agar dapat menghindari pembelian barang-barang mewah.

Menyimpan dana secukupnya juga akan membantu Anda untuk mengurangi pengeluaran. Contohnya ketika Anda tergoda ingin membeli sebuah perhiasan, maka Anda akan mengurungkan niat membelinya karena dana uang tunai yang terbatas. Dengan begitu, Anda dapat dengan mudah mengalokasikan dana untuk investasi.

 

Cara Berinvestasi Reksadana Online

Tidak punya waktu untuk mendaftar atau membeli reksadana secara luring? Saat ini Anda bisa membelinya secara daring melalui perbankan prioritas DBS Treasures. Produk ini terjamin keamanannya karena sudah terdaftar di OJK (Otoritas Jasa Keuangan).

DBS Treasures juga cocok menjadi mitra finansial untuk diversifikasi reksadana. Selain itu juga menawarkan imbal hasil yang terbilang kompetitif untuk para investor. Proses pengelolaan reksadana juga dilakukan oleh manajer investasi yang menjadi mitra DBS Treasures.

 

Kelebihan DBS Treasures

Berikut ini kami sudah merangkum apa saja kelebihan-kelebihan yang ditawarkan oleh DBS Treasures:

  • Pengelolaan investasi dilakukan oleh manajer investasi terkemuka yang bisa mengoptimalkan kinerja produk reksadana.
  • Investor akan mendapatkan wawasan dari tim ahli finansial yang selalu proaktif mengkomunikasikan peluang terkini dan analisis pasar sesuai kebutuhan tiap investor.
  • Mampu mengurangi risiko kerugian investasi melalui diversifikasi.
  • Proses registrasi SID (Single Investor Identification), jual, beli, hingga switching reksadana semua bisa dilakukan melalui Aplikasi digibank by DBS secara online. Proses analisa reksadana juga didukung oleh data dari infovesta. Investor yang belum memiliki SID dari KSEI (Kustodian Sentral Efek Indonesia) juga bisa didaftarkan langsung di aplikasi ini. 

Tertarik untuk berinvestasi reksadana pasar uang? Silakan Anda daftar menjadi nasabah prioritas dan beli produk investasi dari DBS Treasures yang sudah terjamin kualitas dan keamanannya.

 

Artikel Menarik Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.