Pentingnya Kolaborasi dalam Membangun Bisnis

Pentingnya kolaborasi
Sumber Gambar: Pexels

Beberapa waktu yang lalu saya pernah mengikuti sebuah seminar dan dari pertemuan tersebut ada satu hal yang hingga hari ini masih terngiang dalam benak saya. Bahwa dalam membangun sebuah usaha atau bisnis diperlukan adanya kolaborasi. Mengapa pentingnya kolaborasi menjadi hal yang patut didiskusikan? Bukankah saat membangun bisnis kita dihadapkan oleh banyak persaingan yang kian hari makin sengit?

Saat membangun bisnis, hal yang tidak luput dari perhatian adalah kompetitor. Hadirnya pesaing dalam bisnis menuntut kita agar bisa membangun strategi yang mampu bersaing dengan kompetitor. Ini adalah mindset kebanyakan orang dan memang masih berlaku hingga saat ini, bahwa kompetitor adalah pesaing bisnis yang harus dikalahkan.

Maka tak jarang, banyak yang menganggap pesaing usaha adalah ajang menang dan kalah dalam berbisnis.

Tapi, di era digital yang semakin maju saat ini, perlahan mindset tersebut mengalami pergeseran. Dimana kompetitor yang dulunya dianggap pesaing sehingga tak jarang menjadi ajang saling lomba, kini kompetitor dianggap peluang dalam melakukan kolaborasi demi tercapainya tujuan bersama saat berbisnis.

Mengapa saat ini kolaborasi begitu penting? Yuk simak informasi lengkapnya berikut ini.

Pentingnya Kolaborasi dalam Membangun Bisnis

Berkolaborasi dalam bisnis saat ini dianggap penting dan menjadi salah satu faktor suksesnya usaha yang kita miliki. Mengapa kolaborasi perlu dilakukan? Berikut ini beberapa alasannya.

1. Bekerjasama Lebih Menguntungkan

Kesadaran berbisnis saat ini adalah bahwa kita tidak bisa melakukan semuanya sendirian. Daripada bersaing lebih menguntungkan jika saling bekerjasama. Membangun kerjasama tentu diperlukan kesepakan antara kedua belah pihak, saling transparan dan memiliki pandangan yang jauh ke depan. Dengan begitu, usaha atau bisnis terasa lebih mudah dan tentunya saling memberikan keuntungan.

Contoh misalnya si A memiliki usaha sate, sementara si B mempunyai usaha ayam stoknya banyak. Si A dan si B tentu bisa melakukan kerjasama yang saling menguntungkan.

2.Membangun Jaringan

Siapa yang tidak mengenal Jack Ma, salah seorang pengusaha tersukses dari China yang menarik banyak perhatian publik.

Ternyata salah satu kunci sukses Jack Ma adalah memiliki jaringan yang luas. Tak bisa dimungkiri saat kita ingin bisnis yang dimiliki menjadi terkenal, tentu kita harus membangun relasi atau jaringan, semakin sering bertemu dengan banyak orang, semakin banyak peluang membangun koneksi dan kolaborasi. Dengan begitu, usaha yang dimiliki juga bisa berkembang.

3. Menginspirasi dan Memberi Pelajaran

Melakukan kolaborasi tentu bukan hanya berkisar pada untung rugi dalam sebuah bisnis. Namun, dengan berkolaborasi, kita bisa mendapatkan inspirasi dan mengambil pelajaran. Di sisi lain, kita juga bisa memberikan inspirasi dan pengalaman kepada orang lain.

4. Memberikan Perubahan Positif

Lain halnya ketika berbisnis dan hanya bersaing dengan kompetitor tanpa bekerjasama, saat berkolaborasi, kita bisa mendapatkan perubahan secara positif.

Dalam kolaborasi, bukannya merasa dijatuhkan tapi sebaliknya. Perubahan yang ada bisa memberikan dampak positif.

Baca Juga:

Cluster Z Living untuk Gen Z dan Milenial

Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga Agar Bisa Berinvestasi

5 Tips Agar Bisnis Jasa Sukses

5. Mendapatkan Rekan Pemecah Masalah

Masalah akan lebih mudah diselesaikan jika bersama-sama. Saat melakukan kolaborasi, tentu kita akan mendapatkan rekan yang tidak hanya sekedar rekan bisnis namun, bisa menjadi pemecah masalah disaat kita mengalami berbagai masalah saat menjalankan bisnis.

Di era digital saat ini tentu terjadi pergeseran paradigma dalam bersaing, yang tadinya tidak ada kerjasama sekarang melakukan kolaborasi, sehingga menjadi salah satu faktor penting suksesnya sebuah bisnis.

Ngomong-ngomong tentang pentingnya kolaborasi, saya bangga dengan salah satu jasa ekspedisi di Indonesia yaitu JNE yang menjadi mitra pelaku usaha baik kecil ataupun menengah yang membuka peluang kolaborasi terdapat pelaku UKM. Hal tersebut diwujudkan dalam program JNE Ngajak Online – Goll… Aborasi Bisnis Online. 

Tentang Program Goll Aborasi Bisnis Online JNE

JNE Ngajak Online 2022 - Goll..Aborasi Bisnis Online
Event Virtual JNE Ngajak Online 2022 – Goll Aborasi Bisnis Online

Goll Aborasi atau kolaborasi adalah salah satu program JNE yang kembali dihadirkan tahun ini. Tentunya, program JNE Ngajak Online – Goll Aborasi Bisnis Online ini memberikan dampak positif bagi UKM di seluruh Indonesia.

Tahun ini, JNE kembali menghadirkan JNE Ngajak Online 2022 – Goll Aborasi Bisnis Online, perhelatan virtual yang mengumpulkan UKM lokal di 59 kota di Indonesia. Diawali di Kota Cilacap, JNE berupaya mampu meningkatkan daya saing serta mengembangkan kapasitas UKM khususnya di Cilacap baik dalam skala nasional maupun global.

Marsudi selaku Head Regional Jateng-DIY membuka gelaran ini dengan menyatakan “Melalui acara ini semoga laju pertumbuhan UKM bisa bersama-sama tumbuh, menuju perkembangan bisnis 5.0. yang akan bertransformasi secara cepat. Mudah-mudahan JNE bisa memberikan terobosan tidak hanya melayani pengiriman, namun memberikan solusi bagi para pengusaha.”, ujar Marsudi pada JNE Goll..Aborasi Bisnis Online, Jum’at (25/3).

Melalui acara ini, pelaku bisnis mendapatkan banyak masukan bagaimana usaha online yang dijalankan saat ini mampu bersaing secara sehat dan melakukan kolaborasi yang saling menguntungkan.

Bagi pebisnis, JNE menyediakan berbagai layanan yang bisa memudahkan usaha online berkembang dan menjangkau lebih banyak pelanggan, apalagi saat ini JNE selalu berinovasi dan meningkatkan layanannya. Tidak hanya itu, JNE juga memberikan solusi kepada UKM agar bisa berkembang.

Nah untuk itu bagi kamu yang memiliki usaha online saat ini, jangan ragu untuk melakukan kolaborasi dengan pelaku usaha lainnya. Karena dengan berkolaborasi, kira bisa mendapatkan banyak keuntungan dan manfaat. Apalagi saat ini JNE hadir tidak hanya menjadi layanan ekspedisi, tapi membuka peluang kolaborasi bagi UKM.

Semoga informasi mengenai pentingnya kolaborasi dalam bisnis bermanfaat

.

Artikel Menarik Lainnya

2 Komentar

  1. Mengenal Liwa Supriyanti, Sosok Pengusaha Baja Sukses - Blog Ainhy Edelweiss

    […] Pentingnya Kolaborasi dalam Membangun Bisnis […]

  2. Pengalaman Gabung di TikTok Shop Afiliate - Blog Ainhy Edelweiss

    […] Pentingnya Kolaborasi dalam Membangun Bisnis […]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.