Aktivitasku Beranda

Belajar Meresensi Buku di Paradigma Institute

“Hari yang cerah untuk hati yang riang.”

~Ainhy Edelweiss~

Suasana belajar di Paradigma Institute

Hari ini terasa berbeda dari hari-hari sebelumnya, meski tetap pada rutinitas yang sama. Bedanya, aku merasa lebih bersyukur untuk setiap detik yang kumiliki. Jika hari kemarin masih sulit berkompromi dengan disiplin diri yang masih kacau, sekarang lebih tenang setelah membaca buku karya Mark Manson. Bukunya anti mainstream banget, yang memiliki pesan moral tentang hidup dan penerimaan diri. Tapi, aku gak akan share lebih lanjut di artikel ini.

Seperti biasa pada pukul 02.00 pm aku berada di Paradigma Institute. Hari ini merupakan pertemuan ke-4 sejak kelas menulis dimulai.

Topik kali ini membahas tentang resensi buku. Masing-masing dari kami membawa satu resensi buku yang telah kami baca. Tujuan resensi buku di kelas menulis literasi untuk meningkatkan minat baca, selain itu melatih kemampuan menulis kami.

Aku kagum dengan teman-teman di kelas yang meresensi buku tidak hanya novel seperti aku. Namun, banyak teman-teman yang meresensi buku yang menurutku tema-tema buku tersebut lumayan sulit untuk diresensi. Bagiku, titik berat meresensi adalah mengambil angel atau meracik topik utama yang kita anggap penting dan mudah dipahami oleh pembaca.

Aku termasuk salah satu yang diberikan kesempatan untuk membacakan hasil resensiku. Lumayan bagus kata kak Muhajir selaku mentor di kelas menulis. Aku baru tahu bahwa di dalam resensiku, harus mengambil angel/topik yang akan kuangkat dalam resensi, seperti kata mentor kami, meresensi buku bukan soal menyampaikan semua isi buku tersebut.

Latihan meresensi terus menerus perlu ditingkatkan guna mengasah kemampuan menulis. Dan salah satu cara terbaik menurutku untuk latihan meresensi adalah menulisnya di blog. Secara pribadi, meresensi buku sangat penting. Mengapa? karena seseorang yang membaca buku tidak hanya membacanya setelah selesai lalu menutup buku tersebut, namun dengan meresensi buku, pembaca akan lebih aware terhadap bacaannya kemudian wawasan pembaca akan tergali saat meresensi buku.

Nah friends, apa resensi bukumu minggu ini? yuk share di kolom komentar. 🙂

_____

21 Oct 2018, Mksr

 

2 thoughts on “Belajar Meresensi Buku di Paradigma Institute

Thankyuuu sobat telah berkunjung di blog Ainhy Edelweiss. Silahkan meninggalkan jejak di kolom komentar yah, xoxo

Back To Top
error: Content is protected !!