Artikel

5 Kebiasaan Ini Dapat Membuat Rumah Bersih dan Awet

“Rumahku Istanaku.” Sebuah kalimat yang biasa kita dengar bahkan ucapkan dalam kehidupan sehari-hari. Kalimat sederhana itu terdengar singkat tapi bermakna. Yah, sebagaimana istana, rumah adalah tempat yang membuat kita nyaman dan bebas mengekspresikan diri. Tapi, apa jadinya jika rumah yang kita tinggali tidak terawat dengan baik karena tidak membangun kebiasaan positif di dalamnya? Yuk simak 5 kebiasaan sederhana yang dapat membuat rumah bersih dan awet.

5 Kebiasaan Positif Dapat Membersihkan Rumah

1. Mengatur dan Mengelola Sampah dengan Tepat

Kebersihan rumah selalu dinilai dengan sampahnya, benar tidak sih? Ya tentu saja. Jika sampah dikelola dengan baik, maka rumah akan terlihat bersih. Terkadang, kita mengabaikan hal-hal kecil tentang sampah. Misalnya membuang sembarangan plastik makanan di sekitar rumah atau tidak memisahkan sampah organik dan non-organik dan hanya menampungnya dalam satu tempat di sekitar rumah. Jika ingin rumah terlihat bersih dan awet, sebaiknya bisa mengelola sampah dengan tepat.

2. Bersihkan Tempat Tidur

Meskipun kita memilki otoritas membersihkan rumah semaunya saja, tapi tetap saja mengabaikan hal kecil ini bisa mempengaruhi keawetan rumah. Jadi, sebaiknya setelah bangun tidur biasakan membersihkan tempat tidur. Jika ingin rumah terasa nyaman, tentu dimulai dari tempat tidurnya.

3. Bersihkan Dapur setelah Digunakan

Saat masih kuliah dan tinggal di kosan bersama beberapa teman, kami biasanya ogah-ogahan atau menunda membersihkan dapur setelah digunakan seperti alat memasak dan piring. Tapi, setelah menikah, saya jadi sadar bahwa hal tersebut tidak boleh diabaikan dan mempengaruhi kebersihan rumah. Jadi, sebisa mungkin segera membersihkan dapur setelah digunakan yah sobat Ainhy.

4. Praktekkan Teknik Membersihkan a la Marie Kondo

Pasti sobat Ainhy tidak asing lagi mendengar nama Marie Kondo, penulis buku The Life-changing Magic of Tidying Up. Buku ini sempat viral dan ramai diperbincangkan. Karena penasaran, saya pun membacanya. Setelah dipraktikkan, hasilnya luar biasa. Ternyata, kebersihan rumah bisa mempengaruhi kesehatan berpikir.

5. Basmi Rayap

Ada salah satu bagian dari rumahnya pernah dimakan rayap? Saya pernah, tapi itu rumah orang tua sebelum nikah. Jadi ceritanya ada dinding rumah orang tua yang dimakan rayap, awalnya belum melebar dan pada saat itu kami mengabaikannya karena disangka akan hilang dengan sendirinya. Tanpa disadari, jejak dinding yang dimakan rayap melebar dan selang beberapa tahun kemudian, ada bagian rumah yang rusak karena rayap. Ternyata persoalan rayap ini tidak boleh disepelekan. Jika menemukannya segera membasinya. Bagi sobat Ainhy yang tinggal di daerah Yogyakarta, ada kabar baik buat kamu karena saat ini tersedia pembasmi rayap Yogyakarta. Yang daerah luar pun bisa intip pembasmi rayapnya langsung cek aja ya.

Nah itu dia 5 kebiasaan positif yang bisa dilakukan dimana dapat membuat rumah terlihat bersih dan awet. Semoga bermanfaat yah.

34 thoughts on “5 Kebiasaan Ini Dapat Membuat Rumah Bersih dan Awet

  1. Mbaaa,
    Aku manggut2 mulu iihh baca artikel dikau
    soalnya aku kan tinggal ama ibu mertua
    yg mana rumah beliau tuh dkt jalan raya
    kebayang bising dan gampang kotornya cem mana ye kan
    makasii udah share tips ini yak

  2. Tapi kalau ada anak balita, beres rumah itu dilakukan malam hari setelah anak bobok hiks

    Kalau dapur, emang iya sih wajib banget segera dibersihkan karna itu kan kotoran nya agak bandel kalau habis masak atau kotoran makanan

    Kalau kamar, nah ini bangun tidur langsung beberes kamar. .kalo bayik ke kamar, yaa mau gak mau diberesin pas dia tidur atau kalau dia lagi diajak sama salah satu anggota keluarga

  3. Emang paling kerasa itu kalau kerjaan menumpuk ya. Aku kalau habis masak lgsg beberes tuh habis makan jd ga punya bnyk beban.. Memang harus disegerakan ya, dicicil jg bisa

    1. Kalau aku hidup minimalis. Jd yg dipunya dan disimpan adalah yg dipake. Jd kalau mau beberes ya beberes itu itu aja cepet hehe. Ngomong2 soal rayap, ini seringnya di rumah ortuku nih. Gerogotin lemari sama buku 🙁

  4. Kalau bersihkan dapur sih hobi istriku tuh, cuma kalau rayap nih lagi merajalela. Di pintu dan kusen mulai diserang, kudu alokasikan duit deh buat ganti kusen baru. Harsunya ditangani dengan cepat biar ga ganti baru gini.

  5. Betul tuh mbak. Rumah harus selalu bersih. Ya paling nggak di sapu dan dipel biar nggak kotor-kotor amat.

  6. Ulasan yang bermanfaat Kak,
    Lima hal ini sebenarnya simpel dan tidak banyak yang memandang sepele, namun kalau benar dilakukan, akan sangat nampak hasilnya.

  7. Nah bagian bebersih dapur yang masih PR banget kak, kadang butuh effort juga ya haha.. Thanks tipsnya

  8. Penting nih diterapkan setiap keluarga, karena memang sekarang kan lebih banyak yg mendem di rumah, haha.. jadi mau nggak mau rumah harus selalu bersih.

  9. Ih yaa beneran apalagi kalau rayap buku, ya ampun rasanya nelangsa bangett kalau ada buku yang dimakan rayap tuh..
    Thankyou kak tipsnyaaaa

  10. penasaran sama konsepnya ala Maria Kondo ini apa ya jadi pengen tahu dan auto browsing konsepnya. Tapi umunya betul banget kebersihan itu memang berpengaruh pad apikiran kita. saya merasakan itu

Thankyuuu sobat telah berkunjung di blog Ainhy Edelweiss. Silahkan meninggalkan jejak di kolom komentar yah, xoxo

Back To Top
error: Content is protected !!