Artikel Beranda

Cara Mencegah Anemia Pada Orang Dewasa

Pernah nggak sih merasa lemah sehingga tak memiliki energi untuk melakukan hal apapun? Pengennya hanya mau duduk atau tidur aja. Wajah dan badan menjadi pucat hingga di bagian kelopak bawah mata. Gejala-gejala tersebut jelas menunjukkan tanda-tanda anemia pada tubuh yaitu kondisi dimana tubuh mengalami kekurangan hemoglobin atau sel darah merah. Anemia ini bisa menyebabkan sobat merasa lemas atau mudah lelah dan tak bertenaga.

Saat mendengar kata anemia, apa sih yang terbesit dalam benak sobat? Mungkin sebagian dari sobat terbesit mengkonsumsi suplemen zat besi yang dipercaya bisa mengatasi anemia. Hal tersebut secara tidak langsung memang benar karena zat besi dapat menstimulasi pembentukan sel darah merah atau hemoglobin penyebab anemia. Dengan sel darah merah baru yang terbentuk maka tubuh tak lagi akan merasa cepat lelah, lemas hingga berwajah pucat. Pentingnya zat besi untuk kehamilan dan mencegah anemia ini menjadikan zat besi seperti obat untuk anemia.

Baca juga: Yuk Putihkan Gigi dengan 5 Cara Alami yang Mudah Diaplikasikan

Cara mengatasi Anemia pada orang dewasa
Sumber Gambar: HonestDocs

Meski begitu, mengkonsumsi suplemen zat besi bukan menjadi satu-satunya cara untuk bisa mengatasi anemia loh sobat. Garis besarnya, untuk mengatasi anemia adalah dengan meningkatkan kadar hemoglobin dalam darah termasuk kadar trombositnya. Kondisi trombosit turun secara drastis yang sering terjadi pada pasien demam berdarah akan memiliki gejala yang sama dengan pasien anemia dan memiliki cara penanganan yang juga mirip. Cara meningkatkan trombosit pada demam berdarah dengan cepat adalah dengan memberikannya tranfusi darah sesuai dengan golongan darahnya. Dengan begitu, jumlah trrombosit akan kembali normal begitu juga dengan jumlah hemoglobin sehingga cara ini juga bisa mengatasi anemia.

Selain mengkonsumsi suplemen zat besi atau melakukan transfusi yang terlalu ekstrem untuk anemia, sobat bisa melakukan beberapa cara lainnya seperti:

  • Mengkonsumsi herbal angkak yang bisa meningkatkan jumlah trombosit darah dengan cepat.
  • Konsumsi jambu biji yang juga memiliki manfaat meningkatkan trombosit sekaligus menurunkan demam.
  • Makan sayuran hijau seperti bayam yang kaya akan zat besi.
  • Dsb.

Baca juga: Ketahui 5 Manfaat Air Dingin Saat Mandi Bagi Kesehatan

Menstabilkan volume darah adalah hal yang penting untuk memastikan semua keping darah berada dalam jumlah yang seharusnya untuk bisa melakukan fungsinya dalam menjaga kelangsungan hidup dan kesehatan manusia.

Sobat ada tips kain? share yuk di kolom komentar.

11 thoughts on “Cara Mencegah Anemia Pada Orang Dewasa

  1. Sy emg selalu nyetok salah satu suplemen penambah darah… Ttp aja mba biar udh makan syran ijo segala.. Sesekali msh juga kyk gitu.. Suka kliyengan deeh ,yang ptg istrh yg cukup.. Makan yg sehat dan kl perlu suplemen penambh darah itu yg slalu sy lakuin buat jaga”

  2. aku sendiri suka darah rendah sh karena sering begadang dan penikmat kafein.
    dan aku suka makan jambu biji merah dan bayam buat menjaga kondisi aku. walalupun efeknya gk seekstrik konsumsi vitamin atau obat, tapi yang alami itu yg baik. hehehehe

  3. saya dulu malah suka minum jus jambu biji. Enak rasanya dan lumayan bisa nambah tenaga lagi. sekarang susah karena gak semua tempat jus jual jus jambu biji. mungkin nanti pas balik semarang lagi

Thankyuuu sobat telah berkunjung di blog Ainhy Edelweiss. Silahkan meninggalkan jejak di kolom komentar yah, xoxo

Back To Top
error: Content is protected !!