Warning: file_get_contents(http://ipinfo.io/100.24.209.47): failed to open stream: HTTP request failed! HTTP/1.0 429 Too Many Requests in /home/ainc4129/public_html/wp-content/plugins/nm-visitors/nm-visitors.php on line 97
Siapa Bilang Jadi Blogger Tak Berpenghasilan? - Ainhy Edelweiss
Aktivitasku Artikel Beranda

Siapa Bilang Jadi Blogger Tak Berpenghasilan?

Berawal dari hobi menulis curhatan receh di sosial media kemudian beralih ke blog, diisi cerpen dan puisi. Ternyata hobi menulis ini menambah uang jajan saya. Nggak nyangka jika dari hobi menulis di blog, saya bisa meraup pundi-pundi rejeki di sini.

Menjawab tantangan menulis di blog yang saya buat sendiri, memberikan motivasi tersendiri. Jika sebelumnya bertema FAMILY TIME, kali ini dengan tema HOBBY YANG PALING DISUKAI.

Sebenarnya ada berapa hobi sih yang saya suka?

Pertanyaan ini saya lontarkan terhadap diri sendiri sebelum mengetik. Selain menulis, saya memiliki hobi-hobi lainnya seperti membaca novel, menonton film horor, menonton Running Man (saat sedang galau), dan jalan-jalan. Saya suka banget jalan-jalan, kalau diajak sama sahabat nih ibaratnya langsung tancap gas hahaha saking antusiasnya. Sayangnya, jalan-jalan atau traveling adalah hobi yang terpendam.

Okay, back to hobi yang paling disukai.

Menulis tentu saja menjadi hobi favorit. Menulis tak hanya sebuah keharusan karena ingin menulis sesuatu, lebih dari itu, menulis adalah terapi.

Mungkin, sudah banyak penelitian dalam dunia psikologi yang menyarankan untuk menulis guna membantu ketenangan jiwa seseorang. Salah satu contohnya Eyang Habibi. Tau kan yah kisahnya, jadi tak perlu saya jelaskan. Yang pasti, saya sepakat jika ada yang mengatakan kalau menulis adalah terapi.

Apa hubungannya menulis dan dunia blogging?

Di tulisan sebelumnya, saya berbagi cerita tentang menjadi blogger membuat saya lebih hidup. Kok bisa? silakan dicek aja tulisannya yah sobat. Di sini yang saya mau bahas tentang blog yang mendatangkan penghasilan.

Note: Penghasilan saya di blog tentunya belum sekaliber penghasilan blogger top lainnya, namun apa yang membuat saya bahagia menulis ini, karena saya tak pernah menyangka jika hobi yang saya geluti ini ternyata menambah uang jajan. 

Mengapa blog bisa menghasilkan?

Era digital ini siapa yang tak melirik platform blog? salah satu media yang patut diperhitungkan di dunia marketing. Ada banyak perusahaan/brands dan stakeholder yang melirik platform blog untuk branding produk.

Sebagai blogger, tentu hal tersebut menjadi peluang untuk mendapatkan pemasukan tambahan. Tak sedikit blogger yang bisa meraih kesuksesan melalui blog. Travel Blogger, Beauty Blogger, dan Lifestyle Blogger adalah blogger yang paling diincar oleh advertiser.

Salah satu platform yang pernah saya ulas di tulisan sebelumnya adalah Sosiago, Influencer Marketing yang mempertemukan advertiser dan influencer. Selain Sosiago, masih banyak platform lainnya yang menyediakan job bagi blogger, seperti Revu, Sociabuzz, dan lainnya.

Selain mendapatkan job blogger, kita juga bisa mengikuti lomba blog. Dengan mengikuti lomba blog dan memenangkan lomba tersebut, tentu hadiah-hadiah yang didapatkan sangat menarik. Selain berhadiah uang tunai, vocher belanja, juga ada hadiah jalan-jalan bahkan ke luar negeri.

Saya pribadi belum pernah menang lomba blog berhadiah uang tunai dan jalan-jalan sih, tapi alhamdulillah ada beberapa tulisan yang menang favorit dan saya pun dapat hadiah. Beda rasanya mendapatkan  penghasilan dari kerja, dan mendapatkan penghasilan dari hobi yang paling disukai. Sekecil apapun itu, pasti sangat berarti.

Baca juga: 5 Target Blogging 2019

Selain job blogger dan lomba blog, kita juga bisa mendapatkan penghasilan dari Google Adsence. Nah Google Adsence ini singkatnya blog kita dipasangkan iklan setelah mendaftar di Google Adsence, Setiap ada yang meng-klik iklan di blog, otomatis ada pemasukan di wallet Google Adcence kita. Memang sih per-kliknya tidak seberapa, tapi jika blog sudah terkenal dan ramai pengunjung, penghasilan Google Adsence pun bisa lebih tinggi. (Jadi promo dikit yah kalau mampir di blog Ainhy Edelweiss tolong di klik iklannya hahaha maksa gue)

Sebelum mengakhiri curcolan saya tentang hobi yang paling disukai, ada quotes yang ingin saya kutip

So, apapun hobi kita, kita harus bangga dengan hobi tersebut yang bisa saja jika ditekuni, akan mendatangkan rejeki yang tak terduga.

Nah sobat, bagaimana dengan hobi kamu? share yuk di kolom komentar.

15 thoughts on “Siapa Bilang Jadi Blogger Tak Berpenghasilan?

  1. Penghasilan terbaik yang saya terima dari kegiatan ngeblog adalah pekerjaan yang sekarang saya jalani
    gara2 blog, saya direkrut dan dikasih kerjaan keliling Indonesia
    Alhamdulillah yaaa

  2. Alhamdulillah ya, Aini. Tantangan berikutnya adalah tetap membuat tulisan-tulisan personal, atau organik. Kalau kata blogger yang senior, perbandingan yang bagus 3 tulisan pribadi, 1 berhubungan dengan brand.

  3. Awal mula ngeblog, saya hanya ingin punya me time, dimana saya juga bisa bermanfaat bagi lingkungan sekitar. Alhamdulillah ditemukan oleh kegiatan ngeblog di saat yang tepat. Syukur sampai sekarang masih konsisten walo sering bolongnya.

  4. Setuju sama postingan ini hahahah saya sudah sering merasakan hobi yang dibayar (seperti kutipan Pak Ridwan Kamil di atas), dari ngeblog Alhamdulillah, dari menulis, memberi materi, sampai jadi tukang syuting :p wkwkwkw.

Thankyuuu sobat telah berkunjung di blog Ainhy Edelweiss. Silahkan meninggalkan jejak di kolom komentar yah, xoxo

Back To Top
error: Content is protected !!