Artikel Beauty Time Beranda

Yuk Putihkan Gigi Dengan 5 Cara Alami yang Mudah Diaplikasikan

Memiliki gigi putih memang idaman semua orang. Namun, terkadang makanan yang kita konsumsi bisa saja menjadi penyebab utama menguningnya gigi. Faktor lain penyebab gigi berwarna kuning adalah faktor usia.

Jika sudah terlanjur gigi berwarna kuning, jangan khawatir yah. Nggak perlu melakukan perawatan mahal-mahal. Sobat perlu memutihkan gigi dengan menggunakan cara alami terlebih dahulu.

By the way, tulisan ini saya sertakan dalam tantangan menulis ramadhan Blogger Perempuan. Tema sebelumnya adalah cara menghilangkan jerawat.

Baca juga: 5 Manfaat Mandi Air Dingin Bagi Kesehatan Tubuh

Tema kali ini juga cukup menantang sekaligus membuat saya bercermin dulu, putih nggak yah gigi saya ini hahah. Dulu sih emang sempat risih dengan warna gigi yang kurang putih. Karena saya penyuka kopi, barangkali itu yang menjadi penyebabnya.

Cara alami memutihkan gigi
Sumber Gambar: Pexels.com

Nggak ingin membiarkan gigi kekuningan, saya pun mencari di google cara alami memutihkan gigi. Dan ternyata, caranya sangat mudah. Ada beberapa yang sudah saya praktekkan dan memang ada perubahan.

Berikut cara alami memutihkan gigi yang mudah diaplikasikan di rumah.

  • Menjaga Kebersihan Gigi dan Mulut

Cara sederhana memutihkan gigi adalah menyikat gigi minimal dua kali dalam sehari. Menyikat gigi akan menghilangkan noda dan plak yang ada di gigi. Setelah sikat gigi, bisa dilengkapi dengan berkumur menggunakan penghilang bau mulut seperti Listerine.

  • Memakai Bahan Alami yang Mudah Ditemukan

Salah satu pemutih gigi alami adalah menggunakan baking soda dan cuka apel. Untuk baking soda, sobat perlu menyiapkan satu sendok baking soda dan dua sendok air. Campur keduanya hingga membentuk pasta baking soda, lalu gunakan saat hendak menyikat gigi. Cuka apel dipercaya memiliki kandungan asam asetat yang ampuh membunuh bakteri di dalam mulut.

Baca juga: 5 Situs Online Favorit Belanja Buku

  • Membatasi Minum Teh, Kopi, dan Soda

Gigi memiliki lapisan terluar yang disebut enamel. Seiring bertambahnya usia, lapisan gigi tersebut akan menipis. Mengonsumsi teh, kopi dan soda secara berlebihan dapat merusak enamel gigi.

  • Stop Smoking

Buat yang sering merokok nih, kurangi yah. Karena kandungan tembakau dalam rokok dapat menyebabkan noda pada gigi yang sulit dihilangkan. Nggak hanya menyebabkan gigi berwarna putih, namun merokok dapat menyebabkan radang gusi, bau mulut, hingga kanker.

  • Menerapkan Pola Makan Sehat

Ternyata, memiliki pola makan sehat nggak hanya baik bagi tubuh tapi juga baik untuk kesehatan gigi. Untuk menjaga warna putih gigi tetap terjaga, sobat harus menghindari makanan manis lengket. Memperbanyak makan buah-buahan dan sayur-sayuran seperti bayam, brokoli dan kacang-kacangan. Kurangi makanan yang mengandung asam sitrat lebih tinggi seperti jeruk dan lemon.

Nah sobat, itu dia 5 cara alami memutihkan gigi yang mudah diaplikasikan. Kamu ada tips lainnya? share yuk di kolom komentar.

#30HariKebaikanBPN

Source: Alodokter.com

20 thoughts on “Yuk Putihkan Gigi Dengan 5 Cara Alami yang Mudah Diaplikasikan

  1. Aduh, kayanya aku juga udah sering nih pake listerine dan ngurangi kopi dll tapi giginya masih belom putih jugaaa :((
    mau pake baking soda tapi masih takut kalo ngeroposi gigi huhu

    salam,

    rizkyashya.com

  2. Aku pernah coba pakai baking soda, tp katanya g boleh terlalu sering ya .. Jd kmrin mutusin ke dokter tp bkn bleaching atau mutihin sih, tp brsihin karang gigi hehe pakai listerine pun ga berani, karena di aku terlalu tajem rasanya hahaa

  3. Wah terima kasih mbak tipsnya sangat berguna, dulu aku juga sering sih baca-baca menggunakan baking soda tapi sampai sekarang belum berani nyoba. Dan yang penting sih hindari terlalu banyak minum kopi sama teh ya.

  4. Hmm.. Menghindari soda gampang mb buat aku. Yg susah itu teh. Serius susah banget. Soalnya minum teh itu enak banget di perut. Aplg kalo sahur n lagi ga enak perut. Langsung nyess. Pdhl g bgs buat gigi ya..

  5. Katanya rutin makan apel itu juga bisa mengurangi kuning2 gigi mba, krn pas makan terkunyah dengan serat itu kaya terbersihkan secara ga sengaja. Apalagi apel bukan buahbyg tergolong buah manis

Thankyuuu sobat telah berkunjung di blog Ainhy Edelweiss. Silahkan meninggalkan jejak di kolom komentar yah, xoxo

Back To Top
error: Content is protected !!