Cara Main UNO Stacko Beserta Tips dan Trik

Berkumpul dengan keluarga merupakan momen yang paling ditunggu-tunggu saat masing-masing sudah memiliki kesibukan. Ketika pandemi ditetapkan, ada satu sisi positif yang dapat kita rasakan yaitu berkumpulnya keluarga di rumah. Namun, tanpa terasa dua tahun nyaris berlalu pandemi belum juga usai. Perlahan, kita merasa bosan sendiri berada di rumah.

Demi menghilangkan kejenuhan, banyak yang mulai mencari ide agar tetap merasa nyaman di rumah. Salah satunya bermain bersama keluarga. Tak ketinggalan permainan UNO stacko mulai banyak dibicarakan bahkan menjadi permainan paling direkomendasikan untuk keluarga. Karena saya juga penasaran, akhirnya saya mencari tahu tentang permainan ini. Lalu, bagaimana cara main UNO stacko?

Cara main UNO stacko

Apa dan Bagaimana Permainan UNO Stacko

UNO adalah jenis permainan kartu. Nah kali ini UNO mengeluarkan permainan yang sangat seru dan cocok dimainkan bersama keluarga. Namanya adalah UNO stacko. Permainan UNO ini berbentuk balok-balok kecil yang dapat disusun menjadi sebuah menara.

Yang menjadikan permainan UNO stacko menarik dan seru adalah karena pada saat memainkannya, kita akan merasakan sensasi tegang dan gemes ketika mengambil satu balok dan meletakkan kembali di atas, diperlukan konsentrasi serta kehati-hatian agar menaranya tidak runtuh.

Memainkan UNO stacko tidak dituntut untuk menjadi pemenang, tapi bagaimana agar tetap bertahan dan tidak meruntuhkan menara. Itulah poin dalam permainan ini. Tentunya, perlu menggunakan trik tersendiri agar berhasil bertahan saat memainkan UNO stacko bersama teman atau keluarga.

Baca Juga:

Serunya Bermain Hidden Object di plays.org

Rekomendasi Games Edukasi Online

Review Aplikasi Senyumku

Jenis Permainan UNO Stacko

Permainan UNO stacko terbagi atas dua jenis, yaitu dari segi bahan dan cara bermain.

Untuk jenis bahannya, UNO stacko ada yang berbahan plastik dan kayu. Umumnya kita lebih sering melihat UNO stacko dan mungkin yang ini lebih populer di Indonesia, namun ada banyak juga yang memilih UNO stacko berbahan kayu. Menurut saya, UNO stacko berbahan kayu terlihat lebih estetik. Tapi bagi kamu yang suka warna-warni, maka UNO stacko jenis plastik lebih cocok, karena baloknya berwarna-warni.

Dan untuk jenis permainannya, UNO Stacko terbagi dua, ada yang pakai dadu dan ada yang tidak pakai dadu. Biasanya yang tidak pakai dadu menggunakan UNO stacko yang terbuat dari plastik. Sedangkan yang pakai dadu terbuat dari kayu.

Bermain UNO Stacko tanpa Dadu

Jenis permainan UNO stacko ysng satu ini lebih mirip dengan permainan UNO kartu, karena memiliki gambar, simbol dan warna yang sama. Jumlah balok pada UNO stacko ada 45 balok dengan 32 balok angka (8 biru, 8 merah, 8 kuning dan 8 hijau), 4 balok draw two, 4 balok reserve, 4 balok skip, serta 1 balok wild.

Berikut ini penjelasan arti dari setiap simbol yang ada pada balok UNO Stacko.

Balok angka: Balok dengan simbol angka dikedua sisi. Angkanya terdiri dari angka 1-4. Balok ini menentukan warna atau angka yang harus diambil pemain selanjutnya.

Balok draw two: Balok dengan gambar dua kartu yang berjejer. Maksudnya pemain selanjutnya harus mengambil dua balok jika ada pemain yang mengambil balok ini.

Balok reverse: Ini yang di baloknya ada gambar dua panah berlawanan arah. Fungsinya untuk memutar balik arah permainan. Jadi misal kalau sebelumnya giliran berjalan kearah kanan sekarang jadi ke kiri.

Balok skip: Balok yang bergambar lingkaran dengan garis miring didalamnya. Artinya satu pemain setelahnya diberhentikan alias gak boleh main pada putaran itu, jadi langsung lompat ke dua pemain setelah si pengambil balok.

Balok wild: Balok ini terbilang spesial karena hanya ada satu balok. Biasanya berwarna ungu. Pemain yang mendapatkan balok ini bebas menentukan waena apa yang harus diambil oleh pemain selanjutnya. Wah bisa ngerjain lawan nih.

Bermain UNO Stacko dengan Dadu

UNO stacko dengan dadu

Jenis UNO stacko dengan dadu biasanya berbahan kayu. Baloknya tidak memiliki gambar dan simbol melainkan hanya angka. Jadi komponennya hanya balok dan dadu. Aturan main UNO stacko dengan dadu sebenarnya sama, namun ada sedikit perbedaan cara mainnya, seperti berikut ini;

– Susun balok angkanya terlebih dahulu.
– Kocok 4 dadu dan hasilnya akan menentukan angka berapa yang harus diambil pemain.
– Angkanya sendiri bisa didapat dari penjumlahan, pengurangan, perkalian, atau pembagian antara 4 dadu tadi.
– Cara menentukannya tergantung dari kesepakatan para pemain sebelum mulai.

Cara Main Uno Stacko

Apapun jenis UNO stacko yang kamu pilih, berikut ini langkah -langlah bermain UNO stacko secara umum, simak yah!

1. Sebelum memulai permainan, pastikan sudah menyusun balok menjadi menara.

2. Jika pemainnya dua orang, kamu harus suit terlebih dahulu untuk menentukan siapa pemain pertama. Namun, jika lebih dari dua pemain, kamu bisa melakukan hom pim pa.

3. Pemain pertama harus mengambil 1balok angka dan tidak boleh mengambil balok yang berada di tiga baris teratas.

4. Pengambilan balok harus dilakukan satu tangan saja. Ingat, sentuhan tangan pertama pada balok yang menentukan kamu harus mengambil balok yang mana. Jadi, berhati-hatilah menarik balok.

5. Balok yang sudah diambil ditaruh dibagian paling atas. Nah inilah bagian paling seru dari bermain UNO stacko, karena kamu harus berhati-hati agar tidak roboh menaranya.

6. Pemain kedua dan seterusnya biasanya disesuaikan dengan urutan duduk, biasanya ke arah kanan dan seterusnya.

7. Pemain kedua harus mengambil balok sesuai dengan pemain pertama begitu pun seterusnya. Pemain ketiga mengambil balok sesuai pemain sebelumnya. Misalnya, pemain pertama mengambil balok berwarna merah, berarti pemain kedua juga harus mengambil balok berwarna merah.

8. Begitu seterusnya. Permainan akan berakhir jika ada pemain yang merobohkan menara. Pemain tersebut dinyatakan kalah. Dan biasanya ada konsekuensi atau hukuman bagi pemain yang kalah. Hukumannya tergantung kesepakatan para pemain sebelum bermain UNO Stacko.

Tips dan Trik Bermain UNO Stacko

Kunci agar tetap bertahan dari permainan UNO stacko adalah berhati-hati. Permainan ini bukan soal siapa pemenangnya. Permainan akan berakhir jika ada pemain yang menghancurkan menara dan pemain tersebut dinyatakan kalah. Tak peduli seberapa lama permainan akan berlangsung, disinilah kamu harus survive saat meletakkan kembali balok di atas menara. Agar tetap bertahan, kamu bisa mencoba trik jitu cara main UNO stacko berikut ini;

– Saat giliranmu mengambil balok tiba, ambillah balok yang menyusahkan pemain selanjutnya. Dalam hal ini, kamu harus peka melihat balok mana yang menyulitkan pemain berikutnya.

– Ambillah balok bagian kiri atau tengah, karena letak balok ini yang paling mudah. Karena jika mengambil bagian tengah, menaranya mudah jatuh.

– Jika kami merasa khawatir baloknya jatuh, sentil saja baloknya. Cari bagian yang satu layer di atas dan di bawahnya sudah tinggal 2 atau 1 balok supaya mudah digeser. Geser dikit baloknya keluar, kemudian sentil dengan cepat!

– Tetap tenang dan fokus selama permainan berlangsung.

– Jika kalah, tetap semangat. Ingat, ini hanya permainan. Namun, kamu bisa belajar dari kekalahan, agar saat bermain UNO stacko kamu sudah memiliki strategi bertahan.

Seru banget kan? Sekali main UNO stacko pasti bakal nagih deh, apalagi jika dimainkan bersama keluarga. Permainan ini tentu saja bisa menghilangkan rasa jenuh, selain itu juga bisa menambah erat hubungan keluarga atau teman karena adanya kebersamaan tanpa gadget.

Nah itu dia informasi terkait cara main UNO stacko. Semoga bermanfaat yah

Artikel Menarik Lainnya

5 Komentar

  1. Dari sekian mainan kartu, paling gak bisa main UNO. Mending Remi aja deh. Pernah diajak main sama anak-anak aku kalah mulu, masih belum paham banget cara maininnya

  2. Wkwkw klo ingat main uno, ingat disaat ada temen jd ngambek krn kalah dan berhasil merobohkan, seru sekali permainan ini

  3. winda - dajourneys.com

    kalau uno stacko aku tau mba, yang ga paham itu kartu uno, gimana cara mainnya wkwkwk

  4. UNO ini macam-macam ya. Sekarang anak-anak saya memainkan UNO kartu. UNO kartu ada beberapa macam lagi.

  5. biasanya aku main uno stacko bersama teman-teman jadi seru bangetttt 😀

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.